cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
admin@stta.ac.id
Editorial Address
Jl. Janti, Blok-R, Lanud Adisucipto Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
ISSN : 26156717     EISSN : 26572338     DOI : 10.28989/kacanegara
Core Subject : Education,
KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Adisutjpto merupakan jurnal pengabdian pada masyarakat yang digunakan untuk mempublikasikan hasil pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh civitas academica. Kacanegara terbit setiap bulan Januari dan Juli ini memiliki ISSN Cetak dengan nomor 2615-6717 dan ISSN On Line dengan nomor yang 2657-2338 diharapkan dapat meningkatkan peran kampus terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara serta membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya. Kacanegara mendapatkan pengakuan dari Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional sebagai jurnal pengabdian pada masyarakat
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2023): Mei" : 15 Documents clear
Implementasi media interaktif “D-LIMA” sebagai edukasi cegah defisiensi vitamin D pada ibu hamil Mita Meilani; Rinta Arina Manasikana
KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Mei
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/kacanegara.v6i2.1487

Abstract

Vitamin D merupakan sumber nutrisi yang penting bagi tubuh, terutama bagi ibu hamil. Sayangnya, penyuluhan tentang gejala akibat kekurangan vitamin D pada ibu hamil seperti depresi, nyeri kronis, patah tulang, mudah lelah dan keringat berlebih belum banyak dilakukan di fasilitas kesehatan khususnya di Posyandu (Pusat Pelayanan Terpadu). Pengabdian masyarakat ini ditujukan kepada 19 ibu hamil yang tergabung dalam Posyandu Amanah Srigading yang masih minim pengetahuan tentang gejala kekurangan vitamin D. Dengan penyuluhan dan pendampingan menggunakan media interaktif D-Lima, anggota Posyandu Amanah Srigading lebih memahami gejala yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D.
Edukasi pencegahan hipertensi di Desa Gebang Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon Jawa Barat Solikhah Solikhah; Siti Nurabizah; Ekha Rifki Fauzi
KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Mei
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/kacanegara.v6i2.1353

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit yang diprioritaskan oleh dunia kesehatan secara global. Hipertensi adalah penyakit tertinggi ke tiga penyebab kematian di Indonesia setelah stroke dan tuberculosis.  Seseorang dapat dikatakan mengalami hipertensi ketika pengukuran tekanan darah menunjukkan hasil diatas 140/90 mmHg. Hipertensi disebut sebagai silent killer karena termasuk penyakit yang mematikan secara diam-diam dan tanpa gejala. Tujuan pengabdian ini ialah pemberian edukasi agar masyarakat memiliki tingkat pengetahuan yang baik mengenai pencegahan hipertensi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat adalah pre, post, ceramah dan tanya jawab. Penemuan permasalahan dilakukan dengan metode SWOT. Masyarakat yang telah diberikan edukasi tentang pencegahan hipertensi, mengalami peningkatan pengetahuan. Hasil pengabdian ini ialah terjadinya peningkatan pengetahuan tentang hipertensi dan cara pencegahan hipertensi. Rata-rata hasil pre-test dan post-test dari tingkat pengetahuan hipertensi mendapatkan nilai 60 dan 75. Kemudian hasil pre-test dan post-test dari hasil pencegahan hipertensi memperoleh nilai rata-rata 62 dan 76. Tentunya hasil ini sangat signifikan dalam peningkatan pengetahuan dalam penyuluhan edukasi pengabdian hipertensi ini. Pencegahan hipertensi dapat dilakukan dengan mengatur pola hidup yang lebih sehat.
Edukasi undang undang informasi dan transaksi elektronik serta perlindungan data pribadi dari kejahatan digital di Desa Kirig Kudus Puspa Ira Dewi Candra Wulan; Danis Putra Perdana; Rofiq Fauzi; Rivort Pormes
KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Mei
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/kacanegara.v6i2.1428

