cover
Contact Name
Kaliandra Saputra Pulungan
Contact Email
kaliandrasaputra5@gmail.com
Phone
+6285295445764
Journal Mail Official
kaliandrasaputra5@gmail.com
Editorial Address
https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
HIKMAH : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ISSN : 20858663     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Hikmah : Jurnal Pendidikan agama islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan penelitian tentang pendidikan untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ummat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2018)" : 7 Documents clear
HABITUASI PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM WALI ASUH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN Masyitoh -
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v7i2.110

Abstract

This paper presents the habituation of students through the guardian program for enhancing santri character in pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Caregivers have an important role in nurturing and giving guidance and directing to have superior, by instilling a habit of good character towards santri consistently and continuously. This study uses a qualitative approach type case study. The results showed that; habituation of santri through foster care programs is carried out through; 1) Enforcement through the activation of the disciplinary character of the santri with no violence, 2) indoctrinization of values expressly and continuously, 3) mauidhoh hasanah which is done continuously, 4) modeling / uswatun hasanah, 5) personal approach to strengthen the soul and physical santri, and 6) assistance through intensive supervision in santri activities. The character built from habituation is, the trilogy of santri, which includes; pay attention to the obligations of fardu ain, introspective by leaving great sins, be virtuous to Allah and the Creator, and the five consciousnesses of the santri, namely; religious awareness, knowledge, organization, community and nation and state.
IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN (Studi Kasus di MAN Insan Cendekia Jambi) Istikomah Istikomah
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v7i2.98

Abstract

Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber-sumber lainya secara efektif dan efesien untuk mencapai tujuan tertentu. Melalui fungsi manajemen dalam pendidikan yang meliputi: Planning, Organizing, Leading, Actuating Dan Controling. Kelima fungsi manajemen tersebut dalam manajemen modern tidak berjalan linear, namun spiral. Hal ini memungkinkan organisasi akan bergerak terus menerus dan tidak berhenti pada satu tahap. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa siklus manajemen yang dilakukan oleh suatu organisasi adalah merencanakan, mengorganisasi staf dan sumber daya yang ada, melaksanakan program kerja, dan mengendalikan (pengawasan) jalannya pekerjaan. Di dalam tahapan pengendalian dilakukan evaluasi untuk memperoleh umpan balik (feed back) untuk dasar perencanaan selanjutnya,  atau untuk perencanaan kembali (replanning). Demikian seterusnya sehingga kegiatan fungsi-fungsi manajemen tersebut merupakan suatu siklus spiral. Pelaksanaan fungsi manajemen di MAN Cendekia jambi sudah berjalan dengan baik, mengingat bahwa sekolah ini merupakan satu dari beberapa sekolah serupa di provinsi lain di Indonesia. Sistem peraturan global yang diterapkan secara nasional di sekolah MAN Insan Cendekia memungkinkan sekolah ini untuk mampu bersaing secara sehat dengan sekolah lain di sekitarnya.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI REMAJA DI KELURAHAN TENGAH PADANG KOTA BENGKULU Qolbi Khoiri
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v7i2.111

Abstract

The pattern of implementation Islamic Religious Education for Children in the Middle Village Bengkulu city of Padang is in the form of religious education teaching and guiding the implementation of religious orders, supervise the child's behavior and reprimand them when doing that are not good. In addition, the family attempt provide all the needs of the children like to send them to a religious school and meet the needs of the child. Significantly shows that Islamic religious education in the family was instrumental in shaping the behavior of children, but not fully be seen in reality. The result of this discussion also shows that there are still many parents who do not understand the urgency of religious education in the family, because the majority of the parents surrender completely moral education of children in educational institutions.
PERKEMBANGAN JIWA KEAGAMAAN PADA ANAK DAN REMAJA Sukatin -
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v7i2.96

Abstract

Development of religious spirit in children and adolescents, which according to Zakiyah Darajat that the spirit of religion in children and adolescents develops along with their physical and psychological development. While in the context of educating children and adolescents, parents and educators must understand and know the development of religion well in children and adolescents. Development can be interpreted as “progressive and continuous changes in individuals from birth to death”. Stage of religious development in children through three stages, namely; (1) The Fairly Tale Stage; (2) The Realistic Stage; (3) The Individual Stage. The factors that influence it are: (1) Family education;(2) Educational institutions;(3) Community education. The development of the soul of religion in adolescence is strongly influenced by the development of their psychological aspects, social considerations, development of feelings, development of morals, attitudes and interests are also influenced by other factors such as; internal factors (heredity, age, psychiatric disorders, and personality) and external (family, institutional, and community).
PENILAIAN BERBASIS KELAS BERORIENTASI HOTS BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM PADA PEMBELAJARAN PAI Hasan Baharun; Kholifatus Sa’diyah
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v7i2.89

