cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya
ISSN : 23031565     EISSN : 25021575     DOI : -
Core Subject : Economy,
EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning has P-ISSN: 2303-1565 & E-ISSN: 2502-1575 which is published twice a year, in January and July. Focus and scope on EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning:Economic Learning Media, Planning Economic Learning, Learning and Learning Economics, Public Economics, Community Economics, Economic development, Regional Economics, Taxation, Microeconomics, Macroeconomics, Entrepreneurship, Economic Sociology, Social Economics, Financial management.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2015)" : 9 Documents clear
PENGARUH PENJUALAN ONLINE TERHADAP OMZET PENJUALAN BUTIK ZIETA DESA SEWULAN KEC. DAGANGAN KAB. MADIUN Dya Ayu Wulansari
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.038 KB) | DOI: 10.25273/equilibrium.v3i2.664

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penjualan lewat online pada butik busana muslim “Zieta” di Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun, untuk mengetahui omzet penjualan pada butik busana muslim “Zieta” di Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Penentuan sampel dalam penelitian ini    menggunakan purposive sampling yaitu sampel yang diambil adalah laporan penjualan pada butik ZIETA sebelum dan sesudah melalukan penjualan lewat online selama 3 tahun per 6 bulan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan metode analisis statistik t test (uji t) dengan uji perhitungan manual data yang digunakan dalam analisis adalah data omzet penjualan sebelum dan sesudah adanya penjualan lewat online selama 3 tahun per 6 bulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penjualan online mempunyai beda pengaruh terhadap omzet penjualan pada butik busana muslim Zieta-Madiun. Untuk uji t diperoleh nilai thit   adalah 19,67 sedangkan ttab adalah 1, 943. Hal ini berarti nilai thitung  > ttabel (19,67 > 1,943). Dengan demikian H0 ditolak, artinya ada beda pengaruh penjualan lewat online terhadap omzet penjualan pada butik ZIETA Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. 
PENGARUH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KESELAMATAN KERJA KARYAWAN PADA KANTOR PLN DOLOPO KAB. MADIUN Sudarmiani Sudarmiani; Dewi Novita Ningsih
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.226 KB) | DOI: 10.25273/equilibrium.v3i2.660

Abstract

: Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui manajemen sumber daya manusia pada Kantor PLN Dolopo Kab. Madiun. (2) Untuk mengetahui keselamatan kerja pada Kantor PLN Dolopo Kab. Madiun. (3) Untuk mengetahui pengaruh manajemen sumber daya manusia terhadap keselamatan kerja karyawan pada Kantor PLN Dolopo Kab. Madiun. Penelitian ini mengambil obyek pada Kantor PLN Dolopo Madiun dengan populasi sebanyak 40 orang karyawan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah manajemen sumber daya manusia dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keselamatan kerja karyawan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk mengambi data manajemen sumber daya manusia sebagai variabel bebas, kuesioner untuk mengambi data keseamatan kerja karyawan, serta menggunakan metode wawancara. Dalam menganalisis data digunakan metode statistik dengan rumus korelasi produk moment dan uji beda pengaruh. Atas dasar perhitungan tersebut dapat dibuat garis regresi sebagai berikut Y= 17,091 + 0,573X, artinya apabila manajemen sumber daya manusia ditingkatkan satu kali akan terjadi kenaikan keselamatan  kerja karyawan sebanyak 0,573% apabila faktor lainya tetap. Berdasarkan data diketahui bahwa besarnya nilai rhitung adalah 0,659 dan rtabel 0,312 dilain pihak besarnya Sighitung  0,000 dan Sigpro 0,05. Hal ini berarti dapat disimpulhan Ho ditolak, artinya ada hubungan antara Manajemen Sumber Daya Manusia dan Keselamatan Kerja Karyawan pada Kantor PLN Dolopo Kab. Madiun. Hasil menunjukkan, bahwa hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa besarnya nilai thitung adalah 7,189 dan ttabel 1,685 dilainartinya ada beda pengaruh antara Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap Keselamatan Kerja Karyawan pada Kantor PLN Dolopo Kab. Madiun.
PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA DEALER PUTRA RAMA JAYA HONDA KOTA PONOROGO Emi Susilawati
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.221 KB) | DOI: 10.25273/equilibrium.v3i2.665

