cover
Contact Name
Ridho Pamungkas
Contact Email
-
Phone
+6285735137544
Journal Mail Official
research@unipma.ac.id
Editorial Address
Jl. Auri No.14-16 Kota Madiun
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management
ISSN : 26157233     EISSN : 26157357     DOI : http://doi.org/10.25273/research
RESEARCH is a scientific journal that publishes articles in the field of Computer, Information systems & Technology Management. Various topics can be published in this journal is about : 1. Technology Information & Information System. 2. Computing, Internet of Think & Networking. 3. Multimedia Bussines & Learning. 4. Technology Management.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021)" : 8 Documents clear
Video Animasi Matematika Dasar Menggunakan Metode Jarimatika (Studi Kasus: TK YWKA II Purwokerto) Yuli Purwati; Tandi Kukuh Jati Laksono; Suliswaningsih Suliswaningsih; Dwi Krisbiantoro
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v4i2.7266

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang penting dalam perkembangan suatu individu ataupun sebuah kelompok sosial masyarakat, pendidikan sendiri dimulai sejak usia dini. Salah satu bentuk pendidikan anak usia dini yaitu taman kanak-kanak. Salah satu lingkup perkembangan yang harus dicapai pada tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini adalah kemampuan kognitif yang terdiri dari pengetahuan umum dan sains, konsep bentuk, warna, ukuran dan pola, konsep bilangan, lambang bilangan dan menghitung. Oleh sebab itu, kemampuan dasar matematika perlu dirangsang dan dikembangkan sejak dini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengajarkan dan menarik antusias anak didik di TK YWKA II dalam belajar berhitung matematika menggunakan media video animasi 2D. Video animasi dibuat dengan menggunakan teknik papper cut dan motion graphic. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, observasi dan studi pustaka. Pada penelitian ini dihasilkan video animasi belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan menggunakan metode jarimatika yang diadaptasi dari ebook karya Septi Peni Wulandani dengan durasi tujuh menit tiga puluh detik kemudian dilanjutkan dengan pengujian alpha yang menunjukan bahwa hasil uji tersebut sudah sesuai antara storyboard dengan hasil akhir.
Analisis Software Robot Sterilisasi Ruangan Menggunakan Kendali Maze Solving Bimantyoso Hamdikatama; Arif Setyanto; Ferry Wahyu Wibowo
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v4i2.8214

Abstract

Ruangan ibadah berjamaah adalah tempat yang sering digunakan banyak orang secara bersamaan dan menjadi tempat potensial guna penyebaran Corona.Virus yang di bawa oleh orang terinfeksi dapat menempel pada lantai , tembok kursi dan isi ruangan sehingga terhirup oleh jamaah saat melakukan ibadah, sehingga diperlukan alat guna membantu mensterilkan ruangan ibadah secara efisien. Dengan robot yang dilengkapi dengan sinar UVC diharapkan dapat membantu proses sterilisiasi secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah guna menganalisa kinerja sistem robot sterilisasi dengan kendali Maze Solving, guna dapat bekerja dengan gerak lurus dan berputar. Pembaruan pada penelitian ini adalah penerapan kendali menggunakan algoritma Maze Solving pada robot sterilisasi ruangan. Penelitian ini dilakukan dengan tahap analisa, pengkodean, dan uji coba. Algoritma Maze Solving dengan KP=10, Ki=0 dan Kd=120 dengan kombinasi tambahan rotary encoder, sensor kompas dan sensor jarak. Hasil uji memperlihatkan peningkatan kerja robot dengan nilai standart deviasi tertinggi guna poin kelurusan gerak 10,48 menjadi 0,34 ketepatan jarak tempuh dari 10,4 menjadi 0,42 . Waktu yang dibutuhkan robot sterilisasi pada ruangan 10 m x 10 m adalah 54,5 menit dan pembacaan halangan rintang dengan sensor jarak akurat dibawah 60cm.
Analisis Perencanaan Sistem Informasi Menggunakan Metode Ward And Peppard Pada Universitas Kristen Indonesia Maluku Janeman Sumah; Wing Wahyu Winarno; Mei P Kurniawan
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v4i2.8244

