cover
Contact Name
Yessy Elita
Contact Email
Yessyelita@unib.ac.id
Phone
+6281215322175
Journal Mail Official
Yessyelita@unib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
CONSILIA
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25991221     EISSN : 26205343     DOI : https://doi.org/10.33369/consilia
Core Subject : Education,
Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan November dalam versi cetak dengan p-ISSN 2599-1221 dan versi online dengan nomor e-ISSN 2620-5343.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2020)" : 10 Documents clear
Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Bermain Peran Terhadap Self Esteem Mahasiswa Semester III Prodi Bimbingan dan Konseling Afiffatus Sholihah; Illawati Sulian; Arsyadani Mishbahuddin
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 3 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.3.208-218

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok teknik bermain peran terhadap self esteem mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan desain one group pre test post test. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive random sampling, yang mana sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester III Prodi BK UNIB, yang dipilih berdasarkan hasil angket self esteem yang kemudian diambil 6 orang mahasiswa sebagai sampel. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan self esteem mahasiswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik bermain peran. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil uji t -4.831, nilai sig sebesar 0.005 ( <0.05) maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan konseling kelompok teknik bermain peran terhadap self esteem mahasiswa.Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Teknik Bermain peran, Self esteem
PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK MODELING TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN 1 SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU Dwi Rayna Wahyuni; Yessy Elita
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 3 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.3.227-235

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi dengan teknik modeling terhadap meningkatnya minat berwirausaha siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan 1 SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Experiment dengan desain one group pre-test and pos-test. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan 1 SMK Negeri 3 Kota Bengkulu berjumlah 34 orang. Prosedur pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala model likert. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat minat berwirausaha siswa sebelum diberikan layanan rata-rata skor 94,2059 dengan kategori sedang. Nilai setelah diberikan layanan rata-rata skor 111,2352 dengan kategori tinggi. Hasil uji t menunjukan nilai t = (-7.982) dan p= 0.000 maka p ? 0.05, sehingga hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha sebelum dan setelah diberi layanan informasi dengan teknik modeling pada siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan 1 SMK Negeri 3 Kota Bengkulu.Kata kunci: layanan informasi, teknik modeling, minat berwirausaha 
GAMBARAN TINGKAT KESEPIAN DAN DEPRESI MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING SELAMA PEMBELAJARAN DARING Andreas Wisnu Adi Purnomo; Meytikasari Dwijayanti Dwijayanti; Fayruziyah Ifroch Sabtana
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 3 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.3.199-207

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesepian dan depresi mahasiswa bimbingan dan konseling (BK) yang tengah menjalani pembelajaran dalam jaringan selama masa pandemi covid 19. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian terdiri dari tiga universitas yang memilki program studi BK. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional stratified random sampling dengan margin eror 10%. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus univariate. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapati hasil 5 (3%) responden mengalami kesepian dengan kategori sangat tinggi. 53 (33%) responden mengalami kesepian dengan kategori tinggi. 37 (23%) responden mengalami kesepian kategori agak tinggi. 27 (17%) responden mengalami kesepian kategori sedang. 20 (12%) responden mengalami kesepian kategori agak rendah. 7 (4.3%) responden mengalami kesepian kategori rendah. 8 (4.9 %) responden mengalami kesepian kategori sangat rendah, dan 5 (3%) responden mengalami kesepian kategori normal. Sedangkan untuk tingkat depresi didapati hasil 24 (15%) responden mengalami depresi kategori berat. 39 (24%) responden mengalami depresi kategori sedang. 42 (26%) responden mengalami depresi kategori rendah, dan 57 (35%) responden berada pada kategori normal atau tidak mengalami depresi.
Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Kepercayaan Diri Siswa yang Mengalami Body Shaming SMA Negeri 4 Kota Bengkulu Rawulan Sartika; Hadiwinarto Hadiwinarto
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 3 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.3.236-243

