cover
Contact Name
Fadhilaturrahmi
Contact Email
arkhan88fadhila@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
arkhan88fadhila@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Basicedu
ISSN : 25803735     EISSN : 25801147     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN 2580-1147.
Arjuna Subject : -
Articles 90 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2024): February" : 90 Documents clear
Praktikalitas Media Interaktif Pembelajaran Membaca Permulaan Berbantuan Powerpoint Berbasis Pendekatan Balanced Literacy Approach Miftahul Jannah; Sulfasyah Sulfasyah; Rukli Rukli
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 1 (2024): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i1.5666

Abstract

Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengevaluasi praktikalitas sebuah media interaktif pembelajaran membaca permulaan berbasis powerpoint dengan pendekatan balanced literacy. Penelitian ini melibatkan responden berupa guru dan siswa dari sebuah sekolah dasar di Gugus SD 5 Lembang Cina, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng. Jumlah siswa yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 16 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian lembar angket respon dari guru dan siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus persentasi dan kategorisasi nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon guru terhadap media interaktif pembelajaran mencapai 94% dengan kategori sangat baik, sedangkan respon siswa mencapai 95% dan juga berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa media interaktif pembelajaran membaca permulaan berbantuan powerpoint dengan pendekatan balanced literacy dapat digunakan secara praktis dalam proses pembelajaran.
Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran PMRI Berbasis Satuan Waktu di Kelas II SD Sartika Barutu; Maria Theresa Cinta Kasih; Yurna Kristin Messakh; Andri Anugrahana
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 1 (2024): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i1.6136

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhan untuk mengevaluasi implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai efektivitas pendekatan PMRI dalam pengajaran materi matematika, khususnya pada topik satuan waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan PMRI yang melibatkan guru dan siswa sebagai sumber data. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PMRI meningkatkan pemahaman siswa dan membantu guru dalam menyampaikan materi dengan lebih efektif. Siswa menunjukkan minat yang lebih tinggi terhadap pembelajaran matematika ditinjau dari observasi dimana dari 21 siswa, sebanyak 19 siswa yang menyukai materi satuan waktu dengan pendekatan PMRI. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi PMRI di Sekolah Dasar yang berlokasi di kabupaten Sleman berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, khususnya dalam topik satuan waktu. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan PMRI dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika di tingkat dasar.
Pengaruh Interaksi Sosial dalam Pergaulan terhadap Pengembangan Sikap Kepedulian Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah Meryna Putri Utami
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 1 (2024): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i1.6298

Abstract

Kepedulian sosial adalah sikap atau tindakan yang menunjukkan perhatian dan kepedulian seseorang terhadap keadaan atau kesejahteraan orang lain, masyarakat, atau lingkungan. Penelitian ini digunakan guna mengetahui “bagaimana pengaruh yang ditimbulkan dalam interaksi sosial pada pergaulan siswa terhadap mempengaruhi kesadaran sosial?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan pergaulan pada siswa berdasarkan interaksi siswa dalam pergaulan di sekolah maupun lingkungan yang akan meningkatkan kesadaran sosial secara baik dan berkualitas yang akan membentukkarakter pada siswa yang unggul. Metode penelitian yang digunakan berupa kuantitatif dengan desain penelitian Ex-post Facto yang bersifat survey. Berdasarkan penelitian nilai F hitung=0,9777 dengan nilai signifikansi sebesar 0,525 dan didapatkan bahwa nilai signifikansi > 0,05 dengan hasil signifikansi hasil perhitungan sebesar=0,525 yang merupakan lebih besar dari taraf signifikan 0,05. Disimpulkan hubungan antara variabel X dan variabel Y,menunjukkan bahwa adanya pengaruh interaksi sosial dalam pergaulan terhadap pengembangan kesadaran sosial siswa.
Studi Literatur Terhadap Kekerasan di Kalangan Remaja Sahrul Pahmi; Ria Hopipah; Ditami Ayu Saputri; Tiara Puspa Dewi; Heni Yulita; Atri Widowati
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 1 (2024): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i1.6354

