cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardi@unsulbar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
saintifikjurnal@unsulbar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
ISSN : 24074098     EISSN : 26228904     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannnya.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya" : 12 Documents clear
Inventarisasi Tanaman Obat di Lokasi Pembangunan Kampus Universitas Sulawesi Barat (Studi Pendahuluan) Phika Ainnadya Hasan; Firman Firman; Nurhidayah Nurhidayah
SAINTIFIK Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.494 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v6i1.233

Abstract

Sejak tahun 2015 universitas sulawesi barat sedang melaksanakan pembangunan kampus. Pembangunan ini melibatkan pembukaan hutan menjadi lahan terbuka. Ini akan menyebabkan penurunan keanekaragaman hewan dan tumbuhan di daerah tersebut. Hingga saat ini belum ada data dari penelitian sebelumnya mengenai keanekaragaman hewan dan tumbuhan di lokasi pembangunan kampus universitas sulawesi barat. Data ini menjadi penting untuk mengetahui perubahan keankeragaman di wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung komposisi jenis tanaman obat di lokasi pembangunan kampus universitas sulawesi barat. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Hasil menunjukan bahwa terdapat tujuh jenis tanaman obat, yaitu Muntingia calabura, Ageratum conizoides, Solanum lycopersicum, Psidium guajava, Jatropha curcas, Sauropus androgynous, Phyllanthus niruri, Coleus scutellaroides dan Euphorbia hirta.
Penggunaan Smartphone sebagai Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Pada Mata Kuliah Matematika Dasar Gilang Ary Sandy; Sulistyahadi Sulistyahadi
SAINTIFIK Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.264 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v6i1.237

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan bahan ajar elektronik untuk melihat penguasaan penggunaan teknologi mahasiswa dan pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan pembelajaran matakuliah matematika dasar. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan desain 4D, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate yang dibatasi sampai tahap develop. Tahap pengembangan dilakukan validasi bahan ajar kemudian uji terbatas dan uji luas. Sampel dalam uji terbatas dan uji luas adalah Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris di STKIP Muhammadiyah Manokwari. Semua hasil penilaian yang diperoleh dari mahasiswa dianalisis dengan skoring menggunakan angket. Angket respons terhadap penggunaan produk memiliki empat pilihan jawaban sesuai konten pertanyaan, misalnya “sangat menarik”, “menarik”, “kurang menarik”, dan “tidak menarik”. Masing-masing pilihan jawaban memiliki skor berbeda yang mengartikan tingkat kesesuaian produk bagi pengguna. Hasil dari skor penilaian tersebut kemudian dicari rata-ratanya dari sejumlah subyek sampel uji coba dan dikonversikan ke pernyataan penilaian untuk menentukan tingkat kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan bahan ajar elektronik yang dihasilkan.
Penentuan Energi Dasar Ion B2+ Dengan Menggunakan Metode Variasional Dua Parameter Nursakinah Annisa Lutfin; Fauziah A
SAINTIFIK Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.914 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v6i1.238

Abstract

Penentuan energi dasar ion B2+ telah dilakukan dengan menggunakan metode variasional dengan dua parameter. Pada prinsipnya metode ini menggunakan suatu fungsi yang ternormalisasi. Selain itu, dengan sebuah fungsi coba dan penggunaan parameter akan memberikan pendekatan dan faktor koreksi yang lebih baik untuk memperoleh nilai energi dasar yang sebenarnya. Pada penelitian ini dilakukan pendekatan dengan membandingkan energi ion B2+ pada keadaan dasar yang diperoleh terhadap nilai energi eksperimen. Fungsi gelombang yang digunakan yaitu pendekatan fungsi gelombang atom Hidrogen. Energi Dasar ion B2+ dengan menggunakan metode variasional 1 paramater tanpa interaksi antar elektron yaitu sebesar -765 eV, sedangkan energi dengan interaksi antara elektron dengan 1 paramter yaitu -629.4823 eV. Energi Dasar ion B2+ dengan menggunakan 2 parameter tanpa interaksi elektron secara numerik yaitu sebesar -679.9999 eV, sedangkan energi dasar dengan interaksi elektron menggunakan metode variasional untuk 2 parameter yaitu -633.4906 eV. Perbandingan nilai yang diperoleh dengan membandikan hasil yang diperoleh dan hasil eksperimen memberikan persentase kesalahan perhitungan variasional 1 parameter energi tanpa interaksi sebesar 19.99% dan sebesar 1.26 % untuk energi dengan interaksi antara elektron, sedangkan untuk variasional 2 parameter tanpa interaksi sebesar 6.66% dan sebesar 0.633 % untuk energi dengan interaksi antara elektron .
Integrasi Kegiatan Self-diagnosis pada Pembelajaran Hukum Pascal Menggunakan Pendekatan STEM Hannah Siti; Irma Rahma Suwarma; Agus Jauhari
SAINTIFIK Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.348 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v6i1.241

