cover
Contact Name
Akhmad Rizkhi Ridhani
Contact Email
rizkhi.ridhani@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
annur.uniskamab@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JURNAL MAHASISWA BK AN-NUR : BERBEDA, BERMAKNA, MULIA
ISSN : 24609722     EISSN : 26228297     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2021)" : 6 Documents clear
KORELASI DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEPUASAN PEMILIHAN JURUSAN SISWA KELAS SMK NEGERI 1 SIMPANG EMPAT KABUPATEN BANJAR Melly Melly; Sultani Sultani; Aminah Aminah
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.397 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v7i2.3403

Abstract

Dukungan orang tua merupakan bantuan yang diberikan orang tua sebagaimana orang yang bertanggung jawab terhadap pendidikan ataupun keperluan hidup lainnya. Dalam memutuskan pemilihan jurusan, orangtua juga memiliki peran untuk terlibat dalam proses pengambilan keputusan jurusan pendidikan pada anaknya. Adapun tujuan penelitian yang akan dilaksanakan adalah untuk mengetahui korelasi antara dukungan orang tua terhadap kepuasan pemilihan jurusan siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Simpang Empat Kabupaten Banjar. Desain penelitian ini adalah penelitian korelasi, suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data, guna menentukan apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik Pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian diambil dengan menggunakan angket (kuesioner) berbentuk checklist. Adapun hasil penelitian uji korelasi dengan rumus korelasi spearman rank, pada penelitian ini yakni terdapat hubungan antara variabel dukungan orangtua dengan variabel kepuasan memilih jurusan pada siswa SMK menunjukan nilai korelasi yaitu 0,660 (>) 0,05 maka dua variabel tersebut termasuk memiliki hubungan berkorelasi. Diharapkan guru dan konselor dapat memberikan pengarahan atau sosialisasi mengenai pentingnya program jurusan yang ada di sekolah, sehingga siswa tidak kekurangan informasi, bagi orang tua, agar orang tua saling memberikan dukungan penuh pada anak, baik berupa dukungan instrument, informasi, penghargaan, dan emosi, hal ini penting mengingat kondisi/suasana yang sedang terjadi mempengaruhi pemilihan jurusan.
MOTIVASI INSTRINSIK, DUKUNGAN SOSIAL DAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KERINCI Hengki Yandri; Harmalis Harmalis; Nuzmi Sasferi; Naidarti Naidarti; Dosi Juliawati
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.116 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v7i2.5103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan negatif dukungan sosial dan motivasi intrinsik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kerinci. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 72 mahasiswa yang diambil dari mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah skala prokrastinasi akademik, dukungan sosial, dan motivasi intrinsik. Data tersebut diolah dengan menggunakan metode analisis Regresi Berganda dengan bantuan komputer melalui aplikasi SPSS Versi 17. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai koefesien korelasi (R) antara dukungan sosial dan motivasi intrinsik dengan prokrastinasi akademik sebesar 0,826 dengan P=0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara dukungan sosial dan motivasi intrinsik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Kerinci. Nilai R2 (R Square) sebesar 0,682, artinya bahwa persentase sumbangan antara dukungan sosial dan motivasi intrinsik dengan prokrastinasi akademik adalah sebesar 68,2 %
Hubungan Antara Interaksi teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 13 Banjarmasin Hayati Husna; Sultani Sultani; Aminah Aminah
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (957.822 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v7i2.3420

