cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalprasiundiksha@gmail.com
Editorial Address
Jalan Jend. A. Yani 67, Singaraja 81116, Telp. 0362-21541, Faks. 0362-27561
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya
ISSN : 16936124     EISSN : 26141116     DOI : -
Core Subject : Education,
PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is a scientific open-access, peer-reviewed bilingual journal published by the Faculty of Language and Art, Universitas Pendidikan Ganesha. PRASI is a fully refereed academic research journal that aims to spread original, theoretical and practical progress in multidisciplinary research findings related to Language and Art. PRASI creates a bridge between research and development for researchers and practitioners nationally and globally.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 15 (2013)" : 8 Documents clear
REPRESENTASI WANITA DALAM JOSEIGO Krishna Adnyani, Kadek Eva
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol 8, No 15 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.085 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v8i15.8949

Abstract

The qualitative research is aimed at describing the women representation in Joseigo (women language) which occured in Japanese Language. The data of the research were the special words, including terms, accent, intonation, pronounciation, and grammar which exclusively referred to be used by Japanese Women. The findings show that the formulation of Joseigo is not something that naturally occured or indication of the ideal femininity but a part of government’s manipulation. Joseigo then constructed by media as a way to elevate thesocial status of women and as a femininity index.
RESENSI BUKU: FROZEN, KETIKA KEBEKUAN DUA SAUDARA MENCAIR Piscayanti, Kadek Sonia
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol 8, No 15 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.217 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v8i15.8956

Abstract

-
ENHANCING THE STUDENTS’ READING ABILITY THROUGH ICT-BASED READING MATERIALS Arimbawa, I Nyoman
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol 8, No 15 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.043 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v8i15.8950

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca (baik membaca pemahaman maupun membaca nyaring) siswa SMP Kelas VIII A di SMPN 1 Kubutambahan melalui materi bacaan berbasis TIK. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model siklus Penelitian Tindakan dari Kemmis & Taggart (1988) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara dan tes membaca serta dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi bacaan berbasis TIK bisa meningkatkan kemampuan membaca siswa secara signifikan baik kemampuan membaca pemahaman maupun kemampuan membaca nyaring.Kata kunci: kemampuan membaca, materi bacaan berbasis TIK.
DEVELOPING ICT BASED INTEGRATED READING AND WRITING MATERIALS FOR THE SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMPN 4 BATURITI IN THE ACADEMIC YEAR 2012/2013 Sandiyasa, I W.; Adi Jaya Putra, I N.; Budasi, I Gd.
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol 8, No 15 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.688 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v8i15.8951

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi pembelajaran yang menyatu-padukan membaca dan menulis yang berbasis ICT untuk siswa kelas 7 di SMP N 4 Baturiti. Penelitian ini dirancang berdasarkan pada rancangan penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Dick, Carey dan Carey di tahun 2005. Model penelitian ini terdiri atas tiga langkah utama yaitu; analisa keperluan, pengembangan produk, dan evaluasi produk. Analisa keperluan diadakan dalam rangka memperoleh informasi tentang apa yang diperlukan dan sifat khas siswa, infrastruktur sekolah, dan topik yang harus muncul di dalam produk. Pada langkah pengembangan produk, materi dikumpulkan dan kemudian dikembangkan dengan menggunakan dua program bernama Hot Potatoes dan Macromedia Dreamweaver. Pada langkah evaluasi produk, diadakan penilaian ahli dan pengujian lapangan (field try-out) terhadap produk tersebut. Untuk keperluan langkah penilaian dari ahli, penelitian melibatkan dua ahli yang masing - masing memiliki keahlian dalam bidang berbeda yaitu; isi/kurikulum dan ICT. Hasil penilaian ahli menunjukkan kualitas materi yang dikembangkan sangat baik dengan nilai 3,88 dalam skala 0.1 – 4.0. Selain itu, pengujian lapangan terhadap produk juga diadakan untuk menguji apakah materi yang dikembangkan tersebut bisa dipakai dengan baik untuk mengajar keterampilan membaca dan menulis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa materi tersebut dapat dipergunakan dimana ini bisa dilihat dari tanggapan positif yang diberikan siswa sebanyak 86%. Kata kunci: Hot Potatoes, macromedia dreamweaver, menyatu-padukan kemampuan membaca dan menulis, pengembangan materi.
PENGGUNAAN PIRANTI PENDUKUNG UNTUK MELEMBUTKAN UJARAN: SEBUAH KASUS KESANTUNAN BAHASA BALI Seken, I Ketut
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol 8, No 15 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.697 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v8i15.8952

