cover
Contact Name
Rahmat Aziz
Contact Email
azira@uin-malang.ac.id
Phone
+62362-22928
Journal Mail Official
jppundiksha@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs education. Global issues in education Technical and vocational education. Language education. Social science education Educational management Sport science and physical education Other areas in education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012" : 10 Documents clear
Pengaruh Asesmen Portofolio dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Produktif Mahasiswa Ni Luh Gede Erni Sulindawati; Lucy Sri Musmini
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.44 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i2.1800

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) perbedaan kemampuan berpikir produktif mahasiswa antara yang belajar dengan asesmen portofolio dan asesmen konvensional, (2) perbedaan kemampuan berpikir produktif antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent, (3) pengaruh interaktif antara asesmen dan gaya kognitif mahasiswa terhadap kemampuan berpikir produktif mahasiswa dalam pembelajaran Laboratorium Statistik Deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan eksperimen posttest–only control group design. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa yang memprogram mata kuliah Laboratorium Statistik Deskriptif yang berjumlah 68 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik group random sampling dengan cara undian. Data dianalisis mengggunakan ANAVA faktorial 2×2. Temuan penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir produktif antara mahasiswa yang belajar dengan asesmen portofolio dan yang belajar dengan asesmen konvensional, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir produktif antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent, (3) tidak terdapat interaksi antara asesmen dan gaya kognitif mahasiswa terhadap kemampuan berpikir produktif. Kata-kata Kunci: asesmen portofolio, gaya kognitif, berpikir produktif
The Inspiring Teachers: Suatu Studi Pendahuluan Bambang Hariyadi
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.701 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i2.1824

Abstract

Inspiring teachers adalah guru-guru yang yang mampu mendorong anak didiknya untuk belajar serta menggali pengetahuan jauh melebihi materi pelajaran yang diberikan di kelas. Keberadaan inspiring teacher tidak hanya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, lebih dari itu inspiring teacher ikut mempengaruhi kehidupan siswa pada masa-masa selanjutnya. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian payung yang dilaksanakan di Universitas Jambi. Penelitian dilakukan secara desktriptif terhadap 70 responden yang dipilih secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepintaran bukanlah faktor utama yang menentukan seorang inspiring teacher. Selanjutnya, penelitian ini juga menyingkap sejumlah karakter yang biasanya dimiliki oleh inspiring teachers.Kata-kata Kunci: inspiring teacher, pendidikan biologi, pembelajaran yang menyenangkan
Deteksi dan Eksplorasi Kesesatan Respons Siswa pada Skala Motivasi Berprestasi. Wahyu Widhiarso
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.64 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i2.1825

Abstract

Skala psikologi banyak dipakai oleh para peneliti untuk mengukur atribut psikologi siswa di SMA. Selama ini belum ada penelitian yang mengidentifikasi secara psikometris seberapa jauh respons yang diberikan mereka terbebas dari kesesatan pengukuran. Penelitian ini bertujuan untuk mende-teksi respons siswa yang mengandung kesesatan dan mengeksplorasi persentase siswa yang konsisten mengandung kesesatan pada skala motivasi berprestasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas 2 SMA di 30 kota yang terbagi dalam 10 propinsi di Indonesia. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposif yang berjumlah 2.959 siswa. Instrumen pengukuran yang dipakai adalah skala motivasi berprestasi. Teknik analisis yang dipakai untuk mendeteksi kesesatan respons adalah indeks infit yang dihasilkan dari analisis data berbasis Model Rasch. Data dari pengukuran didapatkan 137 (5%) orang yang cenderung konsisten dalam memberikan respons yang sesat pada ketiga faktor skala. Di sisi lain, konsistensi siswa dalam menghasilkan kesesatan respons untuk dua faktor rata-rata sebesar 259 (9%). Kecilnya nilai persentase ini menunjukkan bahwa penggunaan skala motivasi berprestasi untuk pengukuran atribut psikologi pada siswa SMA sudah tepat. Kata-kata Kunci: kesesatan respon, motivasi berprestasi, atribut psikologi
Pengubahan Miskonsepsi Siswa SMP melalui Penciptaan Lingkungan Belajar Konstruktivis Berbasis Masalah Nyata. I Wayan Gede Wiradana
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.19 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i2.1826