Abstract

Teknologi yang semakin berkembang memaksa semua generasi untuk sadar akan digitalisasi, Bukan hanya Generazi Z dan Alpha namun generasi X juga mau tidak mau berusaha untuk hidup berdampingan dengan teknologi, Seiring berkembangnya teknologi berkembang pula kejahatan digital yang terjadi di Indonesia. Kejahatan yang dilakukan oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan. Berdasarkan hal tersebut Indonesia mengesahkan Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau sering disebut UU ITE yang bertujuan untuk menjaga dan memelihara agar masyarakat tetap berperilaku santun di dunia maya. Desa Kirig Kecamatan Mejobo merupakan salah satu desa di Kudus yang perlu mendapatkan Edukasi tentang UU ITE dan disosialisasikan cara untuk melindungi diri dari dunia digital serta agar terhindar dari kejahatan digital, kejahatan digital sudah yang dialami oleh masyarakat sehingga edukasi ini penting dilakukan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Rekayasa Keamanan Siber Politeknik Bhakti Semesta. Hasil monitoring evaluasi yag dilakukan selama kegiatan ini adalah masyarakat yang terdiri dari Perangkat Desa, Karangtaruna, serta Siswa TKJ Sekolah Menengah Kejuruan setempat dapat melindungi diri dari kejahatan digital dengan melakukan pengamanan pada Aplikasi media sosial yang dimiliki. 
Pelatihan perencanaan pembangkit listrik tenaga mikrohidro pada program Innovation and Investment for Inclusive Sustainable Economic Development Dibyo Setiawan; Yuli Asmi Rahman; Hanni Maksum Ardi; Jakariya Jakariya; Dadang Kurnia; Ardi Nugraha
KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Mei
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/kacanegara.v6i2.1515

Abstract

Indonesia dan federasi Jerman memiliki perjanjian berupa program Innovation and Investment for Inclusive Sustainable Economic Development (ISED) program ini dilaksanakan oleh Bappenas dan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH dengan pelaksana kegiatan PT. Entec Indonesia. Tujuan program untuk mempromosikan dan memastikan lapangan kerja hijau di sektor energi, Pelatihan ini sudah direformasi secara inovatif, untuk memfasilitasi peningkatan kerangka kelembagaan dan peraturan jangka panjang. Metode pelatihan digunakan kombinasi pelatihan mulai dari pre test, introduksi, siklus hidrologi, bangunan air, studi lapangan, sistem mekanikal, elektrikal, biaya, penjadwalan, penyusunan dokumen laporan perencanaan PLTMH, simulasi unit turbin simulator, studi lapangan pembangkit Gunung Halu dan post test. Hasil dan pembahasan kegiatan dilaksanakan pada tanggal 19-23 Desember 2022 di Hycom BBPPMPV BMTI, Cimahi, Jawa Barat, peserta memiliki latar belakang majemuk diberikan pelatihan perencanaan PLTMH peserta diberikan materi, simulasi dan praktik menyusun perencanaan PLTMH. Kegiatan yang terselenggara terbukti dapat memberikan pengalaman bagi peserta merencanakan dan menyusun dokumen perencanaan.
Pemberdayaan masyarakat untuk perbaikan mesin penggerak kapal nelayan melalui kegiatan pelatihan montir kapal nelayan di Mundam Muhammad Zaki Latif Abrori; Juniawan Preston Siahaan; Yuniar Endri Priharanto; Rizqi Ilmal Yaqin; Bobby Demeianto; Mula Tumpu; Syauqiy Ridlo Robbiy; Adian Febriyanto
KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Mei
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/kacanegara.v6i2.1488

