cover
Contact Name
Asep Amam
Contact Email
aam@student.upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
teoremamathunigal17@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Teorema: Teori dan Riset Matematika
Published by Universitas Galuh
ISSN : 25410660     EISSN : 25977237     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN 2597-7237.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): Maret" : 21 Documents clear
RUANG PROYEKTIF KOMPLEKS〖CP〗^n SEBAGAI RUANG FAKTOR S^(2n+1)⁄S^1 Denik Agustito; Muhammad Irfan; Irham Taufiq
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i1.6709

Abstract

Aksi dari sebuah grup  pada sebuah himpunan tak-kosong  adalah sebuah pemetaan  yang didefinisikan dengan  dan memenuhi sifat  dan  untuk semua  dan  dimana  adalah elemen identitas pada grup  dan ini ekuivalen dengan adanya suatu homomorfisma grup  yang didefinisikan dengan . Kemudian aksi suatu grup  pada suatu ruang topologi  memperoleh sebuah ruang topologi yang homeomorfik dengan ruang yang terdiri dari semua orbit-orbit pada ruang topologi  yaitu  . Jika grup  adalah grup lingkaran satuan yaitu  yang beraksi pada suatu ruang topologi  maka ruang faktornya akan homoemorfik pada ruang proyektif kompleks berdimensi-n yaitu .
IMPLEMENTASI ALGORITMA C5.0 DALAM MENGANALISA KELAYAKAN PENERIMA KERINGANAN UKT MAHASISWA ITK Rizkya Nur Amalda; Nashrul Millah; Irma Fitria
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i1.6692

Abstract

COVID-19 tidak hanya merugikan dari sisi kesehatan saja, namun juga melemahkan berbagai sektor di Indonesia, khususnya sektor ekonomi. Kebijakan pemerintah yang membatasi aktivitas masyarakat berimbas pada melemahnya kegiatan ekonomi. Hal ini selaras dengan banyaknya pengajuan banding UKT (Uang Kuliah Tunggal) dari mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Pihak birokrat telah memfasilitasi mahasiswa yang ingin mengajukan keringanan UKT. Namun, proses pengajuan tersebut masih dilakukan secara manual dan rentan terjadi human error. Dalam menganalisa pengajuan tersebut, diperlukan suatu metode yang dapat membantu dalam memberikan keputusan apakah pengajuan tersebut layak diterima atau tidak, salah satunya dengan metode Algoritma C5.0. Algoritma C5.0 merupakan algoritma decision tree yang dapat menganalisa data menjadi sekumpulan aturan yang nantinya dapat dijadikan masukan dalam pengambilan keputusan. Diharapkan dengan adanya sistem ini mampu membantu pihak ITK dalam mengambil keputusan dan menentukan besaran UKT secara lebih tepat dan objektif. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap 108 data mahasiswa ITK yang mengajukan banding UKT diperoleh akurasi sebesar 91% pada sistem pengambilan keputusan, sedangkan pada sistem penentu UKT diperoleh akurasi sebesar 80%. Algoritma C5.0 menghasilkan pohon keputusan dengan 4 aturan klasifikasi pada sistem pengambilan keputusan dan 21 aturan klasifikasi pada sistem penentu UKT.
PERAMALAN PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI BENGKULU MENGGUNAKAN SINGLE MOVING AVERAGE, SINGLE EKSPONENTIAL SMOOTHING DAN ENSEMBLE Herlin Fransiska
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i1.7002

Abstract

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Bengkulu sangat penting untuk diperhatikan karena Provinsi Bengkulu merupakan termiskin di Pulau Sumatra pada tahun 2019. Pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari YoY PDRB ADHK (%) setiap triwulan yang dipublikasikan oleh BPS Provinsi Bengkulu. Analisis data pada penelitian ini bertujuan melakukan peramalan dengan menggunakan teknik pemulusan yang cocok: Single Moving Average (SMA), Single Eksponential Smoothing (SES) dan Ensemble kedua pemulusan tersebut. Peramalan SMA, SES dan Ensemble mengahasilkan urutan MAPE terbaik yaitu pada SMA 1,779416%, kemudian ensemble 2,064708% dan terakhir SES 2,350206%. Hasil ini menunjukkan bahwa teknik pemulusan yang paling baik ialah SMA dengan m=4 dengan nilai MAPE yang diperoleh untuk data in sample 5.752% dan data out sample (dua periode) diperoleh MAPE 1,780%. 
PENGEMBANGAN LKPD MATERI HIMPUNAN BERBASIS FILSAFAT UNTUK MENGETAHUI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII Mela Dwi Istiqomah; Somakim Somakim
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i1.6600

