cover
Contact Name
Defliyanto
Contact Email
defliyanto@unib.ac.id
Phone
+6281380737343
Journal Mail Official
kinestetik.fkip@unib.ac.id
Editorial Address
Jalan Raden Fatah, Rt 17 Rw 03, Kota Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 2477331x     EISSN : 26856514     DOI : 10.33369
Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani by the Program Study of Physical Education FKIP University of Bengkulu. The journal of physical education, health and recreation was first printed in March 2013, this scientific journal received writings that had never been published elsewhere. and receive writings on the subject of physical education, sports, health and recreation. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani with ISSN 2477-331x (printed) and ISSN 2685-6514 (online) has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 30/E/KPT/2019 which is valid for five years since enacted on 11 November 2019.
Arjuna Subject : -
Articles 507 Documents
MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LARI JARAK 60 METER DENGAN MEDIA YANG DIMODIFIKASI SISWA KELAS XI IPS 1 T.A 2018/2019 SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU Bayu Aji Prayitno; syafrial syafrial; Arwin Arwin
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 3 No 1 (2019): MARET (ACCREDITED SINTA 5)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v3i1.8809

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran lari jarak 60 meter dengan media yang dimodifikasi siswa kelas XI IPS 1 T.A 2018/2019 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian kualitatif menggunakan lembar pengamatan yang dilakukan oleh teman sejawat. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 T.A 2018/2019 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian yang mendapatkan nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media yang dimodifikasi siklus pertama pada keterampilan lari jarak 60 meter siswa 27,2 %, sikap ssiwa 60,6 %, dan aktivitas guru  dengan nilai 58,1, siklus kedua pada keterampilan lari jarak 60 meter siswa 60,6 %, sikap siswa 72,7 %, dan aktivitas guru dengan nilai 68,4, siklus ketiga pada keterampilan lari jarak 60 meter siswa 90,9 %, sikap siswa 81,8%, dan aktivitas guru dengan nilai 78,7, siklus keempat pada keterampilan lari jarak 60 meter siswa 100%, sikap ssiwa 100%, dan aktivitas guru dengan nilai 86,8. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada siklus pertama sampai siklus keempat terdapat peningkatan dalam proses pembelajaran lari jarak 60 meter dengan media yang dimodifikasi siswa kelas XI IPS 1 T.A 2018/2019 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu.
IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA N 1, 2 DAN 3 BENGKULU TENGAH Deri Hanggara; syafrial syafrial; Bogy Restu Ilahi
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 2 No 1 (2018): MARET (ACCREDITED SINTA 5)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v2i1.9182

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan latihan bola voli di SMA N Bengkulu Tengah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan latihan, sarana dan prasarana serta pengetahuan tentang bola voli dan ekstrakurikuler di SMA N Bengkulu Tengah. Sumber data penelitian ini adalah pelatih esktrakurikuler dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dengan keabsahan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA N Bengkulu Tengah, sampel yang diteliti mencakup 3 SMA yaitu SMA 1 Bengkulu Tengah, SMA 2 Bengkulu Tengah dan SMA 3 Bengkulu Tengah. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa, 1) penerapan latihan di SMA N Bengkulu tengah dijalankan dengan baik dan tepat dengan persentase 82,35%, 2) sarana dan prasarana bola voli di SMA N Bengkulu Tengah cukup memadahi dengan persentase 82,2%, dan 3) pengetahuan para siswa terhadap bola dan ekstrakurikuler sangat baik dengan persentase 82,3%.
TINGKAT PEMAHAMAN PERATURAN PERMAINAN SEPAKBOLA (LAW OF THE GAME) WASIT C-2 DAN C-1 ASPROV PSSI BENGKULU Yarmani Yarmani; dika irwanto
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 1 No 1 (2017): MARET
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v1i1.10924

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman wasit terhadap peraturan permainan sepakbola. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket. Instrumen yang telah tersusun tersebut dikonsultasikan kepada ahli (expert judgment). Populasi dalam penelitian ini adalah wasit sepakbola C-2 dan C-1 Asprov PSSI Bengkulu dengan jumlah 25 orang. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman peraturan permainan sepakbola (Laws Of The Game) wasit C-2 dan C-1 Asprov PSSI Bengkulu berada pada kategori sangat baik sebesar 92% (23 orang), kategori baik sebesar 8% (2 orang), kategori cukup sebesar 0%, kategori kurang 0%,dan kategori sangat kurang 0%. Dengan rincian lisensi yaitu sebanyak 6 orang lisensi C-1 dan 17 orang lisensi C-2 termasuk ke kategori sangat baik sedangkan 2 orang berlisensi C-2 termasuk ke kategori baik.
KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KELINCAHAN TERHADAP HALF NELSON PADA ATLET GULAT PROVINSI BENGKULU Tri wahono; Syafrial syafrial; Arwin Arwin
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 1 No 1 (2017): MARET
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v1i1.3379

