cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
JURNAL SERAMBI ILMU
ISSN : 16934849     EISSN : 25492306     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu" : 8 Documents clear
PEMBELAJARAN PECAHAN DI KELAS III SD MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN METODE PERMAINAN Budiman, Budiman
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (864.543 KB) | DOI: 10.32672/si.v17i2.539

Abstract

Abstrak: Matematika merupakan objek abstrak, dengan ciri utamanya adalah penalaran deduktif. Dalam kegiatan pembelajaran di SD, objek-objek abstrak matematika itu harus dapat disajikan dalam bentuk yang kongkrit, kontekstual dan menyenangkan. Melalui penelitian ini dicoba diimplementasikan pendekatan kontekstual dan metode permainan, dengan bahan ajar (1) Mengenal pecahan sederhana, dan (2) Membandingkan dua pecahan. Sampel penelitian diambil secara purposif yaitu kelas III SD Negeri 16 Banda Aceh yang semuanya ada dua kelas. Dari dua kelas tersebut, telah terpilih secara random kelas III_1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas III_2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, kegiatan belajar dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan metode permainan. Sementara di kelas kontrol, kegiatan belajar dilaksanakan dengan metode konvensional. Setelah dua kali pertemuan masing-masing selama 3x35 menit, kedua kelompok diberikan tes akhir. Hasil pengolahan data menunjukkan untuk kelas yang menggunakan pendekatan kontekstual dan metode permainan, telah mencapai nilai rata-rata 77,88 dan untuk kelas yang menggunakan metode konvensional (kelompok kontrol) diperoleh nilai rata-rata 59,94. Data tersebut menunjukkan bahwa implementasi pendekatan kontekstual dan metode permainan memberikan efek positif terhadap pemahaman pecahan sederhana dan perbandingan dua pecahan. Analisis data dengan menggunakan uji Man-Whitney U pada taraf signifikansi α=0,05 menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan metode permainan memperoleh prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Metode Permainan, Metode Konvensional, Pecahan.
PENDIDIKAN BERBASIS KOMPETENSI PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) (Pembelajaran Terhadap Pengendalian Mutu Produk Roti Nusa Indah Bakery) Syaifuddin Yana, Syaifuddin Yana
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.006 KB) | DOI: 10.32672/si.v17i2.545

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan kajian terhadap hasil kegiatan kerja praktek sekolah kejuruan yang berbasis kompetensi pada SMK. Kajian difokuskan pada pembelajaran pada pengendalian mutu produk roti pada Nusa Indah Bakery. Pembelajaran ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bagaimana cara melakukan pengendalian mutu pada produk roti di Nusa Indah Bakery. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan wawancara langsung ketempat objek penelitian yang beralamat di Desa Nusa, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Uji coba yang dilakukan disini adalah uji coba terhadap produk roti. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan selanjutnya dalam pembuatan roti yang memiliki kualitas yang baik. Dari semua proses yang dilakukan dalam pembuatan roti, yang perlu diperhatikan kaitannya dengan pengendalian mutu yaitu dengan memperhatikan lama pengadukan adonan, menghilangkan atau memonitoring adonan agar tetap terjaga kualitasnya, jarak penataan roti dalam loyang kurang lebih 4 cm agar adonan tidak lengket satu sama lain dan bentuknya bagus saat mengembang, dan pengovenan adonan roti dilakukan selama 15 menit pada suhu 200ºC. Kata Kunci: Pengendalian kualitas, bakery, dan adonan.
MANAJEMEN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 8 KOTA BANDA ACEH Irwansyah, Irwansyah; Cut Zahri Harus, Cut Zahri Harun; Sakdiah Ibrahim, Sakdiah Ibrahim
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.196 KB) | DOI: 10.32672/si.v17i2.540

Abstract

Abstrak: Manajemen kelas cara untuk mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: pengelolaan, usaha-usaha, dan faktor pendukung serta hambatan dalam pelaksanaan manajemen kelas yang dilakukan oleh guru sejarah pada SMAN 8 Kota Banda Aceh. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif destriptif. Tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Tehnik analisa data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka sarana prasarana, serta guru bidang studi sejarah. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran sejarah sudah sesuai dengan aspek-aspek manajemen kelas. Pelaksanaan manajemen kelas melibatkan kegiatan antara lain : melihat kondisi kelas, menata ruangan kelas, mengatur tempat duduk, ventilasi Udara yang baik. Usaha-usaha yang dilakukan, persiapan administratif, penggunaan metode dan media yang bervariasi, serta pendekatan pluralistik. Adapun faktor penghambat,: kurangnya motivasi siswa, kurangnya disiplin guru dan orang tua. Kurangnya fasilitas lab, dan buku studi sejarah sehingga siswa kurang fokus dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci: Manajemen kelas dan Pembelajaran Sejarah
PEMBELAJARAN ADMINISTRASI PEMERINTAHAN UNTUK DOSEN ILMU SOSIAL POLITIK (Telaahan Terhadap Reformasi Birokrasi Dan Good Governance Untuk Peningkatan Kinerja Pelayanan Kepada Masyarakat Oleh Aparatur Pemerintah) Badaruddin, Badaruddin
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.092 KB) | DOI: 10.32672/si.v17i2.546

