cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
JURNAL SERAMBI ILMU
ISSN : 16934849     EISSN : 25492306     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU" : 8 Documents clear
STRATEGI GURU DALAM MEMBINA SISWA YANG BERTINGKAH LAKU MENYIMPANG Nasruddin, AR, Nasruddin, AR
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.51 KB) | DOI: 10.32672/si.v12i1.1065

Abstract

Tingkah laku menyimpang merupakan suatu masalah yang dapat mengakibatkan kesukaran-kesukaran atau kelainan-kelainan terhadap perkembangan kepribadian seseorang dan dapat menimbulkan keluhan bagi orang tua, sekolah serta masyarakat dalam mengatasinya. Dalam kehidupan sehari-hari penyimpangan tingkah laku yang dilakukan siswa di sekolah berupa melanggar peraturan sekolah atau norma-norma yang ada di sekolah. Penyimpangan tingkahlaku juga dilakukan dengan memakai minuman dan makanan terlarang seperti memakai nakoba dan perilakuku sek yang menyimpang. Guru dalam membina siswa yang berkelakuan menyimpang dengan cara prepentif dan koratif.
HAKIKAT DAN TUJUAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM Hambali, Hambali
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.902 KB) | DOI: 10.32672/si.v12i1.1061

Abstract

Manusia adalah makhluk yang sangat penting, karena dilengkapi dengan pembawaan dan syarat-syarat yang diperlukan bagi pengemban tugas dan fungsinya sebagai khalifah di muka bumi. Pendidikan Islam mengacu pada Al-Tarbiyah, Al-Ta’dib, Al-Ta’lim, ketiga istilah ini yang sering digunakan Al-Tarbiyah, meskipun kata ini memiliki banyak arti tetapi pengertian dasarnya menunjukkan makna tumbuh, berkembang, memelihara, merawat, mengatur dan menjaga kelestariannya. Dalam Al-Qur’an ditegaskan bahwa Allah adalah Rabbal ‘Alamin dan Rabbi tersebut nas artinya pendidik semesta alam serta pendidik bagi manusia dengan demikian menurut Al-Qur’an alam dan manusia mempunyai sifat tumbuh dan berkembang. Jadi mendidik dan pendidik pada hakikatnya adalah fungsi Tuhan dan mengapa dalam kenyataan pendidikan dan mendidik menjadi urusan manusia, dalam pandangan Filsafat Islam manusia adalah khalifah Allah di alam semesta ini, Khalifah berarti kuasa atau wakil Allah dimuka bumi. Pada hakikatnya pendidikan filsafat pendidikan Islam merupakan suatu proses yang berlangsung berkesinambungan maka tugas dan fungsi yang perlu di emban oleh pendidik Islam adalah pendidikan Islam seutuhnya dan berlangsung sepanjang hayat. Tugas pendidikan Islam adalah membimbing peserta didik dari tahap ketahap kehidupanya sampai mencapai ketitik optimal. Tujuan pendidikan Islam adalah untuk mencapai keseimbangan pertumbuhan kepribadian manusia (peserta didik) secara menyeluruh dan seimbang yang dilakukan melalui latihan jiwa, intelektual diri manusia yang rasional, perasaan dan indra. Dapat disimpulkan secara keseluruhan pendidikan dalam pendidikan filsafat Islam terletak pada perwujudan ketundukan yang sempurna kepada Allah baik secara pribadi, komunitas maupun seluruh umat manusia
REVIEWING OF A RESEARCH ARTICLE (The Sociolinguistics of Mobile Phone SMS Usage in Cameroon and Nigeria Heriansyah, Hendra
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (50.829 KB) | DOI: 10.32672/si.v12i1.1068

Abstract

Artkikel ini merupakan suatu kajian hasil penelitian yang berhubungan dengan penggunaan bahasa dalam SMS ditinjau dari sudut sosiolinguistik. Kajian hasil penelitian ini difokuskan pada proses yang mendasari perlunya dilakukan penelitian ini, pendekatan penelitian yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian dan teori-teori yang mendukung dan berhubungan dengan studi yang dilakukan oleh peneliti. Hasil kajian studi ini menunjukkan bahwah masih ada sejumlah permasalahan yang patut untuk dipertanyakan terutama konstribusi penelitian ini terhadap dunia pendidikan dan masalah yang ditimbulkan dari penggunaan bahasa SMS yang tidak tepat jika ditinjau dari sudut kebahasaan (spoken and written language) dan budaya (culture). Kata Kunci: Sosiolinguistik, Pengunaan bahasa SMS
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI YANG TELAH LULUS SERTIFIKASI DI SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH Hasanuddin, Hasanuddin; Nurmaliah, Cut
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.243 KB) | DOI: 10.32672/si.v12i1.1070

