cover
Contact Name
Darnoto
Contact Email
darnoto@unisnu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
tarbawi@unisnu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 20883102     EISSN : 2548415X     DOI : -
Core Subject : Education,
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam p-ISSN: 2088-3102; e-ISSN: 2548-415X is an journal published by the Faculty of Tarbiyah and Education Science Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals in the field of Islamic education to publish their researches in our Journal.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2022)" : 11 Documents clear
KONSEP MAQASHID SYARIAH DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN ISLAM Miftahul Huda; Nurwadjah Ahmad; Andewi Suhartini
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v19i1.2138

Abstract

In the concept of maqashid shari'ah, it is explained regarding the urgency of maintaining the elements that exist in humans, both physical and spiritual in nature to be able to achieve benefit, which is also in line with the goals of Islamic education. For this reason, this study tries to explain the concept of maqashid sharia and its implications for Islamic education by using a qualitative approach that is library research. The conclusion of this study, it was found that the relevance of maqashid sharia to Islamic education can be seen in the concept of mabadi al-Khamsah or ushulul al-Khamsah described by al-Ghazali in the form of: (hifdz al-din) maintaining religion, maintaining the soul (hifdz al-nafs) maintain the soul, (hifdz-'aql) maintain the mind, (hifdz al-nasl) maintain offspring, and (hifdz al-maal) maintain property. So that the implications can be seen in the formulation of the goals of Islamic education, namely maintaining and developing the spiritual and physical aspects of students to be able to achieve benefits in their lives.
Kepribadian pendidik dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik: studi tokoh bu Muslimah pada novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata Aisyah A'yun Khoirurrizki; Farid Setiawan
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v19i1.1995

Abstract

Saat ini Indonesia sedang memiliki keprihatinan tinggi terhadap peningkatan motivasi belajar bagi peserta didik dalam dunia pendidikan. Salah satu sebabnya ialah kurangnya kompetensi kepribadian pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini berTujuan untuk mengetahui: (1) Profil pendidik yang ideal sesuai dengan kepribadian Bu Muslimah dalam Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. (2) Untuk memahami dampak kepribadian Bu Muslimah dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dalam dalam Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. (3) untuk mengetahui dan memahami relevansi dari kepribadian Bu Muslimah terhadap pendidik di era kontemporer. Penelitian dilakukan melalui studi literatur pada salah satu Novel karya Andrea Hirata yaitu Laskar Pelangi. Pengumpulan data dilakukan dengan menghimpun dari beberapa sumber literatur seperti buku, jurnal, skripsi dan tulisan atau karya ilmian yang relevan dengan penelitian ini. Subjek dalam penelitian ini adalah Novel karya Andrea Hirata, sedangkan objek penelitian ini adalah kepribadian Bu Muslimah yang berperan menjadi seorang guru dalam Novel Laskar Pelangi. Peneliti menggunakan Teknik analisis konten untuk menemukan dan menuliskan kembali hasil analisis yang ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bu Muslimah memiliki kepribadian yang ideal sesuai dengan Permendiknas No.16 Tahun 2007 dan Teori dalam Buku Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru karya Chaerul Rochman dan Heri Gunawan sehingga dapat menjadi role model bagi pendidik di era kontemporer.
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PARADIGMA PROPHETIC PARENTING SEBAGAI UPAYA MENGATASI DEGRADASI MORAL ANAK DI INDONESIA Rahmatika Layyinah; Ikke Pradima Sari; M Nurul Ikhsan Saleh
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v19i1.2037

Abstract

Fenomena degradasi moral di Indonesia dalam level mencemaskan dan berbahaya. Belakangan, banyak anak-anak dan remaja bukan lagi hanya sebagai korban kejahatan tetapi mereka sudah banyak yang menjadi pelaku dari berbagai kejahatan. Sebagian dari mereka terlibat dalam tawuran, kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan verbal, kejahatan seksual, narkoba, dan pembunuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pendekatan pendidikan karakter dalam paradigma prophetic parenting untuk mengatasi fenomena degradasi moral di Indonesia. Menggunakan penelitian kajian pustaka, penelitian ini mengeksplorasi metode pendidikan karakter bagi anak yang diajarkan Nabi Muhammad SAW sebagai upaya untuk membangun generasi muda yang berakhlakul karimah. Peneliti mengumpulkan beragam literatur bacaan seperti buku, journal, majalah, dan berita dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini menemukan bahwa prophetic parenting merupakan suatu ajaran dan konsep mendidik anak dengan berkiblat pada cara-cara yang dilakukan oleh Rasulullah SAW yang didalamnya mencakup proses pengajaran, pendidikan, dan penanaman nilai-nilai karakter. Pendekatan pendidikan karakter menggunakan paradigma propthetic parenting meliputi penanaman adab, menanamkan sikap jujur, mengajarkan sikap amanah, mendidik anak untuk menjauhi sifat iri dan dengki, dan mendidik anak melalui keteladanan.
PERANAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK PERSPEKTIF AS SAYYID MUHAMMAD BIN ALAWI AL MALIKI AL HASANI DAN IMPLEMENTASINYA DI LINGKUNGAN KELUARGA (Telaah Kitab Adabul Islam Fi Nidzomil Usroh) Krisna Firman Saputra
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v19i1.1666

