cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 25982060     EISSN : 25982524     DOI : -
PAUD Lectura is a journal published by PG-PAUD FKIP Lancang Kuning University. This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education. This journal is published periodically twice a year, in October and April. The editor receives posts that have not been published in other print media. aim and foccus this journal are all about Education, Social Science, Early Childhood education
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 02 (2020): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini" : 8 Documents clear
Pengaruh Kompetensi Kepribadian terhadap Motivasi Kerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini Ari Sofia; annisayulistia
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 02 (2020): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/paud-lectura.v3i02.3445

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kompetensi kepribadian guru PAUD dalam program PPG, (2) motivasi kerja guru PAUD dalam program PPG, (3) pengaruh kompetensi kepribadian terhadap motivasi kerja guru PAUD dalam program PPG; dan (4) seberapa besar pengaruh kompetensi kepribadian terhadap motivasi kerja guru PAUD dalam program PPG Universitas Lampung tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru PAUD peserta program PPG Universitas Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kompetensi kepribadian dan angket motivasi kerja. Pengujian hipotesis menggunakan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linear sederhana, dan koefisien diterminan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi kepribadian gu,ru PAUD dalam program PPG berada pada kategori “cukup baik” ditunjukkan dengan nilai rata-rata 84,14, (2) motivasi kerja guru PAUD dalam program PPG berada pada kategori “baik” ditunjukkan dengan nilai rata-rata 83,86, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi kepribadian terhadap motivasi kerja guru PAUD dalam Program PPG, ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,130 > t tabel 1,701,dan (4) kontribusi kompetensi kepribadian terhadap motivasi kerja guru PAUD dalam Program PPG sebesar 14,9%, sisanya 85,1% ditentukan oleh faktor lain. Kata Kunci: kompetensi kepribadian, motivasi kerja
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Awal Melalui Metode Total Physical Response pada Anak Usia Dini Yesi Novitasari; Sri Wahyuni; Suci Romadayani
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 02 (2020): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/paud-lectura.v3i02.3852

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris awal anak melalui metode total physical response (TPR) di kelas B Al-Rasyid 2. Bahasa inggris awal anak dapat ditingkatkan sejak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian berjumlah 10 anak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode total physical response, pengumpulan data dimulai dari observasi teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa inggris awal anak meningkat setelah diberi tindakan yang sesuai dengan metode TPR. Nilai persentase pada pra siklus mencapai 32% dengan kriteria Belum Berkembang (BB), pada siklus 1 nilai persentase sebesar rata-rata mencapai 66% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB) dan mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 86% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) sedangkan target keberhasilan penelitian ini adalah 80% dengan demikian kemampuan bahasa inggris awal dapat ditingkatkan melalui metode TPR.Kata Kunci : Bahasa Inggris Awal, Metode Total Physical Response AbstractThis research have a puspose to improve children's early English skills using the total physical response method in class B Al-Rasyid 2. Children's early English can be improved from an early age. This research is a classroom action research with research subjects are 10 children. The independent variable of this research is the total physical response method of data collection starting from the observation of data analysis techniques done in quantitative descriptive. The results showed that children's early English language skills improved after being given an action in accordance with the Total Physical Response method. The percentage value in the pre-cycle reaches 32% with the criteria of Not Developing in cycle 1 the percentage value is on average reaches 66% with the criteria of Starting to Develop and has increased in cycle 2 by 86% with the criteria of Very Good Developing while the target of the success of this research is 80% so that the initial English language skills can be improved using the total physical response method.Keywords: Early English, Total Physical Response
Implementasi Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini Latifah Permatasari Fajrin; Subar Junanto; Diyah Kurniasari
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 02 (2020): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/paud-lectura.v3i02.3873

