cover
Contact Name
Gilang Ramadan
Contact Email
gilang.ramadan@upmk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaljuara@upmk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
JUARA : Jurnal Olahraga
ISSN : 24431117     EISSN : 26551896     DOI : -
Core Subject : Education,
JUARA: Jurnal Olahraga, is a national scientific journal that is open to all learning and sports studies for innovation, creativity, and renewal. JUARA: Jurnal Olahraga is a journal published by the Department of Physical Education, Health and Recreation, STKIP Muhammadiyah Kuningan. The purpose of this journal is to facilitate scientific publications which are the results of research conducted by students, teachers, academics and researchers. The Champion Journal is published every January and July by publishing research results in the fields of Sports Education & Recreation, Sports Management, and Sports Science
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2017): JUARA: Jurnal Olahraga" : 13 Documents clear
Hubungan Authentic Assessment Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Anang Setiawan
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 2 No 2 (2017): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.725 KB) | DOI: 10.33222/juara.v2i2.41

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan authentic assessment dengan motivasi belajar pendidikan jasmani siswa SMK Negeri 1 Kertajati Majalengka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI (sebelas) SMK Negeri 1 Kertajati Majalengka. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 20% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 40 siswa dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara authentic assessment dengan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Besarnya hubungan adalah 0.67 atau 44.89%, artinya hubungan tersebut merupakan hubungan yang saling mempengaruhi, karena hasil pengujian linieritas regresi menunjukkan hasil yang linier.
Perbandingan Latihan Kotak Berwarna Dengan Segi Tiga Angka Terhadap Passing Atas Bola Voli Boby Agustan
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 2 No 2 (2017): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.558 KB) | DOI: 10.33222/juara.v2i2.51

Abstract

Bentuk latihan yang diciptakan ada yang menggunakan alat, media, atau tanpa alat. Peneliti dalam kesempatan ini mencoba dua bentuk latihan yang menggunakan alat atau media. Media tersebut adalah kotak dan segi tiga. Kotak dan segi tiga tersebut diberi tanda. Tanda yang dimaksud penulis dapat berupa angka, huruf, atau warna. Tujuan dari tanda tersebut adalah untuk mengatur ke arah mana pemain pada saat melakukan passing atas. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini, populasi adalah siswa putera SMA Negeri 1 Cikatomas sebanyak 20 siswa putera. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel total atau seluruh populasi dijadikan sampel penelitian yaitu sebanyak 20 siswa putera. Sampel setelah diberikan perlakukan dengan antara latihan kotak berwarna dan segi tiga angka. Adapun kesimpulan dari penelitian yang penulis lakukan adalah sebagai berikut: 1) Latihan media kotak berwarna memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan passing atas dalam permainan bola voli; 2) Latihan media segi tiga angka memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan passing atas dalam permainan bola voli; dan 3) Latihan kotak berwarna memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap peningkatan passing atas dalam permainan bola voli dibandingkan dengan segi tiga angka.
Hubungan Power Otot Tungkai, Koordinasi Mata Kaki Dan Kekuatan Otot Perut Dengan Ketepatan Menembak Bola Firman Adityatama
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 2 No 2 (2017): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.309 KB) | DOI: 10.33222/juara.v2i2.37

