cover
Contact Name
Ade Indra Saputra
Contact Email
admin@literasikitaindonesia.com
Phone
+6285227281672
Journal Mail Official
admin@literasikitaindonesia.com
Editorial Address
-
Location
Kab. muaro jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Literasiologi
ISSN : 27455440     EISSN : 26563320     DOI : https://doi.org/10.47783/literasiologi
Core Subject : Education, Social,
Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan tradisi dan kehidupan pendidikan, sosial yang ramah dan damai walaupun hidup dengan keberagaman, kemajemukan semua dibingkai dengan persatuan dan kesatuan “bhineka tunggal ika” yang tertulis dan terpublish.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi" : 10 Documents clear
Pengelolaan Biaya Pendidikan: Kajian Studi Pustaka Lias Hasibuan; Kasful Anwar Us; Hamdi Zas Pendi
Jurnal Literasiologi Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v5i2.213

Abstract

Perekonomian Indonesia cenderung mengarah pada krisis multidime nsional yang terus membelengg negara kita. Nampaknya, sampai saat ini belum ada tanda-tanda bangsa kita akan terbebas dari krisis tersebut. Hal tersebut berdampak pada kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat yang kurang mampu semakin berat beban hidupnya, terutama bagi golongan masyarakat yang status ekonominya kurang beruntung. Hal ini dapat dicermati dari segala jenis kebutuhan hidup yang semakin tid ak terjangka. Masalah pendidikan misalnya, merupakan salah satu masalah bangsa yang belum dapat ditemukan solusinya secara tuntas. Jika kita mencermati dan ikuti perkembangan pendidikan khususnya dalam hal biaya pendidikan sampai saat ini, biaya tersebut dirasakan semakin mahal. Terlebih lagi, dari kalangan kurang mampu semakin tidak menentu kondisi perekonomiannya dari hari ke hari. Apalagi bagi masyarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap dikarenakan pemu-tusan hubungan kerja (PHK) atau disebakan oleh karena hal yang lainnya. Mahalnya biaya pendidikan tidak hanya terjadi di sekolah atau perguruan tinggi negeri maupun swasta. Di tingkat pendidikan dasar misalnya, sekalipun Pemerintah telah memberi dana bantuan operasional sekolah (BOS) SD dan SMP negeri, namun dianggap oleh sebagian besar masyarakat menengah ke bawah masih belum mencukupi untuk memenuhi biaya pendidikan, terutama biaya operasional pokok yang harus ditanggung oleh orangtua/wali peserta didik.
Penetapan Keabsahan Pernikahan Suami Istri Mualaf Implikasi Terhadap Keturunannya di Pengadilan Agama Jambi umar umar; Muhamad Muhamad
Jurnal Literasiologi Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v5i2.214

Abstract

Pernikahan di Indonesia telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi seluruh rakyat Indonesia, yaitu Undang-Undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974. Dalam Undang-Undang ini sebagaimana termaktub dalam Pasal 2 yang berbunyi bahwa pernikahan hanya sah, jika dilakukan menurut masing-masing agamanya dan kepercayaan itu kemudian tiap-tiap pernikahan dicatat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengadilan Agama Jambi sebagai pelaksana kekuasaan kehakiman di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Jambi telah menerima 2 (dua) perkara isbat/pengesahan nikah suami istri non muslim menjadi mualaf untuk mendapat kepastian hukum dari pernikahan sebelum memeluk agama Islam, yakni perkara dengan Nomor 14/Pdt.P/2017/PA Jmb pada tanggal 01 Februari 2017 dan perkara dengan Nomor 64/Pdt.P/2019/PA Jmb pada tanggal 09 Agustus 2019. Adapun alasan suami istri mualaf mengajukan isbat/pengesahan nikah dengan sebab pernikahan sebelum memeluk agama Islam tidak memiliki akta nikah dari Kantor Catatan Sipil. Sehingga suami istri mualaf tersebut mengajukan perkara isbat/pengesahan nikah ke Pengadilan Agama Jambi untuk memohon keabsahan pernikahan mereka tersebut. Hakim Pengadilan Agama Jambi yang mengadili perkara tersebut, dalam penetapannya mengabulkan permohonan dan menyatakan sah pernikahan suami istri mualaf tanpa menganjurkan pernikahan ulang. Padahal status pernikahan sepasang suami istri non muslim ketika menjadi mualaf, dikalangan para ulama masih diperdebatkan hingga terpecah menjadi dua kelompok.
Metode Pendidikan Agama Islam dalam Hadis Ali Musa Lubis
Jurnal Literasiologi Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v5i2.215

