cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
info.ejournal@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
ISSN : 26139669     EISSN : 26139650     DOI : 10.23887/paud
Core Subject : Humanities, Art,
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area of early childhood education. We received only articles relating to early childhood education fields, and can be written using quantitative or qualitative approaches. Articles can be made in a variety of research designs, such as action research, experiments, and case studies. This journal was published since 2012, and from 2016 we published articles three times a year (April, August, and December).
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2021): Agustus" : 19 Documents clear
Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini Sumiati, Ni Ketut; Tirtayani, Luh Ayu
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 9, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v9i2.35514

Abstract

Mengingat masih rendahnya kemampuan empati pada anak, sedangkan guru belum dapat memberikan stimulus melalui media pembelajaran yang lebih efektif serta bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas buku cerita bergambar digital berbasis audio visual dalam upaya untuk menstimulasi kemampuan empati anak kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini ada tiga yaitu ahli isi materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan tiga orang anak kelompok B. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pengembangan aplikasi buku cerita bergambar digital berbasis audio visual melalui tahap analisis, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Hasil uji validitas aplikasi buku cerita bergambar anak oleh ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 85% dengan kualifikasi baik. Hasil uji validitas aplikasi buku cerita bergambar anak oleh ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 85% dengan kualifikasi baik. Hasil uji validitas aplikasi buku cerita bergambar anak oleh ahli materi memperoleh persentase skor 85% dengan kualifikasi baik. Hasil uji validitas aplikasi buku cerita bergambar anak oleh subjek uji coba perorangan memperoleh persentase skor 97% dengan kualifikasi sangat baik.
Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini Irawan, Desi Cahyani; Rafiq, Ahmad; Utami, Fitria Budi
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 9, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v9i2.37756

Abstract

Kurangnya sikap tanggung jawab anak disebabkan karena tontonan yang kurang baik dan kurang mendidik yang ditiru anak sehingga anak mudah meniru perilaku buruk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media video animasi terhadap sikap tanggung jawab anak usia dini. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survey deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah 25 orang tua murid yang memiliki anak usia dini dan mendapatkan stimulasi media video animasi dari 3 guru di Sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi angket, melakukan observasi dan wawancara. Data dikumpulkan melalui tes yang telah divalidasi dengan analisis data menggunakan analisis statistik. Sebelum uji hipotesis dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hasil yang signifikan dalam proses pembelajaran media video animasi terhadap peningkatan sikap tanggung jawab anak usia dini, dengan hasil analisis Rhitung sebesar = 2,238 > Rtabel = 2,238 pada taraf signifikan = 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi tentang tanggung jawab dapat digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan sikap tanggung jawab anak usia dini. Implikasi penelitian ini diharapkan agar dapat memahami dan memberikan pembelajaran yang tepat kepada anak agar perkembangan kemampuan sikap tanggung jawab anak dapat berkembang lebih baik lagi dan anak dapat dengan mudah menghadapi tantangan teknologi di level pendidikan selanjutnya.
Video Animasi yang Dapat Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masa Pandemi Covid 19 untuk Anak Usia Dini Alifia, Vini; Hendriana, Benny
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 9, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v9i2.37156

Abstract

Melihat masih kurangnya media pembelajaran untuk anak usia dini dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)di sekolah pada masa pandemi Covid 19. Bedasaarkan masalah berikut diperlukan video animasi yang dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan video animasi tentang PHBS di masa pandemi Covid 19 pada anak usia dini yang dapat meningkatkan perilaku kebersihan dan kesehatan pada anak usia dini. Penelitian ini juga bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid 19 dengan adanya penerapan PHBS pada anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembanga ADDIE. Media video animasi di uji validitas dan dinilai oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru dan orang tua di pendidikan anak usia dini. Hasil presentase ahli media mendapatkan skor 96% dengan kategori sangat valid, presentase ahli materi dengan skor 100% dengan kategori sangat valid, ahli bahasa dengan presentase skor 81% dengan kategori valid. Hasil uji coba media video animasi dari guru PAUD mendapat skor sebesar 97% dengan kategori sangat valid, dan penilaian dari 13 orang tua siswa mendapat presentase skor sebesar 97% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut maka media video animasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dapat dikategorikan sangat valid atau layak digunakan untuk pembelajaran anak usia dini.
Video Pembelajaran Pengenalan Lambang Bilangan Berbasis Teori Brunner untuk Anak Usia Dini Udiani, Ni Kadek Indah; Kristiantari, M.G Rini
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 9, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v9i1.34445

