cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
JURNAL SERAMBI ILMU
ISSN : 16934849     EISSN : 25492306     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu" : 9 Documents clear
ANALISIS PENALARAN DALAM SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP/MTs TAHUN AJARAN 2012 / 2013 Sukmawarti, Sukmawarti; Dewi Liliani Batubara, Dewi Liliani Batubara
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.516 KB) | DOI: 10.32672/si.v18i1.565

Abstract

Abstrak Ujian Nasional (UN) adalah kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian kompetensi lulusan secara nasional. Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam UN Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah jenis penalaran apa saja yang terdapat dalam soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs Tahun Ajaran 2012/2013? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis penalaran yang terdapat dalam soal ujian Nasional matematika SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif. Sedangkan metode dalam penelitian ini menggunakan kerangka kerja Lithner. Penelitian dilakukan dengan cara menganalisis soal UN berdasarkan konteks teori, kejadian contoh dan latihan soal dalam buku teks rujukan, memberikan argumen dan kesimpulan serta mengomentarinya sesuai dengan hasil analisis penalaran yang terdapat dalam soal UN. Hasil analisis penalaran dari 40 butir soal UN Matematika SMP/MTs tahun ajaran 2012/2013, karakter soal UN sebagian besar menggunakan penalaran Imitative Reasoning. 95% soal menggunakan Memorized Reasoning dan Algoritmic Reasoning, dan 5% soal dengan penalaran Creative Reasoning tipe Local Creative Reasoning. Materi soal UN sesuai dengan standar isi dan sudah dipelajari, serta sering dijumpai siswa dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian siswa tidak perlu cemas menghadapi Ujian Nasional dan harus percaya diri dalam mengikutinya.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE TEBAK KATA DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN BIOLOGI PADA SMA Husna, Husna
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.551 KB) | DOI: 10.32672/si.v18i1.560

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IA2 materi sel pada SMa Negeri 6 Banda aceh, sedangkan manfaatnya untuk mendapatkan teori-teori baru untuk menjadi refleksi penelitian selanjutnya. Kajian ini menggunakan metode PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Sebagai subjek dalam PTK ini adalah siswa kelas XI IA2 semester ganjil (1) sumber data yang diperoleh dalam PTK ini hasil dari siswa kelas XI IA 2 sebanyak 25 orang hasil observasi oleh teman sejawat dan dokumentasi siswa-siswi. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini menunjukan bahwa di siklus I sebanyak 13 siswa tuntas (52%) dan pertemuan II sebanyak 23 siswa (92 %). Kata kunci : model cooperative learning dan hasil belajar Biologi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA SISWA Hayaton, Hayaton
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.845 KB) | DOI: 10.32672/si.v18i1.561

Abstract

Abstrak Masalah penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar IPS dan aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Darul Kamal Kabupaten Aceh Besar Tahun Pelajaran 2013/2014.Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Tujuan khusus adalah meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat langsung bagi sekolah yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran IPS, di samping itu juga bermanfaat bagi guru dan siswa. Melalui penelitian tindakan kelas ini, guru memperoleh pengalaman melakukan penelitian dan meningkatkan kualitas pembelajaran, sedangkan siswa memperoleh pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian ini dilaksanakan ddalam 2 siklus, dimana aktivitas setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 25 orang siswa. Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah menerapkan pembelajaran peta konsep pada pembelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan. Instrumen penelitian menggunakan kuis, lembaran observasi dan catatan lapangan. Pelaksanaan penelitian secara kolaboratif dengan melibatkan 2 orang guru IPS. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa. Siklus I nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 67 dengan ketuntasan belajar 68 % dan skor persentase rata-rata aktivitas siswa adalah 43%. Siklus II nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa adalah 72 dengan ketuntasan belajar 88 % dan skor rata-rata aktivitas siswa adalah 68. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil sehingga peneliti merekomendasikan penerapan pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan dan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: Aktivitas, hasil belajar, peta konsep
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KOLONIALISME BARAT PADA SISWA Mardiana, Mardiana
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.687 KB) | DOI: 10.32672/si.v18i1.562

