cover
Contact Name
Ahmad Faiz Muntazori
Contact Email
faiz.muntazori@gmail.com
Phone
+6287878094858
Journal Mail Official
desain.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Gedung 3 lantai 2, Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Desain
ISSN : 23390107     EISSN : 23390115     DOI : https://doi.org/10.30998/jd
Core Subject : Art,
Jurnal Desain focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments include research reports, conceptual ideas, studies, theories, using the qualitative approach in Design and Visual Communications, Interior Design, Fashion Design, Product Design, Fine Art, Photography, Animation and other related fields of Visual Art. The scope of this journal encompasses to a study of typography, branding, photography, media studies, design studies, advertising, animation, illustration, visual culture, nirmana, film, videography, etc.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Desain" : 16 Documents clear
Kajian Persepsi Visual pada Iklan Youtube Kitkat Minibreakvideo3 Kakatua: Mentok Pasti Berlalu Laras Fitriyah Hikmatun Nisa; Angely Gracia Dyvana Purba; Karren Nina Putri Humae
Jurnal Desain Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i1.13738

Abstract

Pada era industri 4.0 dimana perkembangan teknologi melaju pesat, muncul media-media promosi dengan konsep yang semakin beragam dan unik. Media promosi modern yang muncul pada era saat ini adalah iklan di Youtube. Salah satunya merupakan KITKAT #miniBREAKvideo 3 "Kakatua: Mentok Pasti Berlalu". Iklan berdurasi 2 menit tersebut dirilis pada tahun 2015 yang diproduksi oleh Nestle menggunakan konsep cerita mini bergenre humor yang selalu memiliki satu premis yang serupa pada setiap seriesnya. Secara keseluruhan #miniBREAKvideo memiliki 5 episode dan dapat disaksikan dalam kanal Youtube mereka. Iklan ini punya makna tersembunyi lewat pilihan visual yang mereka tampilkan. Maka dari itu untuk membedah iklan tersebut kami menggunakan kajian teori persepsi visual, dimana dalam hal ini akan dikupas arti dari setiap adegan dari iklan tersebut berdasarkan aspek visual antara lain: ukuran, warna, intensitas, kontras, posisi, dan gerakan. Dari analisis tersebut akan menghasilkan sebuah kesimpulan apakah pesan yang ingin disampaikan iklan tersebut kepada audiens. Tujuan artikel ini adalah menjadi sebuah referensi bagi kreator dalam membuat iklan yang sarat akan makna namun tetap menyediakan tayangan yang dapat dinikmati secara umum.
Pengaruh Photogrammetry terhadap Persepsi Konsumen pada Porsi Makanan Andreas Kurniawan
Jurnal Desain Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i1.12949

Abstract

Fotografi makanan berperan penting dalam merepresentasikan suatu produk. Industri restoran mengoptimalkan teknik fotografi secara signifikan yang menghasilkan foto tampak begitu menarik. Namun demikian, masalah muncul pada foto produk kuliner yang tampil seringkali tampak tidak sesuai dengan realitas, sehingga dapat menimbulkan kesalahan persepsi dari konsumen. Penelitian ini menguji pengaruh foto produk secara normal dan dibandingkan melalui pendekatan photogrammetry terhadap porsi makanan. Penelitian dilakukan secara eksperimen dengan 10 jenis makanan yang umum dipesan dalam aplikasi online. Pendekatan metode kuantitatif melalui independent sample T-test diterapkan pada 2 kelompok sampel, dengan masing-masing berjumlah 30 orang. Hasilnya, pendekatan photogrammetry secara signifikan mempengaruhi persepsi konsumen untuk lebih mudah menebak porsi suatu makanan.
Analisis Semiotika Fotografi Human Figure pada Foto Karya Mahasiswa Pendidikan Multimedia UPI Ajeng Nur Baetty; Maya Purnama Sari
Jurnal Desain Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i1.13201

