cover
Contact Name
Yessy Elita
Contact Email
Yessyelita@unib.ac.id
Phone
+6281215322175
Journal Mail Official
Yessyelita@unib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
CONSILIA
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25991221     EISSN : 26205343     DOI : https://doi.org/10.33369/consilia
Core Subject : Education,
Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan November dalam versi cetak dengan p-ISSN 2599-1221 dan versi online dengan nomor e-ISSN 2620-5343.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021)" : 10 Documents clear
MOTIVASI BELAJAR SISWA DI TINJAU DARI INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA REMAJA Christin Merlin Junita Manalu; Rita Sinthia
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.2.126-135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan motivasi belajar siswa  ditinjau dari intensitas penggunaan media sosial pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Metode pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif komparatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah empat kelas dari kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu, yang telah dirandom. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah jenis uji statistik parametrik atau uji-t. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menyatakan  bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan pada siswa kelas VIII yang ditinjau dari intensitas penggunaan media sosial. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis dengan uji beda (t-test) thitung = 3,217, dengan p = 0,002, dan ttabel = 1,65481, maka t­hitung  > ttabel, sehingga dapat disimpulkan Ada perbedaan motivasi belajar siswa yang intensitas penggunaan media sosialnya tinggi dengan siswa yang intensitas penggunaan media sosialnya rendah.Kata kunci: intensitas penggunaan media sosial, motivasi belajar.
Pentingnya Pendekatan Teknik Self Management Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Disekolah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid 19 : Literature Review Dyah Eka Suryanti; Anissa Parmawati; Abdul Muhid
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.2.181-192

Abstract

Dimasa pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia berdampak dalam berbagai hal salah satunya pada bidang pendidikan. Keadaan yang serba sulit ini mengharuskan pembelajaran dirubah kedalam sistem pembelajaran jarak jauh / via daring. Dalam proses pembelajaran selama daring, banyak kendala yang dialami peserta didik diantaranya, kesulitan dalam mengakses pembelajaran dan masih terdapat siswa yang belum memiliki gadget sebagai media. Hal tersebut berdampak pada kualitas belajar siswa seperti, tidak mengumpulkan tugas yang diberikan, menunda – nunda tugas mandiri yang mengakibatkan minat belajar turun dan tentunya menurunkan motivasi belajar siswa. Pada penelitian study literature ini peniliti memilih pendekatan teknik self management untuk meningkatkan motivasi belajar siswa karena strategi ini dapat merubah perilaku siswa. Siswa dapat mengolah dan mengatur perilakunya sendiri mengarah ke hal yang lebih baik dengan bantuan guru BK dan Orang tua di rumah. Oleh karena itu penelitian study literatur ini membahas mengenai pentingnya pendekatan teknik self management untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dimasa pandemi covid 19Kata kunci : motivasi belajar, pendemi covid 19, self-management
RANCANGAN INTERVENSI REBT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRIWATI DI PONPES MIFTAHUNNAJAH SLEMAN Fitriani Rahayu
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.2.136-146

Abstract

Tujuan dari assessmen ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor mendorong santriwati ASB untuk melakukan pelanggran dan berlaku tidak disiplin selama di lingkungan sekolah dan asrama. Sehingga, dapat ditentukan jenis intervensi yang akan digunakan dalam meningkatkan disiplin santriwati ASB. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriftif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada satu orang santriwati di Ponpes Miftahunnajah. Wawancara dan observasi digunakan sebagai alat pengumpulan data. Hasilnya adalah pelanggaran yang lakukan ASB terjadi karena berbagai faktor seperti bersekolah di pondok pesantren bukan merupakan keinginan ASB sendiri melainkan paksaan orang tua sehingga ASB melakukan pelanggaran sebagai bentuk penolakan, dan juga pengaruh teman sebaya. Sehingga, intervensi yang cocok digunakan pada ASB adalah rational emotive behavior therapy.
PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA INFORMATION AND COMMINICATION TECHNOLOGIES (ICT) UNTUK MENINGKATKAN PEMANFAATAN INTERNET SISWA KELAS XI MIPA B SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU Juni Riansyah; Hadiwinarto Hadiwinarto
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.2.193-205

