cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardi@unsulbar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
saintifikjurnal@unsulbar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
ISSN : 24074098     EISSN : 26228904     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannnya.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015" : 6 Documents clear
APLIKASI REGRESI GANDA MODEL COBB-DOUGLAS TERHADAP PRODUKSI TAMBAK BANDENG DI KECAMATAN WONOMULYO Muhammad Arafat Abdullah; St. Haerawati Samil
SAINTIFIK Vol 1 No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.092 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v1i2.82

Abstract

Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengestimasi tingkat produksi tambak bandeng dan menganalisis penggunaan regresi ganda model Cobb-Douglas tentang hubungan antara faktor-faktor produksi dengan tingkat produksi. Faktor-faktor produksi yang diteliti meliputi, jumlah nener (X1), jumlah pupuk urea (X3), jumlah pupuk SP36 (X2), dan pengalaman bertani (X4). Jumlah responden dalam penelitian ini 120 orang. Dalam penelitian ini, juga digunakan data sekunder yang merupakan data-data penunjang yang diperoleh dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Polewali Mandar. Regresi ganda model Cobb-Douglas digunakan sebagai alat analisis data dalam penelitian ini. Dengan statistik uji-t, dapat disimpulkan bahwa secara statistik peubah masukan (X2) dan (X3) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan sedangkan peubah masukan (X1) dan (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produksi tambak bandeng di Kec. Wonomulyo pada alpha 5%. Dari hasil analisis, jumlah koefesien keelastisan dari keempat peubah masukan yaitu nilai ? = 1,203 atau koefisien keelastisan lebih besar dari 1, maka kegiatan produksi sudah berada pada zona I. Oleh karena itu, penambahan faktor produksi secara teknis masih dapat ditingkatkan, sebab penambahan masukan masih memberikan luaran yang besar.Kata kunci: regresi ganda, Cobb-Douglas, Uji-t
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEM Jeranah Jeranah; ST. Fatimah
SAINTIFIK Vol 1 No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.208 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v1i2.85

Abstract

Kualitas hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa pada tahun ajaran 2012/2013 berada pada kategori sedang, yakni rata-rata kelas yang hanya mencapai skor 58. Salah satu faktor penyebab rendahnya kualitas hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa ini adalah lemahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Alternatif pemecahan masalah ini adalah penerapan pendekatan open ended problem dalam pembelajaran. Untuk itu dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan open ended problem padasiswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa. Penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus dengan tahap-tahap perencanaan, pemberian tindakan, observasi dan refleksi. Perangkat pendukung pembelajaran yang direncanakan dikembangkan penelitian ini adalah RPP dan LKS yang berbasis pada pendekatan open ended problem. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes pemecahan masalah, dan angket respon siswa. Data-data yang akan dianalisis pada penelitian ini adalah aktivitas siswa selama pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran open ended problem, skor pemecahan masalah matematika siswa, dan respon-respon siswa setelah pembelajaran. Data-data pada peelitian ini dianalisis dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan secara kuantitaf yaitu skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus I adalah 58,86 dan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus II adalah 65,37. Sedangkan dari hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa meningkatnya kreatifitas siswa dalam menyelesaikan masalah lebih dari satu cara. Dari hasil analisis kuantitatif dan kualitatif ini dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari siklus I ke siklus II.Kata kunci: Pemecahan masalah, pendekatan open ended
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL KOOPERATIF TIPE STAD POKOK BAHASAN DALIL PYTHAGORAS Rahmawati Rahmawati
SAINTIFIK Vol 1 No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.876 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v1i2.86

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa BS, LKS dan RPP yang valid, efektifdanpraktis.Penelitianinidilakukanpadakelas VIII6MTs Negeri Model Makassar dengan subjek penelitian adalah siswakelas VIII6.Instrumen dalam penelitian ini adalah(1) Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa Selama Pembelajaran, (2) Lembar Pengamatan Aktivitas Guru Selama Pembelajaran, (3) Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe STAD, (4) Respon Siswa terhadap Kegiatan Pembelajaran, dan (5) TesHasilBelajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji coba perangkat pembelajaran diuraikan sebagai berikut: (1) Skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 67,70 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 15,59. Banyaknya siswa yang tuntas belajara dalah 31 dari 40 orang (77,5%). Data ini menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai, (2) kategori aktivitas siswa yang diamati memenuhi Interval Toleransi PWIyang ditentukan, (3) Pada umumnya siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe STAD, dan (4) Tingkat kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD termasuk dalam kategori sangat tinggi.Kata Kunci: pengembangan perangkat, model kooperatif, tipe STAD, dalil Pythagoras
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS SULAWESI BARAT Jeranah Jeranah; Syamsiara Nur; Nurmiati Nurmiati
SAINTIFIK Vol 1 No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.945 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v1i2.87

