cover
Contact Name
Mihram
Contact Email
admin@ddipolman.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
q2.alyuzra@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. polewali mandar,
Sulawesi barat
INDONESIA
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner)
ISSN : 25492411     EISSN : 25485520     DOI : -
Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI) published by IAI DDI Polewali Mandar, jornals are published twice a year in Juni dan Desember. This journal Contains articles of thought and research results in Islamic education disciplines. This journal warmly welcomes contributions from scholars and experts of related disciplines
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "2017: JPPI Volume 1 Nomor 2 Desember 2017" : 13 Documents clear
Peranan Komunikasi Politik Golkar dalam Pengembangan Dakwah di Kecamatan Tapango Kabupaten Polman Sulawesi Barat Nurdin Nurdin
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) 2017: JPPI Volume 1 Nomor 2 Desember 2017
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.703 KB) | DOI: 10.36915/jpi.v1i2.15

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk, pengaruh, dan faktor-faktor komunikasi politik Golkar dalam pengembangan dakwah di Kecamatan Tapango Kabupaten Polman Sulawesi Barat. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian berupa temuan terkait bentuk komunikasi politik terjadi dalam bentuk dialogis dan kunjungan langsung ke lapangan. Komunikasi politik berpengaruh secara signifikan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan masyarakat. Faktor pendukung dari komunikasi politik Golkar adalah faktor psikologis, lingkungan, dan kader. Sedangkan faktor penghambat yaitu: prasarana, multi partai, dan masyarakat yang apatis. The purpose of this study was to determine the shape, influence, and factors Golkar political communication in the development of propaganda in the district of West Sulawesi Tapango Polman. This type of research is qualitative descriptive. The technique of collecting data used documentation, observation, and interviews. Results of the research is a form of political communication occur in the form of dialogue and direct visits to the field. Political communication significantly influenced the religious leaders, community leaders, youth leaders, and the public. Supporting factors of Golkar ‘s political communication are psychological factors, environmental, and cadres. While the inhibiting factors are infrastructure, multi-party, and the apathetic public.
Analisis Hukum terhadap Fungsi Pengawasan DPRD dalam Pelaksanaan APBD di Kabupaten Polewali Mandar Abdul Latif
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) 2017: JPPI Volume 1 Nomor 2 Desember 2017
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.385 KB) | DOI: 10.36915/jpi.v1i2.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan fungsi pengawasan oleh DPRD dalam pelaksanaan APBD di Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologis dan yuridis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan fungsi pengawasan anggota DPRD terhadap pelaksanaan APBD belum sepenuhnya dilaksanakan secara efektif. Faktor penghambat pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD yaitu: (1) terbatasnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) anggota DPRD Kab. Polewali Mandar, (2) ketersediaan sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan (3) ketersediaan anggaran yang kurang memadai. This study aims to determine the implementation and obstacles are encountered in the implementation of the oversight function by Parliament in the implementation of the budget in Kabupaten Polewali Mandar. Type of the research is descriptive qualitative with sociological and juridical approach. Results of the study showed that the implementation of the oversight function Members of Parliament on the implementation of the budget has not been fully implemented as effectively. The inhibited factors in the implementation of the tasks and functions of Parliament are: (1) lack of quality of human resources of member DPRD Kab. Polewali Mandar, (2) the availability of facilities and infrastructure are less adequate, and (3) the availability of a budget that is less than adequate.
Ketergantungan Pedagang Muslim Terhadap Rentenir (Studi Kasus Pedagang Pasar Induk Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar) Fauziah Fauziah
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) 2017: JPPI Volume 1 Nomor 2 Desember 2017
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.813 KB) | DOI: 10.36915/jpi.v1i2.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas ketergantungan pedagang muslim terhadap rentenir, mekanisme utang piutang, faktor-faktor pedagang muslim di pasar induk Wonomulyo lebih memilih meminjam uang pada rentenir daripada lembaga keuangan syariah, dampak rentenir terhadap pedagang muslim, dan solusi yang diberikan kepada pihak pedagang muslim. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme utang piutang rentenir dilakukan dengan proses yang mudah tanpa prosedur dan syarat yang rumit, serta jaminan hanya dibutuhkan tergantung dari jumlah pinjaman yang dibutuhkan nasabah. The study aimed to discuss the dependence of Muslims merchants against moneylenders, the mechanism of debt, the factors Muslim merchants in the market holding Wonomulyo prefered to borrow money on moneylenders rather than financial institutions, the impact of moneylenders against Muslim merchants, and the solutions that is given to the merchant Muslims. The study used descriptive qualitative research. The results of the research showed that that the mechanism of debt of moneylenders is done in easy way without any complex procedures and requirements, as well as the guarantee that only depends on the number of loans that is required by customers.
Anatomi Pendidikan Karakter dalam Keluarga Berbasis Al-Qur’an Zainuddin Zainuddin; Basri Mahmud
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) 2017: JPPI Volume 1 Nomor 2 Desember 2017
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.611 KB) | DOI: 10.36915/jpi.v1i2.18

