cover
Contact Name
Nurhikma Ramadhana
Contact Email
nurhikma@unsulbar.ac.id
Phone
+6285242198162
Journal Mail Official
ijes@unsulbar.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H., Talumung, Majene, Sulawesi Barat
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
ISSN : 26554402     EISSN : 26226197     DOI : https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2
Core Subject : Education,
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) of West Sulawesi University which will publish articles of research related to Role of technology in education, application of psychological concepts to education, importance of curriculum development, sociology of education, Higher Education, Conseling Guidance, Early childhood Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)" : 7 Documents clear
Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Statistika dalam Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Abdul Wahab; Junaedi Junaedi
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 3 No 2 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v3i2.923

Abstract

Masalah utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah “bagaimana respon mahasiswa terhadap pembelajaran statistika di tinjau dari aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 35 mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia, instrumen yang digunakan adalah lembar angket respon mahasiswa terhadap pembelajaran statistika meliputi aspek kognitif sebanyak 6 item, aspek afektif 3 item dan aspek psikomotorik sebanyak 4 item pernyataan, data dianalisis dengan menggunakan persentase dan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon mahasiswa di tinjau dari aspek kognitif menunjukkan respon positif sebesar 60%, aspek afektif sebesar 80%, dan aspek psikomotorik sebesar 72%, sehingga dapat disimpulkan bahwa respon mahasiswa terhadap pembelajaran statistika berada pada respon yang positif dengan menunjukkan kualitas pembelajaran yang menarik.
Persepsi Mahasiswa terhadap Profil Dosen Menggunakan Analisis Konjoin Yuliana Yuliana; Eric Kunto Aribowo; Anna Febrianty Setianingtyas
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 3 No 2 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v3i2.925

Abstract

Penelitian ini mengungkap persepsi mahasiswa terhadap kompetensi yang dimiliki oleh dosen. Dengan melakukan ekstraksi dari empat kompetensi dosen (pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian) yang dilanjutkan dengan justifikasi dari tim ahli dihasilkan lima profil utama: umpan balik, metode pembelajaran, penguasaan materi, disiplin, dan sikap dosen. Melalui analisis konjoin ditemukan bahwa kombinasi yang paling dipertimbangkan dan dianggap penting oleh mahasiswa, yaitu dosen yang dalam perkuliahannya menggunakan metode pembelajaran yang mutakhir, dosen yang bersikap wajar terhadap mahasiswanya, dosen yang tidak terlalu tinggi tingkat kedisiplinannya, dosen yang selalu memberikan umpan balik, dan dosen yang mampu mengaplikasikan materi. Persepsi dari ciri-ciri dosen inilah yang diinginkan oleh mahasiswa sehingga dapat memberikan pengaruh atau memotivasi semangat belajar.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa SMA Faderina Komisia; Maria Benedikta Tukan; Maria Aloisia Uron Leba
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 3 No 2 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v3i2.933

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa SMA dan mendeskripsikan respon siswa dalam pembelajaran yang berbasis kontekstual. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Seminari St. Rafael, Oepoi, Kupang. Desain Penelitian ini adalah research and development. Penelitian ini berfokus pada pengembangan perangkat berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bahan Ajar Siswa, dan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan kontekstual. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh pakar dan kemudian diujicobakan. Variabel yang diidentifikasi adalah validitas dan respon siswa terhadap perangkat yang telah dikembangkan. Capaian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa RPP, LKS, dan BAS berkategori baik. Selain itu, respon siswa sangat positip.
Desain Pembelajaran Statistika Terapan Berbasis Kasus Berkualitas Baik (Valid, Praktis, dan Efektif) untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika Muhammad Nurhusain; Abdul Hadi
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 3 No 2 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v3i2.951

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran statistika terapan berbasis kasus yang berkualitas baik yaitu memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan, pada materi analisis regresi. Penelitian ini merupakan penelitian desain (design research). Penelitian dilakukan dengan mengikuti siklus Mc. Kenney yang terdiri dari tiga fase, yakni: preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase, dan menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang terdiri dari 11 langkah. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Kelas MT-III.1 Program Studi Pendidikan Matematika STKIP YPUP Makassar semester III tahun akademik 2018/2019, sebanyak 35 orang. Instrumen yang digunakan yaitu: lembar validasi desain pembelajaran, instrumen tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas mahasiswa dan kemampuan dosen mengelola pembelajaran, dan angket respon mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan diolah secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa: (1) Desain pembelajaran memenuhi kriteria kevalidan sehingga layak digunakan berdasarkan hasil penilaian 2 (dua) orang validator yang memiliki kompetensi masing-masing dalam bidang pendidikan dan statistika; (2) Kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran sebesar 84,05%, berada pada kategori baik sesuai hasil uji coba desain pembelajaran yang dikembangkan, sehingga desain pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan; (3) Rata-rata hasil belajar mahasiswa mencapai KKM yaitu 82,4 dengan standar deviasi sebesar 8,4 dan ketuntasan klasikal 85,71% terpenuhi, aktivitas mahasiswa sebesar 89,36%, berada pada kategori aktif, dan respon mahasiswa sebesar 79,05, berada pada kategori positif, sehingga desain pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan. Jadi dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran berbasis kasus untuk perkuliahan statistika terapan mahasiswa pendidikan matematika STKIP YPUP Makassar, berkualitas baik yaitu memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis Vera Mandailina; Syaharuddin Syaharuddin; Dewi Pramita; Ibrahim Ibrahim; Haifaturrahmah Haifaturrahmah
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 3 No 2 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v3i2.955