Abstract

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan dan minat belajar mahasiswa biologi unsulbar angkatan 2013 pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan. Data yang berupa hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif , sedangkan data yang berupa respon kesulitan dan minat belajar mahasiswa berupa kuesioner, observasi, dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan tes objektif diperoleh hasil menunjukkan bahwa mahasiswa lebih banyak mendapat nilai C yaitu dengan persentase 52, 94% dan nilai D dengan 11,67%. Disimpulkan bahwa pemahaman mahasiswa tentang konsep Fisiologi Tumbuhan tergolong masih rendah. Hal ini tentu saja disebabkan karena kesulitan belajar mengenai konsep Fisiologi Tumbuhan dan kurangnya minat belajar mahasiswa di mana penyebab tersebut berasal faktor internal yaitu dari diri mahasiswa sendiri dengan persentase masing-masing 52,94% dan 47,06%.Kata Kunci: Kesulitan belajar, Minat belajar, Mahasiswa biologi
IDENTIFIKASI POTENSI LOKAL PADA TUMBUHAN BIJI PEPAYA (CARICA PAPAYA) SEBAGAI OBAT TRADISIONAL MASYARAKAT DI KECAMATAN BANGGAE TIMUR Nurhikma Ramadhana
SAINTIFIK Vol 1 No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.278 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v1i2.88

Abstract

Biji pepaya merupakan limbah dari buah pepaya yang dibuang oleh masyarakat karena dianggap tidak penting. Sebenarnya biji pepaya dapat diolah menjadi barang yang lebih bermanfaat.Biji pepaya memiliki kandungan - kandungan yang baik untuk tubuh dan dapat mengobati penyakit gagal ginjal usia dini. Karena cukup banyak limbah biji pepaya saat peneliti mengkonsumsi buah pepaya.Peneliti mulai terobsesi meneliti kandungan biji pepaya.Ternyata kandungan dalam biji pepaya tidak bisa diremehkan. Banyak kandungan biji pepaya antara lain, mengandung zat-zat yaitu: alkaloid, steroid, tanin, dan juga minyak atsiri. Secara mendetail, kandungan biji tersebut berupa beberapa asal lemak tak jenuh dalam jumlah tinggi. Asam tersebut adalah oleat dan asam palmiat. Selain itu, biji pepaya juga diketahui mengandung senyawa kimia golongan fenol, terpenoid juga saponin. Senyawa ini bersifat sitoksik, anti-androgen dan berefek estrogenik. Selanjutnya, biji pepaya juga mengandung karbohidrat dalam jumlah kecil, air, protein, dan juga lemak.Salah satu cara pemanfaatan biji pepaya yaitu dengan mengolahnya menjadi obat. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmendapatkan informasi tentang potensi biji pepaya sebagai obat tradisional bagi masyarakat dalam kaitannya dengan penyakit gagal ginjal karena penyakit ini sangat berbahaya dan menguras uang, karena orang yang menderita gagal ginjal akan mengeluarkan biaya sekitar 5 juta lebih setiap minggunya untuk cuci darah, dan cuci darah ini akan membawa efek samping. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit tersebut peneliti memanfaatkan biji pepaya. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan analis data, tabulasi data dan pustaka. Metode eksperimen dilakukan dengan cara mengolah biji pepaya menjadi obat yang bermanfaat khususnya di kecamatan Banggae Timur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa biji pepaya dapat diolah menjadi obat, dan hasil dari uji konsumen dapat diambil kesimpulan bahwa rasa dan aroma biji pepaya seperti kopi.Kata Kunci: Biji pepaya sebagai obat tradisional.
SINTESIS BAHAN ND1(Fe)xBa2-xCu3Oy DENGAN METODE REAKSI PADATAN (SOLID STATE REACTION) Nur Aisyah Humairah
SAINTIFIK Vol 1 No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.635 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v1i2.89

Abstract

Telah berhasil dikembangkan bahan paduan oksida Nd1(Fe)xBa2-xCu3Oy dengan variasi x=+0,1 sampai +0,5. Hasil analisis struktur kristal dengan menggunakan pengukuran XRD menunjukkan telah terjadi ikatan senyawa dengan kristalinitas yang tinggi, yang dapat dilihat pola pertumbuhan kristalnya dengan sangat konsisten mulai dari hasil sampel serbuk. Sedang dari hasil pengukuran EDAX diperoleh data komposisi penyusun bahan paduan telah sesuaidengan kerangka penelitian tahun pertama, dengan rasio perbandingan molar Nd:Ba:Fe:Cu = 1: 2-x :x :3,1. Hasil variasi doping Fe pada paduan oksida juga ditunjukkan berdasarkan hasil pengukuran SEM, dimana terjadi perubahan pola pertumbuhan butiran dari X=0 dan x= +0,4. Demikian pula puncak-puncak ikatan kimia terhadap panjang gelombang juga menunjukkan orientasi dan pola ikatan yang sangat konsisten. Hasil ini mingindikasikan bahwa perubahan sifat fisis yang telah teramati tidak diikuti dengan perubahan sifat kimia, berarti telah terjadi ikatan senyawa yang sangat kompak pada paduan Nd1(Fe)xBa2-xCu3Oy berapapun variasi x yang diberikan.Kata Kunci: Metode reaksi padatan

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 9 No 1 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 8 No 2 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. Vol 8 No 1 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. Vol 7 No 2 (2021): Saintifik Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 6 No 2 (2020): Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1 Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1 Vol 5 No 2 (2019): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 4 No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018 Vol 4, No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018 Vol 4 No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018 Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018 Vol 1 No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015 Vol 1 No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015 Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017 Vol 3 No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017 Vol 3 No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017 Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017 Vol 2 No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016 Vol 2, No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016 Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016 Vol 2, No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016 Vol 1, No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015 Vol 1, No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015 More Issue