Abstract

This paper presents a conception of class-based assessments oriented to the Higher Order Thinking Skill, based on the taxonomy of bloom to streamline the learning of Islamic Education. Class-based assessment is an activity carried out to obtain and streamline data on student learning outcomes at the classroom level, during teaching and learning activities. class-based assessments oriented to the Higher Order Thinking Skill in learning Islamic Education, is not an instant assessment and without any follow-up improvements. HOTS-oriented assessment is a continuous assessment to get feedback on subsequent learning. Through the HOTS-oriented assessment, students will be able to think creatively, critically, innovatively, argue, solve problems, and have expertise in making decisions, especially on material about Islamic Education. After the teacher performs class-based assessments oriented to the Higher Order Thinking Skills, based on the taxonomy of bloom, the teacher needs to make improvements in a directed and sustainable manner. The results of the assessment obtained, serve as reference material or reference for improvement in learning Islamic Education so on.
PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN (Studi Kritis terhadap Surat al-Hujarat ayat 11- 13 dalam Kitab Tafsir al-Misbah Karangan Muhammad Quraish Shihab) Sofrianisda -
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v7i2.105

Abstract

Al-Qur’an sebagai sumber ajaran umat Islam, di dalamnya berisi petunjuk menuju ke arah kehidupan yang lebih baik, tinggal bagaimana manusia memanfaatkannya. Menanggalkan nilai-nilai yang ada di dalamnya berarti menanti datangnya masa kehancuran. Sebaliknya kembali kepada al-Qur’an berarti mendambakan ketenangan lahir dan batin, karena ajaran yang terdapat dalam al-Qur’an berisi kedamaian. Setiap ayat Al-Qur’an merupakan petunjuk bagi manusia dalam kajian lebih lanjut dapat di kelompokkan menjadi ayat-ayat yang membahas hal-hal yang berkaitan tentang akidah, ibadah atau syari’ah dan akhlak. Pada penelitian ini penulis bermaksud mengkaji dan mendalami bagaimana QS. al-Hujurat ayat 11-13 menjelaskan nilai pendidikan akhlak. Di dalamnya berisi tentang larangan saling mengolok-olok kaum orang lain, menggunjing, memanggil orang lain dengan panggilan buruk, berprasangka buruk, mencari-cari kesalahan orang, dan memakan daging saudaranya  yang  telah  mati.  Dalam  penelitian  ini,  masalah  yang dikaji adalah nilai-nilai pendidikan apa saja yang terkandung di dalam surat Al-Hujurat ayat 11-13.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII ANTARA MENGGUNAKAN STRATEGI SNOWBALLING DENGAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA MATERI ZAKAT DI SMP NEGERI 1 BANGUN PURBA KABUPATEN ROKAN HULU Bashori Bashori
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v7i2.107

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII pada materi zakat di SMP Negeri 1 Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu padahal guru telah menerapkan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer. Berdasarkan hasil temuan ini, maka penulis mengadakan penelitian eksperimen dengan desain True Experimental Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 52 orang, dimana kelas VIII B sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang diambil dengan cara non random sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Sementara teknik analisis data penelitian menggunakan dua tahapan, yaitu uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), dan uji hipotesis (uji t atau Independent Sampels T Test). Untuk memudahkan proses analisis data tersebut di atas, penulis menggunakan program SPSS 19 for window. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pretest siswa kelas eksperimen sebesar 68,96 dan kelas kontrol sebesar 72,23. Setelah diterapkan strategi Snowballing, rata-rata hasil belajar posttest siswa kelas eksperimen sebesari 78,58, sedangkan rata-rata hasil belajar posttest siswa kelas kontrol sebesar 75,23. Dari uji hipotesis menggunakan Independent Sampels T Test (t-test for Equality of Means) dengan bantuan SPSS 19 for window diperoleh harga sig (2-tailed) sebesar 0,001 jauh lebih kecil dari 0,05 (0,001<0,05). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII antara yang diajar dengan strategi Snowballing dan Giving Question and Getting Answer di SMP Negeri 1 Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7