Abstract

Di kota Dumai, bengkel yang menerima perbaikan mesin di kampung nelayan masih terbatas jumlahnya apabila dibandingkan dengan jumlah perahu yang ada, apabila terjadi kerusakan mesin mengakibatkan nelayan tidak dapat segera melaut. Oleh karena itu tujuan kegiatan ini memberdayakan masyarakat agar mampu melakukan perawatan dan perbaikan mesin penggerak kapal secara mandiri melalui kegiatan pelatihan. Untuk mencapai tujuan tersebut tiga puluh peserta diberikan tiga modul pelatihan yang berupa 1) pengetahuan, perawatan dan perbaikan mesin diesel, 2) keselamatan kerja perbengkelan, SOP keselamatan dan alat pelindung diri dan 3) modul peralatan dan cara menggunakan peralatan bengkel. Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang signifikan, mesin diesel satu silinder 24PK digunakan sebagai bahan demonstrasi dan praktik perawatan dan perbaikan mesin. Untuk menyampaikan materi kegiatan secara komprehensif, ceramah dan praktik secara terarah diterapkan. Untuk mengetahui keberhasilan kegiatan yang valid, dilakukan pengukuran menggunakan kuesioner yang dianalisis secara sederhana menggunakan chart. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta yang signifikan, sebelum kegiatan dilaksanakan rata-rata pengetahuan dan keterampilan sebesar 26% dan setelah kegiatan menghasilkan nilai rata-rata 92%, sebanyak 66% dari 30 orang peserta menyatakan sangat puas dan 92% menyatakan kegiatan ini sangat memberikan manfaat. Pemberdayaan masyarakat ini sangat signifikan untuk mengatasi permasalahan kerusakan mesin penggerak kapal bagi nelayan sehingga mampu melakukan perawatan mesin secara berkala dan memperbaiki mesin secara mandiri sehingga terhindar dari kerugian akibat tidak melaut karena kerusakan mesin penggerak kapalnya.
Pelatihan media pembelajaran menggunakan Aplikasi Geogebra pada materi luas permukaan dan volume tabung Firdauzi Nisa; Surya Sari Faradiba
KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Mei
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/kacanegara.v6i2.1507

Abstract

Sarana dan prasarana di sekolah tidak akan dapat berfungsi secara optimal jika tidak digunakan secara konsisten. Pemanfaatan teknologi berbasis TIK sangat mendukung dalam proses pembelajaran matematika sebagai jembatan pemahaman konsep siswa. Penggunaan aplikasi Geogebra dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan bagi siswa SMP Putri Al Irsyad Al Islamiyyah Malang tentang cara menggunakan aplikasi Geogebra pada materi luas permukaan dan volume tabung. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pelatihan ini berhasil mencapai tujuan yang diharapkan karena pencapaian nilai observasi dengan klasifikasi kemampuan tinggi mencapai 80% yaitu sebanyak 24 siswa dari total yang mengikuti kegiatan pelatihan sebanyak 30 siswa. Sedangkan hasil respon berupa angket diperoleh skor total 1,703 atau 81% dalam kategori baik.
Penyuluhan digital marketing kepada pelaku usaha catering di Pasar Kemis dalam upaya peningkatan nilai jual Henilia Yulita; Michael Christian; Suryo Wibowo; Fitriana Titis
KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Mei
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/kacanegara.v6i2.1516

Abstract

Pandemi Covid 19 selama dua tahun terakhir memberikan dampak yang sangat besar bagi para mitra yang merupakan sekelompok kecil pelaku usaha catering makanan di Pasar Kemis Tangerang. Pelanggan mitra yang biasanya terdiri dari orang-orang terdekat, teman, atau tetangga, mengurangi pesanan secara drastis yang otomatis berpengaruh besar terhadap pendapatan mitra untuk menutupi biaya operasionalnya. Hal ini ditangkap oleh tim pelaksana saat observasi pertama dan kedua serta wawancara dengan mitra. Keterbatasan mitra untuk memasarkan catering secara digital sangat dibutuhkan untuk meningkatkan jangkauan nilai jual produknya. Oleh karena itu, untuk menambah wawasan dan pengetahuan mitra dalam hal digital marketing, tim pelaksana mengadakan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi terkait digital marketing kepada mitra. Pelayanan ini akan dilakukan pada Desember 2022 dengan metode tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker dan menghindari kerumunan. Layanan ini berjalan dengan lancar dan memberikan dampak yang sangat menguntungkan bagi mitra. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi yang menyatakan puas dan menambah wawasan atau pengetahuan mitra dalam memasarkan cateringnya melalui digital marketing sehingga dapat meningkatkan jangkauan nilai jual catering mitra.
Bunda puspa : edukasi dan pendampingan kemasan produk usaha dari IRT di Desa Banyuurip Kabupaten Gresik Tri Siwi Agustina; Puput Tri Komalasari
KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Mei
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/kacanegara.v6i2.1408

