cover
Contact Name
Mappanyompa
Contact Email
Mappanyompaputrakaltim@gmail.com
Phone
+6282333380383
Journal Mail Official
Mappanyompaputrakaltim@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.1, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83115
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi guru MI/SD Neuro Psycholinguistics untuk anak MI/SD
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2019): Oktober" : 7 Documents clear
PEMBELAJARAN NILAI AL ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DI TK ABA PANTO DAENG SUMBAWA BESAR DAN TK ABA TALIWANG SUMBAWA BARAT Mardiyah Hayati, Aqodiah Mardiyah Hayati, Aqodiah
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 4, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (948.913 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v4i2.1241

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai pembelajaran, materi, strategi dan model pembelajarannya Al Islam dan Kemuhammadiyahan di TK ABA Panto Daeng Sumbawa Besar dan TK ABA Taliwang Sumbawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dan jenis pendekatan yang digunakan adalah bersifat kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Beberapa kesimpulan dari hasil penelitian dilapangan; Pertama, perlu adanya pendalaman pada penulisan sejarah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di Sumbawa Besar dan Sumbawa Barat. Kedua, dalam pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan di TK ‘Aisyiyah Panto Daeng Sumbawa Besar dan TK Aisyiyah Taliwang Sumbawa Barat ditemukan adanya kesamaan pola pembelajaran. Kesamaan ini dipengaruhi oleh persamaan penguasaan guru terhadap materi Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Ketiga, masih minimnya strategi pembelajaran yang menarik dalam penanaman nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan sehingga perlu adanya pola dan model strategi pembelajaran AIK bagi anak usia Taman Kanak-kanak. Keempat, perlu adanya pelatihan bagi guru terkait pemahaman mendalam terhadap konsep ibadah berdasarkan manhaj Muhammadiyah sehingga dalam pembelajaran AIK acuan utamanya adalah Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah. Abstract:  The purpose of this research is to know how the values of learning, materials, strategies and models of teaching Al Islam and Kemuhammadiyahan in TK ABA Panto Daeng Sumbawa Besar and TK ABA Taliwang West Sumbawa. This research is a field research, and the type of approach used is qualitative with methods of interviews, observations, and documentation. Some conclusions of the research in field; First, there has to be a deepening of the history of Muhammadiyah and Aisyiyah in Sumbawa Besar and West Sumbawa. Secondly, in the study of Al Islam and Kemuhammadiyahan in TK Aisyiyah Panto Daeng Sumbawa Besar and TK Aisyiyah Taliwang Sumbawa Barat found a common pattern of learning. This similarity is influenced by the teacher's mastery equality to the Al Islam material and the Kemuhammadiyahan. Thirdly, there is still a lack of interesting learning strategy in the planting values of Al Islam and Kemuhammadiyahan so there needs to be a pattern and model of AIK learning strategy for children of kindergarten. Fourth, there needs to be training for teachers regarding the deep understanding of the concept of worship based on Muhammadiyah Manhaj so that in the study of AIK main reference is the association of the decision Tarjih Muhammadiyah.
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN SOSIAL GURU PAI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMK AL-KAHFI SUMBAWA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Muammar Khadafie, Akhairuddin Muammar Khadafie, Akhairuddin
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 4, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (966.097 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v4i2.1311

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk Untuk: Membuktikan ada atau tidak adanya pengaruh kompetensi Pedagogik dan sosial guru PAI terhadap kemampuan berpikir kreatif  siswa SMK Al-Kahfi Sumbawa Tahun pelajarn 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan komparatif dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan koesioner/angket, dokumentasi dan observasi. Tekhnik analisi data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda kemudian di hitung dengan menggunakan aplikasi SPSS 16,0. Hasil perhitungan dengan menggunakan regresi linier sederhana yaitu: 1) Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap kemampuan  berpikir kreatif siswa, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 14,566 > ttabel 2,000. 2) Terdapat pengaruh kompetensi sosial guru PAI terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 10,680 > ttabel 2,000. 3) Hasil perhitungan dengan menggunakan regresi liner berganda yaitu Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik dan sosial guru PAI terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan  terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nila F hitung 11.079 > 3,11. pengaruh X1  dan X2 secara simultan terhadap Y. Abstract:  This research aims to prove the presence of the pedagogic influence and social competence of Islamic education teacher in the creative thinking skills of Vocational High School’s student of Alkahfi in academic year 2018/2019. This research uses Quantitative approaches with data collection techniques using questionnaires, documentation, and observations. The data analysistechnique uses simple linier regression analysis and multiple liniear regression then calculated by using the SPSS 16.0 aplication.The calculations with simple liniear regression result are: 1) A pedagogic competence influence Islamic Education teachers to the creative thinking skills of students, acquired significance value of 0.000 < 0,05 and the calculated T value of 14.566 > T Table 2.000. 2) A social competence influence Islamic Education teachers to the creative thinking skills of students, acquired significance value of 0.002 < 0.05 and the calculated T value of 10.680 > T table 2.000. 3) calculation result by using linier regression A double is the influence of the pedagogic and social competence of PAI teacher toward the student’s creative thinking, the significance value for the simultaneous influence of XI and X2 against Y is 0.000 < 0.05 and the F count 11.079 > 3.11. Effec of X1 and X2 simultaneously against Y.
PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ATEMATIKA SISWA KELAS V MIN 2 LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Mappanyompa Mappanyompa
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 4, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1078.155 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v4i2.1242