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdsarkan rendahnya kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan. Guru membutuhkan video pembelajaran yang menarik dan dapat digunakan pada pembelajaran daring. Penelitian ini bertujan untuk menciptakan rancang bangun dan mengetahui validitas media video pembelajaran pengenalan lambang bilangan berbasis teori Brunner untuk anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini berjumlah 5 yaitu 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran dan 3 orang anak usia dini pada uji perorangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Uji validitas yang dilakukan oleh ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran memperoleh skor  88,76% dengan kualifikasi sangat baik, serta uji coba perorangan memperoleh skor 91,3% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media media video pembelajaran pengenalan lambang bilangan berbasis teori Brunner ini layak digunakan untuk anak usia dini. Implikasi dalam penelitian ini dapat mengasah kemampuan guru dalam memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memajukan Pendidikan dan tentunya dapat membantu anak untuk mengenalkan lambang bilangan dengan menggunakan video pemebalajaran yang menarik.
Media Kartu Uno Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal dan Berhitung Angka Wulandari, Gusti Ayu; Ambara, Didith Pramunditya
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 9, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v9i2.35500

Abstract

Penelitian ini dilakukan didasari oleh kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran daring. Guru memerlukan media pembelajaran yang kreatif dan menarik dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujan untuk menciptakan rancang bangun dan mengetahui validitas media kartu UNO berbasis multimedia interaktif untuk kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal dan berhitung angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini berjumlah 5 yang terdiri dari 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran dan 3 orang anak usia dini pada uji perorangan. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas yang dilakukan oleh ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran memperoleh skor 86,45% dengan kualifikasi baik, serta uji coba perorangan memperoleh skor 92,50% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi dapat dinyatakan bahwa media kartu UNO berbasis multimedia interaktif ini layak digunakan pada kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal dan berhitung angka. Implikasi dalam penelitian ini adalah media kartu UNO ini dapat menjadi solusi atas kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran daring. 
Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Berbasis Role Playing Tema Profesi pada Anak Usia Dini Valentina, Ni Putu Dina; Sujana, I Wayan
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 9, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v9i2.35640

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang masih manual dan metode konvensional membuat siswa merasa cepat bosan dalam belajar. Adanya pandemic covid-19 menyebabkan guru kesulitan dalam menyampaikan materi. Hal ini perlu adanya pengembangan khususnya media pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa. Pengembangan video pembelajaran animasi berbasis role playing untuk meningkatkan motivasi dan ketertarikan belajar anak pada tema keluarga subtema profesi di TK Kumara Loka Denpasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model desain pengembangan ADDIE. Tahapan-tahapan model ADDIE yaitu analyzed, design, development, implementation, evaluation. Penelitian pengembangan ini terdiri dari tahap pengujian betha testing yaitu pengujian oleh ahli materi, ahli media dan ahli desain. Alpha testing oleh pengguna yaitu siswa dan guru untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap video pembelajaran berbasis role playing. Hasil penilaian betha testing terhadap tingkat kelayakan materi sebesar 95% dengan kategori sangat baik, media sebesar 85% dengan kategori baik, desain 90% dengan kategori sangat baik. Alpha testing diperoleh rata-rata respon siswa uji perorangan sebesar 96%. Hal ini menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis role playing efektik digunakan sebagai panduan guru dalam memberikan materi pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan semangat siswa.
Media E-Scrapbook untuk Menstimulasi Kreativitas Anak Usia Dini Rahmawati, I Gusti Ayu Yulia; Tirtayani, Luh Ayu
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 9, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v9i2.35404

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis elektronik dalam pembelajaran daring berdampak pada rendahnya kreatifitas siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil validasi media E-Scrapbook untuk menstimulasi kreativitas anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, serta 3 orang anak usia dini dengan kemampuan yang berbeda-beda. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji validasi media E-Scrapbook dari ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran memperoleh rata-rata skor 90,9% termasuk kategori sangat layak. Hasil dari uji coba perorangan memperoleh 95,23% termasuk kategori layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini layak digunakan untuk menstimulasi kreativitas anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini yaitu menghasilkan produk atau media E-Scrapbook untuk melaksanakan kegiatan mengkreasi yang dapat menstimulasi kreativitas anak usia dini dan pemanfaatan media E-Scrapbook ini dapat digunakan pada setiap tema dan subtema yang sedang berlangsung dalam proses pembelajaran dengan memberikan banyak kesempatan kepada anak untuk mengkreasi serta menghasilkan lebih dari satu karya.
Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Dengan Media Wayang Melalui Video Pembelajaran Oktapiani, Ni Putu Gita; Asril, Nice Maylani; Wirabrata, I Dewa Gede Firstia
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 9, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v9i2.37466

Abstract

Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu masih banyak anak yang memiliki kemampuan bahasa yang rendah. Kurangnya media pembelajaran yang dapat memfasilitasi anak dalam belajar, berdampak pada hasil belajar anak yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media wayang melalui video pembelajaran pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model yang digunakan yaitu ADDIE. Subjek pada penelitian ini yaitu 2 orang ahli media pembelajaran dan 2 orang ahli materi pelajaran. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik kualitatif dan statistik kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil uji dari ahli isi mata pelajaran dan ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 1,00 sehingga berada pada kualifikasi sangat tinggi. Jadi media yang dikembangkan berupa media wayang melalui video pembelajaran dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Implikasi penelitian ini yaitu media wayang melalui video pembelajaran dapat memudahkan anak usia dini dalam belajar sehingga dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini.
Media Herbarium Book Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Widiastuti, Ida Ayu Kade Ari; Wirabrata, Dewa Gede Firstia
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 9, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v9i2.37867