Abstract

Dalam upaya mencapai tujuan Universitas Kristen Indonesia Maluku yang terumuskan dalam visi dan misi, yakni meningkatkan perluasan akses pendidikan tinggi secara kualitas dan kuantitas demi mewujudkan idiealisme Universitas Kristen Indonesia Maluku sebagaimana terumus di dalam Pola Ilmiah Pokok Universitas Kristen Indonesia Maluku yakni “daya darma masyarakat kepulauan”, dimana masyarakat di Kepulauan Maluku memiliki kemampuan iptek, inovasi, keunggulan dan daya saing dalam kerangka nasionalisme Indonesia.” Universitas Kristen Indonesia Maluku memerlukan strategi bisnis maupun strategi SI. Maka dari itu diperlukan perencanaan strategis SI untuk mendukung keberhasilan visi, misi dan tujuan organisasi dibidang pendidikan Salah satunya adalah perlu adanya sebuah portofolio aplikasi informasi yang merupakan hasil dari analisis perencanaan strategis sistem informasi pada lingkungan Universitas Kristen Indonesia Maluku. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan rencana strategis sistem informasi pada lingkungan Universitas Kristen Indonesia Maluku berupa portofolio aplikasi / sistem informasi untuk masa yang akan datang menggunakan framework metode Ward and Peppard dengan bantuan tools yang dipakai yaitu: analisis SWOT, Value Chain, Critical Success Factor (CSF), Porter Five Forces model, dan portofolio McFarlan grid. Adapun hasil analisa akhr, Universitas Kristen Indonesia Maluku memerlukan sepuluh jenis aplikasi sistem informasi baru yang direncanakan akan dibuat, enam belas aplikasi yang dipertimbangkan untuk diperbaharui, dan usulan model arsitektur jaringan enterprise berbasis Cloud yang dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk mencapai sasaran strategis Universitas Kristen Indonesia Maluku, selain itu dapat dijadikan pedoman agar arah kebijakan pengembangan sistem informasi menjadi terukur dan jelas
Studi Literature Optimasi Waktu dan Biaya pada Proyek Perangkat Lunak Rizky Parlika; Dewi Azizah; Sarirotul Latifah; Benny Danendra Hadi
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v4i2.6636

Abstract

Dalam pelaksanaan sebuah proyek perangkat lunak pasti membutuhkan usaha yang lebih untuk dapat dikatakan sebuah proyek tersebut berhasil, yaitu agar pekerjaan lebih efektif dan lebih efisien dengan sumber daya yang ada serta menghasilkan output yang baik. Seperti halnya membutuhkan optimasi waktu dan optimasi biaya minimum, masalah inilah yang sering terjadi pada pelaksanaan sebuah proyek terutama perangkat lunak karena adanya beberapa faktor seperti keterbatasan sumber daya. Oleh karena itu, Makalah ini menulis tentang penggunaan beberapa metode untuk optimasi waktu dan optimasi biaya minimum pada proyek perangkat lunak. Disini penulis membandingkan tiga metode yaitu metode CPM (Critical Path Methode), metode PERT (Program Evalution and Review Technique), dan metode PDM (Precedence Diagram Method). Tujuannya adalah agar kita bisa mengetahui dari tiga metode tersebut mana yang paling baik untuk optimasi waktu, optimasi biaya minimum atau keduanya secara akurat. 
Implementasi Prototipe Sila (Social Media Self Development Indonesia) dalam Design Thinking Digital Product Development Syamsu Yoga Ma’arief; Agatha Putra Yudhapurnomo; Siti Fatimah; Ressi Fiokta Wiharifin
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v4i2.9938

Abstract

Pengembangan diri merupakan hal penting untuk menjadi pribadi yang produktif di era berkembangnya teknologi. pengembangan diri menjadi potensi dan kesiapan diri, yang harus dimiliki oleh setiap manusia dalam menghadapi perkembangan teknologi komunikasi. “SILA” Sosial Media Self Development Indonesia merupakan aplikasi pengembangan diri berbasis sosial yang dikhususkan untuk generasi muda di Indonesia. Implementasi pendekatan Design thinking dengan tahap Emphatize, Define, Ideate, Prototyping, dan Testing menghasilkan konsep sosial media pengembangan diri dimana pengguna dapat melakukan Publish karya sendiri, bergabung di komunitas yang memiliki concern yang sama, saling memberikan motivasi terhadap karya orang lain dengan Fitur yang terdiri dari Upload Foto & Video, Pemberian Caption, menambah pertemanan, pemberian komentar, dan dapat mengkomersilkan karya. Hasil uji kemenarikan desain user interface SILA dari hasil penerapan sketch, wireframe , dan desain UX UI SILA mendapatkan prosentase 64,7% setuju, dan 35,3 % sangat setuju bahwa user interface Sila menarik
Model Pembelajaran Mahasiswa Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun Di Masa Pandemi Covid-19 Sekreningsih Nita; Davit Adi Saputra
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v4i2.7307

