cover
Contact Name
Rahmad Fauzi
Contact Email
udauzi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
udauzi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. tapanuli selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
ISSN : 25274295     EISSN : 26146061     DOI : -
Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan penelitian dalam peningkatan dan pengembangan secara berkesinambungan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Selain itu, dapat meningkatkan pengetahuan dan keilmuan. Jurnal Education And Development Terakreditasi Sesuai Dengan Keputusan Direktur Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia SK. Nomor 21/E/KPT/2018 Tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2018, Jurnal Education and Development Berada Pada Peringkat 6 (Enam) Dengan Nomor Urut 15 (Lima Belas), Masa Berlaku Akreditasi selama 5 (lima) Tahun dan Akan Berakhir pada Tanggal 9 Juli 2023.
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018" : 19 Documents clear
IDENTIFIKASI SARANG ORANGUTANTAPANULI (Pongo tapanuliensis) DI KAWASAN CAGAR ALAM DOLOK SIBUAL-BUALI Rizki Rizki Amelia Dona
Jurnal Education and Development Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1812.075 KB) | DOI: 10.37081/ed.v6i2.680

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei dan Juni 2018 di Desa Aek Sabaon Kawasan Cagar Alam Dolok Sibual-Buali. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sarang Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis)di Kawasan Cagar Alam Dolok Sibual-buali. Pembuatan jalur dimulai dengan melihat keberadaan sarang berdasarkan metode purposive sampling. Dan pengambilan data dilakukan dengan metode line transect.Penghitungan sarang dilakukan berdasarkan kelas sarang (4 kategori) dan pendataan pohon sarang dilakukan saat pengamatan sarang di jalur transek yang dicatat dalam tallysheet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepadatan sarang berjumlah 6 sarang; kelas sarang C dan D; posisi sarang I, II, III, IV; tinggi sarang 6-10m, 16-20m, 21-25m; pohon sarang Palaquium obovatum, Syzygium sp., Styrax benzoin,dan Quercus gemelliflora.
PENGARUH KEHADIRAN BURUNG PANTAI MIGRAN TERHADAP KEBERADAAN BURUNG PANTAI PENETAP DI KAWASAN TAMBAK WONOREJO, SURABAYA Nurul Husna Siregar
Jurnal Education and Development Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2354.903 KB) | DOI: 10.37081/ed.v6i2.696

Abstract

Kawasan tambak Wonorejo terletak di Pantai Timur Surabaya (PAMURBAYA) dan termasuk dalah Daerah Penting Burung (DPB). Kawasan tambak Wonorejo digunakan oleh burung pantai penetap untuk aktivitas harian dan lokasi berbiak, selain itu kawasan ini digunakan burung pantai migran sebagai lokasi singgah sebelum melanjutkan perjalanan ke belahan bumi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kehadiran burung pantai migran terhadap keberadaan burung pantai penetap. Data keanekaragaman burung pantai diamati dengan menggunakan metode Concentration Count dan data pengaruh keberadaan burung pantai migran dilakukan dengan mencatat interaksi antara burung antai migran dan burung pantai penetap melalui pengamatan langsung. Analisis keanekeragaman dilakukan menggunakan indeks keanekaragaman dan kemarataan sedangkan analisis interaksi dilakukan secara deskriptif. Terdapat 20 spesies burung pantai dari tiga famili, dua diantaranya merupakan burung pantai penetap. Indeks keanekaragaman burung pantai tergolong sedang (berkisar 2,08 – 2,42), sedangkan indeks kemerataan tergolong tinggi (0,79-0,90). Kehadiran burung pantai migran mempengaruhi keberadaan burung pantai penetap berdasarkan pergantian waktu pemanfaatan kawasan tambak. Burung pantai penetap menggunakan tambak ketika air laut surut dan berpindah ke tambak lain ketika air laur pasang dan tambak tersebut digunakan oleh burung pantai migran.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK eva yanti siregar
Jurnal Education and Development Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2800.895 KB) | DOI: 10.37081/ed.v6i2.699

