cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
ISSN : 23555467     EISSN : 23555475     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan" : 11 Documents clear
PEMBELAJARAN TEKNIK REKAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SENI MUSIK) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PERSONAL Hana Permata Heldisari
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (32.986 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v6i3.4414

Abstract

Seiring dengan berkembangnya arus globalisasi, pertumbuhan industri rekam semakin meningkat, dengan kata lain kebutuhan ahli dalam bidang teknik rekam juga semakin bertambah. Jika bangsa kita tidak siap menghadapi tantangan global dan tidak dapat memanfaatkan peluang, maka kita akan tenggelam di tengah arus globalisasi. Oleh karena itu diperlukan pembekalan yang optimal bagi bangsa kita, salah satunya melalui pendidikan vokasi yaitu sekolah menengah kejuruan bidang seni musik. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, seorang guru perlu menentukan sebuah model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran personal adalah salah satu yang bertitik tolak dari teori humanistik, yaitu berorientasi pada pengembangan individu dimana guru menciptakan kondisi kelas yang kondusif, agar peserta didik merasa bebas dalam belajar mengembangkan dirinya baik emosional maupun intelektual. Model ini sesuai dengan tujuan khusus pendidikan menengah kejuruan yaitu (1) menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif dan mandiri, (2) menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karir dalam berkompetensi dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahliannya, (3) membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni agar mampu mengembangkan diri secara mandiri (4) membekali peserta didik dengan kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih. Kata kunci: pendidikan vokasi, teknik rekam, model pembelajaran personal
TRIE MASA PENDIDIKAN INTELEKTUAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Analisis Al-Qur’an Surat Al-Ashr 1-3) Muhammad Faqihudin; Bakti Toni Endaryono; Tjipto Djuhartono
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.37 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v6i3.3404

Abstract

AbstrakJurnal ini bertujuan untuk mengetahui pentignya Trie masa pendidikan Intelektual menurut persektif islam khususnya dalam Al-Qur”an Surat Al-Ashr 1-3. Dengan metode studi pustaka dengan memperoleh data sekunder dari literatur serta kajian Empiris berdasarkan, observasi atau pengalaman lapangan penulis. Konteks keilmuan Islam terikat trie masa pendidikan. Filosofi bacalah mengandung makna; bacalah masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. Kontruksi keilmuan dibangun atas dasar konsep Tuhan, manusia dan alam semesta serta pemanfaatanya. Manusia seringkali keluar dari batasan yang telah menjadi peruntukannya sehingga menyebabkan pada kerugian dalam kehidupan. Waktu yang menjadi ruang kehidupan menjadi pijakan untuk memudahkan dalam memberi nalar agar manusia mampu mengambil manfaat akan peristiwa kehidupan manusia, sekaligus menjadi pembanding dan petunjuk agar manusia berjalan pada garis peruntukannya. Kehadiran Islam merupakan cahaya bagi manusia agar jalan intelektualnya lurus, benar dan realistis bagi perkembangan, sepanjang masa bagi perjalanan hidup. Kata kunci; Trie masa, pendidikan Intelektual, dan Perspektif islam  ABSTRACTThis journal aims to find out the importance of the Trie of Intellectual Education according to Islamic perspective, especially in the Qur'an, Surat Al-Ashr 1-3. With the literature study method by obtaining secondary data from the literature and Empirical studies based on the author's observations, or field experiences. The context of Islamic scholarship is tied to the trie of education. The philosophy read contains meaning; read the past, present and future. The construction of science is built on the concepts of God, man and the universe and their uses. Humans are often out of the boundaries that have become their designation, causing losses in life. Time which becomes the space of life becomes a stepping stone to make it easier to give reason so that humans are able to take advantage of the events of human life, as well as being a comparison and guide for humans to walk in their designation. The presence of Islam is a light for humans so that their intellectual paths are straight, true and realistic for development, all the time for life's journey.Keywords; Future period, Intellectual education, and Islamic perspective
ANALISIS KETERCAPAIAN IMPLEMENTASI STANDAR PENGELOLAAN DI SD ASHFIYA KOTA BANDUNG Elih - Rohayati
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1712.395 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v6i3.3519

Abstract

Elih Rohayati 1Chaerul Rochman2Dindin Jamaluddin 3Elihrohayati46@gmail.com chaerulrochman99@uinsgd.ac.iddin2jamaluddin@uinsgd.ac.idProgram Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati BandungJl. A. H Nasution 105 Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHAN SOSIAL drnurdin drnurdin; Munzir Munzir
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.078 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v6i3.5266