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran online di Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun. Metode yang digunakan pada jurnal ini dengan mengakses beberapa artikel dari world wide web yang dilakukan dengan teknik analisis data penyaringan (apply filter) oleh penulis. Beberapa artikel terkait dengan topik media pembelajaran mahasiswa khususnya mahasiswa Teknik Informatika dimasa pandemi covid-19, yang relevan dengan perangkat lunak komputer sebagai media pembelajaran. Pokok pembahasannya adalah software yang populer dimasa pandemi, khususnya yang digunakan dalam pembelajaran mahasiswa Teknik Informatika yaitu menggunakan beragam perangkat pembelajaran e-learning seperti zoom, googlemeet, google classroom, moodle serta hangout yang lebih mudah diterapkan dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang. Daring sebagai solusi terbaik untuk memberikan pembelajaran jarak jauh sehingga memudahkan bagi mahasiwa untuk tetap mendapatkan perkuliahan tanpa tatap muka. Berdasarkan penggunaan data pada zoom sebesar 540MB/jam, GMeet 500MB/jam. Sedangkan untuk pemanggilan video, zoom 1.08GB-1.62GB dan GMeet 2.25GB. Jadi pemakaian aplikasi yang paling diminati peserta daring adalah model pembelajaran dengan platform Zoom.
Analisa Usability Aplikasi e-LMA Sebagai e-Learning Menggunakan Metode USE Questionnaire Noordin Asnawi
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v4i2.8098

Abstract

e-LMA (elearning UNIPMA) merupakan aplikasi yang dikembangkan UNIPMA dengan tujuan untuk digunakan sebagai sistem pembelajaran daring atau bisa disebut sebagai e-learning. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan layanan LMS (Learning Management Systems) yang berbasis aplikasi Moodle. Di UNIPMA aplikasi ini masih baru digunakan, maka dalam penelitian ini akan dilakukan pengukuran usability (kebergunaan) untuk mengetahui tingkat kebergunaan dari aplikasi ini. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan tool USE Questionnaire dengan menyebar angket kepada responden. Dari tool tersebut dapat dijadikan pertanyaan-pertanyaan dalam kuisioner sebanyak 30 pertanyaan yang terbagi dalam 4 faktor sesuai dengan faktor-faktor pada USE questionnaire yaitu usefulness, satisfaction, ease of use, dan ease of learning. Responden yang digunakan adalah dosen yang telah menggunakan aplikasi e-LMA di lingkup Universitas PGRI Madiun. Hasil angket dilakukan pengukuran dengan menggunakan skala likert. Dalam penelitian ini menggunakan 4 skala untuk menegaskan pilihan penilaian, supaya tidak ada pilihan jawaban yang berada ditengah-tengah (netral/sedang/cukup/ragu-ragu). Dari hasil pengukuran dapat disimpulkan bahwa aplikasi e-LMA yang digunakan sebagai ­e-learning di Universitas PGRI Madiun memiliki nilai usability yang baik.
Fuzzy Tsukamoto Implementation as Decision Support System for RASKIN Recipient Candidates in Kasiman Bojonegoro Adhika Pramita Widyassari
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v4i2.6961

Abstract

Beras miskin (Raskin) adalah salah satu cara untuk memberikan bantuan beras hanya kepada orang miskin. Banyaknya jumlah orang yang kurang mampu membuat pemerintah merasa kewalahan dalam pendistribusian beras Raskin, terutama di wilayah Kasiman Bojonegoro. Karena kondisi masyarakat sangat beragam dan status warga berbeda di mana orang-orang di daerah Kasiman yang terlihat miskin tidak selalu miskin dan yang terlihat kaya tidak selalu kaya, ada berbagai gejolak antara kaya dan miskin. Kemudian diperlukan sistem pendukung keputusan untuk menentukan siapa yang berhak menerima bantuan. Banyak metode yang dapat digunakan dalam sistem pendukung keputusan, salah satunya adalah dengan menggunakan logika fuzzy. Proses pemilihan calon penerima Raskin menggunakan beberapa kriteria yang dapat digunakan sebagai variabel data pendukung yang meliputi luas lahan, jumlah tanggungan dan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan penerima bantuan beras bagi masyarakat miskin (raskin) yang dapat memberikan alternatif berdasarkan prioritas yang dipilih dengan menerapkan fuzzy tsukamoto dalam mengukur tingkat kemiskinan. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8