Abstract

The problem in this research is the lack of knowledge of sex in early childhood and the methods used by educators in sex education are too monotonous in learning. The purpose of this study was to determine the process of sex education in TK IT AL-Muhlas Yusro. This research use desciptive qualitative approach. This research was conducted at TK IT AL Muhlas Yusro. Sawit, Boyolali, Central Java from June to December 2019. The subjects of this study were teachers. The informants of this research are: Kindergarten Head and students. Data is collected by observation, interview and documentation. The validity of the data is obtained using source and method triangulation. The collected data is then analyzed by the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The implementation of sex education includes teacher preparation, namely preparing RPPH as a preliminary guide before learning in class. Implementation of learning with the storytelling method which consists of three processes namely opening, core activities, and closing. Evaluation is carried out through several stages, among others, observation of students' activities, children's work, and analysis of developments seen in children's behavior. Sex education is considered quite successful even though there are still shortcomings such as the lack of media, different children's understanding and minimal parental participation when at home. Keywords: Implementation, Sex Education, Early Childhood
Hubungan Aktivitas Penggunaan Teknologi Untuk Pembelajaran Pengembangan Oleh Guru PAUD febrialismanto febrialismanto; Hidayatun Nur
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 02 (2020): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/paud-lectura.v3i02.3886

Abstract

Perang guru dalam pembelajaran sangat besar salah satunya adalah kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran. Guru juga harus memiliki kemampuan untuk dapat mengatahui dan juga untuk menggunakan TIK. Guru yang maju adalah guru yang dapat menjadikan TIK untuk mempersiapkan pembelajaran ataupun menggunakan dalam proses pembelajaran. Pada PAUD mempersiapkan perkembangan agar dapat berkembang dengan baik. Perkembangan tersebut berupa kognitif, bahasa, motorik, nilai agama dan moral, serta sosial. Perkembangan anak tersebut diramu dalam pembelajaran pengembangan untuk masing masing perkembangannya. Aktivitas guru dan pendukung menggunakan teknologi seperti menggunakan mutimedia, wifi, menggunakan android, memiliki sosmed tidak memiliki hubungan dengan pembelajaran pengembangan oleh guru. Aktivitas penggunaan serch engine yang memiliki hubungan dengan pembelajaran pengambangan oleh guru. Dari hasil peneliti dapat diketahui guru belum memanfaatkan dengan baik aktivitas penggunaan teknologi untuk meningkatkan kemampuan untuk pembelajarang pengembangan untuk perkembangan anak. One of the great teacher roles in learning is the ability of teachers to design learning. The teacher must have the ability to know and to use ICT. Advanced teachers are teachers who can make ICTs to prepare for learning or to use it in the learning process. Early Childhood Education teachers prepare the development so that it can develop properly. There are the development of cognitive, language, motor, religious and moral values, and social. The children's development is colaborated in development learning for each of their development. Teacher and supporter activities using technology such as using multimedia, wifi, using Android, having social media do not have a relationship with learning development by the teacher. The activities of using search engine which has a relationship with learning floating by the teacher. Based on the result, the researchers concluded that teachers are not good at using technology in improving the ability of children's development.
Pengaruh Permainan Number Ball Race Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Cendana Rumbai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru Novia Ariani; Ria Novianti; Febrilialismanto
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 02 (2020): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/paud-lectura.v3i02.3887

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pengamatan peneliti di TK Cendana Rumbai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru, pengamatan ini terhadap kemampuan konsep bilangan pada anak belum berkembang dengan optimal. Sehingga perlu dilakukan penelitian menggunakan permainan Number Ball Race. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh permainan Number Ball Race terhadap kemampuan konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK Cendana Rumbai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru dari bulan April 2019 sampai Juli 2019 untuk observasi dan penelitian. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design dengan jumlah sampel 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi kemampuan konsep bilangan anak. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan I.BM SPSS statistik ver 23. Dari hasil analisis data diperoleh thitung 26,902 dengan sig 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan konsep bilangan pada anak yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan permainan Number Ball Race. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh terdapat pengaruh permainan Number Ball Race terhadap kemampuan konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Cendana Rumbai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru sebesar 71,19%.
Pengaruh Permainan Ligu terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Doa Bunda Pematang Benteng Batang Peranap Kabupaten Indragiri Hulu Ismawati Ismawati; Azlin Atika Putri
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 02 (2020): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/paud-lectura.v3i02.3913

