cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL PETIK
ISSN : 24607363     EISSN : 26146606     DOI : -
Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019): Vol 5 No 1 Tahun 2019" : 10 Documents clear
PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENGINGKATKAN KEMAMPUAN MORAL ANAK Eka setiawati; Mrs. Desri; Elih Solihatulmilah
JURNAL PETIK Vol 5, No 1 (2019): Vol 5 No 1 Tahun 2019
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.289 KB) | DOI: 10.31980/jpetik.v5i1.494

Abstract

Abstract - Moral religion is important to develop because it will become the basis or foundation of childrenin navigating life. From the observation of the age of 3-4 years at KOBER PGRI Bayah, it was found thatchildren's abilities in the aspects of religious moral development were relatively low. Based on the thinkingabout the factors causing the low moral capacity of the child's religion are: (1) teacher's body language is stilldifficult so that the presentation of learning is less interesting; (2) the use of methods that are less varied; (3)the lack of teaching aids owned; (4) avoiding children's interest in religious moral learning. This research usesClassroom Action Research. The results of the study show how to learn that can improve the moral capacityof religious children aged 3-4 years at KOBER PGRI Bayah, Lebak Regency. The success rate for activitiesis very significant. In the pre-cycle activities of the average percentage of 38.67% increased to 55.67% in thefirst cycle, and increased to 90.33% in the second cycle.Keywords - kemampuan moral agama, game ular tangga
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN PENUNJANG MEDIS LABORATORIUM DI PUSKESMAS KOPO BANDUNG Rini Suwartika Kusumadiarti; Rendra Ripandi
JURNAL PETIK Vol 5, No 1 (2019): Vol 5 No 1 Tahun 2019
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.328 KB) | DOI: 10.31980/jpetik.v5i1.441

Abstract

Abstract - Progress in the field of health is very rapidly in developing, so many findings are obtained withinformation technology assistance both in the field of organizing hospitals, health centers, treatment anddevelopment research from the health sciences itself. The combination of information technology with theactivities of people who use these technologies, to support operations and management is an informationsystem. This study aims to design and build an information system implementation of laboratory medicalservices in the UPT Kopo Bandung Health Center. Technique of data collection by means of observation,interviews and literature. Software development methods use the waterfall method with Data Flow Diagrams(DFD) as software design. The suggestions given to overcome the problems in the laboratory medical supportsystem are: There needs to be a better development of the system. and need for training for HR who managethis system regarding the use of the application.Keyword : Information System, Laboratory Service, Waterfall, Microsoft Visual Studio 2010Abstrak - Kemajuan dalam bidang kesehatan sangat berkembang dengan begitu pesat, sehingga banyaktemuan-temuan yang didapatkan dengan bantuan teknologi informasi baik dalam bidang pengorganisasianrumah sakit, puskesmas, pengobatan maupun penelitian pengembangan dari ilmu kesehatan itu sendiri.Kombinasi antara teknologi informasi dengan aktivitas orang yang menggunakan teknologi tersebut, untukmendukung operasi dan manajemen adalah sistem informasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang danmembangun implementasi sistem informasi pelayanan enunjang medis laboratorium di UPT Puskesmas KopoBandungTeknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Metodepengembangan perangkat lunak menggunakan metode waterfall dengan Data Flow Diagram (DFD) sebagaiperancangan software. Adapun saran yang diberikan untuk mengatasi permasalahan dalam sistem pelayananpenunjang medis laboratorium adalah : Perlu adanya pengembangan sistem ke arah yang lebih baik, Perluadanya pelatihan untuk SDM yang mengelola sistem ini terkait penggunaan aplikasi.Kata Kunci : Sistem Informasi, Pelayanan Laboratorium, Waterfall, Microsoft Visual Studio 2010
Penerapan Model Tipe Kancing Gemerincing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Materi Sumber Daya Alam Dianti Risharni
JURNAL PETIK Vol 5, No 1 (2019): Vol 5 No 1 Tahun 2019
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.621 KB) | DOI: 10.31980/jpetik.v5i1.491