Abstract

Abstrak Ketidaksesuaian model pembelajaran berdampak pada hasil yang dicapai oleh siswa. Model pembelajaran yang lebih mengedepankan kemampuan verbalisme guru mengakibatkan siswa tidak aktif dalam pembelajaran. Keadaan ini terjadi pada siswa kelas VIII SMPN 1 Darul Kamal dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Masalah yang terjadi adalah hasil belajar siswa rendah dan siswa pasif dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa kelas VIII SMPN 1 Darul Kamal terhadap materi kolonialisme barat dan aktivitas siswa mengikuti kegiatan pembelajaran Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dimana aktivitas setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Darul Kamal yang berjumlah 24 orang terdiri dari 15 orang siswa perempuan dan 9 orang siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah soal dan lembaran observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian diketahui ketuntasan belajar siswa pada siklus pertama 75% dengan nilai rata-rata kelas 69. Ketuntasan belajar pada siklus II yaitu 87,5% dengan nilai rata-rata kelas 72. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan model cooperative learning tipe script pada siklus I rata-rata persentase 80,7%. Dengan demikian hasil penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil, sehingga di simpulkan terjadi peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VIII SMPN 1 Darul Kamal setelah diajarkan dengan model cooperative learning tipe script. Kata Kunci: Aktivitas, hasil belajar, cooperative script.
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUKT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN BIOLOGI MATERI METABOLISME SEL DENGAN MENGGUNAKAN PERCOBAAN SACH DAN PERCOBAAN INGENHOUZS Hasni, Hasni
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.64 KB) | DOI: 10.32672/si.v18i1.557

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XII IA 1 pada MAN Model Banda Aceh pada materi metabolisme sel. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas XII IA 1 MAN Model Banda Aceh Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 34 siswa. Analisis data menggunakan metode deskriptif komperatif, yaitu dengan membandingkan nilai tes siswa, hasil observasi terhadap guru dan hasil wawancara dari kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai dari setiap siklus dan analis pada siklus I dan siklus II dengan penerapan metode eksperimen. Pada akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan yaitu dari siklus I 70 keatas sebanyak 28 siswa, nilai 70 kebawah 6 siswa yang tuntas hanyua 82,35%, sedangkan yang tidak tuntas 17,64%. Pada siklus II nilai 70 keatas sebanyak 32 siswa dan 70 kebawah sebanyak 2 siswa, jadi yang tuntas meningkat menjadi 94,11%, sedangkan yang tidak tuntas 5,88%. Dengan demikian sebagian besar siswa kelas XII IA 1 MAN Model Banda Aceh mengalami peningkatan hasil belajar melalui metode eksperimen pada materi metabolisme sel khususnya sub konsep fotosintesis. Kata Kunci: Metode eksperimen, hasil belajar, penelitian tindakan kelas.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA MELALUI METODE PENUGASAN Yusnaidah, Yusnaidah
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.866 KB) | DOI: 10.32672/si.v18i1.563

Abstract

Abstrak PTK ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar geografi pokok bahasan persebaran Flora dan Fauna melalui metode penugasan pada siswa kelas XI-IS-1 SMA Negeri 6 Banda Aceh, sedangkan manfaatnya untuk mendapatkan teori-teori baru untuk menjadi refleksi penelitian selanjutnya. Kajian ini menggunakan metode PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pembelajaran. Sebagai subjek dalam PTK ini adalah siswa Kelas XI-IS-1 semester ganjil (I). Sumber data yang diperoleh dalam PTK ini hasil dari siswa kelas XI-IS-1 sebanyak 29 orang, hasil observasi dari teman sejawat dan dokumentasi siswa-siswi. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini menunjukkan bahwa di siklus I pertemuan 1 sebanyak 17 siswa tuntas (58,6%) dan pertemuan 2 sisa yang telah tuntas sebanyak 20 orang (68,96%). Selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 siswa yang telah tuntas ada sebanyak 23 orang (79,3%) dan pada pertemuan 2 meningkat lagi menjadi 27 orang (93,1%). Kata Kunci : Metode Penugasaan dan Hasil Belajar Geografi
PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEKOLAH MELALUI MANAJEMEN STRATEGIK PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Marzuki, Marzuki
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.939 KB) | DOI: 10.32672/si.v18i1.558

Abstract

Abstract This study aims to determine the mechanism, consideration, implementation, and dissemination of the principal decision-making through strategic management at Bandar Baru SMPN 1. This research used descriptive method with qualitative approach, data collection techniques were interviews, observation and documentation study. Subjects were principals, vice-principals, and teachers. The results showed that: (1) The mechanism of decision-making is done by identifying activities problems, formulate goals, determine alternatives, determine solutions, and decision-making, (2) consideration in decision-making is done by consensus paths between teachers and employees, (3) Implementation of decision-making implemented through legalization, operational plans, and communication, and action, monitoring, review and evaluation, and (4) socialization of decisions implemented through an open explanation to the vice principal and carried out according to plan. Keywords : strategic management, and decision making
PENGARUH MASA KERJA DAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMITMEN KERJA GURU SMA Maria Lena, Maria Lena
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.145 KB) | DOI: 10.32672/si.v18i1.564