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan miskonsepsi siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Nusa Penida pada pelajaran Fisika, khususnya pokok bahasan Gaya dan Hukum Newton dan (2) mendeskripsikan pengubahan konsep-si siswa menjadi konsepsi ilmiah melalui penciptaan lingkungan belajar konstruktivis berbasis masalah (KOMA) pada pokok bahasan gaya dan hukum Newton. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nusa Penida Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 25 orang. Peneliti-an tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Objek penelitian adalah miskonsepsi siswa sebelum dan setelah pembelajaran. Miskonsepsi siswa diperoleh dari analisis jawaban siswa terhadap soal pema-haman konseptual yang meminta siswa memberikan alasan terhadap jawabannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) miskonsepsi siswa sangat beragam yang berasal dari interaksi siswa de-ngan lingkungan dan proses pembelajaran atau pembelajaran yang dilakukan sebelumnya, (2) terjadi penurunan persentase sebagian besar jenis miskonsepsi yang dialami siswa setelah dilakukan pembelajaran KOMA. Tingkat penurunan miskonsepsi bervariasi tergantung pada tingkat resistensi dari jenis miskonsepsi. Namun, beberapa jenis miskonsepsi mengalami peningkatan. Kata-kata Kunci: konstruktivisme, pengubahan konseptual, miskonsepsi
Pengembangan Model dan Perangkat Pembelajaran Geometri Bidang Berbantuan Open Software Geogebra. I Putu Wisna Ariawan
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.79 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i2.1827

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model dan perangkat pembelajaran mata kuliah Geometri Bidang berbantuan open software Geogebra yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Model pembelajaran yang dikem-bangkan adalah model pembelajaran reasoning and problem solving berbantuan open software Geogebra. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi buku ajar, petunjuk/pedoman pemanfaatan software Geogebra dan lembar kerja mahasiswa. Pengembangan model dan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model 4 D dari Thiagarajan, Semmel and Semmel. Uji coba model dan perangkat pembelajaran dilakukan dengan melibatkan mahasiswa kelas B jurusan pendidikan Matematika FMIPA Undiksha yang mengikuti perkuliahan Geometri Bidang pada Semester Genap Tahun Akademik 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi syarat kualitas produk versi Nieveen, yaitu valid, praktis, dan efektif, serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Kata-kata Kunci: reasoning and problem solving, open software geogebra, berpikir kritis
Penerapan Strategi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Dewi Oktofa Rachmawati
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.231 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i2.1828

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan (1) meningkatkan pemahaman konsep Fisika Matematika I, (2) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa, dan 3) mendeskipsikan tanggapan mahasiswa terhadap penerapan strategi pemecahan masalah dengan setting group investigation (GI). Subjek penelitian adalah 34 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA-Undiksha. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Siklus penelitian ini mengikuti model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Data pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan dengan penilaian otentik dan tes. Data tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran dikumpulkan dengan angket dan dianalisis secara deskriptif berdasarkan skor rerata ( ) dan simpangan baku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan pemahaman konsep Fisika Matematika I dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa setelah diterapkan strategi pemecahan masalah dengan setting GI, dan (2) mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan strategi pemecahan masalah dengan setting GI. Untuk menyiapkan mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir divergen, dosen disarankan untuk menerapkan strategi pemecahan masalah dengan setting GI pada mata kuliah lainnya. Kata-kata Kunci: strategi pemecahan masalah, pemahaman konsep, group investigation
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Sastra Lokal Bali terhadap Prestasi Menulis Naratif Bahasa Inggris. Kadek Sonia Piscayanti
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.414 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i2.1829

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh antara proses pembelajaran berbasis sastra terhadap prestasi menulis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester empat pada Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun akademik 2010/2011. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik simple random sampling dimana seluruh individu dalam populasi mendapat kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel, sehingga didapat dua kelas sampel. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Post-test Only Control Group Design. Hasil post test menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan Pembelajaran Berbasis Sastra Lokal (PBSL) menunjukkan prestasi yang lebih baik dari siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional (PK). Rata-rata kelompok kontrol adalah 78.65 sementara rata-rata kelompok eksperimen adalah 85.65. Ditinjau dari nilai median, kelompok eksperimen juga lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu 85, sedangkan kelompok kontrol 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi menulis kelompok eksperimental lebih baik daripada prestasi menulis kelompok kontrol. Dari hasil t-test, didapatkan hasil bahwa tobserved posttest adalah  9.392. Sedangkan nilai tcv pada derajat kebebasan 38 dan signifikansi .05 adalah 1.686. Hal ini berarti bahwa tobserved > tcv. Dengan demikian hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang diajar dengan PBSL dan yang diajar dengan PK. Kata-kata Kunci: pembelajaran berbasis sastra, menulis naratif, prestasi menulis
Model Brain Based Learning dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Nyoman Kusmariyatni
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (81.482 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i2.1830

