Articles
9 Documents
Search results for
, issue
"Vol 4, No 2 (2020)"
:
9 Documents
clear
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KONTROL DIRI SISWA
Wekoila, Susmita Irdiana Putri;
Silondae, Dodi Priyatmo
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/bening.v4i2.12084
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kontrol diri siswa di SMP Negeri 1 Konawe Selatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan menggunakan desain one group pre test and post test. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang siswa dari 25 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket skala kontrol diri siswa. Berdasarkan data hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa kontrol diri siswa sebelum diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok berada pada kategori rendah dengan persentase rata-rata mencapai 60,34%. Sesudah diberikan perlakuan, skor kontrol diri berada pada kategori tinggi persentase rata-rata mencapai 76,23%. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Pvalue = 0,008. Pvalue ˂ α (0,008 ˂ 0,05) dengan demikian Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap kontrol diri siswa Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Kontrol Diri
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP ETIKA PERGAULAN SISWA
Sunarti, Sunarti;
Siregar, Nani Restati
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/bening.v4i2.12091
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan etika pergaulan siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Kendari melalui bimbingan kelompok. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan desain one-grup pre test dan post test.. Data Yang dikumpulkan dengan menggunakan angket etika pergaulan. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh  = 0,005. < α (0,005 < 0,05) dengan demikian  ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat berpengaruh terhadap etika pergaulan siswa di SMP Negeri 07 Kendari. Kata Kunci: Etika Pergaulan, Bimbingan Kelompok
LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGATASI KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Darmayanti, Darmayanti;
Binasar, Sudarmi Suud
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/bening.v4i2.12085
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kecemasan belajar Matematika siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 10 Kendari melalui layanan bimbingan kelompok. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pra eksperimen dengan desain one group pre test and post test.  Data dikumpulkan dengan menggunakan Skala Kecemasan Belajar Matematika. Hasil Penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat mengatasi kecemasan belajar Matematika, hal ini berdasarkan skor kecemasan Matematika siswa dari 151,375 menjadi 131,75 atau 7,36% berada pada kategori rendah. Sedangkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test pada taraf signifikan α=0.05 diperoleh Pvalue=0.012. Pvalue<α (0.012<0.05). Dengan demikian hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat mengatasi kecemasan belajar Matematika siswa SMP Negeri 10 Kendari. Kata Kunci: Kecemasan belajar Matematika, Bimbingan Kelompok
FAKTOR- FAKTOR PENYEBAB KONFLIK INTERPERSONAL SISWA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA
Eni, Wa;
Jahada, Jahada
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/bening.v4i2.12092
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor penyebab konflik Interpersonal siswa dan upaya penanggulangannya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yaitu 1 orang guru BK, Kepala Sekolah, 1 orang wali kelas dan 5 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor- faktor penyebab konflik interpersonal siswa adalah (1) faktor Internal yaitu mudah tersinggung, tidak mampu mengendalikan emosi, kesalah pahaman dan ingin diakui. dan (2) faktor Eksternal yaitu faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan pergaulan, Sementara upaya penanggulangan konflik interpersonal tersebut adalah menggunakan layanan informasi dan layanan mediasi. Kata Kunci: Konflik Interpersonal
LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA
Andira, Ayu;
Suarni, Wa Ode
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/bening.v4i2.12088
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa kelas X SMA Negeri 1 Loghia melalui bimbingan kelompok. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan desain one-grup pre-test post-test. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket penyesuaian sosial. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan Wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh P=0,05 diperoleh Pvalue = 0,012. Pvalue ˂ α (0,012 ˂ 0,05) dengan demikian H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap penyesuaian sosial siswa kelas X SMA Negeri 1 Loghia. Kata Kunci: Penyesuaian Sosial, Bimbingan Kelompok
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA EFIKASI DIRI SISWA
Fitriani, Fitriani;
Rudin, Abas
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/bening.v4i2.12082
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Efikasi diri Siswa SMP Negeri 3 Sampolawa. Penelitian ini adalah Penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dari penelitian ini berjumlah 4 orang. 1 orang guru, 1 orang Wali Kelas, dan 2 orang siswa. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara dan studi dokumentasi. Metode Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Hubberman. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa faktor–faktor penyebab rendahnya efikasi diri siswa adalah: faktor pengalaman menguasai sesuatu, faktor modeling sosial, faktor persuasi sosial, faktor kondisi fisik dan emosional, faktor budaya, faktor jenis kelamin, faktor dari tugas yang dihadapi dan faktor insentif eksternal. Kata Kunci: Efikasi diri
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP ETIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA
Karlina, Nini;
Arifyanto, Alber Tigor
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/bening.v4i2.12089
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap etika komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Kendari.Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket etika komunikasi interpersonal. Skor angket pretest siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok termaksud dalam kategori rendah yaitu 63.715 %,sedangkan setelah diberi layanan bimbingan kelompok skor angket hasil posttest siswa termaksud dalam kategori tinggi 77,304 % hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap etika komunikasi interpersonal siswa meningkat menjadi 13%. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh  = 0,005. < α (0,005 < 0,05) dengan demikian  ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap etika komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Kendari. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Bimbingan Kelompok
IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI KEBIASAAN MEMBOLOS SISWA
Satriawan, Satriawan;
Muharam, La Ode
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/bening.v4i2.12083
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi layanan konseling kelompok dalam mengatasi kebiasaan membolos siswa di SMA Negeri 2 Watopute. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan pra-eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa dari 58 siswa yang ada di SMA Negeri 2 Watopute. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket kebiasaan membolos. Metode analisis data menggunakan analisis wilcoxon match pair test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dapat menurunkan kebiasaan membolos siswa SMA Negeri 2 Watopute, hal tersebut dapat dilihat dari sebelum perlakuan diberikan persentase siswa membolos yaitu 82,5%, dan setelah pemberian perlakuan kebiasaan membolos siswa menurun menjadi59,51%. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh P=0,05 diperoleh Pvalue = 0,028. Pvalue ˂ α (0,028 ˂ 0,05) dengan demikian H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok mampu mengatasi kebiasaan membolos siswa. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Kebiasaan Membolos
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TINDAKAN INTIMIDASI SISWA TERHADAP SISWA LAINNYA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA
Gaffar, Syafira Wahdania;
Aspin, Aspin
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/bening.v4i2.12090
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab tindakan intimidasi siswa terhadap siswa lainnya dan upaya penanggulangannya di SMP Negeri 30 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, guru mata pelajaran dan siswa SMP Negeri 30 Konawe Selatan. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif metode Miles dan Huberman. Hasil Penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab tindakan intimidasi siswa yaitu, gangguan pengendalian diri, intimidasi yang dipelajari, intimidasi untuk memperoleh sesuatu, faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan masyarakat. Dan upaya penanggulangannya dengan berbicara langsung kepada pelaku intimdasi dan membantu menebus kesalahannya. Kata Kunci: Faktor Intimidasi