cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
mfauziddin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
astutimasnur@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
ISSN : 26146754     EISSN : 26143097     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and parenting.
Arjuna Subject : -
Articles 664 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2021): 2021" : 664 Documents clear
Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Konformitas Pada Mahasiswa Isi Padang Panjang Dinata, Robian; Fikry, Zulian
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 1 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.818 KB) | DOI: 10.31004/jptam.v5i1.895

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan konformitas pada mahasiswa Institut Seni Indonesia Padang Panjang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 111 orang mahasiswa dari institut seni indonesia padang panjang, subjek diperoleh dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini memakai skala kepercayaan diri dan skala konformitas, Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Product Moment Correlation Coefisien. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai korelasi (r) = -0,477 dan nilai p = 0,00 (p > 0,05). Hal ini menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan konformitas pada mahasiswa institut seni indonesia padang panjang.
Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kemampuan Sosial Anak Autisme Yulanda, Citra
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 1 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.384 KB) | DOI: 10.31004/jptam.v5i1.896

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan kemampuan sosial anak autisme. Penelitian ini menggunakan motode kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 40 orang anak atutisme dan 40 orangtua dari anak autisme. Teknik pengambilan data sampel menggunakan teknik observasi dan sampling jenuh. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala dukungan orangtua dan skala kemampuan sosial. Data diolah menggunakan korelasi product moment. Hasil dari uji hipotesis diperoleh r = 0,293 dan p= 0.036 (< 0.01). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan orangtua dengan kamampuan sosial anak autisme.
Hubungan Antara Konformitas dengan Perilaku Agresi pada Komunitas Street Punk di Kota Bukittinggi Bintang, Faulia; Aulia, Prima
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 1 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.189 KB) | DOI: 10.31004/jptam.v5i1.897

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yakninya untuk melihat hubungan konformitas dengan perilaku agresi pada komunitas street punk di Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah metede kuantitatif dengan populasi penelitian terdiri dari komunitas street punk di Bukittinggi. Subek penelitian berjumlah 50 orang yang di peroleh melalui teknik snowball sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala yang dikembangkan dari aspek-aspek konformitas dari Sarwono dan Meinarno (2009) dan skala perilaku agresi oleh Johnson & Medinnud (Dayakisni & Hudaniyah, 2001). Data di olah dengan menggunakan teknik statistik korelasi product moment. Hasil penelitian dengan nilai (r) sebesar 0.653 dengan p=0.000 (p<0.01) menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara konformitas dengan perilaku agresi pada komunitas street punk di Kota Bukittinggi.
Hubungan antara Konformitas dengan Harga Diri Pelanggan Coffee Shop Di Kota Bukittinggi Restika, Annisa; Rinaldi
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 1 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.466 KB) | DOI: 10.31004/jptam.v5i1.899

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan harga diri pelanggan coffee shop di Kota Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian terdiri dari remaja akhir yang berada di Kota Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil subjek sebanyak 119 orang remaja yang berada di Kota Bukittinggi. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan skala konformitas dan skala harga diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian dengan nilai koefisien korelasi (r) = -0,428 dan nilai p = 0,000 (p < 0,05) menunjukan hubungan yang negatif signifikan konformitas dengan harga diri pelanggan coffee shop di Kota Bukittinggi.
Perbedaan Stres Kerja Pegawai Sipir Rutan Kelas II B Padang Ditinjau dari Jenis Kelamin Novtan, Restu Rama; Putra, Yanladila Yeltas
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 1 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.049 KB) | DOI: 10.31004/jptam.v5i1.900

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan stres kerja antara laki-laki dan perempuan pegawai sipir Rutan Kelas II B Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai sipir Rutan Kelas II B Padang dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala stres kerja. Data diolah dengan menggunakan teknik statistikuji beda t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) = 0,003 < 0,05 yang mengartikan bahwa perbedaan yang signifikan stres kerja antara laki-laki dan perempuan pada pegawai sipir Rutan Kelas II B Padang.
Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah dalam Menjaga Mesjid Kurang Aso 60 Sebagai Cagar Budaya di Kabupaten Solok Selatan Oktavia, Widya; Rusdinal, Rusdinal; Firman, Firman
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 1 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.648 KB) | DOI: 10.31004/jptam.v5i1.901