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan peranan orang tua dalam mendidik anak perspektif As Sayyid Muhammad dalam Kitab Adabul Islam Fi Nidzomil Usroh. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi peranan orang tua dalam mendidik anak perspektif As Sayyid Muhammad dalam Kitab Adabul Islam Fi Nidzomil Usrohdi lingkungan keluarga. Penelitian ini adalah kajian teks dengan menggunakan metode analisis konten. Teks yang dianalisis adalah teks yang ada di kitab Adabul Islam Fi Nidzomil Usroh. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan metode interpretasi dan deduktif. Adapun hasil penelitian ini antara lain: (1) Peranan orang tua dalam mendidik anak perspektif As Sayyid Muhammad dalam Kitab Adabul Islam Fi Nidzomil Usroh. (2) Implementasi peranan orang tua dalam mendidik anak perspektif As Sayyid Muhammad dalam Kitab Adabul Islam Fi Nidzomil Usroh di lingkungan keluarga.
ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IIA DI MAN 1 PANGKALPIANG MASA PANDEMI COVID 19 Rama Armedi
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v19i1.1701

Abstract

ABSTRACTThis research was taken based on the problem of analyzing the learning motivation of class XI IIA students in Man 1 Pangkalpinang during the Covid 19 pandemic, an alternative was needed to increase student learning motivation. This study aims to analyze the learning motivation of Man 1 Pangkalpinang students during the Covid-19 pandemic. Due to the covid-19 pandemic, which caused the learning system in educational institutions to be changed to an online or online learning system. This research uses descriptive-based quantitative research, using a purprosive sampling technique. The population in this study were students of class XI majoring in IIA at MAN 1 Pangkalpinang in the 2019/2020 school year. This research was conducted at MAN 1 Pangkalpinang. This research data collection technique using a questionnaire, the results of the questionnaire provide an overview of the learning motivation of students in MAN 1 Pangkalpinang. From the research results, motivation to learn using descriptive statistics, namely low, medium and high. Of course, the data obtained about the analysis of learning motivation of class XI IIA students at MAM 1 Pangkalpinang can be said to be good and significant with the existing theory.Keywords: Motivation to learn, MAN students, the Covid 19 pandemic. ABSTRAKPenelitian ini diambil berdasarkan permasalahan tentang analisis motivasi belajar siswa kelas XI IIA di Man 1 Pangkalpinang pada masa pandemi covid 19 ini diperlukan sebuah alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar siswa Man 1 pangkalpinang pada masa pandemi covid-19. Karena adanya pandemi covid-19 ini, yang menyebabkan sistem pembelajaran pada lembaga pendidikan diubah menjadi sistem pembelajaran online atau dalam jaringan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif berbasis deskriptif, dengan menggunakan teknik purprosive sampling . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IIA di  MAN 1 Pangkalpinang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dikakukan di MAN 1 Pangkalpinang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner, dari hasil kuesioner tersebut memberikan gambaran pada motivasi belajar siswa MAN 1 Pangkalpinang. Dari hasil penelitian motivasi belajar menggunakan descrivtive statistics  yaitu rendah, sedang dan tinggi. Tentunya, data yang yang didapatkan tentang analisis motivasi belajar siswa kelas XI IIA di MAM 1 Pangkalpinang dapat dikatakan baik dan signifikan dengan teori yang ada.Kata Kunci: Motivasi, Siswa MAN, Pandemi Covid 19.
RELEVANSI PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASYARI TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA 4.0 Ibnu Asaddudin; Edi Sungkowo; Abdul Basit
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v19i1.2060

Abstract

The development of the times becomes a challenge that will not be avoided. The more the times develop, the newer the application of treatment that must be done on every line of life. In this 4.0 era, the development of education becomes a high light. Aesthetic and moral values are reduced from the elements of educators to a problem of its own that must be faced. In this matter, a thought from the nation's teacher, K.H. Hasyim Asy'ari tried to provide answers and conceptions that can answer problems and are still relevant to be used in an existing era.The type of research used in this research is descriptive qualitative research and in the type of classification of this research is by library research techniques, data researched in the form of books and literature sourced from literature. The result of this research is the relevance between the thought of Islamic religious education according to K.H. Hasyim Asy'ari with the changes and developments of the era in era 4.0 that Islamic education has a point to increase the level of piety to God and create or awaken the spirit of productive and dynamic human beings on the right path.
The Concept of Character Education from the Perspective of Al-Qur’an and Hadith Dini Yanti Sakinah
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v19i1.1869