Abstract

Artikel ini bertujuan mengangkat metode pendidikan dalam persfektif hadis Nabi Muhammad SAW. Dalam Islam diyakini bahwa Hadits Nabi adalah pedoman yang harus diikuti dalam semua aspek kehidupan. Mereka yang konsisten mengikuti hadis Nabi diyakini telah berada dijalan yang benar dan akan mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan penelaahan terhadap literatur, khususnya kitab-kitab hadis yang berhubungan dengan metode pendidikan yang digunakan Nabi, sedangkan analisis yang digunakan menggunakan metode analisis isi (Conten Analysis) Dalam hal ini penulis analisis terhadap prilaku Nabi yang terdapat pada kita-kitab hadis. Dari hasil penelitian ada bebrapa metode yang digunakan dalam mengajarkan ajarannya kepada para sahabat, yaitu : Metode Ceramah, metode Tanya jawab, metode pengulangan, metode demontrasi, metode eksprimen, metode pemecahan masalah, metode diskusi, metode pujian, metode pemberian hukuman
Praksis Membaca Ekstensif Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dan Implikasinys Terhadap Pengajaran Monalisa Monalisa
Jurnal Literasiologi Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v5i2.216

Abstract

Artikel ini dimaksudkan untuk melihat praksis membaca ekstensif pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan implikasinya terhadap pengajaran. Dari 58 angket terbuka yang disebarkan, hanya 19 responden saja yang mengembalikannya. Respon mereka terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut kemudian dikelompokkan berdasarkan tema- tema yang muncul. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan mewawancarai beberapa responden yang bersedia sebagai bentuk konfiirmasi dari data angket terbuka sebelumnya. Temuan menunjukkan bahwa kegiatan membaca ekstensif yang mereka jalani berbentuk independen dan blended intensive and extensive. Ada berbagai genre bacaan yang menarik minat baca mereka, namun fiksi berupa novel menjadi pilihan utama disusul teks-teks faktual seperti artikel popular, dan artikel ilmiah. Temuan lainnya adalah adanya perubahan attitude pembelajar terhadap kegiatan membaca yakni membaca adalah kegiatan yang menyenangkan. Terakhir adalah bahwa kegiatan membaca ekstensif yang “disatukan” dengan membaca intensif masih menunjukkan adanya inkonsistensi sebagian kegiatannya dengan prinsip-prinsip membaca ekstensif itu sendiri. Oleh karena itu diperlukan program membaca ekstensif yang terencana dengan baik.
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA 5 Tahun Pelajaran 2018/2019 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA) 3 Kota Jambi dalam Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Melalui Model Discovery Learning Encu Rusmana
Jurnal Literasiologi Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v5i2.217

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan persentase prestasi belajar siswa kelas XI MIPA5 SMAN 3 Kota Jambi tahun pelajaran 2018/2019 pada materi elastisitas dan hukum Hook dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus dengan indikator capaian sebesar 70%. Data dalam penelitian dikumpulkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase prestasi belajar siswa kelas XI MIPA5 SMAN 3 Kota Jambi tahun pelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan secara signifikan, yaitu 50% pada siklus kedua, dari 30% menjadi 60, 18%. Selanjutnya, pada siklus kedua mengalami peningkatan sebesar 10% yaitu dari 60,18% menjadi 74,04%.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Tahun Pelajaran 2019/2020 Pada Materi Hukum Termodinamika dengan Model Pembelajaran Inkuiri di SMAN 14 Tebo Rudi Sunardi
Jurnal Literasiologi Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v5i2.218

Abstract

Sub materi hukum 1 termodinamika dan proses-proses termodinamika adalah salah satu sub materi yang diajarkan pada siswa kelas XI IPA SMAN 14 Tebo tahun pelajaran 2019/2020, berdasarkan hasil tes awal rata-rata hasil belajar siswa pada rentang nilai 61-80 masih jauh dari persentase indikator kinerja yang telah ditetapkan sebesar 50%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 14 Tebo tahun pelajaran 2019/2020 dalam sub materi hukum I termodinamika dan proses-proses termodinamika. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan dan refleksi, dan menggunaka model pembelajaran inkuiri sesuai dengan kondisi siswa kelas XI IPA SMAN 14 Tebo Tahun 2019/2020. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif, dan dianalisis dengan menggunakan rumusan yang telah ditetapkan. Hasil tindakan yang dilakukan menunjukkan peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 14 Tebo tahun pelajaran 2019/2020 pada rentang nilai 61-80 sebesar 35,71 %, dari 17,86% sebelum dilakukan tindakan menjadi 53,57%.
Pendidikan Masyarakat Modern dan Tradisional dalam Menghadapi Perubahan Sosial dan Modernisasi Miftahur Rizik; Lias Hasibuan; Kasful Anwar Us
Jurnal Literasiologi Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v5i2.219

