cover
Contact Name
Kadek Suranata
Contact Email
kadek.suranata@undiksha.ac.id
Phone
+6281915723813
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Udayana No. 11, Singaraja, Banjar Tegal, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali 81116, Indonesia
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha
ISSN : 26139634     EISSN : 26139642     DOI : -
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan bimbingan konseling pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran tentang bimbingan dan konseling. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan bagi masyarakat akademik.
Articles 447 Documents
EFEKTIVITAS MODEL KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL DENGAN STRATEGI SELF-INSTRUCTION DAN SELF-MANAGEMENT TERHADAP PENINGKATAN SELF EXHIBITION DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SINGARAJA ., Ulan Sari; ., Prof. Dr. I Ketut Dharsana,M.Pd; ., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model konseling kognitif behavioral dengan strategi self-instruction dan self-management terhadap peningkatan self exhibition ditinjau dari jenis kelamin. Sampel penelitian ini adalah 52 siswa yang dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah anava dua jalur dengan desain 2x2 faktorial dan t-scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan konseling kognitif behavioral antara siswa yang mengikuti strategi self-instruction dengan self-management terhadap self-exhibition (F=6,210; p
PENERAPAN MODEL KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEHNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. ., I Gusti Ngurah Prama Nugraha; ., Dra. Ni Nengah Madri Antari, M.Erg.; ., Prof. Dr. Nyoman Dantes
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling behavioral dengan teknik positive reinforcement untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap identifikasi, diagnosis, prognosis,konseling/treatment, evaluasi/follow up, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dari responden diolah dengan analisis deskriptif, Hasil penelitian dari pra siklus terhadap 4 orang siswa yang mengalami motivasi belajar rendah dalam proses pembelajaran sebesar 43,25% dengan kategori Rendah. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata sebesar 61,25%% dengan hasil 2 orang siswa yang dikategorikan Tinggi dan 2 orang siswa yang dikategorikan Rendah sehingga perlu melanjutkan treatmen pada siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata peningkatan sebesar 70,75% dengan kategori Tinggi. Hal ini membuktikan bahwa penerapan konseling behavioral teknik positive reinforcement dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kata Kunci : : Konseling Behavioral, Positive Reinforcement, Motivasi Belajar This study aims to determine the application of behavioral counseling with positive reinforcement techniques to increase students' motivation Junior High School eighth grade A 3 Singaraja school year 2013/2014. Type of research is action research Counseling. Research procedures conducted in two cycles. Each cycle consists of phase identification, diagnosis, prognosis, counseling / treatment, evaluation / follow-up, and reflection. The subjects were 4 A class VIII student of SMP Negeri 3 Singaraja. Data collection methods used were questionnaires, observation and interviews. Data obtained from respondents processed with descriptive analysis, The results of the pre-cycle to 4 students with low learning motivation in the learning process by 43.25% with Low category. In the first cycle increased by an average of 61.25 %% with the results of the students were categorized 2 High and 2 students were categorized as Low so it is necessary to continue treatments on the second cycle. In the second cycle increased by an average increase of 70.75% with the High category. It is proved that the application of positive reinforcement behavioral counseling techniques can increase students' motivation keyword : Behavioral Counseling, Positive Reinforcement, Motivation
PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI STATUS KHAS ANAK DALAM KELUARGA PADA SISWA SMA NEGERI 1 SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2013/2014 ., Ari Wibowo Maha Putra; ., Prof. Dr. Gede Sedanayasa,M.Pd; ., Dra. Made Sulastri, M.Pd.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar ditinjau dari status khas anak dalam keluarga pada siswa SMA Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2013/2014 dengan N=338. Pengambilan sampelnya dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner. Data selanjutnya dianalisis dengan teknik statistik, yaitu dengan menggunakan teknik korelasi product moment untuk menganalisis variansi butir dan variansi isi serta menggunakan kruskal wallis untuk menguji hipotesis yang memperoleh nilai 10,15 sedangkan pada tabel sebesar 9,488. