cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
ISSN : 25799037     EISSN : 25798944     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018)" : 7 Documents clear
Analisis Pengaruh Bahasa Alay (Gaul) Dalam Penulisan Pesan Melalui SMS/WA Mahasiswa Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun Estuning Dewi Hapsari
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.083 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v2i1.2685

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) latar belakang munculnya bahasa Alay pada penulisan SMS/WA mahasiswa Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun (2) bentuk bahasa tulis akibat pengaruh bahasa Alay pada penulisan SMS/WA mahasiswa Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun, dan (3) dampak adanya pemakain bahasa Alay (gaul) pada penulisan SMS/WA mahasiswa Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan strategi analisis isi (content analysis). Sumber data yang digunakan yaitu: gaya tulisan Alay (gaul) dan informan penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Informatika Universitas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik rekam, simak dan catat, dan wawancara. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data (interactive model). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) hal-hal yang melatarbelakangi pemakaian bahasa Alay berupa (a) sebagai identitas diri, (b) sebagai ungkapan/ekspresi, (c) mempertegas informasi yang disampaikan (2) Wujud pemakaian bahasa tulis dalam SMS/WA berupa: (a) Pilihan kata: penulisan kata tidak lengkap, penanggalan fonem, penyingkatan kata, dan penggunaan singkatan tertentu (b) tanda baca berlebihan dan (c)penggunaan huruf kapital yang tidak sesuai kaidah. (3) Dampak pemakaian bahasa Alay antara lain: (a) dampak positif berupa:  meningkatkan kreativitas, Menunjukkan identitas diri, dan menciptakan suasana akrab. (b) dampak negatif berupa: Menyulitkan diri sendiri, masyarakat tidak mengenal bahasa baku, masyarakat tidak memakai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), dan dapat menghilangkan budaya berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
Perempuan-Perempuan Pemeluk Erat Adat: Studi Etnografi Perempuan Tengger Sony Sukmawan; Rahmi Febriani
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.922 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v2i1.2682

Abstract

Perempuan Tengger meyakini bahwa kepribadian yang mereka miliki merupakan warisan leluhur mereka, Rara Anteng.Keyakinan ini menjadikan perempuan Tengger menjalani kehidupan sehari-hari secara disiplin, penuh kerja keras, namun tetap ikhlas. Ada kepercayaan yang tertanam dalam batin setiap perempuan Tengger bahwa tugas seorang istri adalah mendampingi suami dalam ruang rumah tangga sekaligus ruang kerja. Penelitian interdisipliner ini menggunakan pendekatan etnografi dalam pengumpulan data. Situs penelitian ini di Desa Mororejo, Ngadiwono, Wanamerta, dan Telagosari, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perempuan Tengger memegang peranan yang sangat penting dalam menjaga stabilitas kehidupan rumah tangga, sosio-kultural, dan rutinitas ritual (keagamaan). Dapat dikatakan, perempuan Tengger adalah penjaga stabilitas perekonomian rumah tangga maupun perekonomian lokal sekaligus pemelihara tradisi leluhur Tengger.
Aspek Pendidikan Karakter dalam Sinetron “Dunia Terbalik” dan Sumbangannya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra Indonesia di Sekolah Filantropi Nola Rizki; Lulus Irawati
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1205.2 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v2i1.2687

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengidentifikasi aspek pendidikan karakter dalam sinetron Dunia Terbalik, (2) sumbangannya sebagai materi pembelajaran sastra Indonesia di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis isi. Sumber data yang digunakan berupa sinetron Dunia Terbalik, dengan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data.Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi atau content analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) aspek pendidikan karakter dari sinetron Dunia Terbalik meliputi: religius, kejujuran, kesabaran, kerja keras, cinta tanah air, kekeluargaan, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. (2) hasil aspek pendidikan karakter disumbangkan kepadaguru sebagai materi pembelajaran sasta Indonesia di sekolah dan dapat diterapkan dari tingkat jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini dapat digunakan untuk pengembangan materi pembelajaran sastra Indonesia berdasarkan aspek pendidikan karakter.
Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Kuantum Dan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring pada Anak Tunarungu Handik Indarwati
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.888 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v2i1.2683