Abstract

Abstract - This research is motivated by the low level of mastery of the science concept of students in SDNegeri Jagakarsa 02 Pagi, South Jakarta. The low level of mastery of students' concepts is because the teacherin teaching in the class still adheres to the old paradigm of using the lecture method. This can be seen at thebeginning of the study by giving practice questions about the topic of natural resources, the results showedthat the average of all students has not reached the target mastery of the desired concept. Some indicators ofthe concept of the questions given still have not reached the level of mastery. Based on these problems, theremust be an effort to improve the mastery of the science concept of students in grade IV SD Negeri Jagakarsa02 Pagi, South Jakarta. Therefore, the efforts made by researchers on "Application of the Ringing Type TypeModel to Enhance Mastery of Students 'Concepts of Natural Resource Materials" aim to obtain informationand to know the effect of applying the Ringling Button type to students' mastery of natural resource material.The method used in this study is the Classroom Action Research method, with 40 students as subjects. Datacollection techniques used in this study are the results of student learning tests, observation of teacher andstudent activities and questionnaires. In the learning process, students are required to be active, and the use ofimage media that includes it can create a pleasant learning atmosphere. It can be seen from the learningoutcomes and mastery of students' concepts in each concept indicator that it always increases in each cycle.Therefore, the application of the Ringing Button type model is a learning model that is suitable for use inscience learning especially in natural resource materials.Keywords - Clinking Button Type Model, Mastery Concept.Abstrak— Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya tingkat penguasaan konsep IPA siswa di SD NegeriJagakarsa 02 Pagi Jakarta Selatan. Rendahnya tingkat penguasaan konsep siswa ini disebabkan karena gurudalam mengajar di dalam kelas masih menganut paradigma lama yaitu menggunakan metode ceramah. Halini terlihat pada saat awal penelitian dengan memberikan latihan soal mengenai topic sumber daya alam,hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata dari seluruh siswa belum mencapai target penguasaan konsep yangdiinginkan. Beberapa indicator konsep dari soal yang diberikan masih belum tercapai tingkat penguasaannya.Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut, harus ada upaya untuk meningkatkan penguasaan konsepIPA siswa di kelas IV SD Negeri Jagakarsa 02 Pagi Jakarta Selatan. Oleh karena itu, upaya yang dilakukanpeneliti yaitu tentang “Penerapan Model Tipe Kancing Gemerincing untuk Meningkatkan PenguasaanKonsep Siswa Materi Sumber Daya Alam” bertujuan untuk memperoleh informasi dan mengetahui pengaruhpenerapan model tipe Kancing Gemerincing terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sumber dayaalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyeksiswa berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil tesbelajar siswa, observasi aktivitas guru dan siswa serta angket. Dalam proses pembelajarannya, siswa dituntutuntuk aktif, serta penggunaan media gambar yang mencakup di dalamnya dapat membuat suasana belajaryang menyenangkan. Terlihat dari hasil belajar dan penguasaan konsep siswa pada setiap indicator konsepselalu meningkat pada tiap siklusnya. Oleh karena itu, penerapan model tipe Kancing Gemerincingmerupakan model pembelajaran yang cocok digunakan dalam pembelajaran IPA khususnya pada materisumber daya alam.Kata Kunci — Model Tipe Kancing Gemerincing, Penguasaan Konsep
Penerapan Konten E-learning Berbasis SCORM Untuk Meningkatkan Efektivktas Pembelajaran Siti Husnul Bariah; Soni Muhamad Sidik
JURNAL PETIK Vol 5, No 1 (2019): Vol 5 No 1 Tahun 2019
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.322 KB) | DOI: 10.31980/jpetik.v5i1.448