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar ditinjau dari status khas anak dalam keluarga pada siswa SMA Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2013/2014 dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel. Anak angkat memiliki motivasi belajar paling tinggi dengan nilai 260,4 yang diketahui dari mean rank score yang dicari dengan menggunakan perhitungan manual. Sedangkan anak yang memiliki motivasi terendah adalah anak tiri dengan nilai 134.Kata Kunci : motivasi belajar, status khas anak This research is Ex Post Facto. This is aimed to know the differences of motivation in learning looking at the children typical status in their family of students in Senior High School no 1 seririt for academic year 2013/2014. The sample of this research are students of tenth and eleventh grade Senior High School no 1 seririt for academic year 2013/2014 with N=338. Sample are collected by purposive sampling technique. Data were collected ussing questioners. Then they were analized by correlation product moment technique in form of statistic to analyz the variant item and content and using krusskal wallis to test the hypothesis that scored 10,15 while the table shows 9,448. The results of this research indicates that there is a significant contribution in term of motivation of learning for children typical status in their family of student in Senior High School no 1 seririt for academic year 2013/2014 in which rhitung is higher than rtabel. Look at the mean rank scored that is calculated manually The result of this research shows that foster children who got 260,4 score are children who have the higest motivation in learning but step children who score 134 have the lowest motivation in learning.keyword : learning motivation, typical child?s status
PENGARUH KONSELING GESTALT DENGAN TEKNIK PERMAINAN DIALOG UNTUK MEMINIMALISIR SELF AGGRESION Jayanti, Putu Rosma Dita; Suarni, NI Ketut; Dharsana, I Ketut
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study was done to know the effect of gestalt counseling by using dialogue game technique to minimize self-aggression of grade VIII students ofSMP Negeri 2 Singaraja, and to know the difference between the students who were given treatment and the students who were not. The population used by the researcher was grade VIIIof SMP N 2 Singaraja, The researcher took 2 study samples by using simple random samplingand determined that VIII 10 class as the experimental group and VIII 9 class as the control group in which each group had 25 students. The data collection methods in this study were observation, interview, diary, document recording and questionnaire of self-aggression pattern of Likert scale. In testing the first hypothesis, t-test was used and it was obtained that18,44> 1,710882; thus, it could be concluded that Gestalt counseling by using dialogue game technique had effects to minimize self-aggression of grade VIII students of SMP N 2 Singaraja. In addition, the second hypothesis found that2,506? 2,063. Therefore, it could be determined that the result of the study was significant. In other words, the hypothesis of the study was accepted. As a result, there were differences of self-aggression between grade VIII students that were given Gestalt counseling by using Dialogue Game Technique and the students that were not given Gestalt counseling by using Dialogue Game Technique.Keywords :Gestalt counseling, dialogue game technique, self-aggression
EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL MELALUI PSIKODRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2015/2016 ., Ni Kadek Budi Antari; ., Prof. Dr. Gede Sedanayasa,M.Pd; ., Luh Putu Sri Lestari, S.Pd.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Konseling Behavioral dengan teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Melalui Psikodrama Pada Siswa Kelas VIIISMP Negeri 3 SingarajaTahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian ?Quasi Eksperimen?. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII I SMP Negeri 3 Singaraja sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII K sebagai kelas control. Metode pengambilan sampel yang dipakai pada penelitian ini menggunakan sampling purposif (purposive sampling). Pengumpulan data hanya dilakukan pada kelompok subjek yang memiliki karakteristik sesuai dengan tujuan penelitian yaitu siswa yang memiliki perilaku prososial. Dari hasil skor awal (pretest) didapatkan 20 orang yang memiliki perilaku prososial rendah, kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Rancangan penelitian ini menggunakan ?Pretest-Posttest Control Group Design?, hal ini dikarenakan peneliti melakukan perlakuan (treatmen) terhadap suatu kelompok dan dilakukan suatu prestest sebelum perlakuan diberikan dan setelah itu diakhiri dengan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keefektifan perlakuan konseling behavioral dalam meningkatkan perilaku siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja karena berdasarkan nilai t pada tabel di atas maka diperoleh thitung sebesar 12,570 dengan df = (N-1) + (N-1) = (10-1) + (10-1) = 18 dan taraf signifikansi 5% maka diperoleh nilai ttabel sebesar 2,101 Karena thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% berarti H0 di tolak maka Ha diterima.Dari hasil analisis uji hipotes tersebut dapat disimpulkan bahwa ? penggunaan konseling behavioral dengan teknik assetrive training melalui psikodrama lebih efektif dari pada perlakuan konvensonal untuk meningkatkan perilaku prososial pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja Taahun Ajaran 2015/2016?. Kata Kunci : Konseling behavioral,Assertive training ,Perilaku Prososial This study aims to determine The Effectiveness of Behavioral Counseling with Assertive techniques Training To Increase the Prosocial Behavior Through psychodrama at Eighth Grade students of SMP Negeri 3 Singaraja in Academic Year 2015/2016. The type of this study is "Quasi Experiment". The population in this study is students of VIII I of SMP Negeri 3 Singaraja as experimental class and students of VIII K as the control class, the sampling method used in this research are using purposive sampling. Collecting data is only performed on a group of subjects that have characteristics consistent with the purpose of research those students who have prosocial behavior. From the results of the Pre-test got 20 people who have a low prosocial behavior, then divided into two groups: experimental and control groups. The research design uses "pretest-posttest control group design", this is because researchers do treatments to a group and do a pretest before treatment is given and after it ended with posttest. The results showed that there were differences in the effectiveness of treatment of behavioral counseling improve the behavior of eighth grade of SMP Negeri 3 Singaraja, because based on the value of t in the above table, the obtained t count equal to 1 2,570 with df = (N-1) + (N-1) = (10 -1) + (10 -1 ) = 1 8 and a significance level of 5%, the obtained value of t table of 2.101 Because t is greater than t table at a significance level of 5% means that H0 rejected the Ha .From received hypothesis test analysis results, we can conclude that the "use of behavioral counseling with assertive technique training is more effective than treatment conventional to increase prosocial behavior through psychodrama at Eighth Grade of SMP Negeri 3 Singaraja in academic Year 2015/2016". keyword : Behavioral counseling, assertive training, Prosocial Behavior
PENERAPAN KONSELING REALITAS DENGAN TEKNIK KONFRONTASI UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI AKADEMIK SISWA PADA SISWA KELAS VIII B1 DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA ., Kadek Agus Andi Irawan; ., Kadek Suranata, S.Pd.; ., Prof. Dr. I Ketut Dharsana,M.Pd
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling yang bertujuan untuk mengetahui apakah konseling Realitas dengan teknik Konfrontasi dapat meningkatkan konsep diri akademik siswa pada siswa kelas VIII B1 di SMP Negri 4 Singaraja. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa yang memiliki konsep diri akademik negatif. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling, evaluasi dan tahap refleksi. Treatment diberikan sebanyak 4 kali yaitu dengan format informasi klasikal, bimbingan kelompok, konseling kelompok, serta konseling individu dengan konseling Realitas teknik Konfrontasi pada siklus I dan siklus II. Data tentang konsep diri akademik dikumpulkan dengan kuisioner dengan teknik analisis deskriptif menggunakan rumus penghitungan persentase sederhana yaitu membagi skor mentah dengan skor ideal kemudian dikalikan dengan seratus persen. Persentase peningkatan pada siklus I antara 2,29% sampai dengan 54,88%. Sedangkan pada siklus II antara 5,53% sampai dengan 44,36%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konseling Realitas dengan teknik Konfrontasi dapat meningkatkan konsep diri akademik siswa pada siswa kelas VIII B1 di SMP Negri 4 Singaraja. Kata Kunci : Konseling Realitas, Konfrontasi, Konsep Diri Akademik This study is an action research guidance counseling which aims to determine whether counseling Reality Confrontation techniques can improve students' academic self-concept on eighth grade students in junior Negri B1 4 Singaraja. The subjects were 6 students who have a negative academic self-concept. Actions carried out in two cycles, and each cycle consisted of the identification stage, diagnosis, prognosis, counseling, evaluation and reflection phase. Treatment was given for 4 times the classical information format, group counseling, group counseling, and individual counseling with counseling techniques Reality Confrontation in the first cycle and second cycle. Data on academic self-concept were collected by questionnaire with a descriptive analysis techniques using simple percentage calculation formula that is dividing the raw score by the ideal score is then multiplied by one hundred percent. The percentage increase in the first cycle between 2.29% to 54.88%. While on the second cycle between 5.53% to 44.36%. The results showed that the application of counseling techniques confrontation with reality can improve students' academic self-concept in the eighth grade students in junior Negri B1 4 Singaraja. keyword : Counseling Reality, Confrontation, Academic Self-Concept
