cover
Contact Name
Asep Amam
Contact Email
aam@student.upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
teoremamathunigal17@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Teorema: Teori dan Riset Matematika
Published by Universitas Galuh
ISSN : 25410660     EISSN : 25977237     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN 2597-7237.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2018): Maret" : 7 Documents clear
MODEL TRANSFER PENGETAHUAN ARSITEKTUR TRADISIONAL RUMAH GADANG MINANGKABAU Rozi Fitriza
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 2, No 2 (2018): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.248 KB) | DOI: 10.25157/teorema.v2i2.1069

Abstract

Keberadaan Rumah Gadang, sebagai rumah adat suku Minangkabau, tidak terlepas dari perantukang tuo yang tetap menjaga keunikan teknik arsitektur tradisional Rumah Gadang. Agareksistensi Rumah Gadang tetap terjaga, maka harus ada usaha pewarisan pengetahuan arsitekturtradisional. Tulisan ini bertujuan menggambarkan proses transfer pengetahuan arsitekturtradisional Rumah Gadang dari tukang tuo ke generasi penerusnya. Data mengenai proses transferpengetahuan ini penulis peroleh melalui wawancara dengan tukang tuo. Hasil wawancaramenunjukkan 3 (tiga) tahapan utama dalam proses transfer pengetahuan arsitektur tradisionalRumah Gadang. Tahapan proses transfer pengetahuan tersebut bersesuaian dengan teori belajarsosial dan teori belajar sosio-kultural. Hal ini menunjukkan bahwa sangat memungkinkan untukmenjaga kelestarian teknik arsitektur tradisional Rumah Gadang sebagai sebuah local genius.
KONEKSI MATEMATIS PADA KONSEP EKONOMI (PERMINTAAN DAN PENAWARAN) Ai Tusi Fatimah; adang effendi; Asep Amam
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 2, No 2 (2018): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.438 KB) | DOI: 10.25157/teorema.v2i2.1074

Abstract

Matematika sebagai ilmu yang terstruktur dan saling berhubungan dapat digunakan untukmembangun suatu konsep pada bidang ilmu di luar matematika, salah satunya pada bidangekonomi yaitu konsep permintaan dan penawaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuikoneksi matematis pada konsep permintaan dan penawaran. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah eksploratif. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) koneksi fungsi permintaan danpenawaran dengan persamaan linear dua variabel atau fungsi linear yang dibangun dari berbagaiide matematika, (2) penggunaan masalah permintaan dan penawaran pada konsep peluang dansistem persamaan linear dua variabel.
ETNOMATEMATIKA : Matematika dalam Kehidupan Petani di Kabupaten Karawang Indrie Noor Aini
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 2, No 2 (2018): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.21 KB) | DOI: 10.25157/teorema.v2i2.1072

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah istilah atau simbol matematika yang digunakan olehpetani di Kabupaten Karawang. Dalam kehidupan sehari-hari mereka telah menggunakankonsep matematika yaitu diantaranya bangun datar. Matematika yang lahir dari budayadinamakan etnomatematika. Metodologi yang digunakan adalah metode penelitian deskriptifeksploratif dengan subjek penelitiannya adalah petani di salah satu desa di KabupatenKarawang. Fenomena yang dijelaskan dalam penelitian ini adalah etnomatematika dalamkehidupan petani di Kabupaten Karawang. Hasil penelitian ini adalah bahwa petani diKarawang menggunakan matematika dalam kegiatan sehari-hari untuk menentukan luassawah, menghitung luas sawah, mengukur panjang dan lebar sawah dan menentukan jarakantara benih padi. Hal ini menggambarkan bahwa memiliki kemampuan etnomatematikayang baik dan perlu disosialisasikan, digunakan dan dipelihara secara khusus oleh pendidikformal.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYBRID TIPE TRADITIONAL CLASESS-REAL WORKSHOP TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA Yoni Sunaryo; Ida Nuraida; Nur Eva Zakiah
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 2, No 2 (2018): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.348 KB) | DOI: 10.25157/teorema.v2i2.1071