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik  valid dan praktis serta untuk mengetahui minat belajar siswa setelah menggunakan lembar kerja peserta didik dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah walkthrough, angket, observasi dan wawancara.Kevalidan lembar kerja peserta didik dapat dilihat dari tiga aspek yaitu isi, konstruk, dan bahasa yang termuat dalam lembar validasi pada tahap expert review serta berdasarkan komentar/saran dari hasil uji coba one to one.Kepraktisan lembar kerja peserta didik dapat diketahui bedasarkan perhitungan angket dan pengamatan pada tahap small grup serta melihat efek potensial berupa minat belajar siswa pada tahap field test.  Dari hasil lembar validasi expert diperoleh rata-rata presentase sebesar 84,4% yang termasuk kriteria cukup valid dan dari hasil angket kepraktisan diperoleh rata-rata presentase 83,75% yang termasuk kriteria praktis.  Adapun hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat 45,45% peserta didik yang memiliki minat belajar dalam kategori sangat baik dan terdapat 54,55% peserta didik yang memiliki minat belajar dalam kategori baik.
IMPLEMENTASI DISTRIBUSI PELUANG GUMBEL UNTUK ANALISIS DATA CURAH HUJAN RENCANA Dadang Ruhiat
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i1.7137

Abstract

Distribusi peluang kontinu adalah distribusi peluang untuk variabel berskala kontinu, dimana didefinisikan ruang sampel memiliki titik sampel yang tak berhingga banyaknya dan sama banyaknya dengan banyak  titik pada sepotong garis. Data curah hujan merupakan salah satu contoh data peubah acak kontinu. Pada penelitian ini distribusi peluang kontinu digunakan untuk menganalisis data curah hujan rencana berdasarkan data curah hujan wilayah  dari 3 (tiga) stasiun penakar hujan, yaitu stasiun hujan Bayongbong, stasiun hujan Cikajang, dan stasiun hujan Cipasang di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk  yang secara administratif berada diwilayah Kabupaten Garut.  Beberapa jenis metode distribusi peluang kontinu yang digunakan pada penelitian ini adalah distribusi peluang Gumbel, Log Normal 2 parameter dan Log Pearson type III.  Hasil penghitungan ketiga metode tersebut dibandingkan untuk mengetahui  tingkat kecocokan metode dalam menghitung curah hujan rencana berdasarkan kriteria besar nilai simpangan dan nilai mean absolut percentage error (MAPE). Berdasarkan hasil hitung  tersebut  diketahui  bahwa metode Gumbel memiliki nilai simpangan sebesar  42.317 mm dengan nilai MAPE sebesar 23,7 %; metode Log Normal 2 Parameter memiliki nilai simpangan sebesar  79.458 mm dengan nilai MAPE sebesar 28,9 %; dan metode Log Pearson Type III memiliki nilai simpangan sebesar  46.543 mm dengan nilai MAPE sebesar 35,0 %.  Hal tersebut menunjukan  bahwa metode Gumbel yang merupakan metode yang paling cocok untuk menghitung curah hujan rencana karena memiliki nilai simpangan dan nilai  MAPE terkecil atau yang paling mendekati data curah hujan aktual.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN UANG KULIAH TUNGGAL MAHASISWA DENGAN METODE FUZZY C-MEANS (STUDI KASUS INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN) Miftaqul Wulandariyaningsih; Abrari Noor Hasmi; Sigit Pancahayani
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i1.6701

Abstract

Salah satu hal yang dibutuhkan untuk menunjang perkuliahan di Perguruan Tinggi termasuk Institut Teknologi Kalimantan (ITK) adalah Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT merupakan biaya yang dikenakan kepada setiap mahasiswa dalam proses pembelajaran dan wajib dibayarkan penuh oleh mahasiswa pada setiap semester. Penetapan besaran UKT bertujuan memberikan kemudahan untuk memprediksi pengeluaran biaya kuliah mahasiswa yang ditetapkan dengan beberapa pertimbangan kemampuan ekonomi setiap mahasiswa yang penetapannya seharusnya tidak memberatkan mahasiswa maupun pihak kampus. Beranjak dari permasalahan ini digunakan metode Fuzzy C-Means untuk mengelompokkan data yang memiliki kesamaan karakteristik menjadi satu klaster sehingga diharapkan hasil penentuan UKT dengan Fuzzy C-Means dapat sesuai dengan keadaan ekonomi setiap mahasiswa. Metode Fuzzy C- Means sangat cocok digunakan untuk mengolah data dengan dimensi yang besar. Berdasarkan hasil penelitian data dibagi menjadi tiga versi. Data pada masing-masing versi diklasterisasi kedalam 8 klaster golongan UKT. Dari keseluruhan perhitungan diperoleh hasil klasterisasi paling akurat jika dibandingkan dengan hasil data aktual ITK terdapat pada versi 3 dengan akurasi sebesar 51, 06%. Penentuan UKT dengan menggunakan metode Fuzzy C-Means dapat memberikan alternatif lain pada penentuan UKT dengan metode yang berbeda untuk ITK.
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IX TERHADAP MATERI PERSAMAAN KUADRAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH Tri Melinia; Budi Mulyono
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i1.6642

