cover
Contact Name
Rochmat Aldy Purnomo
Contact Email
purnomo@umpo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
isoquant@umpo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 25987496     EISSN : 25990578     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2023): Oktober" : 10 Documents clear
Analisis Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing pada Saat Initial Public Offering (IPO) Dwi Ermayanti Susilo; Ina Nikmatul Chasanah
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 7, No 2 (2023): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v7i2.2315

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi tingkat underpricing pada saat Initial Public Offering (IPO). Faktor internal yang mempengaruhi tingkat underpricing antara lain: (1) Debt to Equity Ratio (DER), (2) Reputasi Underwriter, (3) Konsentrasi Kepemilikan. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi tingkat underpricing yaitu (1) Reputasi Auditor, (2) Tingkat Inflasi. Desain penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan jenis data time series. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisi regresi linear berganda. Sumber data penelitian ini berasal dari perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022 yaitu sebanyak 64 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling method, diperoleh data sebanyak 20 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio (DER) memiliki pengaruh positif terhadap underpricing, Reputasi Underwriter tidak memiliki pengaruh negatif terhadap underpricing, Reputasi Auditor tidak memiliki pengaruh positif terhadap underpricing, Tingkat Inflasi tidak memiliki pengaruh positif terhadap Underpricing, dan Konsentrasi kepemilikan memiliki pengaruh positif terhadap Underpricing.Kata Kunci: Debt to Equity Ratio (DER), Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, Tingkat Inflasi, Konsentrasi Kepemilikan, dan Underpricing.
Ketidakpercayaan Karyawan Sebuah Tantangan bagi Pemimpin Baru dalam Perubahan Organisasi Tri Hadi Wicaksono; Nuri Herachwati
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 7, No 2 (2023): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v7i2.2056

Abstract

Kompleksitas dan dinamisnya lingkungan bisnis di era disrupsi saat ini membuat organisasi berupaya untuk melakukan perubahan atau menyesuaikan operasi bisnis dengan mengimplementasikan berbagai strategi agar dapat beradaptasi dalam konteks perubahan. Menghadapi perubahan diharapkan sebagai pemimpin perlu membangun hubungan keakraban dan menciptakan adanya suatu kerja sama serta saling mempercayai karena kepercayaan akan berguna untuk menjalin hubungan baik antara pemimpin dengan anggota organisasi. Jika menurunnya kepercayaan terhadap pemimpin, terutama pemimpin baru dalam perubahan dapat memicu timbulnya ketidakpercayaan pada anggota yang berdampak pada gejolak yang akan terjadi di dalam organisasi dan hal ini berpotensi menjadi pengaruh tidak baik bagi mereka. Sayangnya, terdapat pemimpin yang tidak bisa melakukan hal tersebut, di mana perilakunya cenderung memberikan konsekuensi negatif diterima oleh karyawan dan meningkatkan ketidakpercayaan karyawan terhadap mereka. Fokus permasalahan artikel ini mengenai ketidakpercayaan karyawan sebuah tantangan pemimpin baru dalam perubahan organisasi dengan menggunakan metode literature review. Diharapkan hasil temuannya dapat mengetahui dan menjelaskan faktor yang mempengaruhi serta dampak ketika topik permasalahan ada dalam organisasi.Kata Kunci: Ketidakpercayaan, Pemimpin, Ketidakpercayaan Pemimpin, Perubahan Organisasi
Pengaruh PAD, Belanja Modal, dan Ukuran Pemerintah terhadap Kinerja Keuangan Kabupaten Ponorogo Tahun 2010 – 2021 Mike Amaradila; Arif Hartono; Titin Eka Ardiana
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 7, No 2 (2023): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v7i2.2187

