cover
Contact Name
Noni Antika Khairunnisah, S.Pd
Contact Email
lpp.mandala@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lpp.mandala@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala
ISSN : 25485555     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
The Mandala Education Journal is an educational scientific research article and the results of Social research, Science, Politics, and the results of literature studies.
Arjuna Subject : -
Articles 40 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2022)" : 40 Documents clear
The Effectiveness of Task Based Intruction (TBI) toward Students’ Interest in Learning English Vocabulary at SMPN 1 Sambelia Sudirman Sudirman; Tawali Tawali
JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jupe.v7i2.3444

Abstract

This research was aimed at find out whether or not using Task Based Intructionhas positive effect toward students’ interest in learning English vocabulary. Thisresearch was an experimental research.The population the second year students of SMPN 1 Sambelia in academic year 2021/2022 was 209 students. The sample of the research was 54 students. The sample was taken by cluster random sampling technique. The instrument that was used test (20 items) and questionnaire. The score were analyzed by used descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis was used to describe mean, mode, median, and standard deviation of group according to AnasSudijono:2007, and inferential analysis was used to describe the value of t-test for comparison between t-table. It was showed that the value of-test = 2.575 was higher than the value of t-table = 1.675. So, using Task Based Intruction approach has positive effect toward students’ interest in learning English vocabulary at SMPN 1 Sambelia.
Etika Berbahasa Indonesia pada Masyarakat Kalangan Ekonomi Menengah Desa Kole Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima Supriadin Supriadin
JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jupe.v7i2.3577

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April sampai dengan bulan Mei 2022 di Desa Kole Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud etika berbahasa Indonesia pada masyarakat kalangan ekonomi menengah Desa Kole Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima dalam bahasa, tutur sapa yang sesuai dengan norma-norma sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang diawali dengan pengamatan, wawancara. Data dianalisis dengan cara mengelompokkan kata-kata yang berkaitan dengan bahasa, tutur sapa yang sesuai dengan norma-norma sosial. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif yang ditekankan pada metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses bertutur sapa masyarakat Bima umumnya cenderung bersikap sopan dan hormat mempertahankan etika dalam bertutur sapa, tanpa melihat status dari setiap individu. Jadi penelitian dapat disimpulkan dari tinjauan sosiolinguistik bahwa etika berbahasa Indonesia masyarakat kalangan ekonomi menengah Desa Kole Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima sangat dipengaruhi oleh faktor usia, jabatan, situasi dan tempat.
PROBLEMATIKA PROSES PELAKSANAAN BELAJAR BAHASA INDONESIA TINGKAT SMP/ MTS Syarifuddin Syarifuddin; Muhamad Rozi Iskndar
JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jupe.v7i2.3530

Abstract

Pendidikan sebagai salah satu aspek dari program pemerintah yang perlu mendapat perhatian yang serius dalam pengembangan dewasa ini. Salah satu kelemahan atau kesulitan dalam pembelajaran adalah minimnya sarana dan prasarana pendidikan, karena alat pendidikan dapat digunakan dalam memperlancar proses belajar mengajar baik yang bersifat konkrit maupun abstrak untuk mencapai hasil yang optimal. Problematika belajar mengajar adalah sesuatu yang menjadi sebab timbulnya masalah dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah, baik yang berlangsung dalam tatap muka maupun melalui media cetak. Dalam hubungan ini mengajar diartikan sebagai kegiatan mengorganisasi proses belajar.Tujuan, Untuk mengetahui problematika proses belajar bahasa Indonesia pada tingkat SMP/MTs. Metode, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. untuk memperolah baik secara lisan maupun tulisan untuk menghasilkan data tentang problematika proses pembelajaran.   Ditemukan, Problematika yang ditemukan berasal dari dalam diri siswa antara lain malas dalam belajar dan  karena faktor keluarga.   Kesimpulan: Dari hasil penelitian dapat di peroleh bahwa dapat diketahui bahwa problematika dari dalam diri siswa maupun dari luar dalam.
PENGARUH INTENSITAS MENONTON TELEVISI TENTANG PEMBERITAAN COVID-19 TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MASYARAKAT KOTA MANADO Marssel Michael Sengkey; Brianto Meixon Aruro; Melkian Naharia; Viktory Nicodemus Joufree Rotty; Jeffry Sonny Lengkong; Harold Refli Lumapow
JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jupe.v7i2.3460

