cover
Contact Name
Ida Ayu Sukma Wirani
Contact Email
idaayusukmawirani@gmail.com
Phone
+6287762000445
Journal Mail Official
idaayusukmawirani@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana No. 11, Singaraja, Banjar Tegal, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
ISSN : 26141914     EISSN : 25992627     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jpbb.v6i2
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Balinese Language Education Undiksha. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational, technology, and educational development at PBalinese Language Education Undiksha
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2022)" : 5 Documents clear
Analisis Pasang Aksara Bali Pada Papan Nama Beraksara Bali Di SMA/SMK Se-Kabupaten Tabanan Ida Bagus Purwa; I Wayan Gede Wisnu; Ida Ayu Sukma Wirani
Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha Vol. 9 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbb.v9i2.44310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keadaan papan nama beraksara Bali di SMA/SMK se-Kabupaten Tabanan dan kesalahan tulis pasang aksara Bali yang terdapat dalam papan nama beraksara Bali tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah papan nama beraksara Bali di SMA/SMK se-Kabupaten Tabanan. Objek penelitian ini adalah tulisan aksara Bali pada papan nama sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini dari 29 SMA/SMK yang ada di Kabupaten Tabanan adalah sebanyak 20 SMA/SMK menggunakan papan nama beraksara Bali dan Sembilan sekolah tidak menggunakan. Jumlah data kesalahan bentuk tulisan pasang aksara Bali pada papan nama beraksara Bali tersebut dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu: (1) Kesalahan dalam menulis kata beraksara Bali ditemukan sebanyak delapan, (2) Kesalahan menulis singkatan beraksara Bali ditemukan sebanyak 16, dan (3) Kesalahan menulis angka beraksara Bali ditemukan sebanyak enam. Data kedua didapatkan sebanyak enam papan nama dengan jenis papan nama yang benar dan 14 papan nama dengan jenis papan nama yang salah. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat menjadi acuan dalam penulisan papan nama beraksara Bali yang baik dan benar.
Menggunakan Aplikasi Patik Bali Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Aksara Bali Dengan Model Blended Learning I Kadek Eka Muliana; Ida Ayu Sukma Wirani; Ida Bagus Rai
Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha Vol. 9 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbb.v9i2.46628

Abstract

Penelitian ini membahas tentang: (1) Tata cara menggunakan aplikasi PaTik Bali dalam model blended learning untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII SMP Katolik Soverdi, (2) Aplikasi PaTik Bali dalam model blended learning dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII SMP Katolik Soverdi, (3) Pendapat siswa mengenai adanya aplikasi PaTik Bali dalam model blended learning untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII SMP Katolik Soverdi. Dengan adanya pengunaan aplikasi PaTik Bali sebagai salah satu pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan teknologi dalam menulis aksara Bali yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP katolik Soverdi yang dipilih dengan teknik cluster sampling, dan objek penelitian adalah pembelajaran menulis aksara Bali, dan kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian ini adalah (1) Tahapan pelaksanaan penelitian secara langsung di kelas mengenai menulis aksara Bali dengan aplikasi PaTik Bali yang terdiri dari tahapan pendahuluan, inti kegiatan, penutup pembelajaran. (2) Hasil tes kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali mengalmi peningkatan dari nilai awal yang memiliki rerata 62,5 menjadi pada siklus I dengan hasil rerata siswa 73,06 dan siklus II hasil rerata siswa 82,59. (3) Hasil rerata pendapat siswa tentang pengguanaan aplikasi PaTik Bali dalam menulis aksara Bali juga mengalami peningkatan hingga 1,22. Aplikasi PaTik Bali efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali.
Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Berparibasa Bali Menggunakan Media Audio Visual Lawak Bali I Dewa Gede Ananda Iswara Pramidana; Ida Ayu Putu Purnami; Ida Bagus Putra Manik Aryana
Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha Vol. 9 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbb.v9i2.46724