Abstract

Penelitianaini bertujuanauntuk menguji dan menganlisaalpengaruh PendapatanaAsli Daerah,vBelanja M0dal, danlaUkuran PemerintahlaDaerah terhadap KinerjalaKeuangan PemerintahlDaerah di Kabupaten P0n0r0g0 tahun 2010 – 2021. P0pulasi dalamlpenelitian ini adalahlberupa data keuangan yangldiper0leh dari Lap0ran RealisasilAnggaran dan Lap0ran Neraca. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel dengan met0de Non-Probability Sampling. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder. Met0de Analisatyang digunakanladalah analisisllinier bergandalmenggunakan aplikasitSPSS versil22. Hasil dari pengujian hip0tesis pertama dalam penelitian ini menunjukan Pendapatan Asli Daerah secara parsial berpengaruh p0sitif signifikan terhadap Kinerja Keuangan Daerah. Hasil pengujian hip0tesis kedua dalam penelitian ini menunjukan Belanja M0dal berpengaruh negatif signifikan terhadap Kinerja Keuangan Daerah. Hasil pengujian hip0tesis ketiga dalam penelitian ini menunjukan Ukuran PemerintahtDaerah tidak berpengaruh terhadaptKinerja KeuanganlDaerah. Hasil uji simultan menunjukan Pendapatan Asli Daerah, Belanja M0dal, dan Ukuran Pemerintah Daerah berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan Daerah Kabupaten P0n0r0g0 tahun 2010 – 2021. Hasil dari k0efisien determinasi (R2) menunjukanlPendapatan AslilDaerah (X1), Belanja M0dall(X2), danlUkuran PemerintahlDaerah (X3) secara bersamaan dapat menjelaskan Kinerja Keuangan Daerah Kabupaten P0n0r0g0 tahun 2010 – 2021 sebesar 62,9% dan sisanya 37,1% mungkin dipengaruhi 0leh variabel lain diluar variabel penelitian ini.Kata Kunci : Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal, Ukuran Pemerintah Daerah, Kinerja Keuangan Daerah.
Analisis Penerapan Product-Service System (PSS) dalam Mengembangkan Pabrik Tahu XYZ Nanang Alamsyah; Irma Rahmawati
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 7, No 2 (2023): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v7i2.2083

Abstract

Ditengah arus globalisasi, persaingan semakin ketat terjadi di berbagai industri. Tak terkecuali industri makanan seperti industri pabrik tahu yang merupakan jenis usaha mikro kecil menengah (UMKM). Pada umumnya, UMKM masih mengusung konsep bisnis tradisional yaitu hanya menjual barang/jasa saja tanpa berkelanjutan. Namun, dengan kemajuan teknologi dan perubahan perilaku konsumen, model bisnis tradisional perlu beradaptasi, misalnya pabrik tahu yang menggunakan konsep PSS. Penelitian ini dilaksanakan di Pabrik Tahu XYZ yang beralamatkan di Jakarta Timur, DKI Jakarta. Dengan lama penelitian yaitu, kurun waktu tujuh hari. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis data primer yang merujuk pada pendekatan penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena yang terjadi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, didapatkan bahwa dari sembilan kuadran Product-Service System (PSS) hanya tiga kuadran yang layak untuk diterapkan pada Pabrik Tahu XYZ, yaitu Product Lease, Product Renting/sharing, dan Product Pooling. Hal ini memiliki relevansi dengan permasalahan yang dihadapi oleh Pabrik Tahu XYZ, dimana pemanfaatan fasilitas yang kurang optimal berdampak pada kenaikan biaya operasional yang tidak proporsional.Kata Kunci: Sistem Produk Jasa ; Pabrik Tahu
Peran Media Sosial terhadap Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Pada CV. Bintama Makmur Paciran Lamongan Yulie Wahyuningsih; Finna Puspa Sari; Nisa Ananda Wulandari; Ery Shofia Deviani
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 7, No 2 (2023): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v7i2.2283

Abstract

Untuk lebih memahami CV. Pendekatan pemasaran Bintama Makmur Paciran Lamongan, penelitian ini akan mengkatalogkan dan mengkaji banyak taktik yang telah digunakan perusahaan di masa lalu. Iklim bisnis saat ini ditandai dengan maraknya teknologi pemasaran bisnis, seperti penggunaan media sosial sebagai media promosi. Informasi disebarluaskan, daya tarik produk dibangun, volume penjualan ditingkatkan dan dipertahankan. Subyek penelitian ini adalah para karyawan dan pekerja CV. Penelitian ini dilakukan di Bintama Makmur Paciran Lamongan, dan jumlah sampelnya adalah 22 orang. Hal ini mengarahkan kita untuk memilih strategi pengambilan sampel jenuh. Penelitian ini memiliki hubungan tiga arah antara strategi pemasaran (X), penjualan (Y), dan media sosial (Z). Metode pengumpulan data rinci perangkat lunak IBM SPPSS statistik 26 digunakan untuk analisis data penelitian ini (1) wawancara, (2) kuesioner, dan (3) dokumentasi. Penelitian strategi pemasaran untuk mendongkrak penjualan menunjukkan bahwa taktik tersebut berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan CV. Lamongan, Bintama Makmur Paciran. Tetapkan tingkat signifikansi sig 0,000 0,05 untuk ini. Nilai Thitung sebesar 2,065 juga lebih signifikan dibandingkan dengan nilai Ttabel sebesar 2,07387. Data menunjukkan bahwa media sosial berdampak besar terhadap pertumbuhan penjualan CV. Lamongan, Bintama Makmur Paciran. Nilai sig sebesar 0,0000,05 menunjukkan hal tersebut. Selain itu selisih nilai Thitung dan Ttabel lebih besar yaitu sebesar 2,07387.Kata Kunci: Media Sosial, Strategi Pemasaran, Produk, Harga, Promosi, Tempat, Peningkata Penjualan.
Model Konseptual Peran Financial Stability, Ineffective Monitoring, Rasionalisasi dan Kemampuan Terhadap pendeteksian Fraud Rica Rahayu; Hadri Kusuma
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 7, No 2 (2023): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v7i2.2259