Abstract

Character education is the main support of the educational process, as an effort to give birth individuals with Islamic personalities. As Muslims, adhering to the Al-Qur'an and As-sunnah is a must  because both, Muslims act and solve a problem. This study aims to understand the formulation of the character education concept in the perspective of Al-Quran and Hadith. Through studying understanding textually and contextually. Data collected from various references; both primary, secondary, and supporting data. The results showed the hadiths and the verses of Al-Qur’an raised in this study contained characters or behaviors towards God, oneself, fellow humans, and their environment. Some of the character education concepts that can be revealed from the Al-Quran and the Hadith are First, the concept of character education, Second. The concept of character education in Islam. Third, the foundation of character education. Fourth, the method of internalizing character education.
PERAN GURU PAI DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI SISWA (STUDI KASUS DI SDN 2 BUWUN SEJATI) Muhammad Yuslih
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v19i1.2071

Abstract

ABSTRAKSalah satu peran Guru adalah mendidik siswa-siswi agar menjadi manusia yang berakhlak mulia, dan menanamkan nilai-nilai agama kepadannya. Seorang Guru dituntut untuk mampu memainkan peran dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah atau diluar sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keadaan toleransi, kemudian peran guru PAI dalam membangun toleransi beragama dan faktor penghambat yang dihadapi dalam membangun sikap toleransi siswa-siswi SDN 2 Buwun Sejati. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskreptif, yaitu data dan informasi yang peneliti kumpulkan berupa penjelasan-penjelasan dari subyek yang diteliti, bukan melalui statistik atau bentuk hitung. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa keadaan toleransi di SDN 2 Buwun Sejati terlihat baik dan kondusif, adapun peran Guru PAI dalam membangun sikap toleransi siswa-siswi yaitu sebagai tauladan, sebagai penasihat, sebagai pembimbing. Adapun faktor pengambat yang dihadapi oleh guru PAI dalam membangun sikap toleransi beragam yaitu faktor keluarga dan faktor pergaulan.Kata Kunci: Peran, guru PAI, Toleransi
Konsep Pendidikan dan Islam Sebagai Alternatif Dalam Memanusiakan Manusia Muhamad Turmuzi
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v19i1.1974

Abstract

The study of education and Islam is one of the obligations of mankind, especially for Muslims because education and Islam are two scientific disciplines in living life. Islam itself is present carrying teachings that cover all human life, especially in terms of education, social, political and economic. In this article, there is a description of education and Islam as an alternative to humanizing humans, namely how humans live in the world with their fellow humans, must refer to the main foundation of the Koran and the Sunnah, especially for Muslims as the main source of Islamic teachings that emphasize humans in Science. This paper aims to gather information about the concept of education and Islam as the best way for humans to live. In obtaining this information, this paper uses descriptive research methods or literature review with the process of utilizing relevant books and articles. Because in this modern era, whatever the problems faced by mankind by making education and Islam as a way (alternative) to humanize humans, all the problems of life will be easier to deal with and make life more prosperous.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB AL-AKHLQ LIL-BANN DAN RELEVANSINYA TERHADAP SIKAP SANTRI DINIYAH TAKMILIYAH
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v19i1.2265

Abstract

Dewasa ini, fenomena kenakalan remaja kian marak. Rancangan pendidikan karakter dari pemerintah yang disisipkan ke kurikulum sekolah belum terlihat hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, adanya sekolah khusus keagamaan seperti diniyah takmiliyah dapat menjadi salah satu solusi. Di diniyah, siswa akan mempelajari ilmu agama yang akan membantu untuk membentuk karakter. Salah satunya mempelajari akhlak, yang salah satu sumbernya yaitu kitab Al-Akhlq Lil-Bann. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Al-Akhlq Lil-Bann karya Syeikh Umar bin Ahmad Braj dan relevansinya terhadap sikap santri diniyah takmiliyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian kualitatif yang relevan dengan penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Nilai-nilai yang ditemukan dalam kitab Al-Akhlq Lil-Bann Jilid I antara lain: nilai religius (akhlak kepada Allah Swt. dan Rasulullah saw), jujur, disiplin, menghormati orang lain (adab kepada orang tua, adab kepada kerabat, adab kepada tetangga, adab kepada guru, adab kepada teman, adab dan kepada pelayan), dan cinta damai. Selain itu, berdasarkan kajian yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kitab Al-Akhlq Lil-Bann Jilid I relevan terhadap sikap santri di diniyah takmiliyah.

Page 1 of 2 | Total Record : 11