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Hubungan antara power otot tungkai dengan ketepatan menembak bola ke gawang sepakbola pada pemain sepakbola kelompok umur 12 tahun klub SSB Tunas Harapan Klampok Brebes, (2) Hubungan antara koordinasi mata kaki dengan ketepatan menembak bola ke gawang sepakbola pada pemain sepakbola kelompok umur 12 tahun, (3) Hubungan antara kekuatan otot perut dengan ketepatan menembak bola ke gawang sepakbola pada pemain sepakbola kelompok umur 12 tahun, (4) Hubungan antara power otot tungkai, koordinasi mata kaki, dan kekuatan otot perut dengan ketepatan menembak bola ke gawang sepakbola pada pemain sepakbola kelompok umur 12 tahun. Metode yang digunakan deskriptif studi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain sepakbola kelompok umur 12 tahun klub SSB Tunas Harapan Klampok Brebes berjumlah 30 pemain, dengan teknik pengambilan sampling yang digunakanadalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan pengukuran dalam olahraga yaitu; (1) power otot tungkai dengan standing broad jump test, (2) koordinasi mata kaki dengan soccer wall voley test, (3) kekuatan otot perut dengan sit-up test, (4) ketepatan menembak bola ke gawang sepakbola menggunakan petunjuk tes menembak bola ke dalam gawang.Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi tiga prediktor pada taraf signifikansi 5%. Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut: (1) ada hubungan yang signifikan antara power otot tungkai dengan ketepatan menembak bola ke gawang sepakbola pada pemain sepakbola kelompok umur 12 tahun klub SSB Tunas Harapan Klampok Brebes. (2) ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata kaki dengan ketepatan menembak bola ke gawang sepakbola pada pemain sepakbola kelompok umur 12 tahun. (3) ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot perut dengan ketepatan menembak bola ke gawang sepakbola pada pemain sepakbola kelompok umur 12 tahun. (4) ada hubungan yang signifikan antara power otot tungkai, koordinasi mata kaki dan kekuatan otot perut dengan ketepatan menembak bola ke gawang sepakbola pada pemain sepakbola kelompok umur 12 tahun
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Konvensional Terhadap Pembentukan Self-Esteem Muhammad Nurzaman
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 2 No 2 (2017): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.768 KB) | DOI: 10.33222/juara.v2i2.42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efek dari Model Pembelajaran Terhadap Pembentukan self-esteem siswa dalam Pembinaan Pencak Silat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen desain Pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas X SMAN 25 Bandung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling, Sehingga diperoleh sampel sebanyak 40 siswa. Peneliti membagi masing-masing menjadi dua kelompok, yaitu yang diajar melalui model pembelanjaran konvensional sebanyak 20 siswa dan inkuiri 20 siswa. Waktu penelitian berlangsung dalam 16 kali pertemuan, dengan frekuensi 1 minggu 3 kali. Instrumen yang digunakan adalah program pembelajaran dan angket pembentukan self-esteem (memakai angket rujukan coopersmith). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan pembentukan self-esteem dalam pembinaan pencak silat antara siswa yang mengikuti perlakuan melalui model pembelajaran inkuiri dan siswa yang mengikuti perlakuan model pembelajaran konvensional. (2) Hasil pembentukan self-esteem dalam pembinaan pencak silat pada kelompok siswa yang diajar melalui model pembelajaran inkuiri lebih baik dari pada kelompok siswa yang diajar melalui model pembelajaran konvensional. (3) Hasil pembentukan self-esteem dalam pembinaan pencak silat pada kelompok siswa yang diajar melalui model pembelajaran inkuiri lebih baik dari pada kelompok siswa yang diajar melalui model pembelajaran konvensional.
Implementasi Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Sosial Dan Keterampilan Dasar Permainan Bola Basket Handayani Nila Praja
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 2 No 2 (2017): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.707 KB) | DOI: 10.33222/juara.v2i2.52

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PSI dan Inkuiri terhadap keterampilan sosial dan keterampilan dasar permainan bola basket pada siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan untuk mengungkapkan permasalah tersebut melalui metode eksperimen dengan desain rendomize pretes-posttest group design. Sampel penelitian ini adalah sebagian siswa dari kelas A dan C yang diambil secara two stage randome sampling pada seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Lemahabang Kab.Cirebon. Pengundian acak dilakukan sebanyak dua kali, yang pertama dengan cluster random sampling untuk menentukan kelompok kelas dari enam kelas yang akan diundi dan pengundian yang kedua dengan pemilihan secara individu dari kelas yang telah terpilih yaitu A dan C. Penelitian dilakukan 3 kali pertemuan setiap minggunya selama 4 minggu, sebanyak 12 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk keterampilan sosial adalah SSRS (social skill ratingsystem) dan tes keterampilan dasar permainan seperti (dribbling, pasingg, dan shooting) untuk keterampilan bola basket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 16 melalui uji hipotesis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) Terdapat perbedaan keterampilan sosial antara model pembelajaran Personalyzed System Instruction dan model pembelajaran Inkuiri. 2) Terdapat perbedaan keterampilan dasar permainan bola basket antara model pembelajaran Personalyzed System Instruction dengan model pembelajaran Inkuiri. 3) Terdapat perbedaan keterampilan sosial dan keterampilan dasar permainan bola basket antara model pembelajaran Personalyzed System Instruction dengan model pembelajaran Inkuiri.
Pengaruh Model Pembelajaran Dan Potensi Akademik Terhadap Penguasaan Bermain Sepak Bola Modifikasi Oman Hadiana; Sartono Sartono
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 2 No 2 (2017): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.796 KB) | DOI: 10.33222/juara.v2i2.38

