cover
Contact Name
RIZKI ANANDA
Contact Email
edukasi2019@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
edukasi2019@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 26568063     EISSN : 26568071     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan dan penelitian-penelitian lainnya di bidang praktis pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 28 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137" : 28 Documents clear
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN Ismail Jabar
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1162.966 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v1i3.22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 5 Bangko Pusako tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Bangko Pusako yang beralamat di Jalan Karya Bersama Kecamatan Bangko Pusako Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2017 sampai dengan Mei 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 5 Bangko Pusako berjumlah 30 siswa. Dari populasi sebanyak 30 siswa, jumlah sampel yang diperlukan 0,59 x 10 = 5,9.  Karena perhitungan menghasilkan pecahan (terdapat koma), maka dibulatkan sehingga jumlah sampelnya lebih dari 5,9 yaitu 6. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: dokumentasi, kuisoner observasi, dan wawancara Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapat hubungan  tingkat pendidikan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Bangko Pusako Tahun Ajaran 2017/2018, digolongkan “tidak baik” karena jumlah nilai terbesar berada dikateori TS yaitu 31,74% berada antara 0%-40%.
PENGEMBANGAN MODUL ENGLISH IN ANALYZER DALAM PENIGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA ANALIS KESEHATAN Nova Mustika; Anggun Shophia
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.744 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v1i3.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul English in Analyzer dalam peningkatan kemampuan berbahasa Inggris bagi mahasiswa analis kesehatan yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), yaitu penelitian yang menghasilkan produk tertentu. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4 D yaitu Define, design, develop, disseminate. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang terdiri dari lembar validitas tes hasil belajar bahasa Inggris. Modul English in Analyzer ini divalidasi oleh 3 orang validator terdiri dari 1 orang Dosen bergelar Doktor Bahasa Inggris, 1 Orang dosen Bahasa Inggris STIKes Perintis Padang, dan 1 orang Dosen Analis Kesehatan STIKes Perintis. Hasil analisis lembaran validitas, menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) adalah 0,79,. Skor ini jika diinterpretasikan pada kategori momen kappa maka kategori validitas Tinggi. Modul yang berhasil dikembangkan valid digunakan untuk pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa Analis Kesehatan. 
Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment And Satisfaction (ARIAS) Terhadap Hasil Belajar TIK (Case study of class X SMK Negeri 9 Padang) Popi Radyuli; Lisa Aprila Aska
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.819 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v1i3.24

Abstract

AbstractThis study aims to determine the effect of assurance, relevance, interest, assessment and satisfaction (ARIAS) learning models on ICT learning outcomes in class X SMA Negeri 4 Padang even semester of the 2018/2019 academic year. The research method used was a quasi-experimental, sampling technique using purposive sampling. The sample in this study were students of class X MIPA 5 as an experimental class and class X MIPA 1 as a control class with the number of students in each class 32. The experimental class was treated with the application of assurance, relevance, interest, assessment and satisfaction (ARIAS) learning models and control class given conventional learning treatment. The research instrument used was a multiple choice test.The results of the study, obtained an average value of the experimental class was 83.37 and the average value of the control class was 78.75. From the test results at the significance level α 0.05 (at 5% level), the value of tcount = 2.980 and ttable = 1.669 so that it was obtained tcount> ttable (2.980> 1.669). Thus H0 is rejected and H1 is accepted, which means that the application of the Assurance, relevance, interest, assessment and satisfaction (ARIAS) learning model has a positive effect on the learning outcomes of class X ICT in SMA Negeri 4 Padang even semester of the 2018/2019 school year.
KONTRIBUSI DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN DAYA LEDAK OTOT LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN TOLAK PELURU TEKNIK O’BREIN Ali Mardius; Yuni Astuti; Kibadra Kibadra
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.082 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v1i3.27

Abstract

The study aims to determine the contribustion of explosive power arm and leg muscles personal or groups with the ability the O’brein technique ini shot put.The research was a guantitative method using corelational research design. The population was athlete track and field UKO University Bung Hatta as much as 40 athlete. Was taken by purposive random sampling as much as 30 athlete. The instrument standing broad jump was used to measure leg muscles explosive power. The instrument medicine ball put tes was used to measure arm muscles explosive power and skil of the technique o’brain was used to measure shot put.The result empirically showed that: 1) the contribution of leg muscle explosive power of the shot put capability was 14,36% 2) the contribution of the explosive power of the arm muscles shot put athlete track and field ability was 19,18%. 3)  the contribution of leg and arm muscle explosive power joinly to word o’brain technique short put was 25,70%.
PENGARUH LEMBAR KERJA PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SEKOLAH DASAR Mera Putri Dewi; Firman Firman
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v1i3.41

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh lembar kerja praktikum terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SD, metode peneltian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD 20 Indarung, dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor keterampilan proses sains siswa pada tes akhir materi energi dan cahaya, dari hasil yang diperoleh didapatkan informasi bahwa lembar kerja praktikum berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SD. Pada tes akhir diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 74,31 lebih besar dari kelas kontrol. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen dan hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa thitung > ttabel, Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan lembar kerja praktikum berpengaruh terhadap keterampilan proses siswa kelas IV SD.
PENGUJIAN VALIDITAS MODUL INTERAKTIF SIMULASI DAN KOMUNUKASI DIGITAL BERBASIS MACROMEDIA DIRECTOR MX Rina Sepriana; Rini Sefriani; Indra Wijaya; Pipit Lestari
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.238 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v1i3.25