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang mengangkat masalah terhadap kekerasan di kalangan remaja. Tujuan penelitian untuk memberikan pemahaman terhadap pembaca mengenai kekerasan di kalangan remaja. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan studi pustaka (library research). Pengumpulan data tersebut menggunakan cara mencari sumber dan menkontruksi dari berbagai sumber seperti buku, jurnal dan riset- riset yang sudah pernah dilakukan. Kekerasan di lingkungan remaja merupakan isu serius yang memengaruhi banyak individu di seluruh dunia. Fenomena ini melibatkan berbagai bentuk, mulai dari kekerasan fisik hingga kekerasan verbal. Penelitan ini membahas beberapa aspek utama terkait kekerasan di kalangan remaja. Beberapa faktor termasuk lingkungan keluarga yang disfungsional, tekanan teman sebaya, akses mudah ke media kekerasan, dan ketidakstabilan emosi dapat berkontribusi pada perilaku kekerasan. Pendidikan dan kesadaran tentang dampak kekerasan juga berperan dalam upaya pencegahan. Solusi untuk mengatasi kekerasan di kalangan remaja harus komprehensif. Ini melibatkan peran penting dari keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam mendukung remaja, mendidik mereka tentang konsekuensi kekerasan, dan memberikan sumber daya untuk mengatasi masalah ini. Kekerasan di lingkungan remaja adalah masalah yang memengaruhi banyak individu dan memiliki dampak yang serius. Dengan memahami konsep kekerasan dikalangan remaja maka diharapkan bisa mehami konsep kekerasan dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari serta tidak melakukanya lagi.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru PAI dan Guru Kelas dalam Penyusunan Strategi Program Tahunan Pengembangan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar M. Arsyada Sabiily; Ika Ratnaningrum
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 1 (2024): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i1.6406

Abstract

Program Tahunan adalah suatu perencanaan yang mengalokasikan waktu selama satu tahun untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, seperti Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD). Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan informasi tentang usaha meningkatkan keterampilan guru dalam merancang strategi program tahunan. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang dipadukan dengan proses analisis data. Hasil penelitian ini melibatkan penyusunan strategi program tahunan untuk pengembangan kurikulum Merdeka di sekolah dasar sesuai dengan pedoman yang berlaku. Penting bagi guru untuk mempersiapkan dan mengembangkan program tahunan sebelum tahun ajaran dimulai. Proses penyusunan program tahunan perlu mencakup penyusunan materi yang logis, sistematis, dan hierarkis; alokasi waktu yang tepat; mendorong proses pembelajaran; serta memfasilitasi guru dalam menetapkan target pembelajaran
Bahan Ajar Digital Bermuatan Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Pada Materi Bioteknologi Konvensional Hefni Dwika Sari; Riandi Riandi; Hertien Koosbandiah Surtikanti
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 1 (2024): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i1.6503

Abstract

Pendidikan abad 21 menuntut kebutuhan akan bahan ajar yang kontekstual dan produk berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memenuhi tuntutan pasar yang terus meningkat dalam pembelajaran. Saat ini penggunaan bahan ajar cenderung terfokus pada buku pegangan yang jarang dilakukan pembaharuan dan kurang mempertimbangkan potensi lokal serta kehidupan sehari-hari siswa. Kurikulum Indonesia menekankan penggunaan potensi lokal, tetapi implementasinya masih terbatas. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara kepustakaan mengenai bahan ajar dan pembelajaran potensi lokal yang dapat membantu siswa memahami konsep dasar bioteknologi konvensional sehingga dapat menjadi landasan dalam memahami materi Bioteknologi secara komprehensif, meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi, serta memberikan pengalaman yang bermakna. Penulisan artikel dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) yang fokus kepada jurnal-jurnal internasional yang relevan dengan tema kajian. Adapun tahapan metode studi pustaka dalam penyusunan artikel ini: (1) penentuan topik dan pengumpulan artikel, (2) reduksi artikel, (3) analisis dan sintesis hasil temuan dan (4) penyusun tulisan menjadi artikel. Hasil kajian menunjukkan bahwa pentingnya memahami dan melestarikan potensi lokal dan mengintegrasikannya pada kegiatan pembelajaran dengan memperhatikan penggunaan bahan ajar dan metode yang tepat untuk menghadirkan pengalaman belajar yang bermakna sehingga menimbulkan motivasi serta meningkatkan pemahaman. Upaya ini harus dilakukan melalui penyajian materi pembelajaran dan pendeketan pembelajaran yang menarik, relevan, dan bersifat praktikal.
Kreativitas Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Jenjang Sekolah Dasar Kiki Nadhifatul Ismiyah; Rif'atul Mahmudah; Safira Nurulqolbi
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 1 (2024): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i1.6559

