cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
ISSN : 23555467     EISSN : 23555475     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan" : 11 Documents clear
Prestasi Belajar Ips Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal Dan Minat Belajar Siswa Maman Achdiyat
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.898 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v4i2.1090

Abstract

Abstract: Research aims to determine the effect of Interpersonal intelligence and Interest in Learning together Learning Achievement Against Social Sciences in Junior High School in South Jakarta. If there is a positive and significant influence how strong the influence of interpersonal intelligence and interest in learning the achievements of Social Sciences. The research method is a survey with correlation and regression analysis techniques to determine the effect of each variable between, The sample is made the object of research is the students collected and analyzed. Descriptive statistics and data analysis requirements test before hypothesis test. From the results of data analysis and hypothesis testing research concluded that: (1). There is a significant influence interpersonal intelligence and interest in learning students' learning achievements of students of Social Sciences Junior High School in South Jakarta. This is evidenced by the obtained sig 0.001 <0.05 and F count = 7.960. (2) There is a significant effect on learning achievement interpersonal intelligence Social Sciences Junior High School students in South Jakarta. This is evidenced by sig 0.009 <0.05 and t = 2.686. (3). There is a significant influence student interest towards learning achievement of students of Social Sciences Junior High School in South Jakarta. This is evidenced by sig 0.007 <0.05 and t = 2.754. Keywords: Interpersonal intelligence, Interest in Learning, Learning Achievement, Social Sciences
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DANMOTiVASI MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU nurdin nurdin; siti jubei
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.412 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v4i2.1093

Abstract

Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan  kepala sekolah  dan motivasi mengajar terhadap kinerja guru . Metode Penelitian merupakan penelitian survey. Subjek penelitian  ini adalah160 siswa  diambil secara acak di SMA Negeri 5 Tambun-Bekasi pada tahun ajaran 2016/2017. Data dikumpulkan dengan instrumen angket menggunakan skala likert. Keabsahan data diperoleh dengan uji validitas dan reliabilitas, semua data memiliki distribusi normal.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memberi pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Begitu juga motivasi mengajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Koefisien determinasi (R2) adalah kepemimmpinan kepala sekolah  dan  motivasi mengajar  mempunyai hubungan yang kuat terhadap kinerja guru.Kata Kunci : Kepala sekolah, Motivasi mengajar, Kinerja guru
Perspektif Baru Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Pendidikan Berkualitas Mulyati , Mulyati
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (51.162 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v4i2.1743

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan dan menelaah secara kritis dan mendalam tentang perspektif baru pengelolaan pendidikan berbasis sekolah dan aspek-aspek yang sangat inheren dengan manajemen dan pengeloaan sekolah. Pneelitian ini merupakan penelitian kualitatif, di mana data diperoleh melalui pengamtan dan penelusuran langsung ke objek kajian. Untuk menjamin kevaliditasan informasi atau data, peneliti melakukan member check dengan cara meminta rekan sejawat untuk membaca secara seksama tentang kesesuain data dengan situasi riil yang terjadi  dan berkembang di lapangan. Selanjutnya data atau informasi dianalisis dengan cara mengonfirmasikan dengan teori-teori mutahir untuk menjelaskan dan mengeritik sebelum pada akhirnya menarik simpulan. Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah perlu dilaksanakan sesuai dengan konsep yang benar-benar memerhatikan semua aspek yang mencakup penyusunan program kerja sekolah, pengelolaan, dan pemanfaatan dana dalam pembiayaan pendidikan, pemanfataan sarana prasarana dalam menunjang penyelenggaraan pendidikan, dan hubungan sekolah dan masyarakat dilakukan secara sinergis. Sistem manajemen yang melibatkan berbagai unsur baiktenaga pendidik maupun tenaga kependidikan menjadi sebuah keniscayaan untukmembangun sinergitas yang seimbang dalam rangka mempercepat (acceleration) ketercapaian tujuan  pendidikan, terutama berkaitan dengan visi dan misi sekolah khususnya maupun tujuan pendidikan secara umum agar mampu bersaing dengan pendidikan di negara-negara ASEAN maupun di negara-negara lain di masa mendatang. 
Persepsi Mahasiswa Pada Profesionalisme Dosen, Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Diferensial Virgana Virgana
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.554 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v4i2.1782

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik kausal, dimana data dianalisis dengan analisis jalur (path analysis). Selanjutnya dilakukan analisis pengaruh satu variabel terhadap variabel yang lain, variabel yang dikaji terdiri dari dua macam, yakni: variabel eksogen dan variabel endogen. Variabel eksogen memberikan pengaruh baik langsung maupun tak langsung terhadap variabel endogen. Sedangkan variabel endogen adalah variabel yang dapat mempengaruhi variabel endogen, dari sampel sebanyak 100 orang mahasiswa Unindra semester III tahun 2016/17.Berdasarkan analisis hasil penelitian, terdapat: 1) pengaruh langsung persepsi mahasiswa pada kompetensi dosen terhadap minat belajar ; 2) pengaruh langsung kompetensi dosen terhadap pemahaman konsep diferensial, 3) pengaruh langsung minat belajar terhadap pemahaman konsep diferensial, dan 4) pengaruh tidak langsung persepsi mahasiswa pada kompetensi dosen terhadap pemahaman konsep diferensial.
Peran serta Orangtua dalam Meningkatkan Hasil belajar Bahasa Inggris Siswa nur janah
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (27.997 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v4i2.1468