Abstract

Abstrak: Dalam penelitian ini masalah yang ingin dijawab adalah bagaimana penggunaan media bangun ruang tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 2 Lombok Barat tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan tindakan kelas. Dengan model sikus yang berulang dan berkelanjutan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan II siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Sabjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 2 Lombok Barat yang berjumlah 24 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar materi bangun ruang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengguanaan media bangun ruang tiga dimensi pada mata pelajaran Matematika  mampu peningkatan hasil belajar siswa. Hal inidapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa materi bangun ruang sebelum dan sesudah diberi tindakan. Dilihat dari rata-rata nilainya dari prasiklus sebesar 59,3, Siklus I sebesar 69,3 dan siklus II sebesat 77,5 dengan presentase ketuntasan pada prasiklus menccapai 41,6 %, silus I mencapai 66,6 %, dan Siklus II mencapai 91,6 %. Abstract: In this research issue that wants to be answered is how the use of media to build three-dimensional space can improve student learning outcomes V MIN 2 class West Lombok year lesson 2017/2018. This type of research uses class actions. With repeated and continuous sicus models. This class action research is done with the II cycle. Each cycle is a series of activities consisting of 1) planning, 2) Implementation of action, 3) observation, and 4) reflection. Sabjek in this study is a student at V MIN 2 West Lombok, a total of 24 people. The object in this study is the outcome of learning spatial building material. The instruments used are test questions, observation sheets and documentation. The obtained Data is analyzed in a quantitative descriptive. The results of this study showed that the media successfully to build three-dimensional space on the subject of mathematics is able to increase student learning outcomes. This can be seen from the increasing grades of material students waking up space before and after being given action. Judging from the average of the value of the Prasiklus 59.3, cycle I of 69.3 and cycle II at the 77.5 with a percentage of the submission of the prasiklus reached 41.6%, Silus I reached 66.6%, and cycle II reaches 91.6%.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBANGUN KERUKUNAN BERAGAMA (TINJUAN KURIKULUM 2013 DI SD TEGALSARI, SRIGADING, BANTUL) Samsudin Samsudin
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 4, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1048.346 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v4i2.1243