Abstract

The current learning process tends to be memorized. Students should use thinking activities to rediscover knowledge but what happens is memorizing concepts in learning activities. The low ability of students to think mathematically, especially logical thinking, is often found in the analysis of learning outcomes. Logical thinking is the ability to use thinking power systematically to produce a correct conclusion. Optimizing students 'thinking activities through providing real-world problems that are close to students so that concepts as if rediscovered through Realistic Mathematics Education (RME) are an alternative in improving students' Logical Thinking Ability. This research is a study of the improvement of mathematical logical thinking ability of students' given RME. The study design used pretest posttest control group design. The study was carried out on students' of class VII Padangsidimpuan Middle School 6 which involved 2 sample classes namely class VII-1 as an experimental group and Class VII-2 as a control group. Data analysis used is N-gain test and T-Test Test. Through the tests carried out, it can be concluded that the increase of mathematical logical thinking ability students' who were given RME (N-Gain = 0.42) Furthermore, there was a significant difference in the improvement of mathematical logical thinking ability students who were given RME with mathematical logical thinking ability students' with ordinary learning.
PENGARUH TINGKAT PENGANGGURAN TERHADAP TINGKAT PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA PADANGSIDIMPUAN ENNI SARI SIREGAR, S.Pd.,M.E; Muhammad Yusup batubara; Sri Hartini
Jurnal Education and Development Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2015.358 KB) | DOI: 10.37081/ed.v6i2.703

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis pengaruh Tingkat Pengangguran Terhadap Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kepustakaan. Sedangkan jenis data adalah data dokumenter,sumber data adalah data sekunder serta data berbentuk time series dari tahun 2004-2016. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai thitung sebesar 0,725 dengan menggunakan tingkat keyakinan 95% atau taraf signifikan 5% (0,05) dibandingkan dengan nilai sig yang diperoleh sebesar 0,484 maka nilai sig lebih besar dari taraf signifikan atau 0,484>0,05. Hal ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pengangguran terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi serta hal ini mengindikasi bahwa angka pertumbuhan ekonomi di Kota Padangsidimpuan tidak ditentukan oleh pengangguran. Selanjutnya nilai R Square dalam penelitian adalah 0,046 menunjukkan bahwa tingkat pengangguran memiliki pengaruh sebesar 4,6% terhadap angka pertumbuhan ekonomi dan sisanya 95,4% lagi dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
KREATIVITAS DOSEN TERHADAP MINAT BELAJAR  MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA UMUM dedes asriani siregar; Mutiara M.Pd.
Jurnal Education and Development Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2437.207 KB) | DOI: 10.37081/ed.v6i2.709

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) bentuk kreativitas dosen, (2) keadaan minat belajar mahasiswa, (3) pengaruh kreativitas dosen terhadap minat belajar mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Vokasional Informatika Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Field Research (penelitian Lapangan) yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan. Adapun sumber data dari mahasiswa jurusan Pendidikan Vokasional Informatika Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan dengan cara penyebaran angket untuk mengetahui pengaruh kreativitas dosen terhadap minat belajar mahasiswa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwasanya (1) bentuk kreativitas dosen adalah berbagai macam kreativitas telah dilakukan ketika mengajar dengan memberikan alat peraga yang sesungguhnya, biasanya melalukan praktikum di laboratorium dengan rata-rata persentase indikator 91%, (2) minat belajar sangatlah tinggi. Apalagi dengan guru selalu menggunakan media yang menarik (power point) dengan menunjukkan langsung aplikasi kegiatan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa memiliki rasa tertarik dan penasaran karena tanpa sengaja semua kegiatan yang dilakukan sehari-hari berhubungan dengan materi fisika dengan rata-rata persentase indikator 90% (3) pengaruh kreativitas dosen terhadap minat belajar mahasiswa dari hasil perhitungan bahwa thitung = 6,046 jika dibandingkan dengan ttabel = 1,29743 karena thitung > ttabel berarti regresi antara variabel kreativitas dosen terhadap minat belajar mahasiswa adalah signifikan positif.
THE APPLICATION OF TASK-BASED LEARNING (TBL) APPROACH TO IMPROVE STUDENTS’ ACADEMIC WRITING SKILL Anna Stasya Prima Sari; Jontra Jusat Pangaribuan
Jurnal Education and Development Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2539.028 KB) | DOI: 10.37081/ed.v6i2.710

