cover
Contact Name
Dr. Yana Setiawan, S.Pd., MM
Contact Email
yanasetiawan@upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
henimulyani@upi.edu
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan
ISSN : 2337408X     EISSN : 26563266     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Publishes papers in the field of accounting and finance of Education that give a contribution to the development of accounting education, accounting science, and finance. We accept mainly research-based articles related to accounting science and finance. The scopes of the topics include [1] Education include : Accounting Education, Financing Education, Accounting Learning Model, Entrepreneur in Accounting, Accounting Learning Media [2] Accounting Science include : Management Accounting, Financial Accounting, Public Sector Accounting, Sharia Accounting, Accounting Information Technology, Auditing, Professional Ethics, Accounting Education, [3] Banking and Finance.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015" : 6 Documents clear
PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENUNJANG DALAM PEKULIAHAN ANGGARAN PERUSAHAAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI Mulyani, Heni
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v3i2.15437

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media sosial sebagai penunjang dalam perkuliahan serta dampak yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial tersebut dalam perkuliahan mata kuliah anggaran perusahaan di program studi Pendidikan Akuntansi FPEB UPI. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain one group only design dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi dengan instrumen lembar pengamatan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan  media sosial (khusunya facebook)  dapat menjadi penunjang yang efektif dalam  proses  perkuliahan  karena aktivitas belajar bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Facebook  dapat mengatasi permasalahan ruang dan waktu yang  terbatas di dalam  kelas. Mahasiswa dan dosen  dapat  melanjutkan  interaksi  perkuliahan  secara online untuk  membahas permasalahan terkait  materi perkuliahan. Mahasiswa dapat menanyakan  dan  mengemukakan  pendapat  serta saling membantu dalam memahami materi perkuliahan. Penggunaan facebook sebagai penunjang dalam perkuliahan akan memberikan dampak yang positif apabila dikelola dengan baik dan diberikan batasan-batasan yang jelas dalam  melakukan interaksi, karena  dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih aktif sehingga mempermudah mereka dalam memahami materi melalui intensitas komunikasi dan interaksi yang dilakukan di luar jam perkuliahan.Kata Kunci : Media Sosial, Penunjang Perkuliahan
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENCATAT TRANSAKSI DALAM JURNAL UMUM. (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI IPS SMA ANGKASA LANUD HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG TAHUN 2013/2014) Yulizah, Rensi
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v3i2.15438

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar. Pengaruh ini dapat dilihat pada perbedaan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi pada jurnal umum mata pelajaran akuntansi yang diterapkan pada siswa kelas XI IPS A dan XI IPS D SMA Angkasa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini quasi eksperimen dengan kelompok eksperimen dan kontrol dengan hanya pascates.Pengujian hipotesis menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen ialah 78,13, sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol 74. Perhitungan uji t dk 78 dan taraf kepercayaan 95% menunjukkan t hitung 4,26 dan t ­tabel 1,99  sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang tidak mendapatkannya. Dengan adanya perbedaan yang signifikan tersebut maka model pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar. Dengan terdapatnya pengaruh tersebut maka model tersebut dapat digunakan oleh guru yang lainnya dalam pembelajaran akuntansi  Kata Kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar
PENGARUH KONSERVATISME TERHADAP ASIMETRI INFORMASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI) Yulia, Aida
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v3i2.15434