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh lingkungan belajar dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar. Metode Penelitian merupakan penelitian survey. Subjek penelitian  ini sebanyak 80 siswa yang diambil secara acak di SMA Negeri 3 Tambun  selatan Bekasi. Data dikumpulkan dengan instrumen angket menggunakan skla likert. Keabsahan data diperoleh dengan uji validitas dan reliabilitas, semua data memiliki distribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap  prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Begitu juga kesiapan belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Koefisien determinasi (R)2 adalah lingkungan belajar dan kesiapan belajar mempunyai hubungan yangkuat terhadap prestasi belajar  ilmu pengetahuan sosial.
ANALISIS KINERJA KEPALA SEKOLAH DITINJAU DARI HUBUNGAN INTEGRITAS Nani Mulyani; Achmad Sjamsuri
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.297 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v6i3.4679

Abstract

Abstrak: Kinerja kepala sekolah memegang peranan penting terhadap efektivitas manajemen sekolah semakin tinggi kinerja kepala sekolah, semakin besar peluang sekolah yang di pimpinnya mencapai tujuan yang di tetapkan. Sayang data penelitian awal menunjukkan masih ada penomena permasalahan pada kinerja kepala sekolah. Karenanya perlu dilakukan penelitian untuk menemukan cara – cara meningkatkan kinerja kepala sekolah. Hasil tahap kualitatif menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel bebas dengan kerja kepala sekolah hubungan antara integritas dengan kerja kepala sekolah (rye=0,739;P<0,05) Keywords:kerja kepala sekolah, integritas 
LITERASI MANUSIA UNTUK MENYIAPKAN MAHASISWA YANG KOMPETITIF DI ERA INDUSTRI 4,0 Vella Anggresta
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.699 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v6i3.4459

Abstract

Era Industri 4.0 menuntut sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan siap menghadapi kemajuan teknologi dan persaingan dunia kerja. Dalam menciptakan SDM yang kompetitif dan adaptif tersebut, diperlukan penguatan kepribadian dan karakter melalui kemampuan literasi manusia. Makalah ini fokus untuk mendeskripsikan dan menjabarkan penguatan literasi manusia pada mahasiswa dengan metode studi pustaka. Hasil kajian ini akan memberikan perspektif baru bagi intitusi perguruan tinggi dalam menjawab tantangan era industry 4.0, dan diharapkan akan tercipta SDM yang berkarakteristik kepemimpinan (leadership), bekerjasama (team work), kelincahan dan kematangan budaya (cultural agility), dan kewirausaan (entrepreneurship).
LITERASI MANUSIA UNTUK MENYIAPKAN MAHASISWA YANG KOMPETITIF DI ERA INDUSTRI 4,0 Vella Anggresta
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.699 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v6i3.3540

Abstract

Era Industri 4.0 menuntut sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan siap menghadapi kemajuan teknologi dan persaingan dunia kerja. Dalam menciptakan SDM yang kompetitif dan adaptif tersebut, diperlukan penguatan kepribadian dan karakter melalui kemampuan literasi manusia. Makalah ini fokus untuk mendeskripsikan dan menjabarkan penguatan literasi manusia pada mahasiswa dengan metode studi pustaka. Hasil kajian ini akan memberikan perspektif baru bagi intitusi perguruan tinggi dalam menjawab tantangan era industry 4.0, dan diharapkan akan tercipta SDM yang berkarakteristik kepemimpinan (leadership), bekerjasama (team work), kelincahan dan kematangan budaya (cultural agility), dan kewirausaan (entrepreneurship).
PENGEMBANGAN TRAINNER TRAFFIC LIGHT MENGGUNAKAN ARDUINO UNO PADA MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO UNIVERISTAS PGRI MADIUN irna tri yuniahastuti; Yussi Anggraini
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.83 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v6i3.4364