Abstract

E-learning merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang difasilitasi dan didukung pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Pada sebuah pendidikan seperti Sekolah Menengah Atas sangat dibutuhkan untuk membantu guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Beradasrkan pengamat/penelitian sementara yang berkaitan dengan proses pemebelajaran siswa dalam menerima materi masih terfokus pada buku – buku paket yang ada, penerapan teknolgi masih kurang digunakan dalam pembelajaran sehingga terasa kurang efektif dalam penyampaian materi  sehingga siswa merasa jenuh. Oleh sebab itu perlu adanya pembaharuan dalam pembelajaran untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai hal-hal berikut. Transformasi penyajian materi berstandarisasi scorm (Sharable Content Object Refrence Model), dimana guru dapat mengetahui aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar khususnya dalam membaca bahan ajar yang disediakan oleh guru dan sejauh mana efektifitas pemeblajaran dapat ditingkatkan dengan pemebelajaran menggunakan e-learning berstandarisasi scorm. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas X 1 Sebagai kelas eksperimen dan kelas X 2 sebagai kkelas Kontrol. Hasil yang didapat dari penelitian ini, didapat berupa data awal yaitu pretest untuk kelas eksperimen dengan nilai rata – rata adalah 59,5 sedangan kelas kontrol mendapatkan nilai rata – rata 49,1. Setelah diterapkan e-learning berbasi scorm dan setelah mendapat perlakuan untuk kelas eksperimen didapat nilai postes dengan rata – rata 81,8 dengan taraf peningkatan 38% dan kelas kontrol sebesar 62,1 dengan taraf 27%. Dan respon tanggapan siswa begitu baik terhadap penerapan e-learning berbasis scorm ini dengan data yang dibuktikakn dengan diperoleh data bahwa 25 siswa atau 94,29 % siswa Kelas X 1 memberi tanggapan sangat baik dan 2 siswa atau 5,71% memberi tanggapan baik. Kesimpulan bahwa penerpan konten e-learning berbasis scorm dapat meningkatkna efektifitas pembelajaran.
Minat Belajar Siswa dengan Variasi Penggunaan Media Pembelajaran (Survey pada Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 3 Bandung) Leni Maryani; Veri Aryanto Sopiansah
JURNAL PETIK Vol 5, No 1 (2019): Vol 5 No 1 Tahun 2019
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.085 KB) | DOI: 10.31980/jpetik.v5i1.473

Abstract

The purpose of this study was to determine (1) how perceptions of students about the variety of instructional media, (2) the effect of variations in the use of instructional media on student interest accounting department at SMK Negeri 3 Bandung. The method used is survey with a student sample of the accounting department at SMK Negeri 3 Bandung. Analysis of the data used is the analysis of the data verification through calculation of average (mean) score for solving the first problem. As for solving the problem are both used a simple linear regression analysis. Results of research on the variations of the use of learning media can be summed variety of instructional media usage "Very Good" and indicators of a questionnaire on perceptions it is best to use video media. Based on regression analysis indicated by the coefficient of determination R Square, it can be stated that this hypothesis can be accepted. This means that there are significant variations in the use of instructional media on student interest. If you have students who are likely to have the characteristics of a passive, teachers should use the media interesting and varied learning related to the subject matter to be delivered.Keywords: Variation Use of Media Education and Student Learning Interests
Teknologi Pendidikan: Kajian Aplikasi Ruangguru Berdasarkan Prinsip dan Paradigma Interaksi Manusia dan Komputer Dian Rahadian; Gina Rahayu; Risma Rahma Oktavia
JURNAL PETIK Vol 5, No 1 (2019): Vol 5 No 1 Tahun 2019
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (866.59 KB) | DOI: 10.31980/jpetik.v5i1.489

Abstract

Abstract - This Ruangguru application study aims to determine the relevance of applicationfunctions based on the principles and paradigms of Human and Computer Interaction (HCI). In thisstudy, the aspects evaluated included aspects of human, technology, usability, and ergonomics. Theinterest in studying the Ruangguru application is based on several sources stating that Ruangguruis believed to be "Best Education Platform". So from that, it was examined several aspects todetermine the extent of the relationship between the Ruangguru application and the HCI principle.After the study was conducted, the Ruangguru application was assessed to have fulfilled theseaspects. So it's no wonder the Ruangguru application is used as an online learning center amongIndonesian students.Keywords- HCI, Ruangguru, Human, Technology, Usability, and Ergonomic.Abstrak — Kajian aplikasi Ruangguru ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan fungsi aplikasi berdasarkanprinsip dan paradigma Interaksi Manusia dan Komputer (IMK). Dalam kajian ini aspek yang dievaluasidiantaranya aspek human, technology, usability, dan ergonomic. Ketertarikan kajian aplikasi Ruangguru iniberdasarkan beberapa sumber yang menyatakan bahwa ruangguru dipercaya sebagai “Best EducationPlatform”. Maka dari itu dikaji beberapa aspek untuk mengetahui sejauh mana keterkaitan aplikasi Ruanggurudengan prinsip IMK. Setelah dilakukan kajian, aplikasi Ruangguru dinilai telah memenuhi aspek-aspektersebut. Jadi tidak heran aplikasi Ruangguru digunakan sebagai pusat belajar online di kalangan pelajarIndonesia.Kata Kunci— IMK, Ruangguru, Manusia, Teknologi, Kegunaan, dan Ergonomi.
Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Android Berorientasi Keterampilan Berpikir Kritis Maulida, Hilda; Sinaga, Parlindungan; Susilawati, Mrs.
JURNAL PETIK Vol 5, No 1 (2019): Vol 5 No 1 Tahun 2019
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.023 KB) | DOI: 10.31980/jpetik.v5i1.492