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh model pembelajaran dan potensi akademik terhadap keterampilan bermain sepakbola modifikasi. Model pembelajaran dalam penelitian adalah pendekatan taktis dan pendekatan teknik, sedangkan potensi akademik terdiri dari tinggi dan rendah. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Garawangi Kabupaten Kuningan. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen untuk mengukur potensi akademik menggunakan hasil nilai rapot dan mengukur keterampilan bermain sepakbola menggunakan alat ukur Game Performance Assessment Instrument (GPAI). Hasil analisis anova menunjukan, model pendekatan taktis dan pendekatan teknik memberikan pengaruh terhadap keetrampilan bermain sepakbola modifikasi. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan potensi akademik terhadap keterampilan bermain sepakbola modifikasi. Uji lanjut tukey’s menunjukkan, model pendekatan taktis dengan pendekatan teknik pada tingkat potensi akademik tinggi memberikan hasil yang sebanding terhadap keterampilan bermain sepakbola modifikasi. Model pendekatan taktis lebih baik dari pada pendekatan teknik pada tingkat potensi akademik rendah terhadap keterampilan bermain sepakbola modifikasi
Pembinaan Prestasi Olahraga Sepakbola Di Pusat Pendidikan Dan Latihan Putra Batang Wahyu Adhi Nugroho
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 2 No 2 (2017): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.457 KB) | DOI: 10.33222/juara.v2i2.43

Abstract

Tujuan pembinaan prestasi olahraga sepakbola di Pusdiklat Putra Batang adalah untuk mengembangkan atlet sepakbola secara terencana, berjenjang dan berkelanjutan melalui pembinaan fisik, pembinaan teknik, pembinaan taktik dan pembinaan psikis atau mental. Atlet sepakbola di Pusdiklat Putra Batang berasal dari klub-klub sepakbola lokal dan sekolah sepakbola (SSB) yang berdomisili di Kabupaten Batang dan berhasil lolos seleksi yang dilakukan oleh para pemandu bakat (talents scouting) dan pelatih yang berlisensi. Potensi atlet dan pelatih yang berkualitas yang dimiliki oleh Pusdiklat Putra Batang, dukungan orangtua dan masyarakat seyogyanya dapat meningkatkan prestasi di tingkat regional maupun nasional.. Kekurangan sarana dan prasarana berupa kepemilikan lapangan untuk berlatih, manajemen kepelatihan yang tidak disusun dengan baik, kurangnya perhatian pengurus terhadap keberlangsungan pembinaan serta pembagian tugas yang tidak terstruktur menjadi hambatan dalam berlatih sehingga capaian prestasi Atlet sepakbola di Pusdiklat Putra Batang tidak optimal. Kesimpulan bahwa pembinaan prestasi Sepakbola di Pusdikklat Putra Batang termasuk belum maksimal berdasarkan pada data dan fakta secara nyata di lapangan.
Pengaruh Pendekatan Latihan Dan Bermain Terhadap Kemampuan Passing Bawah Sepakbola Pada Mahasiswa Sartono Sartono; Oman Hadiana
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 2 No 2 (2017): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.356 KB) | DOI: 10.33222/juara.v2i2.39