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kekuatan otot lengan dan kelincahan terhadap Half Nelson secara ilmiah. Penelitian ini dilakukan di PPLP Propinsi Bengkulu tepatnya disasana gulat dan lapangan pada tahun 2017. Metode penelitian yang digunakan metode korelasi dengan statistik product moment dan korelasi ganda, penelitian ini secara objektif atau apa adanya dengan sampel 21 orang atlet gulat Propinsi Bengkulu yang diambil dengan teknik Total Sampling. Adapun hasil rhitung = 0,91 > rtabel = 0,433 maka Ha diterima artinya terdapat hubungan yang berarti antara X1 dengan Y. Hasil data rhitung = 0,79 > rtabel = 0,433 maka Ha diterima artinya terdapat hubungan yang berarti antara X2 dengan Y. dan hasil data rhitung = 0,87 > rtabel = 0,433 maka Ha diterima artinya terdapat hubungan yang berarti antara X1, dan X2 dengan Y. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada kontribusi antara kekuatan otot lengan dan kelincahan terhadap kemampuan half nelson sebesar 75,69% dan pengaruh faktor lainnya sebesar 24,31%.
PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK STANDING LONG JUMP (BROAD JUMP) DAN STANDING JUMP TERHADAP LOMPAT JAUH GAYA GANTUNG ATLET ATLETIK LOMPAT JAUH PROVINSI BENGKULU DI PPLP BENGKULU Acen Yukarda; Dian Pujianto; Arwin Arwin
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 3 No 2 (2019): SEPTEMBER (ACCREDITED SINTA 5)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v3i2.8923

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh latihan pliometrik standing long jump (broad jump) dan standing jump terhadap lompat jauh gaya gantung atlet atletik provinsi Bengkulu di PPLP Bengkulu. Lompat jauh adalah olahraga yang mengabungkan kecepatan, kekuatan, kelenturan, daya tahan, power, dan ketepatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan menggunakan desain One-Group Pretest-posttes Desing. Penelitian ini dilaksanakan di PPLP Provinsi Bengkulu terpatnya dilapangan PPLP Provinsi Bengkulu. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes lompat jauh gaya gantung. Sampel dalam penelitian ini atlet atletik lompat jauh Provinsi Bengkulu di PPLP Provinsi Bengkulu yang berjumblah 12 orang dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan, dengan teknik sampling purposive. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan t-test. Berdasarkan hasil perhitungan statistik hasil uji-t kelompok eksperimen 1 diperoleh thitung sebesar 4.328 lebih besar dari ttabel sebesar 2.571 dan taraf singnifikan 5%, Sedangkan kelompok eksperimen 2 diperoleh thitung sebesar 4.284 lebih besar dari ttabel sebesar 2.571 dan taraf singnifikan 5%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan sehinga hipotesis penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak. Sehinga dapat disimpulkan bahwa latihan pliometrik standing long jump (broad jump) dan standing jump dapat meningkatkan prestasi lompat jauh gaya gantung. 
PRODUKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PJOK DENGAN PENERAPAN MODEL PROJEK BASE LEARNING PADA PRODI PENJAS FKIP UNIB Tono Sugihartono; Ari Sutisyana; Sugiyanto Sugiyanto
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 4 No 1 (2020): MARET (ACCREDITED SINTA 3)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v4i1.10407

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran  Projeck Base Learning (PjBL) terhadap peningkatan produk Lembar Kerja Peserta Dididk (LKPD) pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada mata kuliah Perencanaan Pengajaran Penjas dan olahraga. Metode dan prosedur penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berkolaborasi (collaborative classroom action research), subjek penelitian adalah mahasiswa semester V Program studi Penjas FKIP Unib, pada materi Media pembelajaran LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penerapan model pembelajaran Projek Base Learning dalam pembelajaran perencanaan media LKPD mampu memberikan motivasi dan sistem belajar mahasiswa dalam kelompok dalam merencanakan dan membuat produk LKPD, dan mampu memecahkan masalah  dalam kelompok secara efektif dan efisien sehingga penguasaan  serta keterampilan membuat LKPD dengan ketuntasan mencapai 77,4%.  LKPD yang memenuhi kelayakan isi yang terdiri dari indikator materi pembelajaran, materi sesuai dengan kebutuhan belajar dan ketercakupan belajar dengan peningkatan sebesar 20%. Kesesuaian penyajian LKPD yang meliputi sistematika petunjuk LKPD dengan tugas gerak PJOK, dan isi dengan tugas gerak PJOK, dengan peningkatan sebesar 37,8%. Kesesuaian dengan syarat didaktis yang memenuhi kebutuhan peserta didik dan pengembangan diri peserta didik, meningkat sebesar  30%. Kesesuaian dengan syarat konstruksi (kebahasaan) yang memenuhi kesuaian Penggunaan bahasa dan kalimat, meningkat sebesar 51%, sedangkan kesesuain LKPD dengan syarat teknis (grafis) yang memenuhi indikator tulisan dan gambar dalam LKPD serta desain /penampilan LKPD,  meningkat sebesar 10,7%.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SEPAK SILA MELALUI VARIASI LATIHAN BERPASANGAN PADA PERMAINAN SEPAK TAKRAW SISWA KELAS V SD NEGERI 18 KOTA BENGKULU Barep Sucipto; Sugiyanto Sugiyanto; Tono sugihartono
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 1 No 1 (2017): MARET
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v1i1.3368