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi dengan media information and communication technologies (ICT) untuk meningkatkan pemanfaatan internet siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-grup, pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 141 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA B SMA Negri 6 Kota Bengkulu berjumlah 35 orang siswa. Prosedur pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pemanfaatan internet. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hal ini ditunjukan dari hasil uji perbedaan pretest dan posttest dengan nilai t -19.572 dan signifikansi 0,000 (p<0,05). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemanfaatan internet siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan media information and communication technologies (ICT) pada siswa.Kata kunci: Layanan informasi, media ICT, pemanfaatan internetTHE INFLUENCE OF INFORMATION SERVICES WITHINFORMATION AND COMMINICATION TECHNOLOGIES (ICT) MEDIA TO IMPROVE INTERNET UTILIZATION OF CLASS XI MIPA B STUDENTS SMA NEGERI 6 BENGKULU CITYABSTRACTThis study aimed to describe the influence of information service using information and communication technologies (ICT) media to incrase internet utilization for students. The method used an experimental one-grup design, pre-test-post-test design. The population in this study were all students of class XI MIPA, amounting to 141 students.  The sampel in this study were 35 students of class XI MIPA B SMA Negeri 6 Bengkulu City. The sampling procedure used pourposive sampling. The data collection technique used an internet use questionnaire with a reliability result of 0.989. The data analysis technique used the t test. This was shown by the results of the defference between the pretest and posttest with the value t -19,572 and significance 0,000 (p<0,05). It means that there was a significant influence on services with information and communication technologies (ICT) media to students.Keywords: information services, ICT media, Internet UtilizationABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi dengan media information and communication technologies (ICT) untuk meningkatkan pemanfaatan internet siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-grup, pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 141 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA B SMA Negri 6 Kota Bengkulu berjumlah 35 orang siswa. Prosedur pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pemanfaatan internet. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hal ini ditunjukan dari hasil uji perbedaan pretest dan posttest dengan nilai t -19.572 dan signifikansi 0,000 (p<0,05). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemanfaatan internet siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan media information and communication technologies (ICT) pada siswa.Kata kunci: Layanan informasi, media ICT, pemanfaatan internetTHE INFLUENCE OF INFORMATION SERVICES WITHINFORMATION AND COMMINICATION TECHNOLOGIES (ICT) MEDIA TO IMPROVE INTERNET UTILIZATION OF CLASS XI MIPA B STUDENTS SMA NEGERI 6 BENGKULU CITYABSTRACTThis study aimed to describe the influence of information service using information and communication technologies (ICT) media to incrase internet utilization for students. The method used an experimental one-grup design, pre-test-post-test design. The population in this study were all students of class XI MIPA, amounting to 141 students.  The sampel in this study were 35 students of class XI MIPA B SMA Negeri 6 Bengkulu City. The sampling procedure used pourposive sampling. The data collection technique used an internet use questionnaire with a reliability result of 0.989. The data analysis technique used the t test. This was shown by the results of the defference between the pretest and posttest with the value t -19,572 and significance 0,000 (p<0,05). It means that there was a significant influence on services with information and communication technologies (ICT) media to students.Keywords: information services, ICT media, Internet Utilization
Hubungan pola pikir, harga diri dan kecemasan siswa ke ruang BK atau konsultasi dengan guru BK Shelly Indah Sari; I Wayan Dharmayana; Illawaty Sulian
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.2.147-157