Abstract

Perkembangan teknologi serta meningkatnya kebutuhan setiap manusia menjadi hal yang paling ramai diperbincangkan salah satunya di bidang transportasi. Kendaraan yang melintas di jalan raya diatur oleh traffic light di setiap perempatan/ pertigaan agar tidak terjadi kecelakaan dan menghindari penumpukan kendaraan. Oleh sebab itu, penelitian ini mengangkat topik pengembangan traffic light menggunakan Arduino Uno pada Mahasiswa Teknik Elektro UNIPMA dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan trainer traffic light menggunakan Arduino Uno sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Algoritma Pemrograman.Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) akan tetapi pada penelitian ini hanya sampai tahap 7 yaitu revisi prodik dan hasil akhir berupa analisis pelaporan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Elektro UNIPMA (Universitas PGRI Madiun) berjumlah 12 orang, objek penelitian ini adalah media traffic light menggunakan Arduino Uno. Lokasi penelitian dilaksanakan di Laboratorium Komputer kampus UNIPMA. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan angket tertutup yang berisi 4 pilihan  jawaban untuk validator/ ahli dan mahasiswa. Media ini divalidasi oleh 2 orang ahli di Bidang media dan di bidang Elektronika.Berdasarkan unjuk kerja dari trainer, didapatkan hasil bahwa alat berfungsi dan bekerja dengan baik. Hasil kelayakan media sebesar 85,8% ditinjau dari 3 aspek dengan kategori sangat layak. Uji pemakaian berdasarkan angket mendapatkan 77,6% dengan kategori baik.
EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA PADA SMK PGRI 16 JAKARTA Irwan Siagian; Maman Paturahman; Chadis Chadis
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v6i3.4255

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) evaluasi program, (2) praktik kerja industri, dan (3) akuntansi keuangan lembaga di SMK PGRI 16 Jakarta. Hasil penelitian yaitu: (1) proses perumusan program praktek kerja industri tetap mengacu pada pesan kurikulum dan pengembangannya agar berkoordinasi dengan pihak institusi pasangan. Hal tersebut agar terdapat sinkronisasi dan relevansi antarprogram yang dirumuskan oleh sekolah dengan pihak institusi pasangan. (2) Pihak sekolah kiranya dapat mengevaluasi kembali tentang kondisi siswa sebagai peserta dilihat dari kompetensi, performa, dan mentalitasnya melengkapi berbagai fasilitas yang diperlukan, sehingga mereka lebih siap saat melakukan praktek kerja industri di lapangan. (3) Pihak dunia usaha dan dunia industri agar tetap memberikan pelayanan secara optimal bagi seluruh peserta prakerin dengan menyertakan karyawan setempat menjadi tutor bagi para siswa di lapangan. Proses bimbingan yang dilakukan oleh para pegawai setempat senantiasa harus mempelajari dan mengacu pula pada buku pedoman yang dimiliki oleh para siswa sebagai kepanjangan tangan dari pihak sekolah/ pemerintah. (4) Pelaksanaan praktek kerja industri harus tetap dilaksanakan sebagai wujud dari pelaksanaan sistem ganda antara sekolah dengan institusi pasangan. Hal ini penting karena SMK sebagai sekolah kerja (vocational school) pada dasarnya sangat berorientasi pada mempersiapkan para siswa sebagai tenaga menengah yang siap bekerja di dunia usaha dan dunia industri.
Ajarkan disiplin sejak dini agar terhindar dari kenakalan remaja masayu endang apriyanti
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (36.858 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v6i3.3625

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya mengajarkan dan membiasakan disiplin pada anak sejak dini, agar mereka tidak salah dalam  bersikap apalagi sampai terjerumus dalam kenakalan remaja. Karena sesungguhnya disiplin akan membentuk karakter yang kuat agar mampu terus berjalan sesuai norma dan peraturan yang berlaku, sehingga mereka selalu menjalankan tugas dan tanggung jawab hidup dengan sebaiknya. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif yang bersifat survey langsung pada kelompok-kelompok masyarakat tertentu, pada kelompok petugas kesehatan (konseling masyarakat atas beragam kasus terkait yang sudah mereka hadapi), studi perpustakaan dan literatur. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa disiplin penting diajarkan dan ditanamkan sejak dini salah satunya demi mencegah terjadinya kenakalan remaja.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 2 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 3 (2022): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 2 (2022): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2022): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 3 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 2 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 1 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 3 (2020): Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 1 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 2 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 1 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 3 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 2 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 1 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 3 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 1 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3, No 3 (2016): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3, No 2 (2016): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3, No 1 (2016): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2, No 3 (2015): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2, No 2 (2015): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2, No 1 (2015): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1, No 3 (2014): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1, No 2 (2014): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1, No 1 (2014): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan More Issue