Abstract

In the context of English as a foreign language (EFL) and of English as a second language (ESL), writing might be a very hard language skill for learners to master. To succeed in writing, in presenting their ideas, the students need to equip themselves with at least a number of fundamental abilities such as how to create topic sentence, controlling idea, supporting sentences, concluding sentence, etc. This research was primarily conducted to improve students’ academic writing skill through the application of Task-Based Learning (TBL) approach and to find out the students’ responses after learning academic writing skill through the application of TBL approach. This research is Classroom Action Research (CAR) which was performed in two cycles. Each cycle consisted of four steps, namely planning, action, observation and reflection. There are 21 students as the subject of the research. The analysis of quantitative data showed that the students’ mean score increased continuously from 64,86 in the pretest, 74,71 in the posttest of cycle 1 to 86,14 in the posttest of cycle 2. The analysis of qualitative data showed that the application of TBL approach could increase the students’ interest, motivation and involvement in the academic writing classes. It is advisable that teachers or lecturers of English language should try applying TBL approach as one of approaches in order to improve their students’ academic writing skill.
An Analysis of Students’ Error in Using Cohesive Devices in Writing Analytical exposition text aprida irmayana; Lollo Rosa Lubis
Jurnal Education and Development Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2775.815 KB) | DOI: 10.37081/ed.v6i2.711

Abstract

This research was done to investigate the students’ error in writing analytical exposition text at the Fourth Semester of Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. The aim of this research were: 1) to find out the amount of errors made by the students, 2) to find out the most frequently error made by the students, 3) to find out the least frequently error made by the students. The writer used a descriptive qualitative method. The subjects of this research were 20 at fourth semester of Institut Pendidikan Tapanuli Selatan in Academic year 2018/2019. To collect data the writer used English writing essay test. The collected data was identified, classified, and analyzed based on the types of error using Dulay’s Theory (the surface strategy taxonomy). The result of the research shows that: 1) the total amount of error made by the students were 168 errors. They included misformation type (81=43.50%), addition type (49=26.30%), omission type (38=20.40%) and misordering type (18=9.70%). 2) the most frequently error made by the students was misformation type (81=43.50%, 3) the least frequently error made by the students was misordering type (18=9.70%).
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATANOPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA Nurhidaya Fithriyah Nasution
Jurnal Education and Development Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2825.928 KB) | DOI: 10.37081/ed.v6i2.713

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Open Endedterhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Biologi di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2018di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester IIIInstitut Pendidikan Tapanuli Selatan. Sampel yang diambildalam penelitian ini berjumlah 20mahasiswa. Sampel penelitian ini diambilatau ditentukan dengan teknik Total Sampling, yaitu penarikan sampel dengan mengambil seluruh jumlah populasi.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, rancangan penelitian ini menggunakan One Shoot Case Study.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay.Indikator keberhasilan berupa penelitian meliputi: nilai rata-rata hasil belajar, ketuntasan belajar, dan ketuntasan pencapaian indikator.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Pendekatan Open Endedadalah 81,65 (kategori baik) dengan simpangan baku 6,72.Ketuntasan belajar mahasiswa secara individu yang diajar menggunakan Pendekatan Open Endedadalah 18(90%) mahasiswa yang tuntas dan 2(10%) mahasiswa yang tidak tuntas, sedangkan ketuntasansecara klasikal adalah 88%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penggunaan Pendekatan Open Endedterhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Biologi di Institut Pendidikan Tapanuli Selatansangat efektif
PEMANFAATAN EKONOMI KREATIF RAJUTAN BENANG KASUR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT Dr Samakmur
Jurnal Education and Development Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2904.485 KB) | DOI: 10.37081/ed.v6i2.717