Abstract

Abstract: Recognizing the conflict in Indonesia, which is predominantly Muslim, Indonesia is still vulnerable to conflict. Among the emergence of conflict above is the attitude of exclusivism who views their own belief as the most correct. This study aims to determine the urgency of Islamic education and good character of elementary schools in Curriculum 2013 in the contect of inculcating the religious harmony values to the students. This type of research is a field study, with qualitative research. While the object in this study is Elementary School (SD) Tegalsari, Srigading, Sanden, Bantul. Data collection method uses interviews, observation, and documentation, then it is analyzed. The results of this study indicate that in an effort to build religious harmony in Indonesia, Islamic Education (PAI) and good character have a significant role. Curriculum 2013 in PAI learning and good character in inculcating religious harmony values includes helping and cooperating, living in harmony, behaving politely, sympathizing and tolerant, respecting friends according to the content of QS al Kafirun (paragraph 6). Curriculum 2013 which has been taught at SD Tegalsari in PAI learning and good character is still general and has not ‘touched’ specifically, only limited to habituation in their daily life, but in general Curriculum 2013 has a significant role in fostering religious harmony. Abstrak: Menyadari konflik di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim, Indonesia masih rentan dengan konflik. Di antara munculnya konflik adalah adanya sikap eksklusivisme yang memandang keyakinannya sendiri yang paling benar. Penelitian ini bertujuan mengetahui urgensi pendidikan Islam dan budi pekerti di Sekolah Dasar (SD) dalam Kurikulum 2013 dalam konteks menanamkan nilai-nilai kerukunan beragama pada siswa. Jenis  penelitian ini adalah studi lapangan, dengan metode penelitian kualitatif. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar Tegalsari, Srigading, Sanden, Bantul. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam upaya membangun kerukunan beragama di Indonesia, Pendidikan Islam (PAI) dan budi pekerti memiliki peran yang signifikan. Kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI dan budi pekerti yang diajarkan dalam menanamkan nilai-nilai kerukunan beragama di antaranya adalah tolong menolong dan kerja sama, hidup rukun, berperilaku santun, simpati dan toleran, menghargai teman sesuai dengan kandungan Q.S al Kafirun ayat 6. Kurikulum 2013 yang diajarkan di SD Tegalsari pada pembelajaran PAI dan budi pekerti masih bersifat umum belum menyentuh secara khusus, hanya sebatas pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi secara garis besar kurikulum tersebut memiliki peran yang signifikan dalam menumbuhkan kerukunan beragama.
DESAIN BAHAN AJAR UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARABMADRASAH IBTIDAIYAH Husnan Husnan
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 4, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1260.757 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v4i2.1244

Abstract

Abstrak: Merancang bahan ajar agar mudah dipahami oleh para siswa adalah bagian tidak terpisahkan dari tugas seorang guru. Untuk itu guru harus memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan agar mereka mampu mendesain bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Guru harus memiliki berbagai pertimbangan dan pendekatan ketika merancang bahan ajar. Pendekatan yang harus dipegang oleh seorang guru ketika merancanga bahan ajar adalah pendekatan ilmu dan teknologi, pendekatan social budaya dan pendekatan psikologi. Selain itu patut menjadi pertimbangan bahwa syarat mutlak agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik maka setiap komponen pembelajaran mulai dari guru, siswa, materi, metode dan evaluasi harus memiliki memiliki porsi yang seimbang sehingga komonikasi dialogis akan terus terjadi demi menciptakan suasana kelas yang terus hidup. Abstract:  Designing the teaching materials to be easily understood by the students is an integral part of a teacher's assignment. Therefore, teachers must enrich themselves with a variety of knowledge so that they can design teaching materials that are usable in the learning process. Teachers should have various considerations and approaches when designing teaching materials. The approach that a teacher must hold when the teaching material is an approach to science and technology, a social culture approach and a psychological approach. In addition it should be considered that the absolute requirement for the learning process to run properly then every component of learning ranging from teachers, students, materials, methods and evaluation should have a balanced portion so that the comsonity Dialogical will continue to create an atmosphere of a living class.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 KOTA MATARAM TAHUN 2018 Muhammad Musfiatul Wardi Muhammad Musfiatul Wardi
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 4, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1004.761 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v4i2.1285

Abstract

Abstrak: Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah sebagai langkah awal dan sebagai tolak ukur madrasah untuk pelaksanaan pendiddikan karakter dan mengetahui strategi yang digunakan dalam pengimplementasian pendidikan karakter dalam pembentukan karakter siswa serta tantangan atau hambatan yang di hadapi. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mengunakan model miles and huberman, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses implementasi pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Mataram di lakukakan melalui kegiatan dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, kegiatan rutin dan kegiatan ekstrakulikuler,serta kegiatan dalam bentuk  kebijakan yang di terapkan di MIN 1 Kota Mataram ng di tanamkan, dengan mengacu pada 4 (empat) model pembelajaran karakter yakni, pembiasaan, keteladanan, pembinaan disiplin peserta didik, dan CTL (Contextual Teaching Learning).Abstract: The objective of the research is to take the initial step and as a benchmark for the madrasah for the implementation of the character and know the strategies used in implementing character education in the formation of student characters as well as Challenges or obstacles faced. This type of research is qualitative deskriftif. The data collection techniques used are, observations, interviews, and documentation. Data is analyzed by using miles and Huberman model, data reduction, data display, and conclusion withdrawal. The results showed that the process of implementing character education in Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Mataram City is conducted through activities in the learning process in class and outside the classroom, routine activities and extracurricular activities, As well as activities in the form of policies applied in MIN 1 Mataram City ng, with reference to 4 (four) models of character learning namely, habituation, transparency, coaching the discipline of learners, and CTL (Contextual Teaching Learning).
UPAYA BIMBINGAN BACA KITAB KUNING “SYARAH AL-JURUMIYAH” PADA REMAJA MASJID BAITUSSALAM DUSUN MURBAYA KEC. PRINGGARATA LOMBOKTENGAH Mustapa Ali, Mappanyompa, Aqodiah Mustapa Ali, Mappanyompa, Aqodiah
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 4, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1015.777 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v4i2.1553