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh intensitas menonton  TV Tentang Covid-19 Terhadap Kecemasan Masyarakat Kota Manado khususnya di Kelurahan Kairagi 2 Lingkungan 7. Penelitian menggunakan metode kuantitatif regresi linear sederhana dengan responden masayarakat kelurahan kairagi dua lingkungan 7 sebanyak 105 orang dari total populasi sebesar 521 orang. Pengumpulan data diambil menggunakan kuesioner. Alat analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan aplikasi IBM Statistik versi 25. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif antara intensitas menonton televisi tentang pemberitaan Covid-19 terhadap tingkat kecemasan masyarakat, dimana semakin tinggi intensitas menonton televisi maka semakin tingkat kecemasan masyarakat. Didapatkan nilai R = 0,532 dan nilai siginifikansi = 0,000. Untuk nilai koefisien Determinasi R dari hasil regresi adalah sebesar 0.283 atau 28,3%, hal ini berarti Intensitas Menonton TV berpengaruh terhadap kecemasan masyarakat sebesar 28,3% sedangkan 71,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini
Manajemen Pembelajaran Di SMA Swasta Budisatrya Medan Inom Nasution; Dinda Syafira; Sri Nur Jamilah Simanjuntak; Apta Hafiz Sampurno; Muhammad Rizki Ramadhani
JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jupe.v7i2.3311

Abstract

This study aims to determine the management of learning in the private SMA Budi Satrya Medan, in the management of student learning at the SMA Budisatrya Medan. The method used in this study is a qualitative method with data collection methods using interviews, observation and documentation. From the data we obtained from the Practice of Introduction to Educational Fields (PPL) II at the Budisatrya Private High School Medan, it is known that learning management starts from the planning and implementation process in improving the quality of education and the role of the Principal is carried out as well as possible in order to achieve learning objectives in accordance with the vision and Budisatrya Private High School mission. So it can be concluded that the efforts of the Budisatrya Medan Private High School Learning Management are inseparable from the efforts made by all components of human resources in the school.
Analisis Kondisi Fisik Dominan Pemain Futsal Fims Academy Undikma P. Muhammad Yusuf; Fadli Zainuddin
JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jupe.v7i2.3560

Abstract

Futsal merupakan permainan yang membutuhkan kondisi fisik yang baik. Kondisi fisik yang baik dibutuhkan dalam memadukan keterampilan teknik, taktik, mental pemain di dalam lapangan permainan. Dengan melihat kondisi fisik merupakan komponen yang dominan dalam permainan futsal, maka dibutuhkan latihan secara khusus untuk meningkatkan kondisi fisik pemain tim Futsal FIMS Academy akan menjalani beberapa turnamen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui secara rinci tingkat kondisi fisik para pemain futsal FIMS Academy. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui tingkat kondisi fisik pemain futsal FIMS Academy. Hasil penelitian tersebut meliputi pengukuran daya tahan vo2 max dengan menggunakan MFT (multy fitnes test) dengan hasil tertinggi 48,4 ml/kg/menit. Berdasarkan kategori norma hasil tersbut masuk kategori baik sekali. Sedangkan untuk hasil terendah 24,5 ml/kg/menit masuk kategori kurang sekali. Pada kecepatan menggunakan tes lari 50 M dengan hasil tercepat 3,66 second. Berdasarkan kategori norma hasil tersebut masuk kategori baik sekali. Sedangkan untuk hasil terendah 5,43 second masuk kategori kurang sekali. Untuk tes kelincahan menggunakan tes shuttle run dengan hasil terbaik 12.14 second. Berdasarkan kategori norma hasil tersebut masuk kategori baik sekali. Sedangkan hasil terendah 16,20 second masuk kategori kurang sekali. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melihat sejauh mana tingkat kondisi fisik para pemain futsal FIMS Academy UNDIKMA, hasil kondisi fisik dominan para pemain futsal terdiri dari daya tahan (endurance) berada pada level baik karena lebih dari 50% pemain berada di leve baik dan baik sekali. Untuk kecepatan para pemain berada di level baik karena 70% pemain berada ketegori sedang dan baik sekali. Sedangkan kelicahan para pemain berada kategori sedang karena 50% pemain kategori kurang dan sedang, 50% kategori baik dan baik sekali.
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Sosiologi Dengan Metode Everyone Is Teacher Here di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Dompu Tahun Pelajaran 2020/2021 Siti Fatmawati
JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jupe.v7i2.3504