Abstract

Kompetensi pedagogic merupakan kemampuan mengelola pembelajaran, mencakup konsep kesiapan mengajar yang ditunjukkan oleh penguasaan pengetahuan dan ketrampilan mengajar. Kompetensi ini harus dimiliki setiap guru agar tercapai keberhasilan dalam proses belajar dan mengajar. Penelitian bertujuan mengetahui kompetensi pedagogik guru biologi yang telah lulus sertifikasi di SMA Negeri Kota Banda Aceh telah dilakukan bulan Maret 2010. Subyek penelitian adalah guru biologi yang telah lulus sertifikasi. Pengumpulan data menggunakan teknik angket. Pengamatan di kelas dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru biologi yang telah lulus sertifikasi di SMA Negeri kota Banda Aceh memiliki: kompetensi pedagogik sudah baik, terutama pada aspek-aspek: pemahaman terhadap peserta didik (88,3%), rencana pelaksanaan pembelajaran (89,2%), evaluasi hasil belajar (83,3%), dan pengembangan peserta didik (76,7%). Khusus pada aspek pemanfaatan teknologi pembelajaran masih kurang baik (45%). Hasil pengamatan di kelas terhadap aspekaspek yang diamati secara umum sudah baik. Namun, yang masih kurang adalah pemanfaatan media dalam proses pembelajaran. Hal lain yang juga perlu ditingkatkan adalah penggunaan strategi mengajar yang berlandaskan pada pembelajaran konstruktivisme.
PELAKSANAAN PERKULIAHAN BIOLOGI SEL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE CONSTRUKTIVISTIK Jailani, Jailani
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.922 KB) | DOI: 10.32672/si.v12i1.1063

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan penerapan pembelajaran cooperative construktivistik dalam perkuliahan biologi sel pada semester ganjil tahun akademik 2010/2011, menentukan kualitas proses perkuliahan, dan mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap penerapan model belajar cooperative construktivistik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Biologi FKIP USM Banda Aceh semester ganjil 2010/2011, yang mengikuti kuliah biologi sel, sebanyak 50 orang mahasiswa. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, selama 12 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa dari siklus pertama ke siklus kedua, ditandai dari nilai rata-rata 66,40 pada UTS-I menjadi 78,50 pada UTS-II. Berdasarkan hasil evaluasi dari kegiatan belajar mahasiswa, maka terdapat 6,00 % mahasiswa bernilai A; 46,00 % bernilai B; 38,00% bernilai C; 8,00% bernilai D dan 2,00% bernilai E. Proses perkuliahan biologi sel berlangsung secara optimal, yang dicirikan dengan terjadinya interaksi yang kondusif baik antara mahasiswa dengan dosen maupun dengan materi pelajaran, dan mahasiswa tampak aktif berdiskusi baik diskusi kelompok, maupun diskusi kelas. Hasil deskripsi menunjukkan bahwa mahasiswa merespon secara positif terhadap penerapan model belajar cooperative construktivistik dalam perkuliahan biologi sel
PERANAN KEPEMIMPINAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN Jabar, Abdul
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (73.082 KB) | DOI: 10.32672/si.v12i1.1059

Abstract

Memberdayakan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi dalam konteks NKRI adalah merupakan Misi pembaharuan Sistem Pendidikan Nasional. Untuk itu setiap komponen bangsa wajib mencerdasakan kehidupan bangsa yang merupakan salah satu tujuan Negara Indonesia. Pengelolaan sebuah lembaga pendidikan diperlukan seorang pemimpin yang berdedikasi tinggi, beriman, berbudi pekerti, pola pikir ilmiah, berwibawa, jujur, berjiwa besar, tegas dan bertanggung jawab, dan selalu berorientasi kepada normanorma, kaedah-kaedah sesuai dengan nilai-nilai falsafah negara. Seorang pemimpin yang sukses perlu diintegrasikan ke dalam status formal, 1. Berperan sebagai Interpersonal Roles, 2. Berperan sebagai Informational Roles, 3. Berperan sebagai Decisional Roles. Jadi fungsi kepemimpinan ini sangat penting sebab disamping berperan sebagai penggerak juga berperan untuk melakukan kontrol dalam segala aktivitas baik terhadap staf pengajar, peserta didik, dan sekaligus untuk meneliti persoalan-persoalan yang timbul dalam masyarakat di lingkungan lembaga pendidikan itu sendiri.
Video in Listening Comprehension Test : Is It Valid, Reliable And Practical Enough ? Aulia, Muhammad
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.956 KB) | DOI: 10.32672/si.v12i1.1064