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengungkap hakikat, materi dan metode pendidikan karakter, dan merumuskan suatu implementasi pendidikan karakter dalam konteks kehidupan keluarga berdasarkan kajian al-Qur’an. Penelitian ini adalah kajian kepustakaan (library research). Hasil kajian ditemukan bahwa hakikat pendidikan karakter dalam al-Qur’an termuat dalam istilah-istilah tarbiyah, ta’lim, ta’dib dan tazkiyah. Al- Qur’an mengisyaratkan nilai-nilai kebaikan yang perlu kembangkan dalam lingkungan keluarga yang termuat dalam istilah al-ihsan, al-ma’ruf, al-rahmah, al-‘adl dan al-qisth, al-birr dan al-syukr. Subyek pendidikan dalam lingkungan keluarga tidak hanya orang tua tetapi juga seluruh unsur dalam keluarga. Materi pendidikan dalam keluarga meliputi bidang akidah, akhlak, ibadah, dan mu’amalah. This study aimed to reveal the nature, content, and methods of character education, and to formulate an implementation of character education in the context of family life based on the study of the Qur’an. This study is a library research. This study found that the nature of character education in the Qur'an is contained in terms tarbiyah, ta’lim, ta’dib and Tazkiyah. Qur'an hinted the good values that is need to be developed in a family environment that is contained in the term al-ihsan, al-ma'ruf, al-Rahmah, al-'adl and al-qisth, al-birr and alsyukr. The subject of education in the family environment is not only parents but also all the elements in the family. Educational materials in the family include the fields of akidah, akhlak, ibadah, and mu’amalah.
Pengaruh Kepuasan, Komitmen, dan Kompetensi terhadap Kinerja Dosen di STAI DDI Polewali Mandar Ali Eka Sakti
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) 2017: JPPI Volume 1 Nomor 2 Desember 2017
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.129 KB) | DOI: 10.36915/jpi.v1i2.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan, komitmen, dan kompetensi terhadap kinerja dosen di STAI DDI Polewali Mandar. Populasi penelitian adalah 51 dosen di STAI DDI Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa pengaruh positif dan signifikan dari variabel kepuasan, komitmen dan kompetensi secara simultan terhadap kinerja dosen di STAI DDI Polewali Mandar. Adapun variabel yang memberikan pengaruh kuat terhadap kinerja adalah variabel kompetensi. This study aimed to analyze the influence of satisfaction, commitment, and competence to performance of the lecturer in STAI DDI Polewali Mandar. The population of this study was 51 lecturer of STAI DDI Polewali Mandar. This research used descriptive and iferential statistics. The results showed that there were some positive and significant influence of the variables satisfaction, commitment, and competence simultaneously on the performance of lecturer in STAI DDI Polewali Mandar. The most influence variable was the competence variable.
Penerapan Nilai-Nilai Ajaran Islam dalam Pembelajaran Mata PelajaranUmum di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tinambung Kabupaten Polewali Mandar Mardia Mardia
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) 2017: JPPI Volume 1 Nomor 2 Desember 2017
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.845 KB) | DOI: 10.36915/jpi.v1i2.20

Abstract

Pokok masalah dari penelitian ini adalah penerapan nilai-nilai ajaran Islam dalam pembelajaran mata pelajaran umum di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sumber data yakni kepala sekolah, guru-guru, staf, dan peserta didik MTsN Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaksi (interactive analysis models) Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan nilai-nilai dalam pembelajaran mata pelajaran umum dilaksanakan melalui mengintegrasikan dan mengaitkan nilai-nilai Islam, mengadopsi pendekatan pembelajaran agama dalam pembelajaran mata pelajaran umum, dan membudayakan pelaksanaan kegiatan ciri khas agama Islam. The principal problem of this research is the application of the values of Islam in teaching general subjects at MTs Negeri (MTsN) Tinambung Polewali Mandar. This type of research is qualitative research with phenomenological approach. The data sources are principal, teachers, staff, and students MTsN Tinambung Polewali Mandar. Analysis of the data in this study used interactive analysis models from Miles & Huberman. The results showed that the application of the values in teaching general subjects is implemented through integrating and linking the values of Islam, adopting a religion learning approach in teaching general subjects, and cultivating the implementation of activities which is based on Islamic characteristic.
Peranan Guru dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi Hilyati Arif
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) 2017: JPPI Volume 1 Nomor 2 Desember 2017
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.414 KB) | DOI: 10.36915/jpi.v1i2.21