Abstract

Program bimbingan kepada para generasi muda dalam hal pemahaman keagamaan akan dalil-dalil sebagai sumber pengambilan hukum Islam serta didukung oleh pemahaman dasar tentang kaidah tata bahasa Arab (ilmu nahwu) sangat diperlukan, melihat banyaknya masyarakat yang mudah percaya dengan ajaran atau aliran baru yang menyimpang dari al-Qur’an dan Hadit Nabi yang sohih. Berbekal pengajar dari tim dosen yang dibantu oleh mahasiswa yang komputen serta penggunaan metode studi kasus yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat, dari segi media pembelajaran, alat-alat belajar dan metode pengajaran  yang sifatnya klasik (hanya dengan mendengar, mendabit dan menghafal kaidah), maka  kami akan menggunakan metode tarjamah dan mendabit makna teks kitab dan membaca intensif serta metode eklektik (campuran) dan memberikan tambahan materi penjelas berupa praktik cepat memahami kaidah bahasa Arab sesuai dengan tuntunan yang ada di dalam kitab. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah para remaja masjid Baitussalam Murbaya yang mengikuti bimbingan mendapatkan banyak pengetahuan mengenai metode pembelajaran , peserta didik bisa membaca kitab  syarah Al-Jurumiyah dan mengetahui tata cara memahami dasar pengambilan hukum serta dalil yang  benar sesuai dengan al-Qur’an dan Hadits Sohih. Motivasi Remaja Masjid terlihat meningkat karena ada perbaikan dan tambahan sarana dan prasarana TPQ Al-Mustofa Murbaya. Para remaja memiliki kesadaran akan pentingnya menambah wawasan keilmuan untuk memperkuat iman dan Islam yang akan berefek positif pada ketinggian akhlaq dan akan menciptakan generasi yang berjiwa besar dalam menghadapi tantangan zaman.Program bimbingan kepada para generasi muda dalam hal pemahaman keagamaan akan dalil-dalil sebagai sumber pengambilan hukum Islam serta didukung oleh pemahaman dasar tentang kaidah tata bahasa Arab (ilmu nahwu) sangat diperlukan, melihat banyaknya masyarakat yang mudah percaya dengan ajaran atau aliran baru yang menyimpang dari al-Qur’an dan Hadit Nabi yang sohih. Berbekal pengajar dari tim dosen yang dibantu oleh mahasiswa yang komputen serta penggunaan metode studi kasus yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat, dari segi media pembelajaran, alat-alat belajar dan metode pengajaran  yang sifatnya klasik (hanya dengan mendengar, mendabit dan menghafal kaidah), maka  kami akan menggunakan metode tarjamah dan mendabit makna teks kitab dan membaca intensif serta metode eklektik (campuran) dan memberikan tambahan materi penjelas berupa praktik cepat memahami kaidah bahasa Arab sesuai dengan tuntunan yang ada di dalam kitab. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah para remaja masjid Baitussalam Murbaya yang mengikuti bimbingan mendapatkan banyak pengetahuan mengenai metode pembelajaran , peserta didik bisa membaca kitab  syarah Al-Jurumiyah dan mengetahui tata cara memahami dasar pengambilan hukum serta dalil yang  benar sesuai dengan al-Qur’an dan Hadits Sohih. Motivasi Remaja Masjid terlihat meningkat karena ada perbaikan dan tambahan sarana dan prasarana TPQ Al-Mustofa Murbaya. Para remaja memiliki kesadaran akan pentingnya menambah wawasan keilmuan untuk memperkuat iman dan Islam yang akan berefek positif pada ketinggian akhlaq dan akan menciptakan generasi yang berjiwa besar dalam menghadapi tantangan zaman.

Page 1 of 1 | Total Record : 7