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran kuantum dan media kartu kata bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring pada anak tunarungu. Sampel penelitian yang diambil adalah siswa kelas IV B SDLB Negeri Banjarsari Wetan Kabupaten Madiun berjumlah 60 siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperiman semu. Data penelitian diambil dari hasil observasi terhadap siswa, wawancara dengan guru kelas, dan tes tertulis untuk mengukur keterampilan membaca nyaring anak tunarungu. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring anak tunarungu, adanya pengaruh penggunaan pendekatan metode pembelajaran quantum, dan adanya interaksi antara penggunaan media kartu kata bergambar dan metode pembelajaran quantum dalam peningkatan keterampilan membaca nyaring pada anak tunarungu.
Penggunaan Media Pembelajaran Pohon Ajaib dengan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Siswa Tunarungu Kelas II SDLB Dharma Wanita Jiwan Kabupaten Madiun Guntur Kadarusman; Bambang Eko Hari Cahyono
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.244 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v2i1.2756

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bagi siswa tunarungu kelas II SDLB. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan, di SDLB Dharma Wanita Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah dengan menggunakan media pohon ajaib dan model pembelajaran Make A Macth. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan dan tes. Kegiatan penelitian yakni pada pembelajaran penguasaan kosa kata bahasa Indonesia dilakukan dengan 2 siklus. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media pohon ajaib dan model pembelajaran Make A Macth dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Indonesia bagi siswa tunarungu kelas II SDLB. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya: 1) aspek penguasaan kosa kata siklus I adalah 64 pada siklus II menjadi 87 meningkat 23%, 2) melengkapi kalimat rumpang siklus I adalah 58 pada siklus II menjadi 84 meningkat 26%, 3) penerapan dalam kalimat siklus I adalah 60 pada siklus II menjadi 80 meningkat 20%, sehingga nilai keseluruhan siswa mengalami peningkatan 23%. Berarti hasil kegiatan pembelajaran menggunakan media pohon ajaib dengan model pembelajaran Make A Match menunjukkan adanya peningkatan dan memuaskan yaitu melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).          
Vocabulary Learning Strategies Employed by Gamers In The “Simulation Video Game” Moh. Hasbullah Isnaini; Resda Cintami Laksana
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.52 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v2i1.2684

Abstract

This study aims at investigating the phenomena of vocabulary strategies used by gamers of the Harvest Moon game. A survey study was conducted to see the most and the least frequent strategies used by the gamers while playing the game. To gain the data, the researcher distributed a questionnare which is adapted from the Schmitt’s taxonomy of VLS namely determination, social (discovery), social (consolidation), cognitive, memory, and metacognitive strategies. The result of the present study shows that the most frequent strategy used is cognitive strategy, the mean is 2.28 which indicates that most of the gamers use this strategy to improve their vocabulary learning. Meanwhile, the least strategy used is the social startegy since the mean score is 1.07 which suggests that the gamers do not really seek help from friends when they have problems with vocabulary. Taking the result of the study into the learning of vocabulary, it is suggested that teachers provide language learners with the cognitive strategy to accomodate their vocabulary learning, so that they can enhance their vocabulary.
Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMPN 2 Tegalsiwalan Putu Ngurah Rusmawan
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.012 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v2i1.2686

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas isi, reliabilitas, tingkat kesukaran, tingkat diskriminasi dan distraktor atau pengecoh dari butir soal UAS Mata Pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas VII SMPN 2 Tegalsiwalan tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif karena penilitian ini difokuskan pada analisa konten. Subject dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 2 Tegalsiwalan. Object dalam penelitian ini diambil dari soal ujian akhir semester berbentuk pilihan ganda. Teknik pengumpulkan data menggunakan metode observasi dan metode dokumentasi untuk mengetahui deskripsi mengenai hasil evaluasi belajar siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa validitas isi pada butir soal pilihan ganda mempunyai tingkat kesesuaian yang cukup tinggi dengan indikator pada silabus dan kurikulum. Hal ini telah dibuktikan dengan analisa pemetaan konten silabus. Reliabilitas butir soal dianalisis dengan menggunakan rumus KR-20 adalah 0,88. Reliabilitas butir soal pilihan ganda memiliki korelasi yang tinggi. Tingkat kesulitan butir soal dari keseluruhan butir soal yang memenuhi persyaratan kelayakan sebesar 55%. Tingkat diskriminasi butir soal dari keseluruhan butir soal yang memenuhi syarat tingkat diskriminasi sebesar 0,25. Distraktor pilihan ganda butir soal sudah diatas 5% yaitu 16,7%

Page 1 of 1 | Total Record : 7