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok terhadap kepercayaan diri siswa yang mengalami penghinaan citra tubuh (body shaming). Penelitian ini menggunakan metode Mixed Method Researh yaitu ekplanasi sekuensial (the explanatory sequential design) dan dilanjutkan dengan desain penelitian one-group pretest (59,6) dan  posttest (111). Subjek penelitian ini menggunakan 6 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kepercayaan diri yang diberikan kepada siswa yang mengalami penghinaan citra tubuh (body shaming). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri siswa yang mengalami penghinaan citra tubuh (body shaming) meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan pre-test dan post-test dengan nilai t = -41.133 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepercayaan diri siswa mengalami penghinaan citra tubuh (body shaming) sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok kepada subjek penelitian. Kata Kunci: Kepercayaan diri, body shaming, layanan konseling kelompok ABSTRACTThis research aims to describing the effect of group counseling services on self-confidence of students who experienced body image humiliation (body shaming). This study used the Mixed Research Method, namely sequential explanation (explanatory sequential design), and continued with the one-group pretest (59.6) and posttest (111) research designs. The subject of this study used 6 students. The data collection technique used a self-confidence questionnaire given to students who experienced body shaming. The results showed that the level of self-confidence of students who experienced body-shaming increased after being given group counseling, this was indicated by the results of the pre-test and post-test difference test with a value of t= -41.333 with a significance of 0.000 < 0.05. It can be concluded that there was a significant influence on the level of self-confidence of students experiencing body shaming before and after being given group counseling to research subjects.Keywords: Self-confidence, body shaming, group counseling services
MANAGEMENT STRESS KERJA GURU SD TERHADAP BEBAN KERJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 Clauradita Angga Renny
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 3 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.3.219-226

Abstract

Coranavirus Disease 2019 (covid-19) kini telah dinyatakan sebagai pandemi. Hal ini berdampak pada seluruh sektor kebidupan manusia, salah satu yaitu pada sektor bidang pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Dalam dunia pendidikan salah satu kegiatan yang terkena dampak langsung yaitu kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya melibatkan interaksi secara langsung antara guru dan murid kini berubah menjadi daring  (dalam jaringan) guna memutus rantai penyebaran covid-19 dan melakukan pembatasan soasial. Dalam hal ini mengakibatkan sejumlah kegiatan pembelajaran di sekolah  mengalami perubahan. Berbagai macam kegiatan dan pembelajaran di sekolah yang semula luring harus dirubah menjadi daring. Kegiatan yang diubah dari luring menjadi daring. Hal ini pastinya harus didukung dengan  kreativitas dan inovasi tekhnologi pembelajaran yang menarik, memantang dan memahamkan, selain itu beban kerja guru juga semakin berat diantarnya yaitu : pembelajaran masih terfokus pada penuntasan kurikulum, waktu mengajar berkurang, kemampuan guru yang terbatas dalam membuat modul yang menarik dan menyenangkan bagi siswa dan dituntut degan berbagai hal dengan segala inovasinya, jam bekerja yang lebih lama, media pembelajaran yang masih terbatas, belum lagi jika keterbatasan orang tua murid dalam mendampingi anak karena harus bekerja. Hal ini jika dilakukan berhari-hari dan dalam masa yang lama maka akan menimbulkan stress kerja yang dapat mempengaruhi kinerja, tekanan psikologis dan kesehatan fisik pada guru.Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian studi kasus dimana penelitian yang dilakukan memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan mendetail. Hasil penelitian yang diperoleh dan disimpulkan hanya berlaku bagi guru kelas sekolah dasar secara khusus. Adapun hasilnya stress kerja yang terjadi pada guru SD pada masa pandemi karena bertambahnya beban kerja yang banyak. Sehingga mereka harus melakukan pemetakan tugas agar tidak mengalami stress dan burnout kerja. 
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI KETIDAKSANTUNAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 KOTA PAGAR ALAM Veny Widyati; Wasidi Wasidi; Anna Ayu Herawati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 3 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.3.244-252

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengurangi ketidaksantunan berbahasa pada siswa SMP Negeri 2 Kota Pagar Alam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest dan postest. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dalam penelitian ini diambil sampel 10 orang siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 kota Pagar Alam. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya penurunan yang signifikan efektifitas layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi ketidaksantunan berbahasa siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotetis dengan hasil uji t 11,184, nilai sig sebesar 0,000 (<0,005) maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengurangi ketidaksantunan berbahasa siswa.Kata kunci: layanan bimbingan kelompok, role playing, ketidaksantunan berbahasaEFECTIVENESS OF GROUP COUNSELING SERVICES WITH ROLE PLAYING TECHNIQUES TO REDUCE LANGUAGE IMPOLITENESS IN CLASS VIII A STUDENTS OF SMP NEGERI 2 KOTA PAGAR ALAMABSTRACTThe aim of this research was to descripted the effectiveness of group counseling services with role playing techniques to reduced language impoliteness in class VIII A students of SMP Negeri 2 Kota Pagar Alam. This research was an experimental research and used one group pretest and post-test researchs design. The sampling technique used in this research was purposive sampling, the participant of this research took 10 students of class VIII A SMP Negeri 2 Kota Pagar Alam. The result obtained from this research showed that there was a significant decrease of the effectivity of group counseling to reduced the language impoliteness among the students. This result could be seen from t test result 11.184, the sig value of 0.000 (<0.005) so Ho was rejected. Then it could be concluded that there was an effectiveness of group guidance services with role playing techniques to reduced students' language impoliteness.Keywords : group counseling, role playing, language impoliteness
BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BUTON UNTUK MENINGKATKAN PROSOSIAL SISWA Wa Ode Husniah; Maria Ulfa; La Ode Herman Susanto
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 3 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.3.253-261