Abstract

Penelitian dilaksanakan PAUD Doa Bunda Pematang Benteng Batang Peranap Kabupaten Indragiri Hulu bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Permainan Ligu terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Dari Hasil penelitian yang dilaksanakan ditemukan tidak sesuainya teori dan kenyataan dilapangan untuk tahapan perkembangan sosial anak usia dini, dikarenakan kemampuan interaksi sosial anak masih belum berkembang sesua harapan. Penelitian yang dilaksanakan di Paud Doa Bunda Pematang Benteng tergolong dalam Jenis penelitian quasi eksperimen, yaitu post test control grup design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 16 orang anak, sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas Al-falah sebagai kelas eksperimen dan kelas An-nas sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi yang berisi indikator interaksi sosial dan dokumentasi. Dari hasil uji hipotesis yang dilaksanakan diperoleh pembelajaran menggunakan Permainan Ligu dapat mempengaruhi perilaku sosial anak secara signifikan, sebagaimana hasil uji hitung > tabel (2.14 < 3.229 > 2.98) dengan taraf α = 0.05, dan nilai sig.(2-tailed) data posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 0,006 < 0,05. Berdasarkan hasil, hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima dapat disimpulkan Permainan Ligu berpengaruh positif terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Doa Bunda Pematang Benteng Batang Peranap Kabupaten Indragiri Hulu.
Pengelolaan Kelas pada Model Pembelajaran Kelompok pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Al- Mahira Suharni; Sri Wahyuni; Salmah
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 02 (2020): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/paud-lectura.v3i02.3990

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas terhadap model pembelajaran kelompok anak usia dini di TK IT Al- Mahira. Metode yang digunakan adalah Pendekatan Kuantitatif Korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di TK IT Al- Mahira. Pengambilan sampel dilakukan dengan Random Sampling dengan jumlah 30 Anak. Variabel penelitian terdiri dari variabel X (pengelolaan kelas) dan Y (model pembelajaran kelompok). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket berupa abjad atau a, b dan c dalam setiap gambar kepada siswa sebagai responden. Metode yang digunakan adalah korelasi dengan taraf 5%. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 23 diperoleh signifikan sebesar 0,072. Dengan demikian Ha yang menyatakan adanya pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap model pembelajaran kelompok ditolak dan sebaliknya Ho yang menyatakan tidak adanya pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap model pembelajaran kelompok diterima. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat korelasi pengelolaan kelas terhadap model pembelajaran kelompok anak usia dini di TK IT Al- Mahira. Artinya, model pembelajaran kelompok yang baik belum tentu pengelolaan kelasnya kurang menarik dan sebaliknya model pembelajaran kelompok yang kurang baik belum tentu pengelolaan kelasnya menarik.
Buku Cerita Bergambar Untuk Pembelajaran Mitigasi Bencana Gunung Meletus Bagi Anak Usia Dini Maila Rahiem; Khotimatul Husna
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 02 (2020): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/paud-lectura.v3i02.3974

Abstract

Pembelajaran mitigasi bencana harus dimulai sejak dini. Salah satu metodenya adalah dengan menggunakan buku cerita bergambar anak. Pada penelitian ini, peneliti mempelajari bagaimana tampilan dan penyampaian pembelajaran mitigasi bencana gunung meletus pada buku cerita bergambar anak. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari analisis buku dan wawancara mendalam semi-terstruktur dengan 3 guru TK dan 3 orangtua yang memiliki anak usia dini (usia 3-6 tahun). Hasil temuan penelitian ini adalah: 1) tampilan dan cara penyampaian dalam buku belum menarik; 2) bahan yang digunakan mudah rusak; 3) bahasa tidak mudah dipahami oleh anak usia dini; 4) gambar mudah dipahami. Penelitian ini memberi masukan untuk peningkatan kualitas dan efektivitas buku cerita anak untuk pendidikan mitigasi bencana.

Page 1 of 1 | Total Record : 8