Abstract

Abstrak Tujuan dari pelaksanaan pembelajaran administrasi pemerintahan bagi dosen ilmu sosial politik adalah sebagai bahan masukan dan kajian secara berkesinambungan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dosen sosial politik dalam memberikan wacana berpikir kepada mahasiswa sosial politik di universitas. Selanjutnya, pada paparan berikut adalah tinjauan pada konsep dan pelaksanaan birokrasi pada pemerintahan daerah. Pandangan yang negatif terhadap birokrasi seperti pelaksanaan prosedur yang berbelit-belit, lamban atau membutuhkan waktu yang lama, membutuhkan biaya yang besar termasuk biaya-biaya ekstra, pelayanan yang asal-asalan dan kurang ramah, masih sering terjadi praktek kolusi, korupsi dan nepotisme, dan lainnya masih sering terjadi khususnya pada pelayanan sektor publik. Sebagaimana konsep Weber, untuk mewujudkan good governance diperlukan Reformasi Birokrasi yaitu dalam bentuk reformasi kelembagaan (institusional reform) dan reformasi manajemen publik (public management reform). Untuk lebih dapat meningkatkan pada pelayanan sektor publik, menurut Osborne dan Gaebler melalui konsep Reinventing Governmentnya, menekankan pada: Pemerintahan Katalis, Pemerintah milik masyarakat, Pemerintah yang kompetitif, Pemerintah yang digerakkan oleh misi, Pemerintah yang berorientasi pada hasil, Pemerintah berorientasi pada pelanggan, Pemerintahan wirausaha, Pemerintah antisipatif, Pemerintah desentralisasi, Pemerintah berorientasi pada pasar. Kata Kunci: Good Governance, institusional reform, public management reform, pelayanan sektor publik, Reinventing Government.
PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DAN DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X IPA PADA MAN KUALA MAKMUR KABUPATEN SIMEULUE Abusmar, Abusmar
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.903 KB) | DOI: 10.32672/si.v17i2.541

Abstract

Absrak : Peran guru dalam kegiatan pembelajaran sangat penting untuk memotivasi siswa tentunya tidak telepas adanyan metode yang diterapkan. Peneliti membahas tentang “Penerapan metode tanya jawab dan demonstrasi dalam pembelajaran fiqih untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa di kelas x ipa pada MAN Kuala Makmur Kabupaten Simeulue.Permasalahannya adalah Apakah dengan metode tanyajawab dan demontrasi dalam pembelajaran fiqih dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada MAN Kuala Makmur dpat meningkat?. Palaksanaan Penelitian dapat dilakukan dengan 3(tiga) siklus secara kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari siklus 1 s/d 3 menunjukkan bahwa dengan penerapan metode tanyajawab dan demontrasi dapat meningkatkan motivasi siswa khususnya pada pembelajaran fiqih. Tindakan ini pada pembelajaran sebelumnya siswa tidak menujukan kreatif malah membosankan. Kata Kunci: Metode Tanya Jawab, Metode Demostran, Pembelajaran Fiqih
MODEL PENGEMBANGAN METODE QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA GURU SMP KOTA BANDA ACEH Sariakin, Sariakin
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.425 KB) | DOI: 10.32672/si.v17i2.542

Abstract

Abstrak: Adapun fokus utama penelitian ini adalah menggambarkan secara deskriptif dan holistik tentang model pengajaran bahasa Inggris metode quantum teaching untuk meningkatkan prestasi siswa secara menyeluruh. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan penelitian dan pengembangan, yaitu penelitian ditindak lanjuti dengan mempelajari, menyelidiki, dan memahami serta bagaimana model pengembangan metode program pengembangan dengan tujuan untuk memperbaiki atau menmyempurnakan kondisi objek yang diteliti. Sampel penelitian ini adalah guru bahasa Inggris pada SMP yang ada di Kota Banda Aceh baik swasta ataupun negeri. Untuk menghasilkan model pengajaran dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMP yang ada di Kota Banda Aceh.dilakukan langkah-langkah sistematis dalam bentuk proses aksi, refleksi, evaluasi, dan inovasi. Metode yang digunakan adalah observasi langsung, angket, wawancara, seminar, dan pengembangan. Key words: pengembangan, metode, quantum teaching, sekolah
DAMPAK KEBERADAAN KEDAI KOPI BAGI IPK MAHASISWA DI KOTA BANDA ACEH Ruhadi, Ruhadi; Herlina, Herlina
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.043 KB) | DOI: 10.32672/si.v17i2.543