Abstract

Fotografi saat ini sudah menjadi bagian dari salah satu bentuk komunikasi, yaitu komunikasi non verbal yang disampaikan dalam bentuk foto atau gambar. Salah satu jenis fotografi yang dapat memiliki perbedaan persepsi ketika orang melihatnya, yaitu fotografi human figure, dimana dalam fotografi ini menampilkan seorang manusia dengan kegiatannya. Fotografi human figure ini juga menjadi salah satu bentuk tugas dalam mata kuliah fotografi dasar bagi mahasiswa Pendidikan Multimedia, UPI. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengarahan persepsi yang berbeda-beda ketika melihat suatu foto. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif melalui teknik menganalisis sebuah data studi kepustakaan dokumentasi serta menggunakan teori semiotika sebagai acuan analisisnya. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah ditemukannya makna konotasi yang menjadikan sebuah foto dapat dibaca dengan cara-cara yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan oleh fotografer.
Pengenalan Motif Batik Megamendung melalui Animasi 2D Karakter Genderuwo Yoga Adhitya Pratama; Anung Rachman; Rendya Adi Kurniawan
Jurnal Desain Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i1.13143

Abstract

Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya lunturnya nilai dan pemahaman yang dialami masyarakat Indonesia Khususnya anak anak salah satu diantaranya adalah dikarenakan banyak dari tayangan dalam hal ini tayangan animasi yang kurang sesuai dengan masyarakat indonesia yang kebanyakan justru secara tidak langsung memperkenalkan kebudayaan asing. Film animasi yang didasari dengan karakter yang memiliki nilai lokal kebudayaan dapat menjadi alternatif yang strategis sebagai media edukasi terhadap masyarakat dan anak anak terhadap kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Dalam karya tulis ilmiah ini, penulis melakukan perancangan karakter animasi 2 dimensi “Pengenalan Motif Batik Mega Mendung Lewat Animasi 2D Karakter Genderuwo” lewat animasi 2 dimensi dianggap bisa menginformasikan penyampaian pesan dalam kemasan yang sederhana namun unik dan terkesan menarik sehingga dapat diterima banyak kalangan masyarakat luas. Dikarenakan film animasi 2 dimensi termasuk salah satu media yang dapat dinikmati semua orang dari berbagai kalangan usia. Karakter yang dibuat nantinya diharapkan dapat menyampaikan nilai-nilai kebudayaan Indonesia khususnya batik megamendung lewat karakter cerita rakyat makhluk mitos kebudayaan Jawa (Genderuwo).
Emotional Branding dalam Strategi Branding Klinik Gigi Bandung Dental Center Ardes Muhammad Naufal Khairi; Alvanov Zpalanzani Mansoor
Jurnal Desain Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i1.12959

Abstract

Emotional branding merupakan suatu cara untuk membangun hubungan emosional antara brand dan konsumen, serta menggiring respon emosional dari konsumen yang searah dengan brand. Emotional branding didasari oleh empat konsep dasar yang terdiri dari hubungan, pengalaman panca indera imajinasi dan visi. Bagi sebuah klinik gigi, menerapkan emotional branding dalam strategi branding kliniknya merupakan hal yang menguntungkan karena emosi dan pengalaman pasien merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam menentukan perilaku pasien terhadap sebuah klinik gigi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan data yang diperlukan dikumpulkan melalui metode observasi langsung kepada salah satu klinik gigi yang ada di Kota Bandung bernama Bandung Dental Center. Hasil observasi mengenai Aktivitas dan strategi branding yang dilakukan oleh bandung dental center kemudian dianalisis melalui empat pilar dasar emotional branding menurut Marc Gobe untuk mengetahui bagaimana emotional branding diterapkan melalui branding klinik gigi. Dari temuan yang didapat, klinik Bandung Dental Center telah menerapkan konsep dasar emotional branding. Namun untuk beberapa aspek seperti pengalaman pancaindera masih bisa dikembangkan lebih lanjut.
Perancangan Video Dokumenter Urban Farming di Kota Surabaya Revanza Alif Rahmawan; Aditya Rahman Yani
Jurnal Desain Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i1.12945

