cover
Contact Name
Galih Dani Septiyan Rahayu
Contact Email
galih040990@ikipsiliwangi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
galih040990@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
ABDIMAS SILIWANGI
ISSN : 26147629     EISSN : 26146339     DOI : -
Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as well as the results of dedication to the community in the field of formal education, nonformal and informal.
Arjuna Subject : -
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2022): Oktober 2022" : 23 Documents clear
Workshop dan penyuluhan asesmen kognitif dan nonkognitif kurikulum prototipe kepada guru-guru di Kabupaten Subang R. Ika Mustika; Heri Isnaeni
Abdimas Siliwangi Vol 5, No 3 (2022): Oktober 2022
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v5i3.10666

Abstract

Kurikulum prototipe atau kurikulum 2022 menjadi tongkat estafet penyempurnaan kurikulum yang digunakan di Indonesia. Kurikulum prototipe memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri dibandingkan kurikulum-kurikulum sebelumnya, di antaranya dalam bentuk asesmen. Kurikulum prototipe mengenal dua bentuk asesmen, yakni asesmen kognitif dan nonkognitif. Kedua jenis asesmen ini menitikberatkan pada pembentukan siswa secara komprehensif, yakni membentuk pribadi siswa yang hebat secara intelektual dan kuat dalam karakter. Penerapan kurikulum prototipe ini diharapakan menjadi penghela pendidikan Indonesia dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Artikel ini merupakan hasil program PPM (Pengabdian Pada Masyarakat) yang diselenggarakan oleh IKIP Siliwangi dan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kabupaten Subang. Penyuluhan dilaksanakan pada tanggal 11-12 Februari 2022 dengan peserta para guru dari berbagai tingkatan di Kabupaten Subang. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan penyuluhan dan workshop pembuatan asesmen kognitif dan nonkognitif sesuai dengan kurikulum prototipe. Kegiatan ini dilaksanakan melalui seminar panel dengan cara memaparkan materi, diskusi aktif, dan workshop membuat asesmen dengan menggunakan aplikasi Rayvila Quiz Maker. Hasil kegiatan ini menunjukkan peserta antusias dan dapat mengikuti kegiatan sampai selesai. Hal-hal lain dari kegiatan ini menggambarkan guru-guru di Kabupaten Subang memiliki semangat yang kuat untuk memahami kurikulum prototipe dan berusaha mengaplikasikannya dengan metode pembelajaran abad 21. Dengan demikian, kegiatan PPM yang dilaksanakan di Kabupaten Subang berhasil mengenalkan jenis asesmen kurikulum prototipe dan berupaya menjadikan pendidikan sebagai tolok ukur  kemajuan bangsa dan negara Indonesia. Kata Kunci : asesmen, kurikulum, kognitif-nonkognitif, kurikulum prototipe  
Penanaman nilai-nilai revolusi mental dalam keseharian masyarakat Desa Tanjungwangi Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung Yusuf Muharam; Wulan Nurul Kamilah
Abdimas Siliwangi Vol 5, No 3 (2022): Oktober 2022
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v5i3.11549

Abstract

Revolusi mental adalah gerakan nasional untuk mengubah cara berpikir, cara kerja, cara bersikap, nilai-nilai, dan perilaku bangsa Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari, berkepribadian, dan bermartabat sebagai Gerakan Hidup Baru bangsa Indonesia bertumpu pada tiga nilai-nilai dasar: Integritas (jujur, dipercaya, berkarakter, tanggung jawab), Etos kerja (daya saing, optimis, inovatif, dan produktif), dan Gotong Royong (kerjasama, solidaritas, komunal, berorientasi pada kemaslahatan). Revolusi teknologi, informasi, dan komunikasi telah menjadikan dunia ini tanpa batas, globalisasi, keterbukaan, dan kebebasan yang tidak terkendali telah menyebabkan terjadinya dekadensi moral, sesuatu yang dulu dianggap tabu kini menjadi hal yang biasa, narkoba, miras, pergaulan bebas kini menjadi hal yang selalu menghiasi media dan menjadi hal  yang biasa  bagi  masyarakat  sehingga  diperlukan  suatu  gerakan  nasional  untuk membawa bangsa Indonesia menuju bangsa yang maju, modern, bermartabat, dan sejahtera. Dengan Gerakan ini masyarakat diharapkan dapat berperilaku lebih baik, memiliki pola pikir yang sesuai dengan tema Gerakan Nasional Revolusi Mental: Indonesia melayani, Indonesia bersih dan Indonesia tertib, Indonesia bersatu dan Indonesia mandiri. Selanjutnya GNRM dapat dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar dengan cara mempraktekkan dalam kehidupan sehari hari. Dengan demikian penanaman nilai-nilai GNRM dapat terwujud sesuai harapan yaitu menuju bangsa yang besar, tangguh dan mandiri dan merdeka.
Pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis video bagi guru pendidikan Agama Buddha Kunarso Kunarso
Abdimas Siliwangi Vol 5, No 3 (2022): Oktober 2022
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v5i3.11143

