cover
Contact Name
Yessy Elita
Contact Email
Yessyelita@unib.ac.id
Phone
+6281215322175
Journal Mail Official
Yessyelita@unib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
CONSILIA
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25991221     EISSN : 26205343     DOI : https://doi.org/10.33369/consilia
Core Subject : Education,
Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan November dalam versi cetak dengan p-ISSN 2599-1221 dan versi online dengan nomor e-ISSN 2620-5343.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019)" : 10 Documents clear
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS Lidia Wati; Hadiwinarto Hadiwinarto; Arsyadani Mishbahuddin
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.83 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.1.83-91

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatkan kecerdasan moral siswa di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest (100,1)  dan posttest (118,125). Subjek penelitian ini menggunakan 8 orang siswa kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kecerdasan moral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan moral siswa meningkat setelah pemberian layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan antara pretest dan posttest dengan nilai t hitung data -7,483 (-t > -2,365) dan signifikansi 0,000 (p<0,05). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan moral siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama kepada subjek penelitian. Kata kunci :  kecerdasan moral, layanan konseling kelompok, teknik sosiodrama
HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN PERILAKU MEMAAFKAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Dwi Astuti; Wasidi Wasidi; Rita Sinthia
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.752 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.1.1-10

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku memaafkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah. Sampel penelitian berjumlah 86 orang siswa yang diambil dengan teknik cluster sampling dari seluruh kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket regulasi emosi dan angket perilaku memaafkan menggunakan metode skala Likert dengan 4 pilihan jawaban. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara regulasi emosi dengan perilaku memaafkan dengan rxy sebesar 0,667, dengan taraf signifikan sebesar p=0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara regulasi emosi dengan perilaku memaafkan. Kata kunci : regulasi emosi, perilaku memaafkan
PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP PERILAKU BERETIKET REMAJA Chintia Gasela; Yessy Elita; Arsyadani Mishbahuddin
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.129 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.1.11-18

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi terhadap perilaku beretiket remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengandesain penelitian one group pretest dan posttes design, dengan sampel siswa kelas VII sebanyak 32 orang siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara layanan informasi terhadap perilaku beretiket, dengan nilai t = -14,362 (p< 0.05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara layanan informasi terhadap perilaku beretiket remaja.Kata kunci : layanan informasi, perilaku beretiket
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KETERLIBATAN AKADEMIK PADA SISWA YATIM ATAU PIATU DI SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU Dewi Citra Anggraini; Hadiwinarto Hadiwinarto; Afifatus Sholihah
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.46 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.1.56-65

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap keterlibatan akademik pada siswa yatim atau piatu. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan dessain penelitian One group pre-test dan post-testdesign. Subjek penelitian ini adalah 10 Orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan uji analisis data menggunakan Uji-z. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap keterlibatan akademik pada siswa yatim atau piatu. Hal ini dilihat dari meanpre-test = 69 dan mean post-test = 94 dengan nilai z = -2,805dan p < 0,05. Artinya ada perbedaan yang signifikan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Kata kunci : keterlibatan akademik pada siswa yatim atau piatu dan layanan bimbingan  kelompok
MENINGKATKAN PENGETAHUAN KEBENCANAAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SISWA KELAS X MULTIMEDIA 3 SMK NEGERI 4 KEPAHIANG Retno Dwi Djayanti; Yessy Elita; Vira Afriyati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.526 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.1.19-28

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pengetahuan kebencanaan melalui layanan penguasaan konten pada siswa di SMK Negeri 4 Kepahiang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest dan posttest design, dengan sampel siswa kelas X Multimedia 3 sebanyak 25 orang siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap pengetahuan kebencanaan setelah diberikan layanan penguasaan konten, dengan nilai t = -11,555 (p< 0.05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pengetahuan kebencanaan melalui layanan penguasaan konten pada siswa kelas X Multimedia 3 SMK Negeri 4 Kepahiang. Kata kunci : layanan penguasaan konten, pengetahuan kebencanaan 
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PERILAKU BULLYING Arif Budi Nugraha; I Wayan Dharmayana; Rita Sinthia
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.982 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.1.66-74

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku bullying pada siswa kelas X Tata Boga di SMK Negeri 3 kota Bengkulu. Sampel penelitian berjumlah 64 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dari seluruh kelas X. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kecerdasan emosi dan kuesioner perilaku bullying. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan perilaku bullying dengan rxy sebesar -0,463, (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara kecerdasan emosi dengan perilaku bullying, artinya semakin tinggi kecerdasan emosi semakin rendah perilaku bullying, dan sebaliknya. Kata kunci : kecerdasan emosi, perilaku bullying
PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP PENINGKATAN RELIGIUSITAS RESPONDEN KELAS VIII C MTS N 2 BENGKULU UTARA Lina Zami Hanifah; Hadiwinarto Hadiwinarto; Syahriman Syahriman
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.093 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.1.29-37

Abstract

 ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten terhadap peningkatan religiusitas responden kelas VIII C MTs N 2 Bengkulu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian  one group pretest  dan posttest. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana subjek penelitian merupakan responden yang memiliki religiusitas rendahyang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan layanan penguasaan konten terhadap peningkatan religiusitas pada responden. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan nilai uji z diperoleh hasil 0,012 (Sig.< 0,05) maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang signifikan layanan penguasaan konten terhadap peningkatan religiusitas responden. Kata kunci : layanan penguasaan konten,responden, dan religiusitas
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU Intan Permata Sari; Pudji Hartuti; Illawaty Sulian
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.129 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.1.75-82

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok terhadap interaksi sosial siswa kelas XI IPS 3 Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test  post-test design. Sampel penelitian ini sebanyak 8 orang siswa dari XI IPS 3 di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok terhadap interaksi sosial siswa. Hasil dari perhitungan uji Wilcoxon dengan nilai Z -2,524 dengan taraf signifikansi 0,012 < 0,05. Artinya, terdapat pengaruh layanan konseling kelompok terhadap interaksi sosial siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Kata kunci : interaksi sosial siswa, konseling kelompok
PENGARUH KONSELING KELOMPOK TERHADAP SISWA YANG MENGALAMI STRES DALAM BELAJAR DI SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH Repi Handayani; Pudji Hartuti; Illawaty Sulian
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.232 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.1.38-47

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh konseling kelompok terhadap siswa yang mengalami stres dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Sampel penelitian sebanyak 8 orang siswa kelas VII.5 SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala sikap stres belajar. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok terhadap siswa yang mengalami stres belajar. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok terhadap tingkat stres dalam belajar siswa yaitu dengan menggunakan uji z yang hasilnya z=-2.524 jadi p>0,05. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok berpengaruh terhadap siswa yang mengalami stres dalam belajar di SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah. Kata kunci : stres belajar, konseling kelompok
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PENGELOLAAN DIRI UNTUK MENGURANGI PERILAKU PELANGGARAN DISIPLIN SEKOLAH DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 BENGKULU TENGAH Nisa Lisnawati; Wasidi Wasidi; Vira Afriyati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.705 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.1.48-55

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling dengan teknik pengelolaan diri untuk mengurangi perilaku pelanggaran disiplin sekolah di kelas VIII SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah. Desain penelitian one group pretest dan posttes design, dengan sampel siswa kelas VIII sebanyak 38 orang siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara layanan konseling kelompok terhadap perilaku pelanggaran disiplin, dengan nilai t = -9,629 (p< 0.05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antaral ayanan konseling kelompok terhadap perilaku pelanggaran disiplin di SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah.Kata kunci : layanan konseling kelompok, perilaku pelanggaran disiplin

Page 1 of 1 | Total Record : 10