cover
Contact Name
Rifda Mardian Arif
Contact Email
jurnal.jeej@ung.ac.id
Phone
+6282219951598
Journal Mail Official
jurnal.jeej@ung.ac.id
Editorial Address
Street of Jend. Sudirman No.6, Kota Tengah, Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Elementary Education Journal
ISSN : -     EISSN : 27236307     DOI : https://doi.org/10.37411/jeej
Core Subject : Education,
The Jambura Elementary Education Journal is published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. This jurnal is intended to publish articles on the results of thought, research and community service. The aim of this Journal is to have research results specifically on the education of elementary school teachers from practitioners, academics, researchers, and education observers. The scope of articles published is about basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning models, learning methods and learning media. The Jambura Basic Education Scientific Journal is published twice a year in June and December
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): VOLUME 2 NOMOR 1, JUNI 2021" : 5 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DI KELAS II SDN 2 TILANGO KABUATEN GORONTALO Marni Hamrin; Sumarni Mohamad; Rustam Husain
JAMBURA Elementary Education Journal Vol 2 No 1 (2021): VOLUME 2 NOMOR 1, JUNI 2021
Publisher : JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah” Apakah Melalui Media Buku Cerita Bergambar Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo Meningkat ? Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Media Buku Cerita Bergambar Pada Siswa Kelas II SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah Peneltian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelas II sebanyak 17 orang.Pada observasi awal menunjukkan bahwa siswa yang memiliki hasil belajar tuntas sebanyak 5 orang siswa dengan presentase 29%, setelah dilakukan penelelitian pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang memiliki hasil belajar tuntas sebanyak 7 orang siswa dengan presentase 41% dan pada siklus II sebanyak 14 orang siswa dengan presentase 83%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING DI KELAS II SDN 11 LIMBOTO BARAT KABUPATEN GORONTALO Evi Hasim; Indah Permatasari Lamusu
JAMBURA Elementary Education Journal Vol 2 No 1 (2021): VOLUME 2 NOMOR 1, JUNI 2021
Publisher : JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indah Permatasari Lamusu. 2021,Improving students' Ability in Writing simple sentences using the snowball throwingmodel in the 2nd grade of SDN 11 Limboto Barat, Gorontalo District. undergraduate thesis. Department of elementary teacher education, faculty of education, state university of gorontalo.the principal supervisior is Dra. Evi Hasim, M.Pd and the Co Supervisior is Dr. Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd The research problem is whether or not the snowball throwing model can improve students' ability in writing simple sentences in the 2nd grade of SDN 11Limboto Barat, Gorontalo District. the objective is to improve the students' ability in writing simple sentences using the snowball throwing model in the 2nd grade of SDN 11 Limboto Barat, Gorontalo District. This research is a classroom action research comprising 2 cycles.
PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA SD DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDEDTEMA PERMAINAN TRADISIONAL Hajjah Rafiah; Zahra Chairani; Siti Norjannah
JAMBURA Elementary Education Journal Vol 2 No 1 (2021): VOLUME 2 NOMOR 1, JUNI 2021
Publisher : JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah unyuk menghasilkan produk berupa LKS matematika SD dengan pendekatan open ended tema permainan tradisional.Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau research and development (R&D). Metode pengembangan LKS matematika berbasis pendekatan open ended menggunakan langkah-langkah penelitian pengembangan 4D diadaptasi menjadi 3 tahap yaitu: define, design, dan develop, yang penerapannya disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi dan respon siswa. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan penilaian validator,maka LKS matematika SD dengan pendekatan open endedtema permainan tradisional dinyatakan layak digunakan pad aproses pembelajaran. Berdasarkan pengolahan data hasil angket respon siswa, LKS matematika SD dengan pendekatan open endedtema permainan tradisional praktis digunakan oleh siswa
ANALISIS BENTUK PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU DONGENG ANAK TERPOPULER SEPANJANG MASA Rahidatul Laila Agustina; Johan Arifin
JAMBURA Elementary Education Journal Vol 2 No 1 (2021): VOLUME 2 NOMOR 1, JUNI 2021
Publisher : JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latarbelakangdaripenelitian ini adalahmengkaji tentang analisisbentuknilai pendidikan karakter pada buku Dongeng Anak Terpopuler Sepanjang Masa Karya Ungu Lianza. Penelitianinibertujuan untukmenguraikan bentuk nilai pendidikan karakter yang terkandung pada bukuAnak Terpopuler Sepanjang Masa,Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi atau dokumen (contentofdocumentanalysis). Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerita dongeng buku Dongeng Anak Terpopuler Sepanjang Masa karya Ungu Lianza yang diterbitkan oleh Visi Mandiri, Banyuanyar Surakarta pada tahun 2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan teknik pustaka, baca, dan catat. Serta teknik analisis data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis.Temuanpenelitianmenunjukkanbahwadari8 dongeng yang dianalisisdalamdalam buku “Dongeng Terpopuler Sepanjang Masa” karya Ungu Lianza ditemukan bahwa bentuk nilai pendidikan karakter yang ditemukan berjumlah 6, yaitu (1) Rasa Ingin Tahu, (2) Bersahabat/Komunikasi, (3) Cinta Damai, (4) Peduli Sosial, (5) Kerja Keras, (6) Toleransi.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM PERMAINAN ANAK SUKU BUGIS PAGATAN KABUPATEN TANAH BUMBU Saadah Erliani
JAMBURA Elementary Education Journal Vol 2 No 1 (2021): VOLUME 2 NOMOR 1, JUNI 2021
Publisher : JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beragam jenis permainan anak nusantara salah satunya permainan tradisional Bugis Pagatan yang memiliki nilai pendidikan dan keunikan tersendiri. Bermain merupakan hal penting bagi seorang anak cara ini dapat melatih keterampilan secara berulang-ulang dan dapat mengembangkan ide kreatif sesuai dengan cara dan kemampuannya sendiri. Dalam bermain itulah anak dapat menerima banyak rangsangan selain dapat membuat dirinya senang serta dapat menambah pengetahuan anak. Dalam proses belajar, anak-anak mengenalnya melalui permainan karena tidak ada cara yang lebih baik yang dapat merangsang perkembangan kecerdasan otaknya melalui kegiatan melihat, mendengar, meraba, dan merasakan, yang semuanya itu dapat dilakukan melalui kegiatan bermain. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan kandungan nilai pendidikan dalam permainan anak suku Bugis Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Metode dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu memaparkan sebagaimana adanya. Pengumpulan data digunakan teknik observasi, pencatatan, wawancara, perekaman, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menyimpulkan terdapat nilai dalam permainan anak suku Bugis yaitu bersahabat, jujur,mandiri dan terampil, nama permainannya adalahmarraga, maggasing, maggalenceng dan majekka.

Page 1 of 1 | Total Record : 5