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan harapan menambah pengetahuan dan keterampilan guru dalam mebuat media pembelajaran berbasis video. Obyek kegiatan yaitu media pembelajaran berbasis video, sedangkan subyek dalam kegiatan ini adalah guru pendidikan agama Buddha yang tergabung dalam kelompok kerja guru Pendidikan agama buddha kabupaten Pati. Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 21 November 2020. Teknik kegiatan dilakukan dengan cara pendampingan. Tahapan kegiatan meliputi (1) pra acara yaitu menyususn materi presentasi, menyiapkan administrasi. (2) meminta dukungan lembaga yakni Kelompok Kerja Guru Agama Buddha kabupaten Pati. (3) pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara pemberian pendampingan pembuatan video pembelajaran berbasis video. (4) evaluasi hasil kegiatan melalui pemberian umpan balik oleh peserta terhadap pelaksana. Hasil PkM menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan teori dan praktik pembuatan media pembelajaran berbasis video. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil post test dan pre tes serta hasil pembuatan video pembelajaran. 
Pendampingan implementasi teknologi untuk melatih kemampuan empati anak autis selama masa pandemi Meredita Susanty; Waskito Pranowo; Erwin Setiawan; Intan Oktafiani; Randi Fermana; Akbar Barrinaya
Abdimas Siliwangi Vol 5, No 3 (2022): Oktober 2022
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v5i3.10747

Abstract

Penetapan aturan social distancing berikut penutupan sekolah dan tempat hiburan anak selama penyebaran wabah COVID-19 menimbulkan kesulitan bagi anak untuk berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Keterbatasan akses ini menimbulkan kekhawatiran yang tinggi pada orangtua dengan anak yang memiliki diagnosa autisme karena kemampuan sosial anak ASD dapat menurun apabila tidak diberikan jumlah stimulasi sosial yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian di beberapa negara maju, virtual reality (VR) dilihat sebagai sebuah platform yang efisien, aman dan menarik bagi anak-anak dengan gangguan spektrum autisme untuk dapat melatih keterampilan sosialnya secara online. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, Universitas Pertamina bekerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran untuk membangun aktivitas berbasis VR yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan sosial pada anak dengan diagnosa autisme. Aktivitas akan dirancang dalam bentuk permainan interaktif yang dapat menstimulasi kemampuan interaksi anak, seperti kemampuan untuk berempati, memusatkan atensi visual dan auditori ke lawan bicara, mengikuti instruksi verbal, mematuhi aturan dan menyelesaikan konflik sosial. Hasil dari program pengabdian kepada masyarakat ini di kemudian hari dapat digunakan sebagai alat bantu di dalam kegiatan terapi sosial oleh para profesional, seperti psikolog dan terapis yang bekerja dengan anak berkebutuhan khusus. Selain itu, orangtua dari anak autis juga dapat memanfaatkan alat ini untuk menstimulasi kemampuan anaknya di rumah.
Pelatihan membuat alat evaluasi berbasis tpack menggunakan aplikasi testmoz pada para guru di Yayasan Miftahul Ihsan Al-Banjary Kota Banjar Provinsi Jawa Barat Yesi Maylani Kartiwi; Mekar Ismayani
Abdimas Siliwangi Vol 5, No 3 (2022): Oktober 2022
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v5i3.10979