Abstract

Pada kurikulum Merdeka, mata pelajaran IPA dan IPS dikumpulkan jadi satu menjadi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), sehingga diharapkan siswa bisa mempelajari kondisi alam dan sosial pada satu kesatuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi atau berita tentang kreativitas pendidik yang bisat membantu peserta didik dan bisa mempertahankan kompetensi yang ada di dalam diri mereka. Bentuk kreativitas pendidik dalam Pelajaran di kelas, akan membantu di dalam menentukan arah dan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur atau studi kepustakaan, dengan mengumpulkan referensi yang terdiri dari beberapa penelitian terdahulu. Hasil kajian bahwa (1) Konsep Merdeka belajar adalah memberikan kebebasan sekolah dalam menafsirkan kompetensi dasar kurikulum untuk dinilai, (2) Pada konsep pembelajaran IPAS berlangsung siswa dapat belajar mandiri seperti pengerjaan kelompok dan begitu juga guru yang kreatif, (3) Kreativitas guru bisa meningkatkan perkembangan kreativitas peserta didik karena seseorang yang kreatif dibentuk oleh orang yang kreatif, (4) Terdapat perbedaan dari setiap kreativitas pendidik dalam melakukan pembelajaran
Meta Analisis: Pengaruh Manajemen Kelas yang Efektif terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Miftahir Rizqa; Azha Apriliani; Nurul Arafah S
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 1 (2024): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i1.6699

Abstract

Manajemen kelas menjadi suatu hal yang memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Efektivitas manajemen kelas dapat membuat siswa merasa nyaman dan antusias dalam menerima materi pembelajaran. Dengan kondisi tersebut, diharapkan prestasi belajar siswa akan meningkat. Oleh karena itu, memiliki kemampuan yang baik dalam memanajemen kelas menjadi hal yang sangat penting bagi seorang guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh manajemen kelas terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah studi meta-analisis. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa studi kepustakaan atau literatur review dengan menganalisis 10 jurnal terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa guru yang mampu efektif dalam mengelola kelasnya dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan mendorong siswa untuk aktif dikelas serta berdampak positif pada peningkatan hasil belajar. Oleh karena itu, manajemen kelas yang efektif merupakan salah satu faktor penting yang dapat membantu meningkatkan pencapaian prestasi belajar siswa.
Analisis Makna Leksikal, Sinonim, dan Antonim pada Teks Laporan Hasil Pengamatan di Buku ESPS Bahasa Indonesia untuk Kelas VI di Sekolah Dasar Indri Wulandari Sukoco; Elis Yunita; Dase Erwin Juansah
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 1 (2024): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i1.6703

Abstract

Kata teknis yang terdapat pada teks hasil pengamatan di Buku ESPS Bahasa Indonesia Untuk SD/MI Kelas VI menarik untuk dikaji secara semantik. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui makna leksikal, sinonim, dan antonim. Penelitian yang dilakukan berjenis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan 35 ( tiga puluh lima) kata teknis ditemukan sebagai sumber data yang dapat di analisis. Sinonim yang dapat ditemukan pada penelitian yang dilakukan sebanyak 34 ( tiga puluh empat) kata teknis. Sebanyak 26 ( dua puluh enam) kata teknis dapat ditemukan antonimnya. Penelitian yang dilakukan dapat membantu guru dalam proses pebelajaran untuk menemukan makna leksikal, sinonim, dan antonim dari kata-kata teknis pada teks hasil pengamatan
Analisis Nilai Karakter Kreatif pada Buku Ajar Bahasa Indonesia Kelas 2 Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Zudan Rosyidi; Laili Ida Atiqoh
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 1 (2024): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i1.6704

