cover
Contact Name
Yessy Elita
Contact Email
Yessyelita@unib.ac.id
Phone
+6281215322175
Journal Mail Official
Yessyelita@unib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
CONSILIA
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25991221     EISSN : 26205343     DOI : https://doi.org/10.33369/consilia
Core Subject : Education,
Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan November dalam versi cetak dengan p-ISSN 2599-1221 dan versi online dengan nomor e-ISSN 2620-5343.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2021)" : 10 Documents clear
FENOMENA PERILAKU MENYONTEK PADA PELAJAR MASA KINI DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI, EFIKASI DIRI, DAN PROKRASTINASI : SEBUAH STUDI LITERATUR Dwi Yudha Meydiansyah
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 3 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.3.245-253

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah dan meneliti perilaku pelajar di masa kini tentang perilaku menyontek di lingkungan sekolah. Perilaku menyontek dapat terjadi dikarenakan kepercayaan diri pada pelajar dan efikasi diri yang rendah, serta perilaku prokrastinasi yang cukup signifikan. Metode dalam penelitian ini adalah metode studi literatur dengan mengumpulkan berbagai macam penelitian terdahulu dengan tema yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa penyebab yang mendorong pelajar masa kini untuk menyontek dan masih banyak terjadi pada kalangan pelajar. Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri, efikasi diri dan prokrastinasi memiliki keterkaitan dengan perilaku menyontek dan sebaiknya ada pengaruh layanan bimbingan konseling untuk mengatasi fenomena perilaku menyontek yang terjadi di kalangan milenial saat ini.
ANALISIS KEMANDIRIAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS-TUGAS PEMBELAJARAN DARING DI SMA KARYA IBU PALEMBANG Puput Widya Anggraini; Taty Fauzy; Ramtia Darma Putri
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 3 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.3.293-303

Abstract

ABSTRAKKemandirian adalah salah satu aspek penting dalam menunjang kebehasilan dalam belajar siswa sehingga siswa dapat belajar tanpa harus bergantung kepada orang lain. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran daring di SMA Karya Ibu Palembang.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran daring di SMA Karya Ibu Palembang.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Tahapan pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melalui beberapa teknik diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dengan beberapa siswa dengan melakukan Tanya jawab kepada siswa yang sedang dalam mengikuti pembelajaran darimg tersebut kemudian berupa dokumentasi peneliti dengan siswa yang sedang melaksanakan wawancara di SMA Karya Ibu Palembang, Karena ada sebagian siswa yang datang kesekolah untuk mengumpulkan tugas kepada guru. Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa peneliti melihat hasil analisis kemandirian siswa dalam belajar daring ini dapat membuat siswa mengerjakan tugasnya secara mandiri tanpa memerlukan bantuan orang lain karena mereka belajar tidak perlu datang kesekolah sehingga membuat tugas secara mandiri dirumah masing-masing yang diberikan oleh guru, jadi tidak mecontek tugas teman lainnya. Adapun kendala yang dihadapi siswa saat pembelajaran daring tersebut contohnya seperti tidak ada kuota, susah jaringan, tidak memiliki handphone.
pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Bermain Peran Terhadap peningkatan Kecerdasan Spiritual SIswa Kelas VII B DI SMP N 17 kota Bengkulu Ilyatul Fauzan; I Wayan Dharmayana; Arsyadani Misbhahuddin
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 3 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.3.254-263

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara empiris pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap peningkatan kecerdasan spiritual siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII B SMP Negeri 17 Kota Bengkulu yaitu sebanyak 21 siswa dengan sampel 10 orang siswa yang memiliki skor kecerdasan spiritual rendah, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.Kemudian akan diberikan treatment berupa bimbingan kelompok, setelah itu siswa diberi angket posttest. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, pengujian hipotesis menggunakan uji Z diperoleh nilai Z = -2.848 (p<0,05) maka H0 ditolak, 
Evaluasi Program BK Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Mutu Program Layanan BK Tina Musyofah; Tri Pitri; Sumarto Sumarto
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 3 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.3.304-312

Abstract

Evaluasi bimbingan dan konseling sangat dibutuhkan untuk membenahi program-program yang kurang berhasil. Untuk menghasilkan evaluasi bimbingan dan konseling yang tepat kita harus mengetahui tujuan yang akan dicapai serta dari mana evaluasi akan dimulai. Evaluasi bimbingan dan konseling merupakan upaya untuk menentukan derajat kualitas pelaksanaan program kegiatan bimbingan dan konseling. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi landasan teori dan pelaksanaan evaluasi program bimbingan dan konseling di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun landasan teori dan pelaksanaan program bimbingan dan konseling. Hasil penelitian ini adalah terelaborasinya landasan teori dan pelaksanaan program bimbingan dan konseling secara utuh meliputi: 1) pengertian evaluasi program, 2) komponen program bimbingan dan konseling, 3) pengertian evaluasi program bimbingan dan konseling, 4) manfaat melaksanakan evaluasi program bimbingan dan konseling, 5) prosedur evaluasi program bimbingan dan konseling, 6) hambatan evaluasi program bimbingan dan konseling. 
PERAN KONSEP DIRI TERHADAP PERENCANAAN DAN KEMATANGAN KARIR SISWA-SISWI SMK Afrika Yunani; Aframa Yeni; Sumarto Sumarto
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 3 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.3.216-226