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan permainan tradisonal Buton melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan proposal sosial siswa. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode  pre eksperiment dengan bentuk design one-group pretest-postes design. Populasi dalam penilitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Baubau yang berjumlah 27 siswa. Penentuan sampel melalui teknik sampling purpossive dengan jumlah sampel 10  siswa, teknik analisis data menggunakan uji statistic Wilcoxon. Hasil pemberian posttest menunjukkan ada peningkatan prososial siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan permainan tradisional Buton, dengan 10 Sampel yaitu 30% atau 3 siswa dalam kategori sedang dan 7 siswa atau 70% prososial siswa meningkat;  ada perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dengan posttest dengan nilai masing-masing nilai sig. (2-tailed) probabilitas 0,005 pada taraf signifikansi nilai 0.05 (p<0.05). Temuan dalam penelitian ini menunjukkan  bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok melalui layanan bimbingan kelompok dengan permainan tradisional Buton untuk meningkatkan prososial siswa yang dilakukan, berhasil secara signifikan atau efektif untuk dilakukan
PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGUBAH PERSEPSI NEGATIF SISWA SMP DI YOGYAKARTA TERHADAP GURU BIMBINGAN DAN KONSELING Katrina Nur Gita; Eko Perianto
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 3 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.3.282-289

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran persepsi siswa kelas VIII terhadap Guru BK di SMP Mutiara Persada Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020, mengetahui bagaimana peran Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Mutiara Persada Yogyakarta untuk mengubah persepsi negatif siswa terhadap Guru Bimbingan dan Konseling, mengetahui faktor pendukung dalam mengubah persepsi negatif siswa kelas VIII terhadap Guru Bimbingan dan Konseling, serta mengetahui faktor penghambat dalam mengubah persepsi negatif siswa kelas VIII terhadap Guru Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII di SMP Mutiara Persada Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara yang dilakukan kepada perwakilan siswa kelas VIII, Guru Bimbingan dan Konseling, dan Kepala Sekolah SMP Mutiara Persada Yogyakarta, serta dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta pengujian keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa kelas VIII di SMP Mutiara Persada Yogyakarta yang memiliki persepsi negatif terhadap Guru Bimbingan dan Konseling. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengubah persepsi negatif adalah dengan melakukan pendekatan dengan siswa, bersikap ramah, dan pemberian penghargaan. Faktor pendukung dalam mengubah persepsi negatif siswa adalah adanya dukungan dari kepala sekolah dan kesadaran diri siswa akan Bimbingan dan Konseling. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya pemahaman guru mata pelajaran terhadap Guru Bimbingan dan Konseling serta kurangnya pengamalan Guru Bimbingan dan Konseling.
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MANAJEMEN DIRI UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA KELAS VIII C SMP N 17 KOTA BENGKULU Anugrah Adedo Putra; Syahriman Syahriman
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 3 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.3.262-270

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri untuk mengurangi kecanduan bermain game online pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test postest. Subjek penelitian ini sebanyak 28 siswa kelas VIII C SMP Negeri 17 Kota Bengkulu diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kecanduan bermain game online. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukan adanya penurunan kecanduan bermain game online setelah digunakan layanan konseling kelompok. Hal ini ditunjukan dari hasil perhitungan uji t, dengan nilai t = 6.069 dengan tingkat signifikaansi p = 0,084 maka p< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri untuk mengurangi kecanduan bermain game online siswa kelas VIII C SMP N 17 Kota Bengkulu.Kata kunci: layanan konseling kelompok, teknik manajemen diri, kecanduan bermain game online.
Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Terhadap Kebiasaan Belajar Siswa pada kelas VII SMP N 12 Kota Bengkulu wahyudi wahyudi; I Wayan Dharmayana; Vira Afriyati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 3 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.3.271-281

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh  layanan  penguasaan konten terhadap kebiasaan belajar siswa di  SMP  Negeri  12 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Desain penelitian one group pretest posttes design, dengan sampel siswa kelas VII I sebanyak 21 orang siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada layanan penguasaan konten terhadap kebiasaan belajar siswa, dengan nilai t = -10,797 (p< 0.05). Ini berarti ada peningkatan kebiasaan belajar siswa setelah diberikan layanan penguasaan konten.Kata Kunci : Layanan Penguasaan Konten, Kebiasaan Belajar Siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 10