Abstract

Urban farming adalah strategi untuk menghasilkan bahan pangan yang segar dengan lahan yang terbatas untuk memenuhi ketersediaan pangan di perkotaan dan dapat dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Maka dari itu urban farming merupakan solusi alternatif untuk terwujudnya ketersediaan komoditas pangan yang tercukupi bagi masyarakat Indonesia khususnya di kota besar. Kota Surabaya telah lama menerapkan sistem pertanian perkotaan, pemerintah telah merespon dan mencoba mendorong penggunaan lahan sempit atau pekarangan sendiri sebagai objek penerapan urban farming. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang kurang optimal dalam penerapan urban farming, sehingga model urban farming yang diterapkan masih sederhana dan tidak sesuai serta masih banyak beberapa lahan yang tidak digunakan untuk urban farming. Masih terdapat beberapa faktor yang menghambat perkembangan sistem urban farming di Surabaya, antara lain kurangnya pengetahuan tentang urban farming itu sendiri. Dilatarbelakangi masalah tersebut pembuatan perancangan video dokumenter ini dilakukan. Perancangan video dokumenter ini akan mengulas mengenai urban farming yang ada di kota Surabaya dari beberapa pendapat-pendapat umkm, warga, maupun kelompok masyarakat yang sudah berpengalaman dalam bidang urban farming tersebut. Tentunya bertujuan untuk memberikan sarana edukasi, informasi dan mengajak masyarakat untuk ikut dalam melaksanakan urban farming guna meningkatkan ketahanan pangan mandiri.
Kuasa Patriarki dan Mitos Budaya Pada Desain Poster Film Yuni Ade Kusuma; Windri Saifudin; Muhammad Qodarul Fittron
Jurnal Desain Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i1.13289

Abstract

Poster merupakan salah satu media promosi yang digunakan para pembuat film untuk mempromosikan karya film yang akan ataupun sedang dirilis. Pada sebuah poster terdapat elemen gambar dan teks, yang terdiri dari judul, sub judul, credit title dan simbol-simbol lainnya. Poster film Yuni, versi penayangan di bioskop, berhasil memenangkan kategori desain poster terpilih pada ajang penghargaan Piala Maya 10 yang diselenggarakan tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti makna pesan yang ditampilkan poster film Yuni melalui pilihan warna, tipografi, foto dan keseimbangan layout. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce yang mengacu pada teori segitiga makna. Peneliti menganalisis keterkaitan antara sign (tanda), object (objek), dan interpretant (interpretan). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa sebuah poster film digunakan untuk menarik perhatian dan memberikan petunjuk pada calon penonton tentang cerita yang akan ditampilkan pada sebuah film. Pada poster film Yuni, peneliti menemukan adanya petunjuk tentang sosok tokoh utama yang terbelenggu pada kuasa patriarki dan mitos budaya tradisional tentang perempuan Indonesia.
Pemanfaatan Batok Kelapa sebagai Desain Kemasan Jenang Jaket Khas Banyumas Emmareta Fauziah; Krishnanda Raditya Mooduto; Rizna Eka Nursanti; Laurensius Windy Octanio Haryanto
Jurnal Desain Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i1.13241

Abstract

Kemasan merupakan daya tarik yang berperan penting dalam sebuah produk makanan. Masalah yang sering muncul pada usaha kecil menengah (UKM) oleh-oleh makanan di Kota Purwokerto adalah kemasan. Inovasi terhadap kemasan berdampak sangat signifikan bagi usaha oleh-oleh makanan contohnya besek yang digunakan untuk dodol Garut. Sejauh ini pemanfaatan batok kelapa sebagai kemasan jarang sekali dilakukan padahal material ini sangat berlimpah dan mudah ditemukan terutama di Purwokerto sama halnya dengan besek. Merancang kemasan makanan oleh-oleh yang inovatif untuk kemasan khas Banyumas yakni Jenang Jaket dirasa perlu dilakukan. Pemilihan material batok kelapa dalam perancangan kemasan juga didasari oleh salah satu bahan dasar Jenang Jaket yaitu gula kelapa asli. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi yang dilakukan berdasarkan sudut pandang penulis dengan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan kemudian menjadi acuan dalam perancangan kemasan batok kelapa. Perancangan diawali dengan membuat moodboard produk, melakukan positioning terhadap produk, membuat sketsa desain dan hingga hasil akhir pada penelitian ini adalah berupa purwarupa (prototype) kemasan. Setelah diperoleh purwarupa disadari bahwa masih perlu adanya studi lebih lanjut mengenai desain kemasan yang dirancang untuk mengetahui secara aplikatif dampak terhadap peningkatan nilai produk tersebut.
Strategi Kreatif Iklan Toyota Indonesia dalam Web Series NKCTHI Adya Mulya Prajana; Aisyi Syafikarani; Aria Ar Razi
Jurnal Desain Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i1.12301