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui biaya promosi di Putra Rama Jaya Honda Dealer Ponorogo di 2011-2012. 2) untuk mengetahui tingkat penjualan di Putra Rama Jaya Honda Dealer Ponorogo di 2011-2012. 3) untuk mengetahui pengaruh antara biaya promosi terhadap kelas dijual di Honda Putra Rama Jaya Dealer Ponorogo di 2011-2012. Sampel pada penelitian ini, yaitu mengambil berdasarkan semua anggota populasi sebagai sampel. Untuk mengambil adalah biaya promosi dan nilai penjualan selama 24 bulan, yaitu pada 2011-2012, pengumpulan laporan menggunakan metode dokumentasi. Untuk analisis laporan ini menggunakan tes sederhana dari regresi linier, tes korelation dan uji t. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa biaya promosi tidak ada pengaruh sekaligus koneksi positif terhadap tingkat penjualan di Putra Rama Jaya Honda Dealer Ponorogo. Intinya didapatkan dari nilai rtabel  = 24-2 = 22 adalah 0.404; Namun jenis tes adalah jika rhitung  > rtabel maka Ha adalah diterima dan Ho adalah ditolak dan jika saya menghitung < I tabel atau, 0244< 0404 itu berarti Ha ditolak dan Ho adalah diterima, yang tidak memiliki hubungan yang signifikan antara biaya promosi dan tingkat penjualan di Agen Honda Putra Rama Jaya Ponorogo Ttabel = 24-2 = 22 adalah 4.300; Namun jenis terbaik adalah jika Fhitung > Ftabel maka Ha ditolak dan Ho adalah diterima. Berdasarkan jenis tes menjelaskan yang Fhitung < Ftabel atau,1.394 < 4.300 itu berarti Ha adalah ditolak dan Ho adalah diterima, yang tidak pengaruh signifikan antara biaya promosi dan nilai penjualan di Agen Putra Rama Jaya Honda Ponorogo. Ttabel = 24-2 = 22 adalah 1.717; Namun jenis tes jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak dan jika thitung > ttabel maka Ha ditolak dan Ho adalah diterima. Berdasarkan jenis tes menjelaskan bahwa thitung  > ttabel  atau 1.223 < 1.717 itu berarti Ha ditolak dan Ho adalah diterima, yang tidak pengaruh yang signifikan antara biaya promosi dan nilai penjualan di Dealer Honda Putra Rama Jaya Ponorogo dan pengaruh oleh faktor lain. 
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA INDUSTRI KECIL KERAJINAN BATIK SIDOMUKTI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN PLAOSAN KABUPATEN MAGETAN Eko Budi Cahyono
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5059.262 KB) | DOI: 10.25273/equilibrium.v3i2.1028

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lingkungan kerja pada industri kecil kerajinan Batik Sidomukti Kabupaten Magetan, untuk mengetahui kinerja karyawan pada industri kecil kerajinan batik Sidomukti Kabupaten Magetan. dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada industri kecil kerajinan Batik Sidomukti Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Penentuan sampel di dalam penelitian ini menggunakan sampel bertujuan yaitu karyawan industri kecil kerajinan Batik Sidomukti yang berjumlah 35 karyawan. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Dalam menganalisis data pada penelitian menggunakan uji korelasi produk momen, uji F, dan uji t. Lingkungan kerja memiliki nilai rata-rata sebesar 47,63 dengan nilai maksimum 50, nilai minimum 40, standar deviasi 2,860, median 49,00, dan modus sebesar 5. Dari hasil deskripsi variabel lingkungan kerja diketahui bahwa responden cenderung setuju terhadap lingkungan kerja yang baik, karena lingkungan kerja yang baik dan kondusif dapat meningkatkan kinerja karyawannya dalam proses produksi yang telah dibebankan oleh perusahaan.  kinerja karyawan memiliki rata-rata sebesar 48,66, dengan nilai maksimum 50, nilai minimum 44, standar deviasi 1.804, median 49,00 dan modus sebesar 50. Dari hasil deskripsi variabel kinerja karyawan diketahui bahwa responden cenderung mempunyai nilai (rata-rata 48,46). Dalam hasil anlisis regresi pada uji korelasi diperoleh nilai rhitung sebesar 0,393 ≥ rtabel sebesar 0,334 atau Sighit 0,000 ≤ Sigprob 0,05 artinya lingkungan kerja mempunyai hubungan terhadap kinerja karyawan  pada industri kecil kerajinan Batik Sidomukti. Sementara pada uji Fisher diperoleh nilai Fhitung sebesar 6,024 ≥ nilai Ftabel sebesar 4,12 atau Sighit 0,000 ≤ Sigprob 0,05 artinya lingkungan kerja mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan pada industri kecil kerajinan Batik Sidomukti. Dan pada uji t diperoleh nilai thitung sebesar 2,454 ≥ ttabel sebesar 0,681 atau nilai Sighit  sebesar 0,000 ≤ Sigprob 0,05 artinya ada beda pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada industri kecil kerajinan Batik Sidomukti.
PENGARUH JENIS PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN HAND PHONE ANDROID DI COUNTER CLINIK ANDROID MADIUN Khoirul Ikhwan
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.715 KB) | DOI: 10.25273/equilibrium.v3i2.666