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara pola pikir dan harga diri (self-esteem) dengan kecemasan siswa ke ruang BK atau konsultasi dengan guru BK SMP di Kota Bengkulu dan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa ke ruang BK atau konsultasi dengan guru BK di sekolah akreditasi A dan B. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 142 siswa dengan  teknik random sampling. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain korelasi ganda dan deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi negatif yang signifikan antara pola pikir dengan kecemasan siswa ke ruang BK atau konsultasi dengan guru BK dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,424 dan terdapat korelasi negatif yang signifikan antara harga diri (self-esteem) dengan kecemasan siswa ke ruang BK atau konsultasi dengan guru BK dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,523. Jika siswa memiliki pola pikir positif, harga diri (self-esteem) tinggi dan sangat tinggi maka kecemasan rendah. Tidak ada perbedaan kecemasan siswa ke ruang BK atau konsultasi dengan guru BK antara sekolah akreditasi A dan B.Kata kunci : harga diri (self-esteem), kecemasan, pola pikir RELATIONSHIP OF MINDSET, SELF-ESTEEM AND STUDENTS’ ANXIETY TO THE COUNSELING GUIDANCE ROOM OR CONSULTATION WITH COUNSELING GUIDANCE TEACHERS ABSTRACTThis study aims to describe the relationship between mindset and self-esteem with student anxiety in the counseling guidance room or consultation with the junior high school counseling guidance teachers in Bengkulu City and to determine the level of students’ anxiety in the counseling guidance room or consultation with the counseling guidance teacher in accredited schools A and B. The number of samples taken in this study were 142 student with a random sampling technique. The method in this research was quantitative correlation with multiple correlation design and comparative descriptive. The results showed that there was a significant negative correlation between mindset with students’ anxiety in the counseling guidance room or counsultation with the counseling guidance teacher with a correlation coefficient value of -0.424 and there was a significant negative correlation between self-esteem with students’ anxiety to the counseling guidance room or counsultation with the counseling guidance teacher with a correlation coefficient value of -0.523. If students’ have a positive mindset, high self-esteem and very high then anxiety is low. There is no difference in students’ anxiety levels to the counseling guidance room or consultation with counseling guidance teacher between accredited schools A an B.Keywords : self-esteem, anxiety, mindset
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP SELF ESTEEM SISWA KELAS XI IPS 4 SMA N 8 KOTA BENGKULU M. Nur Hajarul Aswad; Arsyadani Mishbahuddin
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.2.206-215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik bermain pertan terhadap self esteem siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan desain one group pre test post test. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, dengan jumlah sampel penelitian ini adalah 6 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan self esteem siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik bermain peran dengan hasil uji t -14.223, nilai sig sebesar 0.000 ( <0.05) maka  ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik bermain peran terhadap self esteem siswa.Kata kunci : Layanan Konseling kelompok, Teknik Bermain Peran, Self Esteem siswa.
Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi di Progam Study Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang Tri Endra Pramanda Susilo; Eldawaty Eldawaty
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.2.105-113

Abstract

Mahasiswa yang sedang dalam penyusunan skripsi mengalami hambatan-hambatan yang kemungkinan disebabkan oleh kecemasan yang dialami oleh mahasiswa itu sendiri. Kecemasan tersebut mungkin akan berdampak tidak baik bagi mahasiswa berupa keterlambatan wisuda. Penelitian ini mendapatlan hasil bahwa sebagian besar mahasiswa yang sedang dalam penyusunan skripsi mengalami kecemasan yang bervariasi. Diketahui bahwa dari 53 sampel didapatkan sebanyak 3 (5,7 %) mahasiswa yang mengalami kecemasan pada kriteria berat sekali, 32 (60,4 %) mahasiswa yang mengalami kecemasan pada kriteria berat, serta 18 (33,9 %) mahasiswa yang mengalami kecemasan pada kriteria sedang dan tidak ada mahasiswa yang tingkat kecemasannya pada kriteria ringan bahkan tidak cemas.
Religiusitas dan Resiliensi Siswa SMA dan MA di Kota Bengkulu Ratna Wijayanti; Afifatus Sholihah
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.2.158-168