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran konsep diri terhadap perencanaan dan kematangan karir siswa-siswi SMK. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian Library Research, yaitu penelitian yang memfokuskan pembahasan pada literatur-literatur baik berupa buku, jurnal, makalah maupun tulisan-tulisan lainnya. Analisis data menggunakan analisis isi atau content analysis. adalah suatu tehnik penelitian untuk memuat inferensi (kesimpulan) dari data yang diolah dan dianalisis sebagai jawaban terhadap masalah yang telah dikemukakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri sangat berperan penting dalam perencanaan dan kematangan karir. Semakin tinggi konsep diri maka semakin berhubungan positif konsep diri dengan perencanaan dan kematangan karir.
BIMBINGAN PENYULUHAN TERHADAP BAHAYA VIRUS COVID-19 DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) Noffi Yanti
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 3 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.3.264-273

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Mewabahnya penyebaran penyakit Pandemi Covid-19 atau bisa dikenal Corona. Ini menyebabkan bencana bagi masyarakat hingga mengakibatkan kematian ribuan jiwa di seluruh dunia, tidak terkecuali di negara Indonesia. Munculnya wabah penyakit ini mendorong pentingnya untuk memberikan Edukasi terhadap masyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu, masyarakat perlu mengetahui dengan pasti penularan Virus Covid-19 dan Cara Pencegahan Covid-19 agar tidak terus mewabah di Masyarakat. Masyarakat sangat di sarankan untuk tetap di rumah saja, dan wajib menggunakan masker jika keluar rumah dan usahakan agar tidak berkontak fisik kepada orang lain. Selalu mencuci tangan dan menerapkan PHBS. PHBS merupakan strategi yang tepat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Masyarakat terus dihimbau untuk selalu meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Karena perilaku masyarakat sangat berperan penting dalam penurunan angka penyebaran Pandemi Covid-19 yang sangat efektif dan mudah dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Rekomendasi pemerintah terus menghimbau gerakan PHBS menjadi kunci pencegahan penyebaran wabah yang sudah menyebar luas di seluruh dunia. Melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat diharapkan untuk menghambat penyebaran Covid-19 sehingga kejadian tidak bertambah. Oleh karena itu sangatlah penting melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat, perlu diterapkan secara terus menerus sehingga dapat meningkatkan pengetahuan seluruh lapisan masyarakat untuk menerapkan PHBS dalam Kehidupan Sehari-hari.
PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI PADA SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 6 BENGKULU SELATAN Desy Mutiara; Hadiwinarto Hadiwinarto; Anna Ayu Herawati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 3 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.3.227-235

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi terhadap tingkat pemahaman remaja tentang kesehatan reproduksi pada siswa. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini 250 siswa, sedangkan sampelnya 31 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman tentang kesehatan reproduksi meningkat setelah diberikan layanan informasi, hal ini terlihat dari skor rata-rata sebelum pelayanan 20,70 kategori sedang dan skor rata-rata setelah pelayanan 27,74 kategori sangat tinggi yang menunjukan ada pengaruh layanan informasi sebesar 21,30% dengan nilai uji t = -39,845 dengan p 0,355 < 0,5. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh layanan informasi terhadap tingkat pemahaman remaja tentang kesehatan reproduksi pada siswa.Kata kunci : layanan informasi, kesehatan reproduksi, remaja THE EFFECT OF INFORMATION SERVICES ON ADOLESCENT STUDENTS UNDERSTANDING ON REPRODUCTIVE HEALTHCARE IN CLASS X MIPA 2 SMA NEGERI 6 BENGKULU SELATAN ABSTRACTThis study aimed to describing the effect of information services on adolescent students’ understanding level of reproductive healthcare. This research method used one group pretest-posttest experiment. The populations in this study 250 students, while the sample 31 students who were taken using a purposive sampling technique. The data collection technique test, the data analysis technique using t-test. The results showed that the students’ understanding on reproductive healthcare increases after being given information services, it can be seen from the average score of pre-service 20.70 moderate category and the average score post-service 27.74 the higher category shows that there is an effect in information services 21.30% with a t-test value = -39.845 with  p  0.355 < 0,5. The results of this study can be concluded that there is an effect of information services on adolescent students  understanding on reproductive healthcare.Key words: Information services, reproductive healthcare, adolescent
HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PERILAKU PHUBBING REMAJA GENERASI Z PADA SISWA KELAS XI DI SMKN 5 KOTA BENGKULU Winda Safitri; Yessy Elita; Illawaty Sulian
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 3 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.3.274-282