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai sosialisasi alat evaluasi khususnya alat penilaian hasil belajar berbasis TPACK menggunakan aplikasi testmoz kepada para guru di yayasan Miftahul Ihsan Al-Banjary, Kota Banjar Jawa Barat. Alat evaluasi tersebut diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para guru dalam melaksanakan penilaian yang kekinian dan sesuai era saat ini yakni era digital dan industri 4.0, sehingga alat evaluasi tersebut dapat meningkatkan kualitas penilaian/assesmen secara daring. Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini menggunakan metode pendidikan dan pelatihan. Tujuan pelatihan ini yaitu menyosialisasikan alat evaluasi menggunakan aplikasi testmoz sebagai implementasi dari pembelajaran abad 21. Berdasarkan hasil angket yang diperoleh dari 34 partisipan dihasilkan kepuasan peserta dalam mengikuti pelatihan, pemahaman peserta dan kebermaknaan peserta pelatihan termasuk kategori baik. Adapun hasil pengabdian ini diharapkan dapat membantu para guru dalam melaksanakan penilaian berbasis TPACK dan bisa meningkatkan kualitas pembelajaran. 
Pemberdayaan kader berbasis educational and community based program dalam upaya pencegahan penyakit jantung Dian Hudiyawati; Abi Muhlisin; Arum Pratiwi; Sulastri Sulastri; Kartinah Kartinah; Reni Kartika Sari; Intan Roesyati
Abdimas Siliwangi Vol 5, No 3 (2022): Oktober 2022
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v5i3.10736

Abstract

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Salah satu penyebab tingginya prevalensi penyakit jantung adalah gaya hidup masyarakat yang semakin tidak sehat. Upaya pencegahan faktor risiko penyakit jantung telah dilakukan oleh pemerintah, salah satunya melalui Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) di setiap desa. Permasalahan mitra (Desa Gedongan di wilayah Puskesmas Baki Sukoharjo) yaitu masih terbatasnya kegiatan pencegahan penyakit jantung berupa pengendalian hipertensi pada lansia. Kegiatan pencegahan lain belum dilaksanakan seperti upaya pengendalian merokok, perubahan pola hidup sehat melalui pemenuhan zat gizi, aktivitas, manajemen stres. Hal ini belum dilakukan karena keterbatasan kemampuan kader untuk memberikan edukasi tersebut sehingga kegiatan kader masih sangat bergantung pada Puskesmas. Melihat permasalah dan pentingnya peningkatan kemampuan kader terkait pencegahan penyakit jantung maka Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bermaksud untuk memberikan pendampingan pelatihan pencegahan penyakit jantung pada kader agar kader dapat menjadi pelopor kesehatan atau role model serta dapat membentuk masyarakat yang peduli terhadap kesehatan jantung. Kata Kunci: pemberdayaan kader, penyakit tidak menular, penyakit jantung, preventif
Pemanfaatan teknologi informasi dalam rangka pengembangan sdm yang berkualitas dan mendukung gerakan indonesi melayani pada PAUD Mawarsari 6 Bojongsoang Rosmalina Rosmalina; Khilda Nistrina
Abdimas Siliwangi Vol 5, No 3 (2022): Oktober 2022
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v5i3.11553

Abstract

Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini dilaksanakan dalam rangka membantu program pemerintah dalam mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Gerakan Indonesia Melayani, sehingga diperlukan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas. Berdasarkan hal tersebut kami memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan Teknologi Informasi untuk meningkatkan wawasan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melalui media informasi, sehingga kemampuan dan keahliannya dapat ditingkatkan. Sehubungan dengan hal tersebut kami memberikan pelatihan kepada 10 orang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan PAUD Mawarsari 6 Cikoneng Desa Bojongsoan Kabupaten Bandung. Pelatihan dilaksanakan pada hari Selasa Tanggal 21 Desember 2021 dengan pemberian materi tentang pengenalan Teknologi Informasi dan praktek penggunaan teknologi informasi. Berdasarkan hasil pelatihan dan pendampingan yang dilakukan, beberapa tenaga pendidik langsung menggunakan metode tersebut dalam proses belajar dan mengajar di kelas. Beberapa lainnya karena keterbatasan fasilitas sekolah masih menggunakan metode lama. Diharapkan ada program lanjutan yang dapat meningkatkan keterampilan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan khususnya di PAUD Mawarsari 6.
Pelatihan pembuatan yoghurt dan sabun sebagai ide wirausaha panti asuhan Ulul Azmi Cimahi bersama Teras Ruhama Myra Wardati Sari; Nunik Ekawandani; Cengristitama Cengristitama; Lusi Marlina; Retno Diah Utari
Abdimas Siliwangi Vol 5, No 3 (2022): Oktober 2022
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v5i3.10119