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan melihat apakah ada perbedaan tingkat religiusitas dan resiliensi siswa SMA dan MA di Kota Bengkulu serta melihat apakah ada korelasi di antara kedua variabel tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif komparatif dan korelasional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 183 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dengan model Likert. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan tingkat religiusitas siswa SMA dan MA, siswa MA memiliki nilai mean religiusitas 102,7, lebih tinggi dibanding SMA yang memiliki nilai mean 94,02. Nilai sig.(2-tailed) 0,00 (p < 0,05 menunjukkan  ada perbedaan yang signifikan antara religiusitas siswa SMA dan MA di Kota Bengkulu. Kemudian Tidak ada perbedaan yang signifikan anatar resiliensi siswa SMA dan MA, ini dibuktikan dengan nilai sig.(2-tailed) 0,292 (p > 0,05). Ada hubungan yang positif antara religiusitas dan resiliensi, ini ditunjukkan dengan nilai r=0,669 serta nilai sig.(2-tailed) 0,00 (p < 0,05). Semakin tinggi religiusitas siswa maka semakin tinggi pula resiliensi yang dimiliki siswa.Kata Kunci: Religiusitas, Resiliensi, Sekolah                                                      AbstractThe aimed of study to describe and see if there are differences in the level of religiosity and resilience of high school and MA students in Bengkulu City and see if there is a correlation between the two variables. The method used in this research are descriptive comparative and correlational. The sample in this study amounted to 183 students.  The data collected with a scale a likert model. The results showed there was a difference in the level of religiosity of SMA and MA students, MA students had a mean value of 102.7, higher than SMA which had a mean value of 94.02. The sig. (2-tailed) value of 0.00 (p <0.05 indicates that there is a significant difference between the religiosity of SMA and MA students in Bengkulu City. There is no significant difference between the resilience of SMA and MA students, this is evidenced by sig. (2-tailed) value 0.292 (p> 0.05). There is a positive relationship between religiosity and resilience, this is indicated by the value of r = 0.669 and the sig. (2-tailed) value of 0.00 (p<0.05). The higher the student's religiosity, the higher the student's resilience. Key word: religiousity, recilience, School
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP RELASI PERTEMANAN PADA SISWA KELAS 8A DI SMP N 13 KOTA BENGKULU Syaputri Dina Permatasari; Yessy Elita
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.2.114-125

Abstract

 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pemahaman siswa mengenai relasi pertemanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik eksperimen deskriptif. Subjek penelitian ini sebanyak 10 orang siswa kelas 8.A yang menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes sosiometri. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan yang signifikan terhadap relasi pertemanan pada siswa  setelah diberikan layanan bimbingan kelompok  dengan hasil sosiometri yang telah diolah menjadi sosiogram, sehingga dapat disimpulkan bahwa ”ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap relasi pertemanan pada siswa di SMP N 13 Kota Bengkulu.”. Kata Kunci : Bimbingan kelompok, relasi pertemanan
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Resiliensi Siswa di Kelas IX G SMP Negeri 12 Kota Bengkulu Mira Junita; Syahriman Syahriman; Anna Ayu Herawati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.2.169-180

Abstract

ABSTRAKLatar belakang penelitian ini dilakukan karena adanya tingkat resiliensi siswa yangrendah.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive resturcturing untuk meningkatkan resiliensi siswa di kelas IX G SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan one group pretest- posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX G SMP Negeri 12 Kota Bengkulu yang berjumlah 26 siswa. Sampel diambil dengan teknik perposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji T. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan peningkatan resiliensi siswa setelah diberikan treatment berupa bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring. Hal ini ditunjukan dengan nilai t = -6,664 dengan taraf signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti 0,000<0,05. Temuan ini menunjukan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring terhadap resiliensi siswa di kelas IX G SMP Negeri 12 Kota Bengkulu.Kata Kunci:Resiliensi,Bimbingan Kelompok, Teknik Cognitive Restructuring.THE EFFECT OF GROUP GUIDANCE SERVICE WITH COGNITIVE RESTRUCTURING TECHNIQUES ON THE RESILIENCE OF GRADE IX STUDENTS AT SMP NEGERI 12 BENGKULU CITY ABSTRACTThe background of this research conducted because of the low level of student resilience.This study was aimed to describe the effect of group counseling services by using the cognitive restructuring technique to improve the student’s resilience in the class of IX G at SMP 12 Bengkulu City. The method of this study was used experimental research which using one group pre-test post-test design. The populations of this study were 26 students in the class of IX G at SMP 12  Bengkulu City. The samples of this study were taken by using perposive sampling technique. The data were collected by using questionnaire. The data were analyzed by using T-test. The result of this study showed the improvement of student’s resilience after being given treatment in form of group counseling by using cognitive restructuring technique. It is also indicated the T score was about -6,664 with the significant level (2-tailed) of 0,000 which means 0,000 < 0,05. These finding revealed that there was an effect of group guidance services by using the cognitive restructuring technique on students’ resilience in the class of IX G at SMP 12 Bengkulu City.Keywords: Resilience, Group Counseling, Cognitive Restructuring Technique.

Page 1 of 1 | Total Record : 10