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA dan mendeskripsikan respon siswa kelas IV SD pada penerapan model brain based learning (BBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD No. 5 Panji. Objek penelitian adalah model BBL, hasil belajar, dan respon siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data-data yang diperlukan dalam penelitian adalah (1) pemahaman konsep yang dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep, (2) kinerja ilmiah yang dikumpulkan melalui observasi kinerja ilmiah, dan (3) respon siswa yang dikumpulkan melalui angket respon. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Implementasi model BBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 16,80% (dari nilai rata-rata siklus I 67,22 dengan kategori cukup menjadi 78,52 dengan kategori baik; (2) respon siswa terhadap implementasi model BBL dalam pembelajaran IPA berkategori positif. Siswa menyatakan senang belajar IPA dengan model BBL. Kata-kata Kunci: brain based learning, hasil belajar, kinerja ilmiah
Implementasi Buku Ajar Bermuatan Konten Sains Asli dan Konteks Pedagogi Catur Pramana. I Wayan Suja; I Made Wirta
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.621 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i2.1831

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh implementasi buku ajar sains SD bermuatan content sains asli dan context pedagogi Catur Pramana terhadap aktivitas, hasil belajar, dan sikap ilmiah siswa.  Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD di Kota Singaraja pada semester 1 tahun 2011/2012 serta objek penelitiannya adalah aktivitas, hasil belajar, dan sikap ilmiah siswa.  Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan buku ajar sains bermuatan sains asli Bali dan dibelajarkan dengan siklus belajar Catur Pramana model “PAUS” (Pratyaksa-Anumana-Upamana-Sabda Pramana), sedangkan kelas kontrol berupa pembelajaran konvensional.  Data penelitian dikumpulkan dengan rubrik kinerja, tes hasil belajar, dan angket; serta dianalisis secara deskriptif dan analisis uji-t.  Selama perlakuan, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori sedang (skor rata-rata 2,39) pada pertemuan I, tinggi (skor rata-rata 3,08) pada pertemuan II, dan sangat tinggi (skor rata-rata 3,33) pada pertemuan III. Uji beda skor rata-rata hasil pascates menunjukkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan buku ajar sains yang mengintegrasikan content dan context pedagogi Catur Pramana lebih baik dibandingkan yang dibelajarkan secara konvensional. Sikap ilmiah siswa setelah dibelajarkan dengan buku ajar tersebut tergolong tinggi (skor rata-rata 3,87).. Kata-kata Kunci: buku ajar sains SD, sains asli, Catur Pramana
Pengembangan Buku Ajar Berpendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan Pemecahan Masalah Terbuka. I Gusti Ngurah Japa
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (82.065 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i2.1832