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana jenis produk android di Counter Clinik Android Madiun. (2) Untuk mengetahui bagaimana volume penjualan android di Counter Clinik Android Madiun. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh jenis produk terhadap volume penjualan android di Counter Clinik Android Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis produk tidak berpengaruh terhadap volume penjualan pada Counter Clinik Android Madiun. Hal ini diperoleh dari perhitungan didapatkan fungsi Y = 59,83131 - 0,005596808x. Dalam uji korelasi diperoleh nilai rhit  sebesar -0,573681 sedangkan rtabel   sebesar 0,514. Hal ini berarti rhit   < rtabel   (-0,573681 < 0,514). Jadi dapat diartikan tidak ada hubungan antara jenis produk terhadap volume penjualan hand phone jenis android di Counter Clinik Android Madiun. Sedangkan dalam uji t diperoleh thitung -2,69 sedangkan ttabel sebesar 1,753. Hal ini berarti thit  < ttabel (-2,69 < 1,753). Yang artinya tidak ada pengaruh antara jenis produk terhadap volume penjualan hand phone Android di Counter Clinik Android Madiun.
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DAN JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TAHUN AJARAN 2014/2015 Dian Trisna Wardani
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.32 KB) | DOI: 10.25273/equilibrium.v3i2.657

Abstract

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   (1)   Pengaruh   pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap prestasi belajar ekonomi. (2) pengaruh tingkat motivasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar ekonomi (3) interaksi antara motivasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan Jigsaw terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI SMPN 3Satu Atap Jenawi Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015, Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas. Model pembelajaran pada kelas eksperimen I yaitu kelas XI B sebanyak 36 siswa menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan pada kelas eksperimen II adalah kelas XI F sebanyak 35 siswa menggunakan metode Jigsaw. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes untuk data prestasi belajar ekonomi, angket untuk motivasi belajar siswa dan dokumentasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis varian dua jalan dengan  desain  faktorial  2x2  dan  taraf  signifikan  5%.  Sebelumnya  dilakukan  uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas dengan mengunakan software SPSS 17. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan Jigsaw terhadap prestasi belajar ekonomi. (2) Terdapat pengaruh tingkat motivasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar ekonomi (3) Tidak terdapat interaksi antara motivasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions)  dan Jigsaw terhadap prestasi belajar ekonomi.
PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA OBYEK WISATA DUMILAH WATER PARK MADIUN Widyaninggar Resti Husodho
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2164.791 KB) | DOI: 10.25273/equilibrium.v3i2.667

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kepuasan pelanggan pariwisata Dumilah Water Park Madiun, untuk menentukan loyalitas pelanggan pariwisata Dumilah Water Park Madiun, dan untuk mengukur apakah ada pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di bidang pariwisata Dumilah Water Park Madiun. Populasi dalam penelitian ini adalah 145 pengunjung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 106 pengunjung. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang telah diuji dan memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana meliputi uji korelasi, uji F dan t-test. Bantuan dalam menganalisis data menggunakan SPSS For Windows versi 16.0. Hasil yang diperoleh dari garis regresi Y = 29.981 + 0,505X, yang berarti bahwa jika ketika kepuasan pelanggan meningkat 1% maka loyalitas pelanggan akan meningkat 0.505% ketika faktor- faktor lain yang dianggap tetap. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tingkat nilai rhitung0,495 dan rtabel  0,191. Berarti bahwa ada hubungan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dalam pariwisata Dumilah Water Park Madiun. Sementara, tingkat R² 0,245. Berarti, pengaruh kontribusi kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan 24,5% sedangkan sisanya 75,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini juga diperoleh nilai uji F, sedangkan nilai Fhitung 33.478 dan Ftabel 3,932 (Fhitung  > Ftabel 33.478 > 3,932). Satu sisi lain Sighit0,000 dan Sigprob 0,05 (Sighit  < Sigprob 0,000 < 0,05). Berarti ada pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di pariwisata Dumilah Water Park Madiun. Dalam t-test dilakukan menyusul di garis regresi Nilai thitung adalah 22.356 dan ttabel 1.771 (thitung  > ttabel 22.356> 1771). Di sisi lain Sighit 0,000 dan Sigprob 0,05 (Sighit  < Sigprob 0,000 < 0,05). Berarti bahwa ada efek yang berbeda dari kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di bidang pariwisata Dumilah Water Park Madiun. Berdasarkan uji korelasi, Uji F dan uji t dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari kepuasan pelanggan pada pariwisata loyalitas pelanggan Dumilah Water Park Madiun
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PADA PT. SEDERHANA ABADAN MITRA Ramadhan Prasetya Wibawa; Deny Ayu Tiarawati
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3931.383 KB) | DOI: 10.25273/equilibrium.v3i2.663