Abstract

This article discusses a case of politeness in Balinese referred to as softening strategies using supportive moves. The data used were obtained through non-participant observation on the peparuman adat in the village of Dawan Kelod, Subdistrict of Dawan, Klungkung Regency, and were analyzed by means of a flow model (Miles & Huberman, 1984) and Brown & Levinson’s (1987) theory of politeness. It was found that five types of supportive moves were used in the softening strategies, namely, preparator, imposition minimizer, grounder, alerter, and disarmer. The conclusion arrived at was that the use of the strategies conforms to the universal pattern postulated by Brown & Levinson (1987) but the realization reflects Balinese cultural values.Key Words: supportive moves, softening strategies
SENI (KRIYA) KERAMIK: DARI BENDA FUNGSIONAL KE PERNYATAAN SENI KONTEMPORER Suartini, Luh
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol 8, No 15 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/prasi.v8i15.8953

Abstract

Sejak zaman batu muda hingga hari ini keramik menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Keramik digunakan sebagai wadah untuk menyimpan sesuatu. Mulai dari wadah untuk menyimpan biji-bijian hingga wadah (peti) mayat manusia. Dewasa ini keramik dipilih oleh kalangan seniman sebagai media atau medium seni untuk menyatakan sesuatu. Di satu sisi, keramik digolongkan sebagai seni pakai. Di lain sisi, keramik digolongkan sebagai seni murni. Bagitu luasnya fungsi keramik, maka munculah istilah ‘seni kriya keramik’. Sebuah istilah baru yang bisa dianggap sangat ambigu. Sejarah perkembangan keramik bisa menjelaskan munculnya istilah ini.Keywords: keramik, wadah penyimpanan, seni kriya keramik.
ANALISIS KURIKULUM JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA TAHUN 2012 Piscayanti, Kadek Sonia
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol 8, No 15 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.766 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v8i15.8948

Abstract

Kurikulum Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (JPBI) Universitas Pendidikan Ganesha mengalami beberapa perubahan dalam kurun lima tahun terakhir yakni kurikulum 2007, 2011, dan 2012. Kurikulum 2012 adalah perbaikan dari kurikulum 2007 dan 2011. Mengingat hakikat pengembangan kurikulum adalah sebuah proses perbaikan maka, kurikulum 2012 perlu dianalisa dari berbagai kajian. Pertama, desain model pengembangan kurikulum. Kedua, struktur kurikulumnya. Ketiga, pendekatan pengembangannya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian tentang analisis kurikulum. Langkah penelitiannya adalah mengidentifikasi model kurikulum, struktur kurikulum, pendekatan pengembangan kurikulum, melakukan wawancara dengan para pemegang kebijakan, menyebar angket tentang kurikulum, analisis data, interpretasi data dan simpulan. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan analisis induktif dari Bogdan dan Biklen (2007 dalam Dewi, 2010) sementara analisis statistik deskriptif menggunakan skala Likert. Hasil analisisnya adalah kurikulum JPBI menggunakan kurikulum berbasis kompetensi yang berbasis subyek akademik, dikembangkan dengan pendekatan humanistik dan sesuai dengan rekonstruksi sosial yang berbasis pemecahan masalah. Sementara itu struktur kurikulum menggunakan kompetensi umum, kompetensi utama, kompetensi keahlian dan kompetensi penunjang. Sedangkan pendekatan pengembangannya menggunakan metode grass-root approach dan desentralistik diawali dengan tracer study, temu alumni, rapat penyusun kurikulum, rapat besar dosen jurusan, penyusunan kurikulum, penetapan dan sosialisasi kurikulum baru.
STRUKTUR FORMAL DALAM GEGURITAN JAMBE NEGARA Sukma Wirani, Ida Ayu
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol 8, No 15 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.904 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v8i15.8955

Abstract

The main objective of this study is to determine the formal structure in Geguritan Jambe Negara, and to contribute to the community in an effort to develop a literary treasures of Bali. This is a descriptive study with the method of observation and literature with the help of recording and translation techniques. Objects in this study is Geguritan Jambe Negara-owned Puri Gede Krambitan Tabanan. Disclosure of the contents of Geguritan Jambe Negara is the formal structure geguritan. In the formal structures of the Geguritan Jambe Negara language code that contains a wide variety of Bali Alus language, and Bali Kasar language Coarse language and style found in Geguritan Jambe Negara is such a style; hyperbole, litotes, oxymoron, eponym, antonomasia. The second result is a distortion in the literary code GJN occurred on the last syllable vocals, and deviations wilaiyin teacher. The deviation is a creative writer to retain the meaning or story in the geguritan.Keywords: formal structure, geguritan, and literary Bali

Page 1 of 1 | Total Record : 8