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep fisika dan self-diagnosis peserta didik menggunakan pendekatan STEM pada kelas XI SMA materi hukum pascal. Desain penelitian one-group pretest-posttest dengan sampel 30 orang siswa. Berdasarkan hasil temuan, terdapat peningkatan penguasaan konsep [<g> = 0,51] dari pre-test ke post-test. Pada kegiatan self-diagnosis diidentifikasi bahwa terdapat perbedaan skor [z = 1,75; p = 0,9599] siswa hasil penilaian peneliti dan hasil self-scoring. Diagnosa diri yang lebih mendalam memicu serangkaian langkah implisit yang mendorong mereka untuk mengatur kembali kognisi mereka dengan cara memperbaiki letak kesalahan yang mereka lakukan. Sehingga kegiatan pembelajaran pendekatan STEM yang melibatkan aktivitas self-diagnosis dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik.
Rekonstruksi Media Interaktif Berbasis Kartun pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XI SMA Heny Ekawati Haryono
SAINTIFIK Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.645 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v6i1.244

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuannya untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan media interaktif berbasis kartun pada materi suhu dan kalor kelas XI SMA. Pengembangan yang dilakukan menggunakan model prosedural dengan mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi berupa angket (kuesioner) menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa produk media pembelajaran interaktif berbasis kartun yang dikemas dalam bentuk CD pembelajaran dan dapat dioperasikan dilaptop atau computer. Hasil validasi menunjukkan bahwa secara keseluruhan media pengembangan valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi suhu dan kalor kelas XI SMA.
Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Pembelajaran Marniati Marniati; Jahring Jahring
SAINTIFIK Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.203 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v6i1.247

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Baula. Menggunakan cluster random sampling diperoleh 2 kelas sampel sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran CPS berbantuan media pembelajaran dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian berupa posttest yang diberikan setelah diberikan treatment atau perlakuan berupa penerapan model pembelajaran CPS dan pembelajaran konvensional. Secara deskriptif menunjukkan bahwa dari 20 orang siswa pada kelas eksperimen dengan mean 66,5, varians 84,26, dan standar deviasi 9,18, sedangkan pada kelas kontrol yang berjumlah 20 orang dengan mean 60, 95, varians 111,63, dan standar deviasi 10,66. Ditinjau dari proses dan keterlaksanaan pembelajaran, kedua kelas menunjukkan kriteria aktif dengan persentase sebesar 75% - 85%. Secara inferensial dengan menggunakan uji-t, thitung = 1,773 > ttabel = 1,685 yang mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika dengan model pembelajaran CPS dan pembelajaran konvensional. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran CPS berbantuan media pembelajaran efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Baula.
Rancang Bangun Seleksi Kendaraan Sederhana menggunakan Sensor HC-SR04 Nissa Sukmawati
SAINTIFIK Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.228 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v6i1.248

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem seleksi kendaraan sederhana berdasarkan ketinggian dan panjang kendaraan menggunakan sensor HC-SR04 dengan mikrokontroler arduino UNO. Sistem ini terdiri dari sensor ultrasonik HC-SR04 yang memancarkan gelombang ultrasonic kemudian diterima oleh receiver lalu diolah menjadi sebuah data berupa ketinggian dan panjang untuk menentukan golongan kendaraan. Metode penelitian ini dilakukan dengan mengukur ketinggian dan panjang kendaraan yang melewati sensor sehingga golongan kendaraan dapat ditentukan. Penelitian terbatas pada kendaraan box golongan III, IV, dan V.
Inventarisasi Jenis Teripang (Holothuroidea) pada Zona Intertidal di Perairan Pulau Ottouwe Wakatobi La Aba; Rusliadi Rusliadi
SAINTIFIK Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.561 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v6i1.249