Abstract

Abstrak Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk mengurangi penyebaran COVID-19, maka lembaga pendidikan diliburkan untuk proses pembelajaran secara langsung guna mendukung program social distancing. Salah satu mekanisme yang diterapkan adalah pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian meta-analisis ini adalah menganalisis kembali hasil-hasil publikasi ilmiah yang berkaitan dengan motivasi dan hasil belajar siswa selama pandemic COVID-19. Data dikumpulkan dari database pengindeks seperti Google Scholar, DOAJ, OneSearch, SINTA, dan Portal Garuda. Data yang difilter adalah hasil penelitian yang memuat nilai uji fisher (F), uji student (t), uji korelasi (r), dan jumlah peserta didik (N), kemudian dianalisis menggunakan meta-analisis melalui nilai effect size dan standart error untuk melihat summary effect size. Hasil simulasi menggunakan software JASP menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran daring dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik sebesar 55%. Nilai ini tentunya tidak terlalu tinggi, hal ini disebabkan dengan adanya beberapa factor kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran daring baik oleh peserta didik, guru, maupun dosen. Abstract In order to support government policies to reduce the spread of COVID-19, educational institutions are disbursed for the learning process directly to support social distancing programs. One of the mechanisms implemented is online learning. The purpose of this meta-analysis research is to reanalyse the results of scientific publications related to students' motivation and learning outcomes during the COVID-19 pandemic. Data is collected from indexing databases such as Google Scholar, DOAJ, OneSearch, SINTA, and Garuda Portal. Filtered data is the results of research that contains fisher test values (F), student test (t), correlation test (r), and number of learners (N), then analyzed using meta-analysis through effect size and standart error values to see summary effect size. Simulation results using JASP software showed that there is a significant influence of online learning in increasing the motivation and learning outcomes of learners by 55%. This value is certainly not too high, this is due to several factors of obstacles faced during the online learning process by both students, teachers, and lecturers.
Aktivitas Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Berbasis Konferensi Video: Refleksi Pembelajaran Menggunakan Zoom dan Google Meet Firman Firman; Arlinda Puspita Sari; Firdaus Firdaus
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 3 No 2 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v3i2.969

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aktivitas mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan daring berbasis konferensi video. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan menyebar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perkuliahan daring yang dilaksanakan menggunakan applikasi konferensi video seperti Zoom dan Google Meet, mahasiswa cenderung melakukan aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan perkuliahan. Aktivitas-aktivitas tersebut meliputi: (1) makan dan minum; (2) melamun; (3) menggunakan media sosial; (4) mengerjakan tugas mata kuliah lain; (5) memperhatikan tampilan layar teman kelas. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pendidik dalam merancang perkuliahan daring sehingga potensi multitasking mahasiswa dalam pembelajaran dapat ditekan. This research aims to investigate the students’ activity during videoconferencing-based online lectures. This study uses a mixed-method approach that combines qualitative and quantitative methods. Data collection was carried out by interviewing and distributing 5 scale questionnaires. The results showed that in online lectures conducted using video conferencing applications such as Zoom and Google Meet, students tended to do other activities that were not related to lectures. These activities include (1) eating and drinking; (2) mind wandering; (3) using social media; (4) doing other subject assignments; (5) pay attention to classmates’ screen display. The results of this study can be used as consideration for educators in designing online lectures to reduce the possibility of students multitasking in learning. Keyword: Online learning, videoconferencing, multitasking
Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Dasar Berbasis Komik dengan Adobe Illustrator CS5 Noer Ekafitri Sam; Nurmayanti Nurmayanti; Nurjanna Nurjanna
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 3 No 2 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v3i2.1013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan media pembelajaran berbasis komik dengan media adobe illustrator, (2) menghasilkan media pembelajaran berbasis komik dengan media adobe illustrator yang valid dan efektif. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan atau research and development. Adapun prosedur pengembangan media pembelajaran elektronika dasar berbasis komik yaitu: (1) Penetapan topik komik dan pembuatan karakter komik; (2) pembuatan latar belakang komik; (3) pembuatan alur cerita; (4) pengumpulan data meliputi: (a) pengumpulan materi komponen dasar elektronika; (b) pembuatan dan pengumpulan gambar; (5) pengembangan produk awal berupa buku komik cetak berseri, atau tahapan uji coba; (6) validasi ahli materi dan media; (7) analisis hasil validasi; (8) uji coba kelompok kecil dan lapangan; (9) analisis hasil uji coba; (10) produk akhir berupa buku cetak berseri sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komik menggunakan adobe illustrator telah memenuhi kriteria kevalidan dari aspek materi dari segi umum, pembelajaran, dan substansi materi. Sedangkan aspek media dan aspek media dari segi umum, media, komunikasi visual. Untuk itu disarankan media pembelajaran berbasis komik menggunakan adobe illustrator dapat dijadikan sebagai referensi media pembelajaran di kelas yang menyenangkan, mempermudah dalam proses belajar mengajar, dan meningkatkan motivasi dan keingintahuan siswa sehingga hasil belajar yang diperoleh dapat optimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 7