EFEKTIVITAS MODEL KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK TOKEN ECONOMY DAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS X SMA LAB UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 ., Ni Kadek Budini Dwi Apsari; ., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS; ., Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S.Ps
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui : (1) apakah terdapat perbedaan peningkatan motivasi berprestasi siswa dengan menggunakan konseling behavioral dengan teknik token economy dan Konseling Behavioral Positif Reinforcement di kelas X dan SMA Lab Undiksha Singaraja Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Lab Undiksha Singaraja. Sampel penelitian ditentukan dengan uji kesetaraan dimana uji kesetaraan ini melihat kelas yang setara.. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X 6 dan kelas X 7 dimana masing masing kelas terdapat 6 orang siswa yang memiliki motivasi berprestasi belajar rendah. Rancangan penelitian ini adalah the static group postest design. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah kuesioner. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa (1)Konseling Behavioral teknik Token Ekonomy lebih efektif Meningkatkan Motivasi berprestasi dibandingkan dengan konseling behavoiral teknik Positive Reinforcement ini dilihat dari gain score (2) konseling behavioral dengan teknik token economy efektif untuk meningkatkan meningkatkan motivasi berprestasi pada siswa kelas X SMA LAB Undiksha singaraja ini dilihat dari thitung lebih besar dari pada. Sebagai implikasi penelitian ini diharapkan dapat diwacanakan sebagai salah satu model pelatihan bagi guru pembimbing di sekolah-sekolah untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Kata Kunci : Konseling Behavioral Teknik Token Economy ,Positive Reinforcement, Motivasi Berprestasi . This study is an experimental study in order to determine: (1) whether there are differences in the increase in student achievement motivation using behavioral counseling technique with token economy and Positive Reinforcement Behavioral Counseling in class X and SMA Lab Undiksha Singaraja This study population is high school students of class X Lab Undiksha Singaraja. The research sample was determined by testing the equality where equality test is equivalent classes .. see sample in this study is class and class X 6 X 7 wherein each class there are 6 students who have a low learning achievement motivation. The design of this study is the static group posttest design. Data collection method used was a questionnaire. Based on the analysis, it was found that (1) Behavioral Counseling techniques Ekonomy Token Improving Achievement motivation is more effective than counseling behavoiral Positive reinforcement techniques is seen from the gain score (2) behavioral counseling with effective techniques to improve the token economy improves achievement motivation in class X High School Undiksha singaraja LAB is seen from tcount greater than. As the implications of this study are expected to be under consideration as a training model for teacher mentors in schools to improve student learning discipline. keyword : Behavioral Counseling Techniques Token Economy, Positive Reinforcement, Achievement Motivation
EFEKTIVITAS MODEL KONSELING BEHAVIORAL PAVLOV DENGAN TEKNIK CLASSICAL CONDITIONING UNTUK MENINGKATKAN SELF ACHIEVEMENT Azhar, Dimas; Suranata, Kadek; Dharsana, I Ketut
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jibk.v10i2.23279

Abstract

This study aims to know: Effectiveness of behavioral counseling i. f. Pavlov with classical conditioning techniques through lesson study to improve self achievement. This research includes "quasi experiment". The experimental design used was Pretest Postest Control Group Design. The population of this study was the eleventh grade students of the Singaraja Undiksha Lab High School, totaling 105 people. Self-achievement data collection in this study using the self achievement questionnaire. Based on the t-test, the results of Fhit are 1.43 with a significance level of 5% with df1 = 2-1 = 1, df2 = 23-1 = 22 with Ftable 4.30, then Fhit <Ftable or 1.43 <4 is obtained. , 30. The value of ES = 0.09, ES is in the high category. The results of this study indicate that there is effectiveness in behavioral counseling i. f. Pavlov with a classical conditioning technique on the self-achievement of class XI students at Singaraja Undiksha Laboratory.Keywords: Behavioral counseling, Pavlov, self achievement, classical conditioning technique
EFEKTIVITAS KONSELING RASIONAL EMOTIF DENGAN TEHNIK SELF- MANAGEMENT DAN TEHNIK BIBLIOTERAPY UNTUK MEMINIMALISIR PRILAKU PROCRASCINATION AKADEMIK SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2015/2016 ., I Gusti Ayu Putri Andriani; ., Prof. Dr. Gede Sedanayasa,M.Pd; ., Luh Putu Sri Lestari, S.Pd.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha Vol 5, No 1 (2016): JIBK Special Issue