Abstract

Berkembangnya medium internet pada saat ini menghasilkan media baru sebagai tempat pendistribusian iklan-iklan produk dari berbagai perusahaan. Salah satunya web series, yakni sebuah konsep acara serial (cerita bersambung) yang umumnya tayang pada platform Youtube. Banyaknya penonton yang dihasilkan web series akhirnya mendorong berbagai perusahaan untuk meningkatkan awareness produk mereka melalui web series. Web series yang sempat menjadi trending adalah NKCTHI (Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini) yang tayang pada saluran Youtube Toyota Indonesia. Web series NKCTHI menjadi objek penelitian karena banyaknya penonton yang dihasilkan, hingga mencapai 8,4 juta dan mendapat penghargaan dari Youtube. Penelitian ini akan diamati dengan menggunakan analisis penokohan, struktur cerita, product placement dan AISAS dengan metode deskriptif kualitatif. Observasi visual pada web series NKCTHI dikategorikan berdasarkan karakteristik adegan yang di dalamnya terdapat iklan produk Toyota Indonesia. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif iklan Toyota Indonesia dalam menyampaikan pesan verbal dan visual yang terdapat dalam web series NKCTHI. Hasil dari penelitian ini, (1) Toyota Indonesia memanfaatkan web series NKCTHI untuk mendapatkan awareness dari anak muda; (2) Walaupun product placement yang ditampilkan tidak disebutkan secara formal tetapi engagement web series NKCTHI cukup tinggi; 3) Strategi kreatif iklan dalam web series NKCTHI disampaikan menggunakan bahasa visual; 4) Iklan dalam web series NKCTHI menggunakan pendekatan emosional, yaitu iklan masuk ke dalam kehidupan sehari-hari.
Perancangan Film Pendek sebagai Media Informasi Mengenai Strategi Alternatif Mengembangkan Usaha Micro Kecil Menengah Asrullah Ahmad; William Liu; Martinus Eko Prasetyo
Jurnal Desain Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i1.13572

Abstract

Artikel ini ditujukan kepada masyarakat khususnya pengusaha UMKM yang masih terjebak dengan dampak pandemi terhadap usaha, keseharian masyarakat indonesia sudah terpengaruh oleh Covid-19 yang menyebabkan timbulnya pemikiran untuk mengurangi pergi keluar rumah semenjak pemerintah menerapkan sistem PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang menyebabkan adanya perubahan pola pembelian konsumen yang mengabaikan harga, lebih mementingkan nilai produk dan melakukan berbagai transaksi via online di masa pandemi ini. Terdapat strategi agar pelaku UMKM dapat survival. Yaitu dengan perbaikan kualitas layanan dan produk, Pemanfaatan teknologi secara optimal, dan mempersiapkan bisnis untuk lebih berkembang. Sebagai upaya dalam menyampaikan informasi, media audio visual film merupakan media informasi yang semakin berpengaruh dan diminati oleh masyarakat. Metode penelitian analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif merupakan metode yang digunakan penulis dalam artikel ini. Dapat disimpulkan bahwa dalam memberikan sebuah informasi untuk menghimbau masyarakat mengenai strategi dalam mengatasi dampak pandemi terhadap usaha dapat tersampaikan melalui media film pendek.

Page 1 of 2 | Total Record : 16