Abstract

Kurikulum merdeka memiliki makna sebagai kurikulum yang mana dapat membuat siswa untuk menentukan minat serta bakat mereka, dalam hal pembelajaran beriferensiasi contohnya yang mana guru akan mengelomokkan secara sendiri dengan melihat bagaimnaa gaya belajar siswa. Analisis dengan nilai karakter kreatif pada buku ajar Bahasa Indonesia kelas 2 di Sekolah Dasar ini adalah tujuannya agar mengetahui bagaimana nilai kreatif yang dimiliki masing-masing siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 2 ini. Dalam hal artikel penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data yaitu dengan menemukan buku Bahasa Indonesia kelas 2 Sekolah Dasar dengan mengumpulkan suatu data-data yang ada. Hasil dari adanya penelitian analisis nilai karakter pada buku Bahasa Indonesia ini adalah bagaimana dengan siswa yang diharapkan untuk dapat berkreatif dengan apa yang mereka bisa, dalam artian setiap bab pada buku Bahasa Indonesia kelas 2 Kurikulum merdeka ini menghimbau untuk siswa memiliki karakter yang kreatif karena dengan memiliki nilai karakter tersebut pula akan menjadikan siswa menjadi pemikiran yang luas dan menciptakan ide-ide yang baru. Dan dengan memiliki karakter kreatif pula semakin banyak manfaat yang dapat dipetik oleh para peserta didik, dengan mereka dapat melakukan sesuatu yang nantinya akan mendatangkan suatu kemanfaatan di masa mendatang bagi mereka sendiri

Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 4 (2024): In Progress Vol. 8 No. 3 (2024): June Vol. 8 No. 2 (2024): April Vol. 8 No. 1 (2024): February Vol. 7 No. 6 (2023): December 2023 Vol. 7 No. 5 (2023): October Vol. 7 No. 4 (2023): August Vol 7, No 3 (2023): June Vol. 7 No. 3 (2023): June Vol. 7 No. 2 (2023): April Vol 7, No 2 (2023): April Vol 7, No 1 (2023): February Vol. 7 No. 1 (2023): February Vol 6, No 5 (2022): October Pages 7664-9236 Vol 6, No 4 (2022): August Pages 5501-7663 Vol 6, No 3 (2022): June Pages 3200-5500 Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199 Vol 6, No 1 (2022): February, Pages 1-1500 Vol 6, No 6 (2022): December 2022 Vol. 6 No. 6 (2022): December 2022 Vol 5, No 6 (2021): December Pages 5001-6500 Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000 Vol 5, No 4 (2021): August Pages 1683- 3000 Vol 5, No 3 (2021): June Pages 1111-1682 Vol 5, No 1 (2021): February 2021, Pages 1-445 Vol 5, No 2 (2021): April Pages 446-1111 Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467 Vol 4, No 3 (2020): July, Pages 523-774 Vol 4, No 2 (2020): April, Pages 228-521 Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227 Vol 4, No 1 (2020): January In Press Vol 3, No 4 (2019): October Pages 994-2165 Vol 3, No 3 (2019): July Pages 850 - 993 Vol 3, No 2 (2019): April Pages 263- 849 Vol. 3 No. 2 (2019): April Pages 263- 849 Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837 Vol 3, No 1 (2019): Pages 1-263 Vol 3, No 1 (2019): January Pages 1-262 Vol 3, No 2 (2019): In Press Vol 2, No 1 (2018): April Pages 1-165 Vol 2, No 2 (2018): October Pages 1-74 Vol 1, No 2 (2017): October Pages 1-84 Vol 1, No 1 (2017): April Pages 1-95 More Issue