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru di era globalisasi dan pentingnya pendidikan karakter di era globalisasi. penelitian ini adalah studi pustaka yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologis, psikologis, dan teologi normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sebagai pendidik memiliki peran penting dalam kehidupan global. Tugas-tugas guru antara lain sebagai motivator, fasilitator, pengorganisasi, imforman, dan konselor. Dalam menghadapi tantangan globalisasi guru harus memberikan contoh teladan dengan cara meningkatkan mutu guru, membudayakan karakter yang baik, membuat tata tertib yang mengarah pada nilai-nilai karakter, dan membangaun karakter Qur’ani di era globalisasi. The aim of this research was to determine the role of teachers in the globalization era and the importance of character education in the globalization era. This study is a literature study that used descriptive qualitative using sociological, psychological, and theological normative approach. The results showed that teachers as educators have important role in the global life. The tasks of teachers, among others as a motivator, facilitator, organizers, imforman, and counselors. In facing globalization challenges, teachers must give good example by improving the quality of teachers, developing the good character, making the roles that led to the character values, and developing Qur'ani character in the globalization era.
Peningkatan Hasil Belajar IPA Konsep Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan melalui Penggunaan Media Visual pada Siswa Kelas IV SD DDI Polewali Kabupaten Polewali Mandar Hasmawati Hasmawati
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) 2017: JPPI Volume 1 Nomor 2 Desember 2017
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.946 KB) | DOI: 10.36915/jpi.v1i2.22

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan aktivitas belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui media visual pembelajaran IPA. Subjek penelitian siswa Kelas IV SD DDI Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar yang berjumlah 21 siswa. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus dan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi pembelajaran menggunakan kuis disertai umpan balik merupakan strategi pembelajaran efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas IV SD DDI Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. This research is a class action reseach that aimed at increasing the activity of learning and improving student learning outcomes through visual media of science. Subject of research was Class IV student SD DDI Polewali Mandar which consisted of 21 students. Implementation of this research consisted of two cycles and the collected data were analyzed using qualitative and quantitative analysis. Results showed the application of learning strategies using quizzes with feedback was an effective learning strategies to enhance the students’ activity and learning outcomes of class IV SD DDI Polewali Mandar.
Analisis Faktor – Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Tinambung Ferdiansyah Himawan
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) 2017: JPPI Volume 1 Nomor 2 Desember 2017
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.057 KB) | DOI: 10.36915/jpi.v1i2.23

Abstract

Tujuan yang penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor individu, faktor kepemimpinan, faktor tim, faktor sistem, dan faktor lingkungan terhadap kinerja guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Tinambung. Desain penelitian yaitu penelitian survey dengan tujuan eksplanatif. Subyek penelitian yaitu 74 guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Tinambung. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan regresi berganda. Empat variabel berkontribusi terhadap kinerja guru yaitu variabel individu, kepemimpinan, tim kerja dan situasional. Nilai signifikansinya secara berturut-turut adalah 0,009; 0,001; 0,000, dan 0,003 yang lebih kecil daripada 0,05 dan berarti terdapat kontribusi secara signifikan. Sementara hanya satu variabel tidak berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru, yaitu variabel sistem. The purpose of the study is to determine the effect of individual, leadership, teamwork, system, and environmental on the teachers’ performance at MTs Negeri Tinambung. Research design used survey method with explanatory purpose. The subject of the study were 74 teachers MTsN Tinambung. Data analysis used multiple regression. Four variables which contribute to the teacher performance are individual, leadership, teamwork, and situational. The significance value in a row is 0,009; 0.001; 0.000, and 0.003 which are smaller than 0.05, and it means there is a significant contribution. While there is only one variable that does not contribute significantly to the teachers’ performance that is system variable.
Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Makassar Aswar Rahmat
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) 2017: JPPI Volume 1 Nomor 2 Desember 2017
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.917 KB) | DOI: 10.36915/jpi.v1i2.24

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh investasi dan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Makassar dan untuk mengetahui faktor mana yang berpengaruh dominan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif variabel investasi (X1) terhadap pertumbuhan ekonomi yang ditandai dengan nilai koefisien regresi investasi diperoleh 0,106 menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi yang diperoleh positif. Terdapat pengaruh positif variabel tenaga kerja (X2) terhadap pertumbuhan ekonomi. Ini ditandai dengan nilai koefisien regresi tenaga kerja diperoleh 0,006 menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi yang diperoleh positif. Investasi mempunyai pengaruh dominan terhadap pertumbuhan ekonomi dibandingkan dengan tenaga kerja. The purpose of this study is to analyze the effect of the investment and the labor to the economic growth in Makassar and to determine which factors are dominant. This research is quantitative research using descriptive quantitative method. The result shows that there is a positive effect of investment variables (X1) on economic growth characterized by regression coefficient of investment variable obtained 0.106. It shows that the regression coefficient obtained positive. Also, there is a positive effect of labor variables (X2) on economic growth. It is characterized by regression coefficient that obtained 0,006. It shows that the regression coefficient obtained positive. Investment has dominant influence on economic growth compared with the labor.

Page 1 of 2 | Total Record : 13