Abstract

This study aims to determine the level of product validity testing in the form of Interactive Multimedia Learning Media Based on Macromedia Director MX for Class X in SMK-SMAK Padang. This research uses research and development research and development (R&D) methods. Validation is carried out by validators, media experts, material experts and multimedia experts. Evaluation from validator for Learning Media Interactive Multimedia Module Based on Macromedia Director MX in terms of aspects (1) Content worthiness is obtained by an average of 90.4%; (2) the linguistic component is obtained an average of 91.00%; (3) Presentation Components obtained an average of 89.5%; (4) The components of the graphics are 90.3% on average. . Overall validator test assessment of Interactive Multimedia Module Learning Media Based on Macromedia Director MX obtained an overall average of 90.35%, so that the level of validity can be interpreted very validly used so that Learning Media Interactive Multimedia Module Based on Macromedia Director MX for Class X in Padang Vocational High School is interpreted to be very valid in use. Based on the assessment along with expert input and the results of the field testing of learning media Interactive Multimedia Module Based on Macromedia Director MX, it can be concluded that the feasibility has been tested.
Manfaat Seni Musik Dalam Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar Dwi wulan Suci
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v1i3.45

Abstract

Musik adalah karya seni yang menggambarkan ide, pikiran dan perasaan manusia melalui keindahan dan irama dan nada-nada yang teratur. Musik memiliki manfaat dalam perkembangan belajar siswa sekolah dasar. Diantaranya terhadap hasil belajar, emosional, intelejensi, daya ingat dan konsentrasi. Peserta didik yang dari kecil terbiasa mendengarkan musik terbukti kecerdasan emosionalnya akan lebih berkembang. Anak dan musik memiliki keterkaitan yang kuat, musik bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak dan perkembangan belajar anak. Anak usia tiga sampai 6 tahun mengembangkan kecerdasan emosinya dengan mendengarkan lagu, karena masa itu merupakan masa yang paling baik pada perkembangan pendengarannya. Oleh sebab itu penulis tertarik mengkaji manfaat musik pada perkembangan belajar peserta didik sekolah dasar.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Surani Oktavia; Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi; Lusi Marleni
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.138 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v1i3.26

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada tema 9 sub tema 3 pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri yaitu SD 016 Tanah Merah Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk masalah ini untuk implementasi model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatnya minat belajar siswa pada tema 9 sub tema 3 pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 016 Tanah Merah Kabupaten Kampar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan hingga Februari hingga Mei 2019. Untuk subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas empat 016 Tanah Merah Kabupaten Kampar tahun 2018-2019 jumlah siswa sekolah 23 orang, terdiri dari 10 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada kemampuan pre-action minat siswa dalam belajar tema 9 sub tema 3 pada siswa kelas 4 SD Negeri 016 Tanah Merah masih mencapai persentase 59% atau diklasifikasikan sebagai kurang minat. Pada siklus pertama, meningkat menjadi 75% atau tergolong cukup tertarik. Pada siklus kedua, kemampuan minat siswa dalam mempelajari tema 9 sub tema 3 pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 016 Tanah Merah dikategorikan sangat menarik dengan persentase 91,43%.
Gaya dan Strategi Belajar Bahasa Yayuk Cicilia; Nursalim Nursalim
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.154 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v1i3.30

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teks, buku-buku dan naskah publikasi mengenai gaya dan strategi belajar bahasa. Di dunia pendidikan, istilah gaya belajar mengacu khusus untuk penglihatan, pendengaran, dan kinestetik. Gaya belajar visual menyangkut penglihatan dan bayangan mental. Gaya belajar pendengaran menunjuk pada pendengaran dan pembicaraan. Gaya belajar kinestetik menunjuk pada gerakan (Emirina, 2009). Hakikatnya strategi pembelajaran bahasa dapat diuraikan mengacu pada keterampilan berbahasa yang dicapai. Oleh karena itu, berbagai strategi berikut dijelaskan dengan mempertimbangkan empat keterampilan berbahasa yakni mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis. Karena kompetensi bahasa adalah keterampilan yang harus dikuasai oleh sesorang, hal ini menjadi dasar yang dikuasai dalam kehidupan bermasyarakat
PENGARUH BAHAN AJAR TEMATIK TERPADU TERHADAP IDENTITAS BANGSA SISWA SEKOLAH DASAR Fatma Khaulani; Firman Firman
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.25 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v1i3.34

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh  penggunaan bahan ajar tematik terpadu terhadap peningkatan identitas bangsa siswa kelas V SD melalui tes hasil belajar, metode peneltian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD 20 Indarung Kota Padang, dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar siswa pada tes akhir pada sub tema Indonesiaku, Bangsa Berbudaya, dari hasil yang diperoleh didapatkan informasi bahwa penggunaan  bahan ajar tematik terpadu berpengaruh terhadap peningkatan identitas bangsa siswa kelas V SD. Pada tes akhir diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,182 dan kelas kontrol sebesar 67,727. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen dan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung 2,434 dan ttabel 2,020  ini artinya thitung > ttabel, Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar tematik terpadu berpengaruh terhadap identitas bangsa h siswa kelas V SD.

Page 1 of 3 | Total Record : 28