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan pemerintah dalam mengembangkan pengrajin rajutan benang kasur di desa Rumbio Kecamaatan Panyabungan Utara dan Desa Sayur Maicat Kecamatan Kotanopan di Kabupaten Mandailing Natal dan untuk mengetahui pengembangan pengrajin rajutan benang kasur dari aspek Pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan Sumber Data meliputi data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini, bersumber dari wawancara langsung dan wawancara mendalam (indept interview) dengan pihakpemda,pembina PKK Kabupaten danmasayarakat.Instrumentyangdigunakan dalampenelitian ini adalah daftar wawancara, buku catatan, Pena, Kamera, Hanphone. Sedangkan teknik yangdigunakan dalampenelitianiniadalah: 1) Wawancara 2) Pengamatan 3) Dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini dari beberapa yang telah diwawancarai tersebut dari kalangan steckholder yaitu 1) Pelatihan Usaha yang didalamnya Masyarakat diberikan pelatihan dalam bentuk kerajinan rajutan benang kasur 2) Permodalan dan peralatan yang telah ditanggung oleh pemerintah daerah Mandailing Natal 3) Cendekiawan (Intellectuals),berperan sebagai agen yang menyebarkan & mengimplementasikan ilmu pengetahuan, senidan teknologi 4) Pemerintah (Government), sebagai organisasi Pemerintah daerah yang pelaksanaan tuganya dibagi kepada dinas dan badan dalam mengembangkan sentral-sentral ekonomi dan pembinaannya yang berkelanjutan Kesimpulan pelatihan rajutan benang kasur motif mandailing telah berjalan dengan baik dan dibutukan pembinaan secara bekesinambungan dan adanya koordinasi antar pemda ,masyarakaat serta dnia usaha.
PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI MATERI POKOK PERTUMBUHAN EKONOMIDI KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN Erlina Sari Harahap
Jurnal Education and Development Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3023.976 KB) | DOI: 10.37081/ed.v6i2.721

Abstract

This study to see the effect of Discipline Learning and Learning Achievement Against Family Environment Economy Topic Economic Growth Class XI IPS SMAN 5 Padangsidimpuan. Based on hypothesis testing found that F count = 16.357 compared with F table with significance level α = 0.05, obtained F table = 3.32. So it can be concluded that the F count> F table or 16.357> 3.32 then the hypothesis that the authors propose acceptable means discipline of learning and family environment jointly significant effect on the achievement of economic learning the subject matter of economic growth in Class XI IPS SMAN 5 Padangsidimpuan. That is the discipline of learning and family environment to be one of the driving variable in order to increase student achievement, especially against the subject matter of economics learning achievement of economic growth in Class XI IPS SMAN 5 Padangsidimpuan.