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media sosial dengan perilaku phubbing pada siswa kelas XI di SMKN 5 Kota Bengkulu. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah skala penggunaan media sosial dan skala perilaku phubbing. Sampel penelitian ini berjumlah 113 siswa yang diambil dengan menggunaan teknik random sampling dari seluruh siswa kelas XI. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media sosial dengan perilaku phubbing dengan rxy sebesar 0,911. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara penggunaan media sosial dengan perilaku phubbing pada siswa. Kata kunci : Penggunaan Media Sosial, Perilaku PhubbingTHE RELATIONSHIP BETWEEN THE USE OF SOCIAL MEDIA ANDTHE PHUBBING BEHAVIOR OF GENERATION Z CULINARYSTUDENTS CLASS XI AT SMKN 5 BENGKULU CITY ABSTRACT This is study was a quantitative descriptive study with a correlation technique. Study aimed to determine the relationship between the use social media and the phubbing behavior of generation Z culinary students class XI at SMKN 5 Bengkulu City. The data were analyzed using pearon correlation product moment. The instrument of this study was scala on the social media and scala the phubbing behavior.The sample of this study were 113 students who were taken by random sampling technique from all XI. The result showed a significant positive reliantionship between the use of social media and the phubbing behavior with a rxy of 0,911. It showed the there was a positive relationship between the use social media and the phubbing behavior of students. Key words : the use of social media , the phubbing behavior.
Hubungan Anatara Keraguan Karier dan Efikasi Diri dengan Keputusan Karier PADA SISWA KELAS XI TATA BOGA DI SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU Fika Pratiwi; I Wayan Dharmayana; Rita Sinthia
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 3 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.3.236-244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keraguan karier dan efikasi diri dengan keputusan karier pada siswa kelas XI Tata Boga di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian korelasi.Teknik pengumpulan data angket keraguan karier, efikasi diri dan keputusan karier Data di analisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment dan korelasi ganda.Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara keraguan karier dengan keputusan karier dengan nilai rx1y = -0,594, adanya hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan keputusan karier dengan nilai rx2y =0,920 dan adanya hubungan yang signifikan antara keraguan karier dan efikasi diri dengan keputusan karier denga nnilai rx1x2y = 0.856. dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara keraguan karier dan efikasi diri dengan keputusan karier pada siswa kelas XI Tata Boga SMK 3 Kota Bengkulu, dengan tingkat hubungan kuat.Kata kunci:Keraguan Karier dan Efikasi Diri, Keputusan Karier
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PEMANFAATAN WAKTU SENGGANG SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 5 BENGKULU SELATAN Yeni Rahma Nanda; Syahriman Syahriman; Vira Afriyati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 3 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.3.283-292

Abstract

ABSTRAKLatar belakang penelitian ini dilakukan karena kurangnya pemahaman tentang pemanfaatan waktu senggang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadapat pemanfaatan waktu senggang siswa kelas IX A SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest dan postest. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dimana sampel pada penelitian ini adalah 10 orang siswa, hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pengaruh bimbingan kelompok untuk meningkatkan pemanfaatan waktu senggang siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil uji t -19,585, nilai sig sebesar 0,000 (<0,05) maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap pemanfaatan waktu senggang siswa.Kata kunci : layanan bimbingan kelompok, self management, pemanfaatan waktu senggang EFFECT OF GROUP COUNSELING SERVICE WITH SELF MANAGEMENT TECHNIQUES ON UTILIZATION OF FREE TIME CLASS IX A STUDENTS OF SMP NEGERI 5 BENGKULU SELATANABSTRACTThe background of this research was conducted due to a lack of understanding of the use of leisure time. This study aims to describe the effect of group guidance services with self-management techniqus on the use of free time for class IX A students of SMP Negeri 5 Bengkulu Selatan. This research is an experimental research with one group pretest and postest research design. The sampling technique used was purposive sampling, where the sample in this study were 10 students, the results of this study indicate a significant increase in the effect of group guidance to inscrease the use of students free time. This can be seen from the results of hypothesis testing with t-test results of -19.585, the sig value of 0.000 (<0.005) so Ho is rejected. It can be concluded, there is an effect of group guidance services with self-management techniques on the us of students’ free time.Keywords : group guadance services, self management, use of leisure time

Page 1 of 1 | Total Record : 10