Abstract

Perubahan sosial dan modernisasi merupakan hal yang tidak dapat terelakkan dalam kehidupan saat ini. Perubahan-perubahan yang begitu cepat terjadi di masyarakat tentunya akan berdampak positif dan negatif tergantung bagaimana menyikapinya. Akan ada konsekuensi yang akan ditanggung pada berbagai aspek kehidupan masyarakat dalam menghadapai perubahan sosial dan modernisasi ini. Perubahan sosial dan modernisasi di tandai dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka peran pendidikan menjadi sangat penting bagi masyarakat agar mampu beradaptasi dengan cepat dengan perubahan ini. Pendidikan diharapkan mampu meningkatkan sumber daya masyarakat dalam memanfaatkan dengan baik sumber daya alam yang ada disekitarnya.
Pendidikan dan Perubahan Kebudayaan Transmisi Budaya dan Perkembangan Institusi Pendidikan Lias Hasibuan; Kasful Anwar Us; Nazirwan Nazirwan
Jurnal Literasiologi Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v5i2.220

Abstract

Pendidikan dalam pengertian yang luas merupakan kehidupan yang memberi pengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan manusia sedangkan pendidikan dalam pengertian yang sempit merupakan proses untuk meningkatkan kemampuan seseorang menjadi lebih baik dengan berbagai cara diantaranya melalui proses pengajaran. Menurut UU No.20 tahun 2003 tentang sistim pendidikan nasional bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Kegiatan mendidik merupakan kegiatan memberi pengajaran, membuat seseorang memahami, dan dengan pemahaman yang dimilikinya dapat mengembangkan potensi diri dengan menerapkan apa yang telah dipelajari. Misi Pendidikan Nasional adalah meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses pendidikan untuk mengoptimalkan kepribadian yang bermoral serta mengacu pada tujuan pendidikan yaitu untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis.
Rumah Moderasi Beragama IAIN Curup dalam Program Wawasan Kebangsaan, Toleransi dan Anti Kekerasan Sumarto Sumarto
Jurnal Literasiologi Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v5i2.221

Abstract

Konsep Islam moderat dan Islam toleran merupakan konsep satu kesatuan konsep yang sama dan seiring sejalan, yaitu model keberagamaan Islam yang berkecenderungan ka arah jalan tengah dan kedamaian sebagaimana pesan universal Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin, keberagamaan yang dapat menghargai pendapat yang berbeda, serta menolak model keberagamaan yang ekstrem dan radikal seperti yang dikembangkan oleh Nahdhatul Ulama. Rumah Moderasi Beragama dan Kebangsaan IAIN Curup adalah wadah kita untuk berdiskusi, belajar bersama, bermusyawarah dan bergotong royong dalam mewujudkan perilaku yang moderat dan cinta tanah air. Rumah Moderasi Beragama dan Kebangsaan IAIN Curup adalah bentuk dari pengimplemntasian nilai – nilai Pancasila yang secara factual kita lakukan, menjadi salah satu contoh teladan kebangsaan bagi masyarakat di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu dan secara Nasional.
Belajar dan Mengajar Sebagai Suatu Proses Pendidikan yang Berkemajuan Mhd. Syahdan lubis
Jurnal Literasiologi Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v5i2.222

Abstract

Pendidikan sangat penting dalam mempersiapkan manusia agar mampu memelihara dan meningkatkan kualitas hidup sebagai individu bangsa yang bermartabat. Tantangan berat yang dihadapi di segala bidang dapat dilihat dari berbagai jenis laporan seperti hasil belajar siswa, ketidakmampuan masyarakat untuk mempertahankan anaknya sukses di lembaga pendidikan hingga usia wajib belajar. Sistem evaluasi, manajemen pendidikan dan yang paling sering disoroti oleh media massa saat ini adalah permasalahan guru, kurikulum, buku teks dan sistem pembelajaran dimana proses belajar mengajar terjadi. Secara umum proses pendidikan mengarah pada tiga hal utama yang dapat dicapai siswa yaitu afektif, kognitif dan psikomotor. Kesepakatan afektif dengan sikap, moral, etika, moral, dan manajemen emosional. Kognitif berkaitan dengan aspek berpikir, transfer pengetahuan, logika, dan analisis. Sedangkan psikomotorik berkaitan dengan praktik atau aplikasi apa yang diperolehnya melalui jalur kognitif. Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai sesuai dengan kompetensi dasar. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada pembelajar untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar. Pembelajaran merupakan proses internal siswa, sedangkan pembelajaran memandang kondisi eksternal yang mempengaruhi proses pembelajaran. Kondisi eksternal yang mempengaruhi proses pembelajaran seperti bahan ajar, suasana pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10