Abstract

Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu masih banyak anak yang memiliki kreativitas yang kurang. Guru kurang kreatif dalam menggunakan media pembelajaran sehingga anak kurang berminat dalam mengembangkan kreativitas dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.  Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media herbarium book yang dapat meningkatkan kreativitas anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur ADDIE. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang ahli materi pembelajaran, dan 2 orang ahli media pembelajaran. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu penilaian dari ahli materi pembelajaran mendapatkan nilai 4 dan penilaian ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 3,68 sehingga media herbarium book mendapatkan kategori sangat tinggi. Jadi media yang dikembangkan layak diterapkan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu media herbarium book yang dikembangkan dapat meningkatkan semangat dan kreativitas pada anak usia dini.
Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini Diantari, Ni Putu Mega; Gede Agung, Anak Agung
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 9, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v9i2.35497

Abstract

Penelitian ini dilakuakan didasari oleh pembelajaran yang kurang menarik atau bersifat monoton akibat dari pandemi. Masa pandemi juga membuat proses pembelajaran lebih dominan dilaksanakan menggunakan handphone. Penelitian ini bertujan untuk menghasilkan rancang bangun dan mengetahui validitas media video animasi bertema Tri Hita Karana pada aspek afektif anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang diantaranya ahli isi pembelajaran 1 orang, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran 1 orang, dan pada uji perorangan menggunakan 3 orang anak usia dini kelompok B. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil persentase uji validitas oleh ahli isi pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh kualifikasi baik, dan uji coba perorangan memperoleh kualifikasi sangat baik. Jadi dapat dinyatakan bahwa produk media video animasi bertema Tri Hita Karana pada aspek afektif ini layak digunakan untuk anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini adalah video animasi yang dikembangkan ini dapat menjadi solusi dari permasalahan pembelajaran daring yang ada di sekolah. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu mengembangkan media video animasi bertema Tri Hita Karana pada aspek afektif anak usia dini. Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk membuat pembelajaran daring tidak monoton, karena media ini dibuat dengan visualisasi yang menarik yang akan meningkatkan motivasi belajar anak.

Page 1 of 2 | Total Record : 19


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 2 (2023): Agustus Vol. 11 No. 1 (2023): April Vol. 10 No. 3 (2022): Desember Vol. 10 No. 2 (2022): Agustus Vol. 10 No. 1 (2022): April Vol 9, No 3 (2021): Desember Vol. 9 No. 3 (2021): Desember Vol 9, No 2 (2021): Agustus Vol. 9 No. 2 (2021): Agustus Vol 9, No 1 (2021): April Vol. 9 No. 1 (2021): April Vol 8, No 3 (2020): Desember Vol 8, No 3 (2020) Vol. 8 No. 3 (2020): Desember Vol 8, No 2 (2020): Agustus Vol. 8 No. 2 (2020): Agustus Vol 8, No 2 (2020) Vol 8, No 1 (2020) Vol. 8 No. 1 (2020): April Vol 8, No 1 (2020): April Vol 7, No 3 (2019): Desember Vol 7, No 3 (2019) Vol. 7 No. 3 (2019): Desember Vol. 7 No. 2 (2019): Agustus Vol 7, No 2 (2019): Agustus Vol 7, No 2 (2019) Vol 7, No 1 (2019): April Vol. 7 No. 1 (2019): April Vol 7, No 1 (2019) Vol 6, No 3 (2018) Vol. 6 No. 3 (2018): Desember Vol 6, No 3 (2018): Desember Vol 6, No 2 (2018) Vol 6, No 2 (2018): Agustus Vol. 6 No. 2 (2018): Agustus Vol 6, No 1 (2018): April Vol 6, No 1 (2018) Vol. 6 No. 1 (2018): April Vol 5, No 3 (2017) Vol 5, No 3 (2017): Desember Vol. 5 No. 3 (2017): Desember Vol. 5 No. 2 (2017): Agustus Vol 5, No 2 (2017): Agustus Vol 5, No 2 (2017): Vol 5, No 1 (2017): Vol. 5 No. 1 (2017): April Vol 5, No 1 (2017): April Vol 4, No 3 (2016): Desember Vol 4, No 3 (2016): Vol. 4 No. 3 (2016): Desember Vol 4, No 2 (2016): Agutus Vol 4, No 2 (2016): Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus Vol 4, No 1 (2016): April Vol. 4 No. 1 (2016): April Vol 4, No 1 (2016): Vol 3, No 1 (2015): Vol. 3 No. 1 (2015): Juli Vol 3, No 1 (2015): Juli Vol 2, No 1 (2014): Vol 2, No 1 (2014): Juli Vol. 2 No. 1 (2014): Juli Vol. 1 No. 1 (2013): Juli Vol 1, No 1 (2013): EDISI PERDANA Vol 1, No 1 (2013): Juli More Issue