Abstract

Laporan keuangan dipergunakan oleh pihak ketiga untuk pengambilan keputusan. Informasi tersebut harus relevan dan terhindar dari salah saji material. Salah satu penyebab terjadinya salah saji material adalah tindakan kecurangan. Kecurangan adalah segala hal yang dilakukan seseorang ditandai dengan penyembunyian, kecurangan atau pelanggaran kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan model konseptual untuk mendeteksi kecurangan dengan menghubungkan financial stability, ineffective monitoring, rasionalisasi terhadap tindakan kecurangan dengan kemampuan sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan studi literatur data sekunder,berupa jurnal serta artikel. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan literatur yang berasal dari jurnal penelitian , makalah dan aritikel terkait. Pemilihan sample dilakukan dengan mengamati dan menganalisis berbagai informasi yang terkait dengan penelitian dengan melakukan pengumpulan beberapa literatur yang relevan, yang bertujuan untuk memadukan hasil penemuan dengan topik yang sama.Kata Kunci: kecurangan,  deteksi ,  model konseptual
Analisis Penetapan Harga Jual pada Usaha Peternakan Sapi Potong Koperasi Maju Sejahtera: Implementasi Akuntansi Akresi Fitri Mareta; Depita Anggraini; Wahyu Setyawan
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 7, No 2 (2023): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v7i2.2245

Abstract

Entitas agrikultur memiliki kekhasan khusus yang membedakannya dari entitas jenis lain. Ciri khas entitas agrikultur dapat dilihat pada penilaian asetnya. Hal ini dikarenakan aset entitas agrikultur berupa aset biologis yang tentunya mengalami akresi (pertumbuhan/transformasi). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlakuan akuntansi aset biologis maupun penetapan harga jual pada Koperasi Produksi Ternak (KPT) Maju Sejahtera berdasarkan PSAK 69. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan bagaimana kesesuaian perlakuan akuntansi aset biologis maupun penetapan harga jual pada Koperasi Produksi Ternak (KPT) Maju Sejahtera berdasarkan PSAK 69. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur dan studi kepustakaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa bahwa perlakuan akuntansi aset biologis KPT Maju Sejahtera berupa pengakuan aset biologis, pengukuran aset biologis, penyajian aset biologis, dan pengungkapan aset biologis tidak sesuai dengan PSAK 69. Selain itu, penetapan harga jual yang ditetapkan oleh KPT Maju Sejahtera berdasarkan pada harga pasar, tidak berdasarkan pada biaya-biaya yang dikeluarkan.Kata Kunci: Perlakuan Akuntansi; Penetapan Harga Jual; Akuntansi Akresi; PSAK 69
Analisa Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Transformasi Digital UMKM Kota Dumai SKR dan Syauqi (Studi Perbandingan) Siti Aisyah; Mustafa Kamal Rokan; Fernanda Putri
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 7, No 2 (2023): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v7i2.2294