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan Buku Ajar Pendidikan Matematika I Berpendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan Berbasis Pemecahan Masalah Terbuka. Pengembangan buku ajar ini menggunakan model ADDIE. Rancangan produk divalidasi oleh ahli isi, ahli desain, ahli media, dan kemudian dilakukan uji perorangan dan kelompok. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara. Data yang didapatkan dianalisis dengan statistik deskriptif. Temuan-temuan dari penelitian ini adalah (1) buku ajar yang disusun mimiliki kelayakan isi sebesar 77,14%, kelayakan desain sebesar 88,89%, dan kelayakan media sebesar 88,57%; dan (2) tingkat kelayakan uji terbatas perorangan mahasiswa sebesar 83,8%, dosen sebesar 76,36%, dan uji kelompok sebesar 78,35%. Karakteristik buku ajar yang dikembangkan adalah pada setiap unit berisi (1) konsep-konsep kunci, (2) kerangka isi, (3) kompetensi dasar, (4) indikator hasil belajar, (5) uraian materi sesuai dengan unit yang dipaparkan, (6) rangkuman, (7) lembar masalah, dan (8) tes akhir unit. Pada bagian uraian materi disajikan contoh-conroh masalah terbuka. Pada bagian lembar masalah dan tes akhir unit disajikan masalah-masalah matematika kontekstual dan bersifat terbuka. Kata-kata Kunci: pendidikan matematika, matematika realistik, pemecahan masalah.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2012 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 56 No 2 (2023): July Vol 56 No 1 (2023): APRIL Vol 55 No 3 (2022): OCTOBER 2022 Vol 55 No 1 (2022): APRIL 2022 Vol 55 No 2 (2022): JULY Vol 55, No 1 (2022) Vol 54 No 3 (2021): OCTOBER 2021 Vol 54, No 3 (2021): OCTOBER 2021 Vol 54, No 2 (2021): JULY 2021 Vol 54 No 2 (2021): JULY 2021 Vol 54, No 1 (2021): April 2021 Vol 54 No 1 (2021): April 2021 Vol 53 No 3 (2020): OCTOBER 2020 Vol 53, No 3 (2020): OCTOBER 2020 Vol 53, No 2 (2020): JULY 2020 Vol 53 No 2 (2020): JULY 2020 Vol 53, No 1 (2020): April 2020 Vol 53 No 1 (2020): April 2020 Vol 52 No 3 (2019): OCTOBER 2019 Vol 52, No 3 (2019): OCTOBER 2019 Vol 52, No 2 (2019): JULY 2019 Vol 52 No 2 (2019): JULY 2019 Vol 52, No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 52 No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 51 No 3 (2018): October 2018 Vol 51, No 3 (2018): October 2018 Vol 51, No 2 (2018): July 2018 Vol 51 No 2 (2018): July 2018 Vol 51 No 1 (2018): April 2018 Vol 51, No 1 (2018): April 2018 Vol 50 No 3 (2017): October 2017 Vol 50, No 3 (2017): October 2017 Vol 50, No 2 (2017): July 2017 Vol 50 No 2 (2017): July 2017 Vol 50 No 1 (2017): April 2017 Vol 50, No 1 (2017): April 2017 Vol 49, No 3 (2016): Oktober 2016 Vol 49 No 3 (2016): Oktober 2016 Vol 49, No 2 (2016): Juli 2016 Vol 49 No 2 (2016): Juli 2016 Vol 49 No 1 (2016): April, 2016 Vol 49, No 1 (2016): April, 2016 Vol 48 No 1-3 (2015): April, 2015 Vol 48, No 1-3 (2015): April, 2015 Vol 47 No 2-3 (2014): Oktober, 2014 Vol 47 No 1 (2014): April, 2014 Vol 47, No 2-3 (2014): Oktober, 2014 Vol 47, No 1 (2014): April, 2014 Vol 46 No 3 (2013): Oktober, 2013 Vol 46, No 3 (2013): Oktober, 2013 Vol 46 No 1 (2013): April, 2013 Vol 46, No 1 (2013): April, 2013 Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012 Vol 46 No 2 Juli (2013) Vol 46, No 2 Juli (2013) Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012 Vol 45, No 3 (2012): Oktober, 2012 Vol 45, No 2 (2012): Juli, 2012 Vol 45 No 1 (2012): April, 2012 Vol 45, No 1 (2012): April, 2012 Vol 44, No 1 (2011): April 2011 Vol 44 No 1 (2011): April 2011 Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010 Vol 43, No 3 (2010): Oktober 2010 Vol 43, No 2 (2010): Juli, 2010 Vol 43 No 2 (2010): Juli, 2010 Vol 43 No 1 (2010): April 2010 Vol 43, No 1 (2010): April 2010 Vol 42, No 3 Okt (2009) Vol 42 No 3 Okt (2009) Vol 42, No 2 Jul (2009) Vol 42 No 2 Jul (2009) Vol 42, No 1 Apr (2009) Vol 42 No 1 Apr (2009) Vol 41, No 4 (2008): Edisi Khusus 2008 Vol 41 No 4 (2008): Edisi Khusus 2008 Vol 41, No 1 (2008): April 2008 Vol 41 No 1 (2008): April 2008 More Issue