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada PT. Sederhana Abadanmitra, untuk mengetahui kepuasan kerja, untuk mengetahui loyalitas karyawan, adakah pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan pada PT. Sederhana Abadanmitra Kab. Madiun. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh pada PT. Sederhana Abadanmitra Kab. Madiun sebanyak 79 karyawan.Metode kuesioner digunakan untuk memperoleh data kualitas pelayanan kepuasan kerja, dan loyalitas karyawan. Metode wawancara ditujukan kepada pimpinan PT.  Sederhana Abadanmitra  Kab.  Madiun  guna  memperoleh  ijin  penelitian.  Metode dokumen digunakan setelah diperoleh data berupa laporan kinerja dan standar operasional prosedur karyawan. Dalam menganalisis data digunakan metode statistik dengan rumus uji regresi linier berganda, uji r, uji F, uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan pada PT. Sederhana Abadanmitra Kab. Madiun. Hal ini diperoleh dari hasil perhitungan regresi linier berganda sebesar Y= 10,329+1,014+0,204, yang artinya adalah apabila kualitas pelayanan dan kepuasan kerja ditingkatkan satu kali akan terjadi peningkatan loyalitas kayawan sebanyak 11,548 apabila faktor lainnya tetap. Selain itu juga diperoleh hasil dari r hitung sebesar 0,512 sedangkan r tabel 0,220 yang menyatakan adanya penolakan Ho artinya kualitas pelayanan dan kepuasan kerja mempunyai hubungan dengan loyalitas karyawan. Selain itu juga diperoleh koefisien regresi (uji t) dengan nilai dari t hitung yaitu 5,383 dan t tabel pada signifikansi 0,05 dengan uji dua pihak dan jumlah data dalam penelitian 79. Maka diperoleh t tabel sebesar 1,990. Hal ini berarti nilai t hitung > t tabel (5,383 > 1,990). Dari kedua uji tersebut menyatakan adanya penolakan   Ho yang artinya bahwa ada pengaruh antara kualitas pelayanan dan kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan pada PT. Sederhana Abadanmitra Kab. Madiun. Sedangkan untuk uji signifikansi f diperoleh hasil f hitung sebesar 144,168 dan f tabel sebesar 1,400 yang artinya bahwa f hitung > f tabel ( 144,168 > 1,400 ). Dari kedua uji tersebut menyatakan adanya penolakan Ho yang artinya bahwa ada pengaruh antara kualitas pelayanan dan kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan pada PT. Sederhana Abadanmitra Kab. Madiun. 
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO KERAJINAN KULIT KARTIKA MAGETAN Sunarto Sunarto
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.463 KB) | DOI: 10.25273/equilibrium.v3i2.668

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk pada toko kerajinan kulit Kartika Magetan dan untuk mengetahui keputusan pembelian pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan serta mengetahui ada tidaknya pengaruh kualitas produk yang dihasilkan terhadap keputusan pembelian pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kausal. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Non Probability Sampling yang meliputi sampling kuota (quota sampling). Sampling kuota adalah teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah kuota yang diinginkan. Sedangkan teknik pengumpulan datanya meng- gunakan metode pengumpulan data kuesioner. Dalam menganalisis data menggunakan metode statistik dengan rumus regresi linier sederhana dan korelasi produk moment.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini berdasarkan atas hasil perhitungan regresi linier sederhana yang telah dilakukan dapat diperoleh persamaan Y = 9,5013 + 0,7607X yang artinya jika variabel kualitas produk (X) dinaikkan sebesar 1% maka variabel kualitas produk akan bertambah0,7607%. Dengan nilai konstanta 9,5013 menunjukkan bahwa keputusan pembelian pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan akan konstan apabila kualitas produk (X) sama dengan nol (tidak ada), dengan asumsi faktor lain tetap atau tidak berubah nilainya. Selain itu didukung dengan uji determinasi yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar prosentase sumbangan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan untuk uji fisher diperoleh nilai fhitung  (21,735) sedangkan ftabel  (4,41). Hal ini berarti bahwa fhitung  (21,735) > ftabel  (4,41). Atas dasar uji Fisher tersebut dapat disimpulkan Ho tolak, artinya ada pengaruh secara keseluruhan kualitas produk dengan keputusan pembelian pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan. Selanjutnya dari perhitungan uji t diperoleh nilai thitung  (6,927) sedangkan ttabel  (1,725). Hal ini berarti bahwa nilai thitung  > ttabel dengan thitung (6,927) > ttabel (1,725). Atas dasar uji t tersebut dapat disimpulkan Ho  tolak, artinya ada beda pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan. Jadi dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara keseluruhan yang signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9