Abstract

Penelitian ini bermaksud melihat proses transformasi digital, faktor yang mempengaruhi, faktor penghambat proses, dan upaya yang dilakukan dalam menghadapi hambatan transformasi digital pada umkm Kota Dumai yaitu SKR dan Syauqi. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif menggunakan metode analisis komparatif deskriptif, dengan wawancara, observasi serta dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Subjek penelitian menitikberatkan pada dua narasumber umkm Kota Dumai yaitu SKR dan Syauqi, memanfaatkan metode berpikir induktif sebagai teknik analisis datanya. Hasil penelitian menggambarkan proses penerapan transformasi digital pada kedua UMKM yaitu SKR dan Syauqi sudah menggunakan media sosial misalnya facebook, instagram juga tiktok. Dengan penjualan digital yang menggunakan qris, transfer antar bank maupun debit. Tetapi Syaudi lebih unggul dibandingkan SKR karna menggunakan mesin kasir berupa teknologi sementara SKR masi manual. Penerapan transformasi digital melalui beberapa faktor sangat mempengaruhi dalam transformasi digital. Dibutuhkan SDM untuk mengelola TI, membutuhkan strategi TI untuk dapat bersaing dan kepemimpinan untuk memutuskan beralih menggunakan transformasi digital. faktor penghambat proses penerapan transformasi digital kedua UMKM SKR dan Syauqi yaitu fakor manusia. Dimana sulit mencari SDM yang paham tentang TI yang berkembang saat ini. Upaya yang dilakukan untuk menghadapi hambatan proses transformasi digital dengan sering mengikuti pelatihan atau webinar yang diselenggarakan beberapa komunitas untuk mendukung UMKM go modern.Kata Kunci: Proses Transformasi Digital, Faktor Perkembangan Teknologi, Faktor Manusia Faktor TI Hingga Strategi Bisnis, Faktor Kepemimpinan Digital, Faktor Penghambat, Upaya Menghadapi Hambatan.
Determinan Minat Beli Kosmetik Halal Brand Lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta Nurul Imamah; Joko Setyono
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 7, No 2 (2023): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v7i2.1941

Abstract

Penelitian dilakukan guna mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen terhadap kosmetik halal brand lokal di daerah istimewa Yogyakarta. Variabel yang dipakai adalah variabel labelisasi halal, religiusitas, brand image, harga, inovasi produk, dan promosi. Penelitian kuantitatif yang dipakai adalah jenis penelitian kausalitas. Populasi yang digunakan sebagai objek adalah masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mengambil 100 sampel sebagai responden dengan teknik purposive sampling. Teknik pengujian model yang digunakan untuk menguji data adalah regresi linier berganda (multiple regression). Hasil pengujian yang telah dilakukan menemukan bahwa Labelisasi halal, Religiusitas, Inovasi Produk, dan Promosi, merupakan faktor yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen secara signifikan terhadap kosmetik halal brand lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta, sedangkan variabel Brand Image dan Harga tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat beli konsumen terhadap kosmetik halal brand lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara simultan seluruh variabel yaitu Labelisasi halal, Religiusitas, Brand Image, Harga, Inovasi Produk, dan Promosi menghasilkan pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen terhadap kosmetik halal brand lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta.Kata Kunci : Labelisasi Halal, Religiusitas, Brand Image, Harga, Inovasi Produk, Promosi, Minat Beli.
Analisis Kinerja dengan Metode Benchmark Behavioral Model: Studi pada PT. Alam Sutera Realty. Tbk Suci Ramadanti; Crescentiano Agung Wicaksono
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 7, No 2 (2023): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v7i2.2169

Abstract

Dalam rangka mencapai tujuan analisis bisnis berupa pembuatan keputusan investasi atau yang lainnya, alat dan teknik yang diperlukan adalah analisis laporan keuangan. Salah satu metode dari sekian banyaknya metode analisis laporan keuangan, terdapat metode Benchmark Behavioral Model (BBM). Metode ini dikenalkan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk dapat mengetahui kinerja perusahaan jika dibandingkan dengan perusahaan rivalnya yang sejenis. Setelah menerapkan metode BBM untuk menganalisis dan mengetahui kinerja perusahaan properti/konstruksi dengan mengambil PT. Alam Sutera Realty Tbk. sebagai sampelnya, diperoleh kesimpulan bahwa secara rata-rata kinerja perusahaan PT. Alam Sutera Realty Tbk. cukup baik jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya yang bergerak di bidang usaha yang sama. Hal tersebut digambarkan melalui rata-rata angka rasio GPM, OPM, NPM, dan CTTOR pada periode 2018-2019 berada jauh di atas rata-rata rasio BBM sekitar kurang lebih 200%-400%. Walaupun terdapat perbedaan pada Rasio gaji, Rasio Biaya Bunga, Rasio biaya penyusutan, dan Rasio biaya luar usaha yang lebih besar dibanding rata-rata rasio BBM. Sehingga secara rata-rata kinerja perusahaan tergolong baik kecuali pada tahun 2020 sebagai akibat terjadinya Pandemi Covid-19. Artikel ini disusun dengan metode kualitatif dan dengan jenis penelitian deskriptif.Kata Kunci: Analisis Laporan Keuangan, Benchmark Behavioral Model, Konstruksi, Properti. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10