Abstract

Indonesia negara yang hampir 80% masyarakatnya beragama islam. Tidak heran banyak memiliki mesjid- yang bersejarah salah satunya yang terdapat di Sumatera Barat tepatnya di kabupaten Solok Selatan yaitu Mesjid Kurang Aso 60. Mesjid ini memiliki makna filosofis yang tinggi bagi masyarakat setempat sesuai dengan falsafah Minangkabau “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”. Hal ini mendorong partisipasi dari masyarakat setempat bahkan dari Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dalam menjaga mesjid Kurang Aso 60 sebagai cagar budaya diantaranya: Partisipasi Masyarakat: a).Melaksanakan Gontong Royong 1 kali sebulan untuk membersihkan mesjdi, 2).Tetap memfungsikan mesjid sebagai tempat ibadah umat islam, 3).Menjadikan mesjid sebagai sentral acara adat. 4).Mendirikan TPA/Tempat Mengaji bagi anak-anak masyarakat setempat. Partisipasi pemerintah: a).Menjadikan mesjid Kurang Aso 60 sebagai tempat wisata religi di Solok Selatan, b).Menjadikan mesjid Kurang Aso 60 sebagai sumber belajar bagi mahasiswa yang KKN, c).Membentuk jaringan dengan masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan menambah nilai budaya mesjid Kurang Aso 60.
Peran Pendidikan Karakter terhadap Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Sosial pada Siswa SMP Negeri 1 Sungai Geringging Linda, Roza; Rusdinal, Rusdinal; Firman, Firman
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 1 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.392 KB) | DOI: 10.31004/jptam.v5i1.902

Abstract

Penelitian ini yang penulis buat didasarkan pada banyaknya siswa yang memiliki perilaku karakter menyimpang pada saat belajar di sekolah ataupun pada lingkungan di sekitarnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk melakukan analisa pada Peran pendidikan berkarakter dalam mata pelajaran IPS. Pengimplementasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS. Beberapa kendala pendidikan karakter dalam mata belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Narasumber yang diangkat sebagai sumber data primer sebanyak 3 orang, terdiri dari kepala sekolah 1 orang dan 2 orang guru bidang studi IPS. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data pada penelitian ini mencakup empat alur kegiatan, seperti proses pengumpulan data,reduksi data, kemudian penyajian data, dan terakhir dilakukan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa program pendidikan yang berkarakter sudah diprogramkan, baik secara umum atapun secara khusus pada mata pelajaran IPS. Sementara itu jumlah implementasi nilai karakter sebanyak 5 jenis, yakni nilai disiplin, nilai rasa hormat dan perhatian, nilai tekun, nilai tanggung jawab dan selanjutnya adalah nilai ketelitian. Program ini sudah diimplementasikan melalui pembelajaran IPS. Penanaman dari nilai karakter yang dituju disesuaikan dengan pembelajaran setiap pertemuan materi pembelajaran, sehingga implementasi dari 5 nilai-nilai karakter tidak pada semua pertemuan pembelajaran IPS
Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Di SD Gurun Panjang Syafitri, Nadya; Eliyasni, Rifda
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 1 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.28 KB) | DOI: 10.31004/jptam.v5i1.903

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari : a) RPP siklus I dengan rata-rata 83,33% (B) menjadi 91,67% pada siklus II, b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 82,14% menjadi 92,85% pada siklus II, pelaksanaan pada aktivitas siswa siklus I dengan rata-rata 80,35% menjadi 89,28% pada siklus II, c) Hasil belajar siswa siklus I dengan rata-rata 76,65 menjadi 80,61 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas V SD Negeri 02 Gurun Panjang Kabupaten Pesisir Selatan
Implementasi Nilai Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa MAN di Kota Padang Rinawati, Rinawati; Firman, Firman; Rusdinal, Rusdinal
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 1 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (47.389 KB) | DOI: 10.31004/jptam.v5i1.904