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tata cara menggunakan media audio visual lawak Bali untuk meningkatkan keterampilan berparibasa Bali siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati, mengetahui keterampilan siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati setelah menggunakan media audio visual lawa Bali dalam berparibasa Bali, serta pendapat dari siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati tentang media audio visual lawak Bali dalam pembelajaran Paribasa Bali. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati, dan objek dari penelitian adalah pembelajaran menggunakan media audio visual lawak Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) tata cara guru menggunakan media audio visual lawak Bali dalam pelajaran Paribasa Bali sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah dibuat, (2) menggunakan media audio visual lawak Bali dapat meningkatkan keterampilan siswa berparibasa Bali, terdapat peningkatan nilai rata-rata siklus I 70,88 dan siklus II 81,63, (3) pendapat siswa tentang penggunaan media audio visual lawak Bali dalam pembelajaran Paribasa Bali pada siklus I baik, dengan skor 10,80 dan pada siklus II sangat baik, dengan skor 14,61. Berdasarkan hasil tersebut dalam disimpulkan terdapat pengaruh yang baik dan signifikan ketika menggunakan media audio visual lawak Bali dalam pembelajaran Paribasa Bali siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati. Kata kunci: Audio Visual, Keterampilan, Paribasa Bali
Penerapan Media Film Pendek Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bali Modern Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar Putu Nita Wahyuni; Ida Bagus Putra Manik Aryana; I Wayan Gede Wisnu
Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha Vol. 9 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbb.v9i2.46756

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: (1) Tata cara menggunakan film pendek “Guru” untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar, (2) Media film pendek “Guru” dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar, (3) Pendapat siswa terkait media pembelajaran film pendek “Guru” digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Tahapan pelaksanaan penelitian secara langsung di kelas mengenai penerapan media film pendek “Guru” untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar dalam menulis puisi Bali modern yang terdiri dari tahapan pendahuluan, inti, dan penutup pembelajaran, (2) Film pendek “Guru” dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar. Hasil rata-rata sebelum menggunakan media pembelajaran yaitu 70,48 nilai siswa kemudian meningkat 75,32 pada siklus 1, dan pada siklus 2 yaitu 86,61, (3) Siswa berpendapat baik mengenai penggunaan film pendek “Guru” sebagai media untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern. Pada siklus I terdapat 10 (32%) orang siswa yang berpendapat sangat baik, dan sisanya 21 (68%) orang siswa berpendapat baik. Pada siklus II terdapat 22 (71%) orang siswa berpendapat sangat baik dan sisanya 9 (29%) orang siswa berpendapat baik belajar menulis puisi Bali modern menggunakan media pembelajaran film pendek “Guru”.
Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Pupuh Ginanti Menggunakan Media Audio Visual Siswa Kelas IXd SMP Negeri 5 Abang denta putra dewa perdana; I Wayan Gede Wisnu; Ida Ayu Putu Purnami
Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha Vol. 9 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbb.v9i2.46758

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang (1) Pengaplikasian media audio visual yang di gunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Abang menyanyikan pupuh ginanti, (2) Media audio visual yang di gunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Abang menyanyikan pupuh ginanti, dan (3) Tanggapan siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Abang mengenai adanya media audio visual untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Abang menyanyikan pupuh ginanti. Penelitian yang yang di laksanakan akan menggunakan data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Abang, dan objek penelitian adalah pembelajaran yang menggunakan media audio visual yang di gunakan meningkatkan kemampuan siswa IX D SMP Negeri 5 Abang menyanyikan pupuh ginanti. metode pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, tes, serta kuisioner. Hasil yang di dapat dalam penelitian yakni menggunakan media audio visual yang berupa video menyanyikan pupuh ginanti dalam pembelajaran sekar alit khususnya pupuh ginanti yang sudah sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah di rancang dengan baik. Kemampuan siswa di katakan meningkat dari data awal ke siklus II yaitu 76, 92% yang menggunakan media audio visual yang berupa video menyanyikan pupuh ginanti. tanggapan siswa masuk ke kategori sangat baik pada saat menggunakan media audio visual yang berupa video menyanyikan pupuh ginanti. ada pengaruh yang sangat amat baik sekali serta signifikan pada saat menggunakan media audio visual yang di gunakan untuk meningkatkan kemampuan menyanyikan pupuh ginanti siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Abang. Kata kunci : media, audio visual, pupuh

Page 1 of 1 | Total Record : 5