Abstract

Abstract - The results of the preliminary study show that students have low critical thinking skills. Teachingmaterials have an important role in learning. Learning cannot be done without teaching materials. This studyaims to (1) develop teaching materials in the form of android applications with the development model of theTeaching Material Writing Process Model (MPM2A), (2) determine the feasibility of teaching materials, (3)the effectiveness of teaching materials in improving students' critical thinking skills. This type of research isresearch and development (RnD) and to test the effectiveness of teaching materials. This study uses the QuasiExperiment design using pretest-posttest control group design in one of the state junior high schools in thecity of Bandung. The study sample consisted of 64 students. With 32 students in the experimental class and32 students in the control class. Research results 1) based on the feasibility test of teaching materialsdeveloped appropriate for use in learning activities. 2) teaching materials can improve critical thinking skillsin the medium category 3) a measure of the effect size that teaching materials developed are effective inimproving critical thinking skillsKeywords: Teaching materials, Android, Integrated Science, Critical Thinking SkillsAbstrak - Hasil studi pendahuluan memperlihatkan bahwa siswa memiliki keterampilan berpikir kritis yangrendah. Bahan ajar memiliki peranan penting dalam pembelajaran. Pembelajaran tidak dapat dilakukan tanpabahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar dalam bentuk aplikasi androiddengan model pengembangan Model Proses Menulis Materi Ajar (MPM2A), (2) mengetahui kelayakanbahan ajar, (3) keefektifan bahan ajar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitianini adah penelitian dan pengembangan (RnD) dan untuk menguji keefektifan bahan ajar Penelitian inimenggunakan desain Quasi Eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control group design di salahsatu SMP Negeri di Kota Bandung. Sampel penelitian terdiri atas 64 siswa. Dengan 32 siswa kelaseksperimen dan 32 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian 1) berdasarkan uji kelayakan bahan ajar yangdikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. 2) bahan ajar dapat meningkatkanketerampilan berpikir kritis pada kategori sedang 3) ukuran dari effect size bahwa bahan ajar yangdikembangkan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis.Kata kunci: Bahan ajar, Android, IPA Terpadu, Keterampilan Berpikir Kritis
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PEMASANGAN BARU LISTRIK BERBASIS WEB BARCODE Andri Suryadi; Asep Ahmad K; Sri Rahayu; Nina Herlina; Yola Yulianti
JURNAL PETIK Vol 5, No 1 (2019): Vol 5 No 1 Tahun 2019
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.598 KB) | DOI: 10.31980/jpetik.v5i1.490