Abstract

Wirausaha saat ini menjadi hal utama dalam menambah keterampilan dalam mengembangan bakat atau hobi yang dapat menjadi penghasilan. Banyak masyarakat tertarik mengikuti berbagai macam pelatihan/kursus untuk dapat berwirausaha. Dalam kegiatan ini dosen Teknik Kimia Politeknik TEDC bekerja sama dengan Teras Ruhama untuk memberikan pelatihan singkat untuk anak-anak Panti asuhan Ulul Azmi untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan dapat di terapkan. Pelatihan ini adalah pelatihan membuat yoghurt dengan cara yang sesederhana mungkin dan menggunakan bahan baku yang semudah mungkin. Pembuatan sabun yang dijadikan materi lain dalam pelatihan ini. Beberapa jenis sabun diperkenalkan dan diperagakan proses pembuatannya. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini para pengurus Panti Asuhan Ulul Azmi Cimahi dapat memproduksi sabun untuk kebutuhan intern panti, seperti sabun mandi dan sabun cuci piring. Sehingga dapat menekan biaya hidup rutin yang dibutuhkan.
Pelatihan penyusunan rencana pembelajaran daring dengan problem based learning, HOTS, dan kemampuan literasi Muhammad Afrilianto; Tina Rosyana
Abdimas Siliwangi Vol 5, No 3 (2022): Oktober 2022
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v5i3.11036

Abstract

Pada kegiatan pembelajaran daring perlu memperhatikan unsur-unsur pembelajaran terbaru sebagai esensi dari pembelajaran inovatif. Pembelajaran inovatif merupakan suatu proses belajar mengajar yang merealisasikam unsur pembelajaran abad 21 salah satunya dengan problem based learning dan berliterasi. Tujuan pengabdian ini ialah memberikan pelatihan dan bimbingan dalam penyusunan rencana pembelajaran daring dengan problem based learning, HOTS, dan kemampuan literasi bagi guru-guru di wilayah Kabupaten Pangandaran baik guru SD, SMP, maupun SMA sederajat. Jumlah peserta sebanyak 100 guru. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan 3 tahap, yaitu tahap perencanaan/identifikasi, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Bapak dan ibu guru dibantu secara langsung dalam penyusunan RPP memuat indikator pencapaian kompetensi (IPK), tujuan pembelajaran, pemilihan strategi/metode/pendekatan, langkah pembelajaran, media/sumber belajar, dan penilaian. Hal tersebut disesuaikan dengan karakteristik Problem Based Learning, HOTS, dan kemampuan literasi. Melalui kegiatan pengabdian ini, diharapkan instansi sekolah dapat mengimplementasikan strategi Problem Based Learning pada pembelajaran daring sebagai tuntutan kompetensi Abad 21 dengan unsur peningkatan kemampuan literasi dan Higher order Thinking Skills (HOTS).
Penyuluhan bahaya merokok pada remaja di Kelurahan Cipadung Kidul Kota Bandung Suherdin Suherdin; Yosef Pandai Lolan; Diah Adni Fauziah; Annisa Luthfiyyatul L; Azmi Maulidayanti N; Bentang Abdan S; Dea Puspita S7 Puspita S; Fadila Mutiara SN; Ryan Deby H; Shinta Sraun
Abdimas Siliwangi Vol 5, No 3 (2022): Oktober 2022
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/as.v5i3.10903

Abstract

Perilaku merokok remaja RW 09 Keluarahan Cipadung Kidul Kota Bandung mengalami kenaikan dapat dilihat dari data hasil observasi awal. Tujuan dari pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu untuk Menganalisis situasi kesehatan dan meningkatkan pengetahuan bahaya merokok di RW 09 Kelurahan Cipadung Kidul, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung melalui penyulihan kesehatan. Metode kegiatan meliputi analsiis situasi, identifikasi masalah, prioritas masalah, akar masalah, solusi alternatif, dan implementasi. Implementasi dilakukan dengan mengadakan program PANDU Remaja disertai dengan edukasi mengenai bahaya merokok. Hasil dari kegiatan PANDU Remaja ini adanya peningkatan pengetahuan pada remaja mengenani bahaya merokok. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah ditemukannya sebuah penyebab perilaku merokok remaja yang masih tinggi dan dilakukannya sebuah upaya pengendalian dengan dilakukannya program PANDU Remaja yang diisi dengan edukasi menggunakan media edukasi.

Page 1 of 3 | Total Record : 23