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis teripang (Holothuroidea) pada zona intertidal di Perairan Pulau Ottouwe Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Daerah yang menjadi tempat penelitian ini yaitu di Perairan Pulau Ottouwe Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Penelitian ini memiliki tiga tahapan yaitu tahapan persiapan, tahapan pengambilan sampel, dan tahapan identifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di zona intertidal Pulau Ottouwe maka dapat disimpulkan bahwa pada lokasi tersebut ditemukan 12 spsies dari 60 spesies yang ada di Indonesia. Teripang tersebut dari 1 famili yang terdapat pada titik pengamatan (garis transek) yaitu Holothuroidea yaitu Holothuria scabra , Holothuria atra, Holothuria fuscocinerea, Holothuria leucospilota, Holothuria pervicax, Holothuria sp.1, Holothuria sp.2, Holothuria sp.3, Holothuria sp.4, Holothuria sp.5, Bohadschia marmorata, bohadschia argus.
Prediksi Potensi Erosi Kawasan Taman Hutan Raya Murhum Kota Kendari Erfina Erfina
SAINTIFIK Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.856 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v6i1.250

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mevaluasi potensi erosi di Kawasan Taman Hutan Raya Murhum Kota Kendari. Metode yang digunakan adalah USLE dan menentukan arahan penggunaan lahan pada setiap unit lahan di lokasi penelitian. Metode pengambilan data di lapangan menggunakan metode survey dengan pendekatan analitik. Pengamatan intensif dilakukan pada setiap unit lahan yang menjadi sampel area dengan jarak observasi free survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa erosi aktual tertinggi terjadi pada unit lahan 14 sebesar 5496,42 ton/ha/th sedangkan erosi terendah terdapat pada unit 3 sebesar 1,11 ton/ha/th. Erosi Aktual (A) lebih besar dari erosi terbolehkan (ETOL) terjadi pada unit 1,4,5,8,10,11 dan 14, maka lahan ini diarahkan kepenggunaan lahan lain dan tindakan konservasi yang tepat. Hasil indeks bahaya erosi yang sangat tinggi terjadi pada unit lahan 4,5,7,8,10,11,14. Bagi unit lahan yang masih memiliki vegetasi lahan hutan alami seperti lahan 2,3,6,9 dan 13 perlu dipertahankan kondisi hutan alaminya melalui penegakan hukum dan pengawasan terhadap setiap bentuk dan ancaman yang dapat merusak keutuhan kawasan. Sedangkan unit lahan yang sudah terganggu vegetasi hutan alaminya perlu dihutankan kembali atau dikelola kembali untuk kemaslahatan masyarakat sekitar kawasan Tahura Murhum dengan jenis vegetasi bertingkat yang berfungsi konservasi dan bernilai ekonomi, pola tanam searah kontur dan pembuatan teras.
Konstruksi Pseudo Berdasarkan Kecenderungan Pengetahuan Prosedural Herna
SAINTIFIK Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.036 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v6i1.251

Abstract

Penelitian kualitatif ini dilakukan pada siswa kelas VIII. Tujuannya adalah mengkaji proses konstruksi pseudo benar dan salah berdasarkan kecenderungan pengetahuan prosedural, dan menetapkan karakteristiknya.Peneliti menemukan bahwa Konstruksi pseudo benar ketika siswa menyelesaikan operasi penjumlahan pecahan bentuk aljabar terjadi ketika siswa memberikan jawaban yang benar dengan prosedur penyelesaian yang benar, tetapi siswa tidak mampu memberikan justifikasi terhadap prosedur yang digunakan.Konstruksi pseudo salah terjadi dalam dua kondisi.Pertama, kondisi ketika siswa memberikan jawaban yang salah dengan prosedur penyelesaian yang salah, karena siswa terdorong untuk menjawab dengan cepat.Kedua, kondisi ketika siswa memberikan jawaban yang salah karena careless error dengan prosedur penyelesaian yang benar, dan siswa mampu memberikan justifikasi terhadap prosedur yang digunakan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 9 No 1 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 8 No 2 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. Vol 8 No 1 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. Vol 7 No 2 (2021): Saintifik Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 6 No 2 (2020): Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1 Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1 Vol 5 No 2 (2019): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 4 No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018 Vol 4, No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018 Vol 4 No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018 Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018 Vol 1 No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015 Vol 1 No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015 Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017 Vol 3 No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017 Vol 3 No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017 Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017 Vol 2 No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016 Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016 Vol 2, No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016 Vol 2, No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016 Vol 1, No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015 Vol 1, No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015 More Issue