Abstract

The paper addresses the use of video in listening comprehension test. There are still debates on this medium though all strongly believe that bringing real life communication into a language education is one succeeding indicator to accelerate positive development of language learners. The method used is test usefulness as a synthesis conceptual framework to determine validity, reliability, practicality, authenticity, ethics and professionalization related to the test. There is no final answer through this paper in deciding whether this multimedia is the best way to capture language features and to assess test-takers ability. Nevertheless, at least, this paper examines the medium and brings up some aspects considered for better language testing and assessment method in future.
The Strategies and Barriers of the Implementation Qanun Khalwat to Prevent Misbehaviorous of Banda Aceh Adolescent Abubakar, Abubakar; Anwar, Anwar
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (643.855 KB) | DOI: 10.32672/si.v12i1.1060

Abstract

Although the Syariat Islam have taken place more teen years, fenomenally the adolescence’s behavior during this time do not change according to Syariat Islam, even its indication to be warry, such as same adolescence’s case which was found latly as narkoba till freesex, that case has be able to catagorized as juveneli deliquence, similarly the report of Dinas Syariat Islam Aceh Province in 2009 it has accured the increasement of khalwat violation significanly. In Banda Aceh 2006 there where 132 cases (42 heavy cases, 96 light cases), in 2007 there were 149 cases (47 heavy cases, 102 light cases) in 2008 there were 103 cases (22 heavy cases, 77 light cases) in 2009 there were 91 cases (21 heavy cases, 70 light cases) and last one untill Pebruari 2010 there were 3 cases of heavy khalwat, of the whole cases wich was found most of the actor were the adolescence. The result of data processing was found more violation of khalwat by the adolesencence as level as university students showed data wich more woory, for example SMA students of Banda Aceh have done freesex 6,42%, while students of university 12,02%. This indication show that that adulesecence of Banda Aceh have done the heavy violation of Qanun Khalwat/Meusum. This cases is adopt to Dinas Kesehatan dan Unicef finding that 10% of PSK in Aceh were university students. There for several strategies could covered to optimalize the implimentation of Qanun Khalwat, among athers : the development of a village structure proportionally, the village structure which has been existed during this time having five Kaur, namely Kaur Pemerintahan, Kaur Pembangunan, Kaur Keuangan and Kaur umun and Kesra. It is nacessery to add one more kaur that is Kaur Syariat Islam, That kaur should be lead by its figure arising from each village which posses various criterian suited to characteristic of their duties, the adition of Kaur Syariat Islam could be concentrated especially to the village that has done more violation. It is also neseeary to make a working contract with owners of the hostles, renting houses, hotels, guest houses, cafetarias, barber shops/saloon, warnet, warmang and athers concerning their consistence of implimenting and keeping Syariat Islam in their regions, As it was implied in Qanun No. 5 Syariat Islam and Qanun No. 14 about Khalwat especially section 6 and 7 a long with section 25, verses a and b. It is essencial to exist a good team work with various elements in the community, it is importent to guid them especially to the adulesence either to the adulesence as level as senior higt shcool or university, because 70% of the adolesecences at the stage of education institution mentioned have done misbehaviour. The responsibility iis only as suggestions during this time so, for the next time, this could formed to be more light or binding and posses sanction for the leader if he makes violations, even, it is begins from administrative sanction to taking out of a legalization letter. The sunction given during this time is not serious, the comporation of giving sunction do not refer to violation of Qanun Khalwat and Syariat Islam but it is more tendency to the comporation of economics, so, the implimentation of Syariat Islam at the institution always become a problem. There were not a legalization of Qanun Jinayat, actually WH do not have exsisted a formal legalization in making succesful the implementation of Syariat Islam, therefore, it is important to privide a law umbrella that more adequate to impliment Syariat Islam completly, begining from catching, BAP, till to the Court, most of the part of the cases have been provide in Rancangan Qanun Jinayat Syariat Islam in 2009, that written in 22 chapter and 253 sections, neverlees untill now, it is not legalized by a Aceh Governor without real reasons.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2011 2011


Filter By Issues
All Issue Vol 24, No 2 (2023): Jurnal Serambi Ilmu Vol 24, No 1 (2023): Jurnal Serambi Ilmu Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Serambi Ilmu Vol 23, No 1 (2022): Serambi Ilmu Vol 23, No 1 (2022): Jurnal Serambi Ilmu Vol 22, No 2 (2021): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 22, No 1 (2021): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 21, No 2 (2020): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 21, No 1 (2020): Jurnal Serambi Ilmu Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Serambi Ilmu Vol 20, No 1 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 30, No 2 (2018) Vol 30, No 1 (2018) Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 28, No 1 (2017) Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 3 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 1 (2016): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 17, No 1 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 2 (2014) Vol 15, No 2 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 2 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2013) Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 2 (2012): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 2 (2012): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 1 (2012): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 13, No 1 (2012): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 2 (2011): Jurnal Serambi Ilmu Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 1 (2010): Jurnal Serambi Ilmu More Issue