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi maraknya fenomena perilaku-perilaku yang disebabkan rendahnya sikap nasionalisme siswa seperti siswa kurang menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, banyak ditemukan siswa tidak mau mengikuti pelaksanaan upacara bendera dengan baik dan benar. Pada akhirnya menimbulkan pertanyaan apakah pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan telah dilaksanakan dengan baik, lalu kenapa sikap nasionalisme siswa masih rendah. oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan bagaimana implementasi nilai karakter dalam perencanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, bagaimana implementasi nilai karakter meningkatkan sikap Nasionalisme siswa melalui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Hambatan-hambatan apa yang muncul melalui penanaman nilai-nilai karakter dalam meningkatkan sikap Nasionalisme siswa di MAN di Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian berjenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan ditentukan dengan menggunakan Purposive Sampling (memilih dengan sengaja) yaitu menentukan informan dengan pertimbangan tertentu bisa memberikan data yang lebih baik mengenai pendidikan karakter pada mata pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan sikap nasionalisme di MAN di Kota Padang Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa (1) Implementasi nilai karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan kegiatan ekstrakurikuler dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di MAN di Kota Padang (2) Implementasi nilai karakter meningkatkan sikap Nasionalisme siswa melalui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di MAN di Kota Padang menggunakan lima item karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yaitu semangat kebangsaan (nasionalisme), religius, kepedulian terhadap lingkungan, cinta damai dan Mandiri. Untuk mengeahui keberhasilan implementasi nilai karakter dilihat dari interaksi yang dilakukan siswa baik didalam kelas maupun di luar kelas.(3) Hambatan-hambatan yang muncul melalui penanaman nilai-nilai karakter diantaranya kurangnya ketidakjelasan penetuan tujuan dalam pendidikan karkater, kurangnya kemampuan guru dalam menyusun pertanyaan formati aspek afektif dalam mengimplementasikan nilai karakter dari materi yang diberikan dengan perkembangan teknologi ikut berpengaruh pada pola pikir siswa, guru kurang diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan pengembangan nilai karakter (workshop) dan kurangnya fasilitas yang memadai.
Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan pada Anak Binaan di LPKA Tanjung Pati Wahyuni, Aprila Sri
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 1 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.019 KB) | DOI: 10.31004/jptam.v5i1.905

Abstract

Hubungan konsep diri dengan kecemasan pada anak binaan di LPKA Tanjung Pati. Tindak kriminalitas semakin meningkat setiap tahunnya. Pelaku tindak kriminalitas ini tidak hanya dilakukan oleh kalangan dewasa, namun juga banyak dilakukan oleh kalangan anak sampai dengan remaja. Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan karena mereka sedang berada pada fase transisi dari anak-anak menuju dewasa yang seharusnya mampu meraih prestasi dan mencari identitas diri. Perbuatan tersebut menyebabkan mereka berurusan dengan pihak penegak hukum untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Anak harus menjadi tahanan muda atau masuk ke Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA). Menjadi tahanan tentu akan berpengaruh pada pandangan masyarakat tentang diri mereka sehingga bisa mempengaruhi konsep diri mereka. Hal ini bisa memengaruhi kondisi psikologis anak seperti mengalami kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara konsep diri dengan kecemasan pada anak binaan di LPKA Tanjung Pati. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Anak Binaan di LPKA Tanjung Pati, dengan jumlah sampel sebanyak 19 orang Anak Binaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala konsep diri dan skala kecemasan. Data analisis menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat konsep diri Anak Binaan di LPKA Tanjung Pati berada pada kategori sedang dan kecemasan berada pada kategori sedang ke tinggi. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri dengan kecemasan pada Anak Binaan di LPKA Tanjung Pati dengan koefisien korelasi (r) sebesar -0,503 dan nilai p=0,028 (p<0,05) yang berarti semakin tinggi konsep diri maka kecemasan semakin rendah dan ketika konsep diri semakin rendah maka kecemasan semakin tinggi.

Page 1 of 67 | Total Record : 664