Page 1 of 2 | Total Record : 19


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 1 (2024): Vol 12 No 1 Januari 2024 Vol 11 No 3 (2023): Vol. 11 No.3.2023 Vol 11 No 2 (2023): Vol.11 No.2.2023 Vol 11 No 1 (2023): Vol.11 No.1. 2023 Vol 10 No 3 (2022): Vol.10. No.3 2022 Vol 10 No 2 (2022): Vol. 10 No. 2. 2022 Vol 10 No 1 (2022): Vol.10. No.1 2022 Vol 9 No 4 (2021): Vol.9 No.4 2021 Vol 9 No 3 (2021): Vol.9.No.3.2021 Vol 9 No 2 (2021): Vol.9.No.2.2021 Vol 9 No 1 (2021): Vol.9.No.1.2021 Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020 Vol 8 No 3 (2020): Vol.8.No.3.2020 Vol 8 No 2 (2020): Vol.8.No.2.2020 Vol 8 No 1 (2020): Vol.8.No.1.2020 Vol 7 No 4 (2019): Vol.7.No.4.2019 Vol 7 No 3 (2019): Vol.7.No.3.2019 Vol 7 No 2 (2019): Vol.7.No.2.2019 Vol 7 No 1 (2019): Vol.7.No.1.2019 Vol 6 No 3 (2018): Vol.6.No.3.2018 Vol 6 No 2 (2018): Vol. 6. No.2 Oktober 2018 Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018 Vol 6 No 1 (2018): Vol.6.No.1.2018 Vol 6 No 1 (2018): Vol. 6. No.1 Oktober 2018 Vol 5 No 2 (2018): Vol.5.No.2.2018 Vol 5 No 2 (2018): Vol.5. No. 2 Juli 2018 Vol 5 No 1 (2018): Vol.5.No.1.2018 Vol 5 No 1 (2018): Vol.5. No.1 Juli 2018 Vol 4 No 2 (2018): Vol.4.No.2.2018 Vol 4 No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 April 2018 Vol 4 No 1 (2018): Vol.4. No.1. April 2018 Vol 4 No 1 (2018): Vol.4.No.1.2018 Vol 3 No 2 (2018): Vol.3 No.2 Januari 2018 Vol 3 No 2 (2018): Vol.3.No.2.2018 Vol 3 No 1 (2018): Vol.3.No.1.2018 Vol 3 No 1 (2018): Vol.3. No. 1. Januari 2018 Vol 7 No 5 (2017): Vol.7. No. 5. Nopember 2017 Vol 7 No 5 (2017): Vol.7. No. 5. Nopember 2017 Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017 Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017 Vol 6 No 5 (2017): Vol.6. No. 5. Agustus 2017 Vol 6 No 5 (2017): Vol.6. No. 5. Agustus 2017 Vol 6 No 4 (2017): Vol.6. No. 4. Mei 2017 Vol 6 No 4 (2017): Vol.6. No. 4. Mei 2017 Vol 6 No 3 (2017): Vol.6. No. 3. Agustus 2017 Vol 6 No 3 (2017): Vol.6. No. 3. Agustus 2017 Vol 6 No 2 (2017): Vol. 6 No. 2 Agustus 2017 Vol 6 No 2 (2017): Vol. 6 No. 2 Agustus 2017 Vol 6 No 1 (2017): Vol.6. No. 1. Agustus 2017 Vol 6 No 1 (2017): Vol.6. No. 1. Agustus 2017 Vol 5 No 3 (2017): Vol.5 No.3 April 2017 Vol 5 No 3 (2017): Vol.5 No.3 April 2017 Vol 5 No 2 (2017): Vol. 5 No. 2 April 2017 Vol 5 No 2 (2017): Vol. 5 No. 2 April 2017 Vol 4 No 5 (2017): Vol.4. No. 5. Januari 2017 Vol 4 No 5 (2017): Vol.4. No. 5. Januari 2017 Vol 4 No 4 (2017): Vol. 4 No. 4 Januari 2017 Vol 4 No 3 (2017): Vol.4 No.3. Januari 2017 Vol 4 No 3 (2017): Vol.4 No.3. Januari 2017 Vol 3 No 5 (2016): Vol.3. No.5. Nopember 2016 Vol 3 No 5 (2016): Vol.3. No.5. Nopember 2016 Vol 3 No 4 (2016): Vol. 3 No. 4 Nopember 2016 Vol 3 No 3 (2016): Vol.3. No. 3. Nopember 2016 Vol 3 No 3 (2016): Vol.3. No. 3. Nopember 2016 Vol 3 No 1 (2016): Vol.3 No. 1 Nopember 2016 Vol 3 No 1 (2016): Vol.3 No. 1 Nopember 2016 Vol 2 No 7 (2016): Vol. 2 No. 7 Agustus 2016 Vol 2 No 6 (2016): Vol.2. No. 6. Mei 2016 Vol 2 No 6 (2016): Vol.2. No. 6. Mei 2016 Vol 2 No 5 (2016): Vol.2. No. 5. Agustus 2016 Vol 2 No 5 (2016): Vol.2. No. 5. Agustus 2016 Vol 2 No 2 (2016): Vol.2. No. 2. Agustus 2016 Vol 2 No 2 (2016): Vol.2. No. 2. Agustus 2016 Vol 2 No 1 (2016): Vol. 2. No. 1 Agustus 2016 Vol 2 No 1 (2016): Vol. 2. No. 1 Agustus 2016 Vol 1 No 6 (2016): Vol.1 No.6. Mei 2016 Vol 1 No 6 (2016): Vol.1 No.6. Mei 2016 Vol 1 No 4 (2016): Vol.1. No. 4. Mei 2016 Vol 1 No 4 (2016): Vol.1. No. 4. Mei 2016 Vol 1 No 2 (2016): Vol.1. No. 2. Mei 2016 Vol 1 No 2 (2016): Vol.1. No. 2. Mei 2016 Vol 1 No 1 (2016): Volume 1 No.1 Mei 2016 Vol 1 No 1 (2016): Volume 1 No.1 Mei 2016 More Issue