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of accounting conservatism on information asymmetry in the annual reports of companies listed on the Indonesia Stock Exchange.Target population in this study is a manufacturing company listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) with year observations from 2009 to 2011 the number of companies by 23 companies.Of accounting conservatism measurements conducted on 23 companies, the population of the obtained results of all companies that meet more than one measurement assumptions of accounting conservatism with market value to book value ratio greater than 1, so that the company can be classified as a conservative company. From the test results it can be concluded that the regression coefficient of determinant (R2) value 0.240 indicates that accounting conservatism is able to affect the asymmetry of information in the annual reports of companies listed on the Indonesia Stock Exchange amounted to 24.0 percent and the remaining 76.0 percent is influenced by other variables outside of the research model. Piecemeal evidence suggests that accounting conservatism variable regression coefficient of -0.474, (β ≠ 0), meaning that in partial accounting conservatism and significant negative effect of the information asymmetry in the annual reports of companies listed on the Indonesia Stock Exchange. Refers to the requirement that the results of the study reject Ho and accept Ha.  Keywords: Accounting Conservatism and Information Asymmetry
THE EFFECT OF PROFITABILITY ON CAPITAL STRUCTURE IN THE MANUFACTURING COMPANIES SUBSECTOR METALS LISTED IN INDONESIA STOCK EXCHANGE (IDX) YEAR 2011-2013 I.P, Amelia Fitriani
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v3i2.15439

Abstract

This study aims to determine the effect of profitability on the capital structure of the Manufacturing Companies subsector Metals are Listed in Indonesia Stock Exchange in 2011-2013, in this study profitability is measured using the Return on Assets (ROA), and capital structure were measured using Debt to Equity Ratio (DER ). The method used is descriptive method verification. The data collection techniques used is a method of documentation. Data in the form of financial statements obtained from the official website of Indonesia Stock Exchange 2011-2013. With a total sample of 10 Metals Companies listed on the BEI for three periods of study in order to get 30 data observan. Statistical analysis used is simple linear regression analysis, which is preceded by a test for normality and linearity as a prerequisite regression test then testing the significance of regression (F test) and regression coefficient significance test (t test). Based on the results of data processing, the known value of ROA decreased, while DER increased. Based on the statistical test result that profitability does not affect the capital structure.    Keywords: Profitability, Capital Structure.
PENGARUH PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL TERHADAP TINGKAT GOOD UNIVERSITY GOVERNANCE DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (SURVEY PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA BANDUNG) Herny, Nurhayati
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v3i2.15435

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab masalah penelitian sebagai berikut : (a) apakah pelaksanaan audit internal secara langsung berpengaruh positif terhadap tingkat good university governance, dan (b) apakah komitmen organisasional berpengaruh positif dan memperkuat hubungan antara pelaksanaan audit internal dengan tingkat good university governance.Yang menjadi unit analisis adalah perguruan tinggi di kota Bandung. Respondennya adalah audit internal, Pimpinan PT, dekan dan kepala biro. Populasinya adalah seluruh PT berjumlah 122. Pengujian hipotesis pertama menggunakan analisis regresi linier sederhana, sedangkan pengujian hipotesis kedua menggunakan analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian ini adalah : (a) pelaksanaan audit internal berpengaruh positif terhadap tingkat good university governance dan (b) komitmen organisasional memoderasi pengaruh pelaksanaan audit internal internal terhadap tingkat good university governance. Kata kunci : Pelaksanaan Audit Internal, Komitmen Organisasional, Tingkat Good University Governance
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR (KASUS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG) Wahyuni, Shinta
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v3i2.15436

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi UPI Bandung. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan desain penelitian korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data diolah dengan menggunakan statistik parametrik dengan teknik analisis regresi multiple. Penarikan kesimpulan hasil penelitian menggunakan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan minat belajar memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa. Implikasi dari hasil penelitian yang disarankan peneliti adalah bahwa para mahasiswa harus dapat lebih mengendalikan emosinya dan lebih mandiri dalam belajar untuk memperoleh prestasi belajar yang lebih baik. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Minat  Belajar, Prestasi Belajar, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 11, No 1 (2023): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 10, No 1 (2022): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 9, No 2 (2021): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 9, No 1 (2021): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 8, No 2 (2020): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 8, No 1 (2020): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 7, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2019 Vol 7, No 2 (2019): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 2, No 2 (2014) Vol 1, No 2 (2013) Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2018 Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN JULI 2018 Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2018 Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017 Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017 Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2016 Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2016 Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015 Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015 Vol 3, No 1 (2015) Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2014 Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2014 Vol 1, No 2 (2013): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2013 Vol 1, No 1 (2013): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2013 More Issue