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitasKonseling Rasional Emotif dengan Teknik Self Management dan Teknik Bibliotherapy Untuk Meminimalisir Prilaku Procrastination Akademik Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Ajaran 2015/2016.Secara khusus untuk mengetahui perbedaan penurunan perilaku Procrastination akademik antara siswa yang diberikan konseling Rasional Emotif Teknik Self Managementdengan yang diberikan tindakan konseling Rasional Emotif Teknik Bibliotherapy. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Singaraja.Metode pengumpulan sampel yang dipakai adalah menggunakan teknik Random sampling. Pengupulan data hanya dilakukan pada kelompok subjek yang memiliki karakteristik sesuai dengan tujuan penelitian yaitu siswa yang memiliki perilaku Procrastination akademik dari hasil sekor awal (pretes) didapatkan 24 orang yang memiliki Procrastination akademik yang tinggi kemudian dibagi menjadi 3 kelompok 2 kelompok eksperimen dan 1 kelompok kontrol. Rancangan penelitian menggunakan ? Pretest-Posttest Countrol Group Desain? hal ini dikarenakan peneliti melakukan perlakuan (treatmen). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan penurunan perilaku Procrastination akademik antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. dapat disimpulkan teknik Self Menagement lebih berpengaruh terhadap (Procrastination akademik ) dibandingkan dengan teknik Bibliotherapy, R1>R3 atau 147>36 dapat disimpulkan teknik Self Menagement lebih berpengaruh terhadap (Procrastination akademik ) dibandingkan perlakuan konvensional, R2>R3 atau 117>36 jadi dapat disimpulkan bahwa teknik Self Menagement lebih berpengaruh terhadap (VT) dibandingkan teknik Bibliotherapy. Kata Kunci : Konseling Rasional Emotif, Teknik Self Management, Teknik Bibliotherapy, Procrastination Akademik. Abstract This aims of study is to determine the effectiveness of Rational Emotive Counselling with Self Management and Bibliotherapy Techniques to Minimize Delays Academic Behavior in Class X at SMAN 2 Singaraja Academic Year 2015 / Special 2016.Specificaly to know the difference between the academic Delays decrease the behavior of students who were counseled Rational Emotive Mechanical Self Management and a given act of Rational Emotive counseling techniques bibliotherapy. The population in this study was all students of class X SMAN 2 Singaraja. Sample collection was used random sampling techniques. Collecting data is only performed on a group of subjects that have characteristics consistent with the purpose of research that students who have behavioral delays academic results sekor initial (pretest) got 24 people who have delays high academic then divided into three groups of two experimental groups and one control group. The research design using "pretest-posttest Countrol Group Design" this is because researchers do treatments (treatments). The results showed there were differences in behavioral decline in academic delay between the control group with the experimental group. Inferential techniques Self Menagement more influence on (Delay academic) compared with the technique of bibliotherapy, R1> R3 or 147> 36 inferential techniques Self Menagement more influence on (Delay academic) than conventional treatment, R2> R3 or 117> 36 so it can be concluded that self management technique more influence on the Self Menagement (VT) compared bibliotherapy techniques. keyword : Rational Emotive Counselling, Self Management Engineering, Mechanical bibliotherapy, Academic Procrastination.
PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SHAPING UNTUK MEMINIMALISASI PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS XI IBB SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015 ., Ni Wayan Budiani; ., Drs. I Ketut Gading,M.Psi; ., Dra. Ni Nengah Madri Antari, M.Erg.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir perilaku agresif setelah diterapkan konseling behavioral dengan teknik shaping. Penelitian merupakan ini penelitian tindakan bimbingan konseling (Action Research in Counseling) subjek penelitian ini 2 orang siswa kelas XI IBB SMA Negeri 2 Singaraja yang memiliki perilaku agresif tinggi. Data dikumpulkan dengan menggunakan pedoman observasi dan dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan perilaku agresif pada ke 2 orang siswa dari katagori tinggi menjadi katagori sedang pada siklus I. Kemudian pada siklus II perilaku agresif ke 2 siswa menurun menjadi katagori rendah. Kata Kunci : Konseling Behavioral, teknik shaping, Perilaku Agresif This Research aims to minimize aggressive behavior after applied behavioral counseling with tehniques of shaping. This research is the research guidance counseling (Action Research in Counseling) of the subject of these 2 students of class XI IBB 2 SMA Negeri Singaraja that have aggressive behavior. Data were collected using manual observation and analyzed with descriptive analysis. The result showed that there is a decrease in aggressive behavior on the 2 students from higher categories are on cycle I. Later in cycle II aggresive behavior to 2 students declined into the low categories. keyword : Behavioral Counseling, Techniques Of Shaping, Aggressive Behavior

Page 1 of 45 | Total Record : 447