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat langkah penelitian, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan variasi metode latihan berpasangan pada permainan sepaktakraw dapat meningkatkan kemampuan sepak sila siswa di kelas V SD Negeri 18 Kota Bengkulu. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 15 jumlah siswa laki-laki dan 10 jumlah siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa serta tes keterampilan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan tes evaluasi siswa dilakukan di tiap-tiap akhir siklus. Hasil persentase observasi aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 60%, siklus 2 adalah 86,67%. Persentase observasi aktivitas guru pada siklus 1 adalah 66,67% dan pada siklus 2 adalah 93,34%. Hasil rata-rata tes keterampilan pada siklus 1 adalah 17,72 dan pada siklus 2 yaitu 22,96 dengan standar ketuntasan 20 sepakan dalam waktu satu menit. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan variasi latihan berpasangan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sepak sila serta mampu menumbuhkan kegembiraan dan memotivasi siswa dalam belajar.
Evaluation Of The Physical Training Program Of The Badminton Achievement Club In Bengkulu City Bogy Restu Ilahi; Hadiwinarto Hadiwinarto; Sheren Dwi Oktaria
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 4 No 2 (2020): SEPTEMBER (ACCREDITED SINTA 3)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v4i2.12550

Abstract

The purpose of this study was to evaluate the badminton club performance coaching physical training program. This research was conducted at the badminton coaching club Bengkulu city in 2021. In this study using the CIPP Model with survey research methods. Data obtained through observation, questionnaires, interviews, and documentation study. This study uses non-statistical qualitative analysis methods, where the data reduction component and data presentation are carried out simultaneously with the data collection process after being collected, so that the three components are analyzed (data reduction, data presentation, drawing conclusions) interact. The results of this study indicate that (1) the process of the eligibility mechanism and the qualifications of coaches and badminton achievement coaching club athletes in Bengkulu City includes PB. Orchid, PB. Porpu, PB. Tupperware is quite decent. (2) The implementation of the physical exercise program has not been going well, in the trainer and athlete sectors. (3) The facilities and infrastructure owned by the badminton achievement coaching club in Bengkulu City are still in the poor category because only PB. Porpu have adjusted the facilities and infrastructure according to PBSI standards while PB. Anggrek and PB.Tupperware still need to be fixed.
PENERAPAN VARIASI MODIFIKASI BOLA KARET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SERVIS BAWAH SEPAK TAKRAW Homarul Ashabi Saputra; Yarmani Yarmani; Tono Sugihartono
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 2 No 2 (2018): SEPTEMBER (ACCREDITED SINTA 5)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v2i2.8744

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan variasi modifikasi bola karet untuk meningkatkan keterampilan servis bawah sepak takraw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan jumlah subjek adalah 35 orang siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) Penerapan variasi modifikasi bola karet dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas X MA AL-Kariim Kabupaten Bengkulu Tengah dalam melakukan servis bawah sepak takraw. Pada Pra siklus menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 45,4 dengan persentase ketuntasan 28,5% dan jumlah siswa tuntas 10. Selanjutnya pada siklus 1 nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 61,4 dengan persentase ketuntasan 60% dan jumlah siswa yang tuntas 21. Kemudian pada siklus 2 nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 78 dengan persentase ketuntasan 85,7% dan jumlah siswa yang tuntas 30. (2) Penerapan variasi modifikasi bola karet dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas X MA AL-Kariim Kabupaten Bengkulu Tengah. 
PENGARUH LATIHAN JUMP ROPE DAN DEPTH JUMP TERHADAP LOMPATAN BLOCK SMASH PERMAINAN BOLA VOLI SISWI EKSTRAKURIKULER SMKN 1 KOTA BENGKULU Dian Septi Lestari; Tono Sugihartono; ari Sutisyana
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Vol 3 No 2 (2019): SEPTEMBER (ACCREDITED SINTA 5)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jk.v3i2.8900

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Jump Rope dan Depth Jump terhadap lompatan Block Smash permainan bola voli siswi ekstrakurikuler SMKN 1 Kota Bengkulu. Apakah terdapat Pengaruh Latihan Jump Rope Dan Depth Jump terhadap Lompatan Block Smash Permainan Bola Voli Siswi Ekstrakurikuler SMKN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Experimen One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi aktif ekstrakurikuler di SMKN 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 45 orang. Hasil penelitian Pengaruh Latihan Jump Rope Dan Depth Jump Terhadap Lompatan Block Smash Permainan Bola Voli Siswi Ekstrakurikuler SMKN 1 Kota Bengkulu diperoleh hasil pretest sebesar 31,47 dan hasil rata-rata posttest sebesar 35,09 dengan selisih 3,62 dan hasil t hitung sebesar 8,64 > dari t table 1,696. Berdasarkan uji statistik dengan (0,05) bahwa H0 ditolak atau menerima Ha secara sistematik  bahwa latihan Jump Rope dan Depth Jump  berpengaruh terhadap Block Samsh.

Page 1 of 51 | Total Record : 507