Abstract

ABSTRAK  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku bullying yang kurang begitu diperhatikan dan bentuk tindak lanjut yang kurang membuat efek jera kepada pelaku, karena bullying dianggap tidak memiliki pengaruh yang besar terhadap remaja. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasi, dengan populasi 161 siswa maka didapat 115 orang sebagai sampel. Alat pengumpulan data berupa angket interaksi teman sebaya dan angket perilaku bullying yang dibagikan secara online melaui link google form. Uji validitas instrumen dengan membandingkan rhitung dan rtabel, sedangkan untuk reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS ver 26 maka didapat koefisien 0.851 pada interaksi teman sebaya dan koefisien 0.922 pada perilaku bullying menggunakan bantuan SPSS.Hasil penelitian menunjukkan interaksi teman sebaya memiliki deskripsi variabel sangat tinggi sebesar 100 % dengan total 115 orang. Sedangkan deskripsi variabel perilaku bullying terdapat kategori rendah sebesar 50,4% sebanyak 58 orang, kategori sedang sebesar 48,7% sebanyak 56 orang dan kategori tinggi sebesar 1% dengan jumla 1 orang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa interaksi teman sebaya dengan perilaku bullying memiliki hubungan dengan bentuk negatif dibuktikan melalui uji korelasinal dengan membandingkan nilai signifikansi yaitu 0.00 < 0.06 yang didapat, dimana nilai korelasi didapat -0.502 maka menghasilkan nilai korelasi berbentuk negatif  artinya semakin tinggi variabel Interaksi teman sebaya maka semakin rendah perilaku bullying, sebaliknya bila semakin tinggi perilaku bullying maka semakin rendah interaksi teman sebaya. Kata Kunci: Interaksi, Teman Sebaya, Perilaku, Bullying. 
PENDIDIKAN KARAKTER ANAK JALANAN DI SEKOLAH KELAS KHUSUS PASAR LIMA BANJARMASIN Muhammad Adhitya Hidayat Putra; Mutiani Mutiani; Jumriani Jumriani
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.772 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v7i2.5312

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Sekolah Kelas Khusus Pasar Lima dan mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter  bagi anak jalanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil tempat penelitian di Sekolah  Kelas Khusus Pasar Lima Kota Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan  dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Berdirinya sekolah ini sangat membantu anak jalanan yang ada di kota Banjarmasin untuk mendapatkan haknya yaitu dapat mengenyam  pendidikan sehingga mereka tidak lagi menjadi anak di jalanan karena mereka didik dan dibina di sekolah ini. Pelaksanaan pendidikan karakter yang ada disekolah ini memberikan dampak positif kepada peserta didik walaupun dalam memberikan pendidikan karakter tanpa ada rencana tertulis tentang karakter yang di tanamkan.
PENERAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS V SDN 2 SOKARAJA KULON Ari Pratiwi; Asih Ernawati
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.083 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v7i2.4626

Abstract

Penerapan pembelajaran jarak jauh
UPAYA PELAYANAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP SISWA MAN 2 LAMONGAN SELAMA PANDEMI COVID-19 Farda Muslimah; Imro’atul Hayyu Erfantini
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.919 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v7i2.4982

Abstract

Seperti yang kita ketahui bahwa bahwa Indonesia masih berada dalam proses berperang melawan wabah COVID-19. Hal tersebut mempengaruhi aspek pendidikan di Indonesia dengan diberlakukannya sekolah daring, kemudian dengan adanya kebijakan tersebut menyebaBimbingan dan Konselingan pelayanan Bimbingan dan Konseling juga dilakukan secara daring. Bimbingan karir merupakan salah satu bimbingan menyeluruh yang sangat urgent ungtuk diberikan kepada siswa. Sedangkan dalam pembelajaran daring banyak sekali potensi adanya hambatan yang dialami baik siswa maupun guru  BK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya bimbingan karir yang dilakukan oleh guru BK terhadap siswa MAN 2 Lamongan selama masa pandemic COVID-19. Penelitian dilakukan dengan pendekatan Kualitatif deskriptif dengan Metode penelitian Study Kasus.  Hasil penelitian dari Bimbinagn dan Konseling selama Pandemi yakni upaya yang dilakukan oleh guru Bimbigan dan Konseling yakni dengan menyelenggarakan Sosialisasi Masuk perguuan tinggi, CCD (Career and College Day), pembuatan grup WhatsAps masuk Perguruan Tinggi, Pelayanan Konsultasi offline, dan pemyebaran informasi Lowongan Kerja melalui Grup WhatsAps. Kendala yang dihadapi adalah Sinyal dan media yang tidak memadahi, Tidak terjadi komunikasi yang sempurna antara Siswa dan Guru Bimbingan Konseling, dan keterbatasan kesempatan guru BK saat konsultasi online.

Page 1 of 1 | Total Record : 6