Abstract

Peran aktif orang tua dalam proses pembelajaran di rumah akan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar anak. Pencapaian hasil belajar ini tentu merupakan nilai yang sangat menentukan bagi prestasi anak di sekolah. Dengan sikap dan perilaku yang baik seorang anak dapat mempunyai kebanggaan bagi dirinya sendiri dan orang tua juga dapat merancang masa depan untuk mencapai cita-cita yang terbaik untuk anak.
PEMBELAJARAN TINDAK TUTUR MEMINTA MAAF PADA KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII Risa Mufliharsi
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (743.533 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v4i2.1699

Abstract

The purpose of this research is to increase students’ speaking skill in seventh grade by analyze speech act that common be found in apologizing and their meanings. It use descriptive qualitative method. The sample of this research is VII grade students in 159 Junior High School. The researcher used Triangulasi method for getting the data, they are: 1) design the lesson plan, 2) decide material, 3) apply at classroom, 4) analyze the data which related to theories, 5) conclude the results. The data which taken there are four dialogues of four group in role play that applied apologizing. The results are: 2  speech act to show other’s attention, 2 speech act of realizing that have done something that shouldn’t have done and regret it, 2 speech act of someone’s expression that he/she has done something wrong stronger,  1 speech act of asking forgiveness to upset others, 1 speech act of someone’s awareness in doing fault and want to take responsibility for something, 4 speech act of politeness in starting and closing conversation.  Keyword : English Speech Act, Speaking, Apologizing Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keteraampilan berbicara siswa dengan menganalisis tindak tutur yang umumnya ditemui di dalam ekspresi meminta maaf dan makna yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel yang diambil merupakan siswa kelas VII di SMP 159 Jakarta. Teknik pengambilan data yang digunakan menggunakan Trianggulasi data, dimulai dari : 1)Mendesain rencana pembelajaran, 2) menentukan materi pembelajaran, 3) menjalankan pembelajaran di kelas sesuai renvcana, 4) menganalisis data berdasarkan teori, 5) menyimpulkan hasil yang diperoleh. Data yang diambil terdiri dari 4 tugas transkrip dialog dari 4 kelompok yang bermain peran dalam mengekspresikan meminta maaf. Hasil yang diperoleh antara lain: 2 tindak tutur untuk meminta atensi orang lain, 2 tindak tutur dalam merealisasikan sudah melakukan sesuatu yang tidak boleh dilakukan dan menyesalinya, 2 tindak tutur ekspresi seseorang yang sudah melakukan kesalahan dengan lebih dalam, 1 tindak tutur yang menunjukkan permintaan untuk dimaafkan karena mengecewakan orang lain, 1 tindak tutur yang menunjukkan kesadaran seseorang melakukan kesalahan dan bertanggung jawab untuk melakukan sesuatu, 4 tindak tutur yang menunjukkan kesantunan embuka dan mengakhiri percakapan.  Kata Kunci : Tindak tutur Bahasa Inggris, Berbicara, Permintaan Maaf
PENINGKATAN HASIL BELAJAR ZAKAT FITRAH DAN MAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER Hj. Titim Titim
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.97 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v4i2.1741

Abstract

Tujuan penelitian adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi zakat fitrah dan mal melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.3 Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 37 siswa. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian diperoleh data hasil belajar siswa pada pra siklus 70,68 tingkat ketuntasan 54,05%, meningkat pada Siklus I menjadi 77,62 dengan tingkat ketuntasan 72,97%, dan meningkat kembali pada Siklus II menjadi 82,08 dengan tingkat ketuntasan 94,59%. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat memperbaiki dan meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi zakat fitrah dan mal di kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Setu.
pengaruh perhatian orang tua dan persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar bahasa indonesia rina marlia
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.712 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v4i2.1329

Abstract

pengaruh perhatian orang tua dan persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar bahasa indonesia
Peran pendidikan agama dan perhatian orangtua dalam mencegah penyalahgunaan narkoba masayu endang apriyanti
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.777 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v4i2.1220

Abstract

Pendidikan agama penting ditanamkan sejak dini pada setiap individu dan perhatian orangtua pun sangat mendukung dalam mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba.
PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKAN MELALUI PEMAHAMAN GAYA BELAJAR SISWA Anita Tri Rahayu; Imam Sibawaih
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.027 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v4i2.1579

Abstract

Abstract: his article explain the learning style of the students, and their preference related to their learning style in Joyfull English Learning. Most of the students are difficult in learning cause they do not know their learning style. Furthermore, it is found that most of the students like the teachers less comprehend the students’ learning style in learning so that students are difficult in learning. Then, they like teachers give correction and be angry if the students could not answer the teacher’s ask. This article will discuss how the students learn based on their learning style. 

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 2 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 3 (2022): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 2 (2022): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2022): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 3 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 2 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 1 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 3 (2020): Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 1 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 2 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 1 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 3 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 2 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 1 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 3 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 1 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3, No 3 (2016): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3, No 2 (2016): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3, No 1 (2016): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2, No 3 (2015): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2, No 2 (2015): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2, No 1 (2015): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1, No 3 (2014): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1, No 2 (2014): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1, No 1 (2014): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan More Issue