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh pendekatan latihan dan bermain terhadap kemampuan passing bawah sepakbola pada mahasiswa putra Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan; (2) Metode yang lebih baik pengaruhnya antara pendekatan latihan dengan pendekatan bermain terhadap kemampuan passing bawah sepakbola pada mahasiswa putra Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa putra Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan yang terdiri dari 30 mahasiswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data kemampuan passing bawah sepakbola. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran kemampuan passing bawah sepakbola. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan dengan melalui uji prasyarat yaitu uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian diperoleh nilai perbedaan tes awal dengan t-test antara kelompok 1 dan kelompok 2 diperoleh nilai thitung 1,00< ttabel 2,145. Berdasarkan hasil pengujian perbedaan tes akhir dengan t-test antara kelompok 1 dan kelompok 2 diperoleh nilai thitung 2,712 > ttabel 2,145. Berdasarkan hasil perhitungan persentase perbedaan kemampuan passing bawah sepakbola diketahui bahwa kelompok 1 memilki peningkatan sebesar 63,514%. Sedangkan kelompok 2 memiliki peningkatan sebesar 40,789%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh pendekatan latihan dan bermain terhadap kemampuan passing bawah sepakbola pada mahasiswa putra Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan, (2) Pendekatan latihan lebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan pendekatan bermain terhadap kemampuan passing bawah sepakbola pada mahasiswa putra Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan.
Profil Atlet Pencak Silat Pra Porda Dilihat Dari Aspek Psikologi Dan Fisiologi Mia Rosalina
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 2 No 2 (2017): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.366 KB) | DOI: 10.33222/juara.v2i2.44

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) derajat pendidikan, sosial, dan ekonomi profil atlet pencak silat (2) Fisiologis atlet pencak silat berdasarkan aspek fisik, (3) Motivasi atlet pencak silat ke tim SPOU Cirebon Pra-PORDA Di Kabupaten Bogor. Cara mengembangkan prestasi atlet ke tim SPOU Cirebon Pra-PORDA di Kabupaten Bogor. Metode deskriptif digunakan pada penelitian ini dengan angket, survey, wawancara, dan tes sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pendidikan latar belakang orang tua mereka adalah sebagian besar lulusan sekolah dasar (2) Latar belakang ekonomi orang tua mereka adalah mayoritas miskin (3) Latar belakang sosial orang tua mereka adalah buruh dan tidak bekerja (4) Kualitas fisik rata-rata (5) Motivasi berprestasi tinggi.
Pengaruh Metode Latihan Terhadap Peningkatan Passing Dalam Permainan Sepak Bola Tarju Tarju; Ribut Wahidi
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 2 No 2 (2017): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.589 KB) | DOI: 10.33222/juara.v2i2.35

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode padat dan metode distribusi terhadap peningkatan Passing dalam cabang olahraga sepak bola. Untuk mengetahui atau meneliti tentang perbedaan perbandingan pengaruh dari kedua variabel tersebut, maka digunakan metode penelitian eksperimen. Dalam metode ini penulis melakukan suatu percobaan berupa pemberian atau perlakuan terhadap dua kelompok sampel berupa metode latihan padat untuk kelompok A dan metode latihan distribusi untuk kelompok B. Dalam pengambilan data tes awal untuk mengetahui data awal sampel sebelum diberi perlakuan dan tes akhir untuk mengetahui peningkatan hasil latihannya. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah sepak bola Bintang Timur, sebanyak 40 orang. Dengan sampel penelitiannya sebanyak 40 orang. Setelah dilakukan pengolahan data dan analisis secara statistik diperoleh kesimpulan bahwa : Tidak terdapat perbedaan yang nyata antara pengaruh metode latihan distribusi dengan metode latihan padat terhadap peningkatan Passing dalam cabang olahraga sepak bola. Terdapat interaksi yang signifikan antara kelompok metode latihan distribusi dan metode latihan padat terhadap peningkatan Passing dalam cabang olahraga sepak bola. Dalam hal ini, metode latihan distribusi memberikan pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan metode latihan padat yang dilihat dari terhadap peningkatan Passing dalam cabang olahraga sepak bola untuk atlet pemula usia 12 – 13 tahun.

Page 1 of 2 | Total Record : 13