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan hasil kerja sama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga dengan Pemerintah Kabupaten Gresik dalam program Bunda Puspa 2022. Mitra dalam kegiatan ini adalah 20 warga Desa Banyuurip, Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik, dengan status ibu rumah tangga terpilih yang telah menjalankan usaha makanan dan minuman. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya kesadaran dari pelaku usaha untuk memperhatikan kemasan dan label produknya. Dampaknya adalah penjualan tidak optimal dan area pemasaran bisnis terbatas.  Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk menambah pengetahuan dan membantu mitra dalam meningkatkan kemasan dan membuat label produk bisnis. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pendampingan yang tepat sasaran dan tepat sasaran. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan melakukan pelatihan pendahuluan, diskusi dan pendampingan. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah program Bunda Puspa, dapat terlaksana dengan baik yang ditandai dengan meningkatnya pengetahuan dan perubahan perilaku para peserta dari pola pikir pedagang menjadi mind-set kewirausahaan sehingga usaha yang mereka rintis  dapat ditingkatkan
Pemberdayaan ibu-ibu PKK Br. Sayan Agung Desa Bongkasa dalam menerapkan cerdas menggunakan obat melalui Tanya Lima O Pande Made Desy Ratnasari; Agustina Nila Yuliawati; Kadek Duwi Cahyadi; Repining Tiyas Sawiji; I Gusti Ayu Dwi Gangga Pratiwi
KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Mei
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/kacanegara.v6i2.1589

Abstract

Kurangnya informasi terkait penggunaan obat menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pengobatan. Hal ini dapat disebabkan oleh pengobatan sendiri atau swamedikasi. Salah satu desa yang masyarakatnya menerapkan swamedikasi adalah Desa Bongkasa. Namun, swamedikasi di sana tidak sepenuhnya benar. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai “Tanya 5 O”. Sasaran program ini adalah kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan metode ceramah, dan pemberian leaflet dan kuesioner untuk mengukur tingkat pengetahuan dan kepuasan responden. Analisis data menggunakan secara statistik dan perhitungan menggunakan Microsoft excel. Hasil menunjukkan pengetahuan responden mengalami peningkatan signifikan dari 54,28% menjadi 81,87% (p=0,000). Kesimpulan dari kegiatan ini adalah terjadi peningkatan pemahaman responden mengenai kegiatan ini, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran perilaku dalam melakukan swamedikasi dengan benar guna mewujudkan penggunaan obat yang tepat, bermutu dan aman.
Digitalisasi koperasi : pengelolaan akun koperasi mahasiswa di market place Wida Wulandari; Irwan Adimas Ganda Saputra; Putri Hestiningrum
KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Mei
Publisher : Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28989/kacanegara.v6i2.1556

Abstract

The Covid-19 pandemic has become one of the obstacles for student cooperatives at Surabaya State University in improving the economy. Turnover every year which continues to decline encourages administrators to immediately find solutions to problems that occur. The Community Service Program provides training in the field of digitizing student cooperatives at Surabaya State University, especially in increasing sales turnover through the marketplace, which has a significant impact. Administrators also carry out direct simulations to better understand the management of kopma account in the marketplace so that they can provide the best service for consumers and potential consumers in mthe wider community not limited to only Surabaya State University. Based on training and simulations that have been held, the questionnaire results show that the ease of managing KopmaUnesa account shows very manageable and the level of customer satisfaction based on the answers received shows very good.

Page 1 of 2 | Total Record : 15