Abstract

Abstrak Masa kerja seorang guru adalah¬ lamanya waktu yang telah dilalui oleh seorang guru yang mengabdikan segala kemampuannya pada sebuah lembaga pendidikan. Guru yang telah bertahun-tahun mengajar akan dapat memperbaiki kemampuan mengajarnya sehingga semakin tinggi tingkat kemampuan dan komitmen terhadap tugas keguruannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara masa kerja dan sertifikasi guru terhadap komitmen kerja guru pada SMA Negeri 5 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah guru yang telah mendapat sertifikat sertifikasi dan bertugas pada SMA Negeri 5 Banda Aceh, sedangkan yang dijadikan sampel sebanyak 32 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama terdapat pengaruh yang positif antara masa kerja guru dengan komitmen kerja guru pada SMA Negeri 5 Banda Aceh (rx1y = 0,737), kedua terdapat pengaruh yang positif antara sertifikasi guru dengan komitmen kerja guru pada SMA Negeri 5 Banda Aceh (rx2y = 0,771), ketiga terdapat pengaruh yang positif antara masa kerja dan sertifikasi guru terhadap komitmen kerja guru pada SMA Negeri 5 Banda Aceh ( rx1x2y = 0,867). Hasil analisis secara serempak menunjukkan bahwa masa kerja dan sertifikasi guru dapat mempengaruhi komitmen kerja guru pada SMA Negeri 5 Banda Aceh. Kata Kunci : Masa Kerja, Sertifikasi Guru dan Komitmen Kerja Guru.
PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN AKREDITASI MADRASAH ALIYAH Khairuddin, Khairuddin
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.663 KB) | DOI: 10.32672/si.v18i1.559

Abstract

Abstrak Pengelolaan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang sangat penting di sekolah, karena keberadaannya akan sangat mendukung terhadap suksesnya proses pembelajaran di sekolah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) perencanaan, 2) pengadaan, 3) inventarisasi, 4) pemeliharaan dan 5) penghapusan sarana dan prasarana dalam peningkatan akreditasi MAN 1 Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua MGMP, komite sekolah, pengawas dan guru. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan dilakukan oleh kepala sekolah bersama personel sekolah menyusun daftar kebutuhan sarana dan prasarana sekolah sesuai dengan kebutuhan sekolah dan modal atau potensi yang telah ada. Kepala sekolah membentuk panitia khusus yang berhubungan dengan bangunan, mengatur kunjungan sekolah-sekolah yang digunakan sebagai model, dan mempelajari gambar bangunan sekolah dan perlengkapannya baik yang diproyeksikan maupun gambar biasa. 2) Pengadaan dilakukan berdasarkan perencanaan kebutuhan yang sudah ditentukan. Sekolah menyiapkan proposal sebelum melakukan pengadaan. Dalam proposal pengadaan dicantumkan secara jelas tentang jenis barang yang diminta, jumlah satuannya, merek beserta dengan tipenya, dan taksiran harganya. 3) Inventarisasi dengan cara menyediakan buku inventaris, buku pembelian, buku penghapusan, dan kartu barang. Barang inventaris diberikan lambang nama berbentuk angka yang tersusun menurut pola tertentu. Barang inventaris sekolah dipertanggungjawabkan dengan membuat laporan penggunaan barang-barang tersebut yang ditujukan kepada Kantor Kementrian Agama setempat. 4) Pemeliharaan dengan cara menunjuk beberapa personel sekolah untuk pemeliharaan sarana dan prasarana secara rutin dan insidental. Apabila terjadi kerusakan akan dilaporkan kepada kepala sekolah dan menentukan perbaikan berupa mengusulkan dan menggantikannya kepada atasan berwenang. Sumber dana pemeliharaan adalah dari pemerintah, donatur, komite sekolah. 5) Penghapusan dilakukan apabila memenuhi syarat-syarat tertentu, seperti: apabila sarana sudah dalam keadaan tua atau rusak berat, menelan biaya yang besar apabila diperbaiki, tidak sesuai lagi dengan kebutuhan masa kini dan apabila dicuri, terbakar, musnah sebagai akibat bencana alam. Proses penghapusan tersebut biasanya dilakukan dengan dua cara yaitu di musnahkan atau di lelang kepada guru dan karyawan sekolah. Kata Kunci: Pengelolaan Sarana dan Prasarana dan Akreditasi Sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 24, No 2 (2023): Jurnal Serambi Ilmu Vol 24, No 1 (2023): Jurnal Serambi Ilmu Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Serambi Ilmu Vol 23, No 1 (2022): Jurnal Serambi Ilmu Vol 23, No 1 (2022): Serambi Ilmu Vol 22, No 2 (2021): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 22, No 1 (2021): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 21, No 2 (2020): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 21, No 1 (2020): Jurnal Serambi Ilmu Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 1 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Serambi Ilmu Vol 30, No 2 (2018) Vol 30, No 1 (2018) Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 28, No 1 (2017) Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 3 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 1 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 1 (2016): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 2 (2014) Vol 15, No 2 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 2 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2013) Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 2 (2012): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 2 (2012): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 1 (2012): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 13, No 1 (2012): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 2 (2011): Jurnal Serambi Ilmu Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 1 (2010): Jurnal Serambi Ilmu More Issue