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persamaan kuadrat. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP IT Madani Kayuagung. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif, yaitu: mean (rata-rata) dan persentase. Selanjutnya, hasil tes tertulis yang diperoleh akan diperiksa sesuai pedoman penskoran. Skor yang diperoleh dikategorikan berdasarkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kemudian, akan ditentukan persentase peserta didik berdasarkan kategori kemampuan pemahaman konsep matematis (Sangat tinggi, Tinggi, Cukup, Rendah, atau Sangat rendah). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas IX SMP Madani Kayuagung berada pada kategori Cukup dengan nilai rata-rata sebesar 63,88. Kata kunci: Kemampuan pemahaman konsep matematis, pembelajaran berbasis masalah, persamaan kuadrat
REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MENGKOMUNIKASIKAN IDE PENYELESAIAN SOAL TERBUKA Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah; Octavina Rizky Utami Putri
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i1.6739

Abstract

Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik masih perlu dilakukan untuk merencanakan perbaikan permbelajaran mengingat masih rendahnya kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini mendeskripsikan representasi matematis peserta didik dalam menyampaikan gagasan pemecahan masalah terbuka pada materi Aljabar Linier dan Matriks. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan kualitatif-kuantitatif. Penelitian diawali dengan mengamati pembelajaran dan menilai hasil belajar peserta didik. Langkah kedua dilakukan studi pustaka untuk mengumpulkan informasi terkait kemampuan yang dibutuhkan peserta didik dalam menyampaikan pemecahan masalah dan jenis pertanyaan terbuka. Setelah instrumen tes dinyatakan valid, diberikan dua pertanyaan kepada 144 peserta didik. Peserta didik mengumpulkan pekerjaannya melalui sistem manajemen pembelajaran. Hasil kerja peserta didik dianalisis dengan melakukan rekapitulasi indikator representasi matematis yang telah ditentukan dan indikator komunikasi matematis. Data kuantitatif diperoleh dari rekapitulasi indikator yang dipadukan dengan data kualitatif dari temuan/catatan hasil kerja peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa lebih dari 80% peserta didik merepresentasikan simbol matematika dengan benar dalam menyampaikan ide pemecahan masalah terbuka untuk setiap soal. Sedangkan representasi matematis berupa penjelasan/alasan verbal secara benar dan memadai dalam menyampaikan ide pemecahan masalah hanya dapat dilakukan oleh 65% peserta didik pada pertanyaan pertama dan 5% peserta didik pada pertanyaan kedua. Representasi matematis yang kurang tepat disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap materi dan kesalahan dalam memahami soal.
ANALISIS PERTUMBUHAN IKAN LELE DENGAN MODEL VON BERTALANFFY DI KOLAM PETERNAK, DESA MEKARJAYA, KUNINGAN, JAWA BARAT Elin Herlinawati; Aam Khotimah
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i1.6523

Abstract

Pembudidayaan ikan lele menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat baik untuk dikonsumsi maupun diperjualbelikan. Salah satu daerah yang ikut berkontribusi terhadap pembudidayaan ikan lele adalah Desa Mekarjaya, Kuningan, Jawa Barat. Analisis pertumbuhan ikan lele diperlukan untuk memprediksi masa panen. Oleh karena itu, dibutuhkan model Matematika yang dapat merepresentasikan pertumbuhan ikan lele. Salah satu model matematika yang dapat digunakan adalah model Von Bertalanffy. Pada artikel ini dibahas mengenai analisis pertumbuhan panjang dan berat ikan lele dengan menggunakan model Von Bertalanffy. Pengambilan data dilakukan di kolam peternak Desa Mekarjaya, Kuningan, Jawa Barat. Penelitian dimulai dengan observasi, proses pemodelan matematis, intrepetasi hasil, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa masa panen ikan lele yang ideal dilakukan adalah saat ikan lele berumur 23 hingga 25 minggu dengan panjang maksimal yaitu 23 cm dan berat hampir mendekati berat maksimal 1000 gram.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL Nailis Sakinah; Benny Hendriana
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i1.6922

Abstract

Perkembangan media pembelajaran semakin lama semakin maju, dalam hal ini guru berlomba-lomba menciptakan media yang layak dan efektif sehingga pesan dan materi yang disampaikan dalam media pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa. Dalam penelitian ini menghasilkan media pembelajaran e-comic matematika dengan materi yang dikembangkan yaitu materi sistem persamaan linear dua variable. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model yang digunakan yaitu ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media pembelajaran e-comic matematika ini telah melalui uji validasi untuk menentukan kevalidan media dan telah diuji cobakan ke dua sekolah yaitu SMP Plus Cahaya Insani Depok dan SMP Muhammadiyah Depok untuk menentukan kefektifan media. Dalam  uji validasi mendapatkan nilai 3,27 pada validasi materi, dan 3,84 pada validasi media yang keduanya mendapat kategori sangat baik. Hasil uji coba media pembelajaran mendaptkan rata-rata N-Gain 0,6 dengan kategori sedang, hasil resopon siswa terhadap media pembelajaran yang dihasilkan mendapatkan niliai rata-rata 6,35 dengan kategori sangat baik, serta hasil respon guru terhadap media pembelajaran e-comic mendapatkan nilai 3,77 dengan kategori sangat baik.

Page 1 of 3 | Total Record : 21