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan motivasi belajar di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Dompu Tahun Pelajaran 2020/2021 dan juga untuk mengetahui cara kerja metode Everyone Is Teacher Here sebagai motivasi untuk meningkatkan proses belajar siswa terhadap mata pelajaran Sosiologi. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan beberapa metode pengumpulan data, diantaranya adalah 1) Metode dokumentasi, dilakukan dengan cara meneliti terhadap buku-buku, catatan, arsip-arsip tentang suatu masalah yang berhubungan dengan hal-hal yang diteliti. 2) Metode Observasi, dilakukan dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap obyek yang diteliti. 3) Tes, tes akan diberikan pada pertemuan pertama tindakan (pretes) dan pada waktu pertemuan terakhir (post tes), tes bertujuan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa tentang materi yang berkaitan tentang silabus dan RPP. 4) Daftar Check, untuk mengetahui kerja kelompok dan partisipasi siswa maka guru menggunakan check list yang memuat informasi tentang aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajarnya tersebut. Kemudian metode pengumpulan data diterapkan pada tiga siklus yang bisa dilihat dari keaktifan dan antusias siswa selama proses pembelajaran. Adapun rata-rata siswa pada siklus I nilai rata-ratanya mencapai 51,5 , pada siklus II nilai rata-ratanya lebih meningkat menjadi 74 dan pada siklus III nilai rta-rata kelasnya tersebut semakin meningkat menjadi 107,4. Sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa penerapan metode belajar Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan motivasi belajar terutama terhadap mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Dompu.
Probing CAKE-Learn English Application toward Students’ Motivation in Learning English Vocabulary at SMPN 2 Kediri Tawali Tawali; Kamarudin Kamarudin
JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jupe.v7i2.3445

Abstract

The purpose of this study was to determine whether the CAKE-Learn English Application increases students' motivation to learn English vocabulary. This study was conducted as part of the Classroom Action Research project (CAR). The information was gathered quantitatively as well as qualitatively. The researcher's instrument included a multiple choice post-test and a questionnaire non-test. The results demonstrated that the CAKE-Learn English Application could help students improve their vocabulary. The results of the first cycle show an improvement, with 16 out of 31 students, or 51.62 percent, experiencing an increase in vocabulary. The results of Cycle II revealed those 26 out of 31 students, or 83.87 percent, improved their vocabulary, and the questionnaire revealed that 87.09 percent of students increased their motivation to learn English vocabulary. As a result, the CAKE-Learn English Application was able to increase students' motivation to learn English vocabulary. Students can collaborate in groups and assist one another through the use of this media.
CELIE’S ENDEAVORS AS THE LIBERAL FEMINISM SYMBOL IN ALICE WALKER’S THE COLOR PURPLE laksmi diana
JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jupe.v7i2.3628

Abstract

Abstract Liberal Feminism has been one of highly discussed theme in literature works, especially novels. One the novels was Alice Walker’s The Color Purple. This article discusses the main character’s struggles to get free from abuse and oppression she experienced as a wife and a stepdaughter. Her reconciliation with her abusive husband in the end of the story was believed as a symbol of the success of liberal feminism movement.
Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient Geo Wahyuni; Abdul Mujib; Cut Latifah Zahari
JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jupe.v7i2.3335

Abstract

Peneletian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  kemampuan siswa dalam Berpikir Visual ditinjau dari Adversity Quotient, sehingga diperlukan penelitian lanjutan untuk melihat proses berpikir visual siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif  Deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas X yang terdiri dari Quitter, Camper, dan Climber. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan tes, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa pada level Quitter belum menunjukkan semua tahapan berpikir visual. Untuk level Camper dan Climber  sudah mulai menunjukkan tahapan berpikir visual, akan tetapi pada kedua level masih mengalami keterhambatan dalam tahapan Imaging dan Showing & Telling. Dari hasil penelitian ini diperlukannya peningkatan dalam kemampuan berpikir visual dan Adversity Quotient dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Geogebra.

Page 1 of 4 | Total Record : 40