Abstract

Abstract - The new electrical installation information system is an information system that hasbeen computerized by the system. in a new electrical installation system the admin enters the dataof the applicant who wants to pair the new electricity in his home automatically to the databaseand makes it easy for the admin to search for data in the future. If the system is not computerizedand only manually, the applicant's data will still be stacked in a file cabinet, so that when makingthe report it has difficulty in searching the applicant's data and has the risk of losing data. This isbecause it is not supported by the presence of storage media in the form of a database system formanagement of applicant data. Based on this, the new web barcode-based electrical installationinformation system can help the applicant in registering the electricity installation and become asystem of information delivery that can provide convenience in processing the applicant's data foradministrative staff, especially in processing and data storage applicant data.Keywords - Systems, Information, Installation of new electricityAbstrak - Sistem informasi pemasangan listrik baru merupakan sistem informasi yang tsudahterkomputerisasi sistemnya . dalam sebuah sistem pemasangan listrik baru admin menginputkan datapemohon yang ingin memasangkan listrik baru dirumahnya secara otomatis ke database dan memudahkanadmin dalam pencarian data dikemudian hari . Jika sistem nya belum terkomputerisasi dan hanya manual sajanantinya data pemohon masih ditumpuk dalam lemari arsip, sehingga pada saat pembuatan laporan memilikikesulitan dalam pencarian data pemohon dan memiliki resiko kehilangan data. Hal ini karena tidak didukungdengan adanya media penyimpanan berupa sistem database untuk manajemen data pemohon. Berdasarkan haltersebut maka dengan sistem informasi pemasangan listrik baru berbasis web barcode , ternyata dapatmembantu pemohon dalam mendaftar pemasangan listrik dan menjadi sistem penyampaian informasi yangdapat memberikan kemudahan dalam hal pengolahan data pemohon bagi pegawai bagian administrasi padakhususnya dalam melakukan pengolahan dan juga penyimpanan data-data pemohon.Kata Kunci : Sistem, Informasi, Pemasangan baru listrik   
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI BUDAYA NASIONAL DAN INTERAKSI GLOBAL PENDIDIKAN GEOGRAFI Rika Arliza; Iwan Setiawan; Ahmad Yani
JURNAL PETIK Vol 5, No 1 (2019): Vol 5 No 1 Tahun 2019
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.508 KB) | DOI: 10.31980/jpetik.v5i1.493

Abstract

Abstract- This research is a type of product development that aims to determine the feasibility of developinginteractive learning media products based on Android. The research method used is the design of the developmentmodel used in this study is the adaptation of the Luther model. The results of this study are: (1) Android-basedinteractive learning media applications on national cultural material and global interactions are arranged bygetting input from validators (2) the results of the feasibility of percentage of android-based interactive learningmedia by media experts that get percentages: Text aspect 80 %, 80% image aspect, 80% animation aspect, 80%video aspect, 80% packaging aspect, 80% usage aspect.Keywords : development, interactive learning media, based on androidAbstrak- Penelitian ini merupakan jenis pengembangan produk yang bertujuan untuk mengetahui kelayakanpengembangan produk media pembelajaran interaktif berbasis Android. Metode penelitian yang digunakan adalahdesain model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi model Luther. Hasil daripenelitian ini adalah: (1) aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis Android pada materi budaya nasional daninteraksi global disusun dengan mendapatkan masukan dari validator (2) hasil kelayakan persentase mediapembelajaran interaktif berbasis android dengan media ahli yang mendapatkan persentase: Aspek teks 80%, aspekgambar 80%, aspek animasi 80%, aspek video 80%, aspek kemasan 80%, aspek penggunaan 80%.Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran interaktif, berbasis android.
RANCANGAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING kuntum annisa imania; Siti Khusnul Bariah
JURNAL PETIK Vol 5, No 1 (2019): Vol 5 No 1 Tahun 2019
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.644 KB) | DOI: 10.31980/jpetik.v5i1.445

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah rancangan pengembangan (blueprint) dalam pembuatan instrumen pembelajaran berbasis Daring. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk memudahkan cara pembuatan instrument pembelajaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah pembelajaran dan berorientasi pada tujuan yang akan di capai dalam pembelajaran tersebut. Instrument pembelajaran berbasis daring ini bermaksud agar agat di akses oleh peserta didik secara lebih fleksibel tanpa terbatas ruang dan waktu, lebih efektif dan diharapkan juga dapat lebih efesien dalam penyelenggaraannya. Metode Peneitian yang digunakan adalah R & D, tetapi hanya sampai tahap perancangan saja, metode pengembangan ini menggunakan model pengembangan pembelajaran yang dikemukakan oleh Borg and Gall, Dick & Carrey dan J. Moonen. Hal ini dilakukan karena yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah sebuah rancangan produk pengembangan instrumen tes pembelajaran. Adapun tahapan dalam pengembangan rancangan instrument tes pembelajaran adalah : (1)analisis kebutuhan, (2) perencanaan Produksi Perancangan Pengembangan Instrumen tes Pembelajaran, dalam hal ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall, Dick & Carrey dan J. Moonen (3) validasi, evaluasi dan revisi model,  meliputi : telaah pakar dan evaluasi one to one (4) Implementasi Model, dilakukan dengan menggunakan desain eksperimental.

Page 1 of 1 | Total Record : 10