Abstract

Abstrak: Fenomena aktivitas di kedai kopi bukan hal asing di Aceh yang terkenal dengan julukan “Negeri 1000 kedai kupi”. Keterkaitan antara kedai kopi dengan mahasiswa adalah mahasiswa merupakan agent of change dan termasuk salah satu komponen yang sering beraktivitas di kedai kopi. Penelitian ini ingin mengetahui lebih jauh mengenai bagaimana mahasiswa memaknai kedai kopi dan dampak apa yang ditimbulkan dari seringnya ke kedai kopi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa ke kedai kopi sebesar 37 persen untuk berkumpul, bersosialisasi dan bersilaturahmi dengan teman-teman. Sebesar 33 persen menyatakan mengerjakan tugas kuliah karena di kedai kopi terdapat fasilitas internet dan lainnya. Kecenderungan mahasiswa sebesar 50 persen memilih tempat beraktivitas di kedai kopi karena terdapat berbagai fasilitas terutama WIFI merupakan alasan utama mereka sering beraktivitas di kedai kupi yang mayoritas tidak setiap hari berkunjung. Mahasiswa yang beralasan merasa nyaman beraktivitas di kedai kupi adalah sebesar 21 persen, hal tersebut berkaitan dengan kelengkapan fasilitas termasuk di dalamnya tempat parkir dan tempat sholat, toilet dan lainnya. Untuk dampak positif seringnya beraktivitas di kedai kupi menunjukkan bahwa sebesar 52 persen responden menyatakan mendapat tempat belajar yang nyaman. Memperoleh fasilitas bermain seperti facebook, game, dan lainnya sebesar 11 persen. Sedangkan dampak negatif adalah mahasiswa menyatakan sering lupa waktu sebesar 60 persen, 29 persen menyatakan menguras biaya, dan 11 persen menjadi malas untuk melakukan aktivitas lainnya. Angka rata-rata sebelum rutin beraktivitas ke kedai kopi adalah sebesar 3,00 sedangkan setelah rutin ke kedai kopi adalah sebesar 3,10. Uji F mendukung pernyataan tersebut dengan F(hitung) = 1,391 < F(tabel) = 3,06. Di sisi lain uji relasi (R) menunjukkan hubungan negatif antara frekuensi ke kedai kopi dengan IPK mahasiswa sebesar -0,166 yang berarti semakin besar frekuensi ke kedai kopi maka dapat menurunkan IPK mahasiswa yang bersangkutan atau sebaliknya. Maka disarankan agar dapat meningkatkan IPK maka mahasiswa menurunkan frekuensi ke kedai kopi dengan beralih memperbanyak kegiatan yang mempengaruhi peningkatan IPK, misalnya menambah jam belajar. Peneitian yang menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif ini menggunakan wawancara langsung kepada mahasiswa dan pemilik kedai kopi, observasi, serta dokumentasi, serta studi kepustakaan. Data yang diperoleh diolah disajikan dalam bentuk tabel atau grafik disertai interpretasinya. Kata kunci: kedai kupi, aktivitas mahasiswa, dan IPK.
TEACHING ENGLISH GRAMMAR TO THE SECOND SEMESTER STUDENT OF THE ENGLISH DEPARTMENT OF FKIP SERAMBI MEKKAH UNIVERSITY BANDA ACEH Razali Abdullah, Razali Abdullah
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.193 KB) | DOI: 10.32672/si.v17i2.538

Abstract

Abstract: Era modernisasi, komunikasi, globalisasi, informasi dan media massa berkembang dengan pesat. Penggunaan bahasa perlu ditingkatkan agar ketrampilan berbahasa mahasiswa memiliki ketrampilan memadai. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan English grammar mahasiswa semester dua pada FKIP Program Studi Bahasa Inggris. Seberapa besar penguasaan English grammar mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang mahasiswa. Instrument yang digunakan untuk pengambilan data 3 model written test yaitu: Multiple choice, Matching items dan Error Corrections. Semua data dianalisis untuk mengetahui nilai rata-rata, tertinggi dan terendah. Dari hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata yang dicapai mahasiswa 76,5, nilai tertinggi 96, dan nilai terendah 30. Nilai tersebut digolongkan dalam katagori sedang (ideal). Berdasarkan grading system yang dikeluarkan depdiknas (1982/1983:52). Secara umum hasil pengajaran bahasa Inggris dan penguasaan English grammar pada semua jenjang pendidikan sangat perlu ditingkatkan secara terus-menerus. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, English grammar mahasiswa semester dua masih dalam katagori sedang (ideal). Key words: Teaching, Grammar, Error

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 24, No 2 (2023): Jurnal Serambi Ilmu Vol 24, No 1 (2023): Jurnal Serambi Ilmu Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Serambi Ilmu Vol 23, No 1 (2022): Jurnal Serambi Ilmu Vol 23, No 1 (2022): Serambi Ilmu Vol 22, No 2 (2021): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 22, No 1 (2021): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 21, No 2 (2020): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 21, No 1 (2020): Jurnal Serambi Ilmu Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 1 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Serambi Ilmu Vol 30, No 2 (2018) Vol 30, No 1 (2018) Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 28, No 1 (2017) Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 3 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 1 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 1 (2016): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 2 (2014) Vol 15, No 2 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 2 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2013) Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 2 (2012): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 2 (2012): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 1 (2012): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 13, No 1 (2012): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 2 (2011): Jurnal Serambi Ilmu Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 1 (2010): Jurnal Serambi Ilmu More Issue