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi perlu diiringi dengan peningkatan kualitas sumber dayamanusia (SDM). Hal tersebut dapat dilakukan melalui pendidikan. Pendidikan erat kaitannya denganproses pembelajaran sehingga salah satu cara agar kualitas SDM meningkat adalah dengan pemilihanmodel pembelajaran yang melibatkan teknologi selama proses pemebalajarannya. Salah satu modelpembelajaran yang menggunakan teknologi saat proses pembelajarannya adalah model pembelajaranHybrid tipe Traditional Classes-Real Workshop. Software yang digunakan adalah geogebra.Penggunaan software geogebra dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran.Kemampuan pemahaman adalah hal yang penting untuk dilmiliki oleh siswa. Kemampuanpemahaman termasuk aspek kognitif. Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah aspek afektif yangsalah satunya adalah self-confidence (rasa percaya diri). Oleh karena itu tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Hybrid tipe Traditional Classes-RealWorkshop terhadap kemampuan pemahaman matematik ditinjau dari self-confidence siswa.Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Pamarican Tahun Pelajaran2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yanghasilnya adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima modelpembelajaran Hybrid tipe Traditional Classes-Real Workshop dan kelas VIII F sebagai kelas controlyaitu kelas yang menerima pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah soal teskemampuan pemahaman matematik dan angket berupa skala self-confidence. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Hybrid tipe Traditional Clasess-RealWorkshop terhadap kemampuan pemahaman matematik ditinjau dari self-confidence siswa
EFEKTIFITAS MODUL PROGRAM LINEAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Ahmadi Ahmadi; M Shaefur Rokhman
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 2, No 2 (2018): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.595 KB) | DOI: 10.25157/teorema.v2i2.1076

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah modul hasil pengembangan itu valid, untukmengetahui apakah modul hasil pengembangan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengumpulan data yang digunakan dengancara validasi, observasi, angket, wawancara dan tes. Untuk mengetahui kevalidan modul ProgramLinear dilakukan dengan lembar validasi. Obvervasi, angket dan wawancara dilakukan untukmengetahui kepraktisan pengembangan modul Program Linear. Modul hasil pengembangandapat dikatakan cukup valid karena sudah memenuhi kriteria-kriteria modul yang baik, modul hasilpengembangan memenuhi kriteria kepraktisan karena mahasiswa memberikan penilaian melaluiangket dengan skor yang cukup baik, berdasarkan hasil uji proporsi maupun uji-t dapat disimpulkanbahwa modul hasil pengembangan dalam penelitian ini dapat dikatakan efektif dalammeningkatkan hasil belajar mahasiswa.
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING Siti Eftafiyana; Siti Asiyah Nurjanah; Marzan Armania; Asep Ikin Sugandi; Nelly Fitriani
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 2, No 2 (2018): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.883 KB) | DOI: 10.25157/teorema.v2i2.1070

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk menelaah bagaimana hubungan antara kemampuan berpikir kreatifmatematis dengan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatanCreative Problem Solving (CPS). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasieksperimen, dengan cara mengambil dua kelas yang berbeda, kemudian kelas pertamamendapatkan pembelajaran dengan CPS dan kelas kedua menggunakan pembelajaran biasa.Populasinya adalah seluruh siswa SMP di Kota Cimahi, dengan sampel diambil dua kelas. Keduakelas diberi pretes agar mengetahui kemampuan awal mereka, selanjutnya kelas eksperimendiberi pembelajaran dengan CPS dan kelas kontrol diberi pembeljaran biasa, dan terakhir keduakelas diberikan postes dan angket motivasi belajar yang mana data tersebut akan diolah dandianalisis korelasinya menggunakan Product Moment Person. Hasil penelitian menunjukan adanyahubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kretif matematis dan motivasi belajar siswadalam pembelajaran matematika
PENGARUH FAKTOR MUSIMAN PADA PEMODELAN DERET WAKTU UNTUK PERAMALAN DEBIT SUNGAI DENGAN METODE SARIMA Dadang Ruhiat; adang effendi
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 2, No 2 (2018): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.576 KB) | DOI: 10.25157/teorema.v2i2.1075

Abstract

Pemodelan dan peramalan deret waktu saat ini berkembang dan banyak digunakan di berbagaibidang termasuk di bidang hidrologi. Salah satu parameter hidrologi yang sangat penting adalahdebit sungai. Besaran dan fluktuasi debit sungai pada periode waktu tertentu sangat dipengauhioleh faktor musiman, yaitu musim hujan dan kemarau. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahuipengaruh faktor musiman terhadap kemampuan model dalam menirukan dan meramalkan perilakudari data debit sungai. Pemodelan dilakukan berbasis kepada pendekatan metode statistik BoxJenkins, yaitu Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) dengan melibatkan faktormusiman dalam pemodelannya, yang dikenal dengan model Seasonal Autoregressive IntegratedMoving Average (SARIMA). Model yang digunakan untuk peramalan adalah model yang terbaik,yaitu model yang memenuhi syarat signifikansi parameter, white noise dan memiliki nilai MAPE(Mean Absolute Percentage Error)yang terkecil. Perbandingan dilakukan terhadap hasilperamalan model-model terbaik, masing-masing terbaik dari model SARIMA dan model ARIMAnon musiman, sehingga dapat diketahui pengaruh faktor musiman terhadap hasil pemodelan danperamalan. Hasil analisis menunjukan ternyatamodel SARIMA terbaik lebih layak digunakandaripada model Arima non musiman.

Page 1 of 1 | Total Record : 7