cover
Contact Name
Ahmad Faiz Muntazori
Contact Email
faiz.muntazori@gmail.com
Phone
+6287878094858
Journal Mail Official
desain.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Gedung 3 lantai 2, Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Desain
ISSN : 23390107     EISSN : 23390115     DOI : https://doi.org/10.30998/jd
Core Subject : Art,
Jurnal Desain focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments include research reports, conceptual ideas, studies, theories, using the qualitative approach in Design and Visual Communications, Interior Design, Fashion Design, Product Design, Fine Art, Photography, Animation and other related fields of Visual Art. The scope of this journal encompasses to a study of typography, branding, photography, media studies, design studies, advertising, animation, illustration, visual culture, nirmana, film, videography, etc.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Desain" : 20 Documents clear
Gaya Visual Nusantara dalam Media Cover Komik Sangkuriang Karya R. A. Kosasih Martha Tisna Ginanjar Putri; Iis Purnengsih
Jurnal Desain Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i3.16890

Abstract

Sangkuriang merupakan salah satu tokoh legenda folklore di tatar sunda, yang jatuh cinta pada ibunda nya sendiri. Cerita ini memiliki unsur cerita romantis.  Cerita ini banyak diangkat dan dipresentasikan melalui dokumenter, film kartun, layar lebar dan komik. Berbagai macam gaya visual yang disajikan pada cerita folklore Indonesia banyak dipengaruhi oleh gaya visual dari Amerika dan Jepang. Studi ini mengulas secara lebih spesifik tentang gaya visual yang terdapat pada cover komik karya R.A Kosasih. secara kualitatif, studi ini menggunakan analisis deskriptif. Pembahasan gaya visual yang disajikan oleh R.A Kosasih dianalisis melalui gaya ilustrasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya visual yang digunakan R.A Kosasih mengacu pada gaya visual amerika dan realis. Penelitian ini juga bermanfaat untuk mempertahankan kearifan lokal Indonesia
Buku Visual Mengenai Adab terhadap Guru sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Rahman Tri Arfias Putra; Aditya Rahman Yani; Mahimma Romadhona
Jurnal Desain Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i3.14833

Abstract

Adab dalam menuntut ilmu merupakan hal penting untuk dijadikan perilaku sehari-hari setiap siswa. Karena adab lebih penting daripada ilmu, terutama mengenai hormat kepada guru. Adab terhadap guru sangat penting karena seseorang yang tidak menghormati gurunya maka ilmu yang diberikan akan sia-sia dan tidak akan berguna. Sedangkan generasi muda adalah penerus bangsa yang harus mendapatkan pendidikan baik agar dapat menjadikan bangsa maju dan makmur dengan ilmu yang dimilikinya. Pada dasarnya siswa hanya dibekali perilaku baik di hadapan guru tanpa diberi pemahaman atas sikap yang dilakukan tersebut. Dimana pembahasan yang diberikan tidak secara rinci dan jelas membahas adab terhadap guru. Sedangkan mayoritas buku yang membahas adab terhadap guru secara lengkap masih menggunakan bahasa verbal yang kurang dimengerti serta kurang menarik bagi anak. Dari masalah tersebut penulis merancang buku visual mengenai adab terhadap guru untuk anak sekolah dasar usia 7-12 tahun. Penulis akan menggunakan metode kualitatif, wawancara, serta studi pustaka untuk melengkapi perancangan ini. Dengan adanya buku visual ini diharapkan dapat memberi pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya adab terhadap guru dan menerapkannya pada perilaku sehari-hari baik di sekolah maupun di luar sekolah agar banyak ilmu yang tertanam pada benak siswa yang belajar.
Implementasi Motif Kain Lurik Dalam Karakter Animasi Berbasis Kearifan Nusantara Noval Dhana Ardhani Piliang; Anung Rachman; Rendya Adi Kurniawan
Jurnal Desain Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i3.13094

Abstract

Di abad 21 ini media berkembang cukup pesat, yang tentunya membawa perubahan besar dalam perkembangan dunia industri, khususnya industri kreatif. Animasi adalah salah satu bentuk implementasi dari industri kreatif yang banyak ditemui di sekitar kita. Perkembangan Animasi yang begitu masif banyak dimanfaatkan sebagai penunjang dalam dunia media seperti periklanan dan perfilman, karena penggunaannya yang dinilai lebih efektif dan interaktif dalam proses menyampaikan pesan. Dalam animasi, karakter berperan penting sebagai simbol utama, visualisasi dalam karakter harus sesuai dengan tujuan awal apa yang akan disampaikan. Analisis dan studi literatur perancangan karakter animasi ini akan dilakukan dengan mempelajari dan memasukkan unsur-unsur estetika nusantara dalam desain, yang nantinya akan diimplementasikan pada desain karakter. Implementasi objek budaya nusantara sangat penting diterapkan untuk menciptakan sebuah karakter yang memiliki simbol budaya yang kuat. Dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif, analisis dan konsep rancangan ini memberikan data deskriptif secara teori tentang rancangan desain karakter animasi berbasis budaya tradisional Indonesia.
Representasi Makna Bias Gender pada Iklan Gofood Seri Ibu Sedang Sibuk (2021) Yuni Zaharani
Jurnal Desain Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i3.17756

Abstract

Iklan merupakan salah satu media promosi efektif untuk memasarkan produk dan jasa kepada calon konsumen. Iklan juga dapat menjadi media yang memuat makna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna bias gender pada iklan GoFood Seri Ibu sedang Sibuk (2021) dan melihat apakah iklan ini masih melanggengkan stereotip gender perempuan pada budaya patriarki. Pendekatan kualitatif dengan metode semiotika Roland Barthes digunakan dalam penelitian ini. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa iklan GoFood Seri Ibu sedang Sibuk (2021) memuat makna bias gender berupa stereotip pekerjaan domestik milik perempuan bukan milik laki-laki, perempuan harus serba bisa, laki-laki lebih superior dari perempuan, perempuan bertanggung jawab menyediakan makanan untuk keluarga, dan subordinasi perempuan. Namun iklan ini tidak mengeksploitasi kemolekan tubuh perempuan sebagai daya tarik seksual.
Analisis Karakter Visual Ryder pada Serial Animasi Televisi Paw Patrol Fikki Muhamad
Jurnal Desain Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i3.17701

Abstract

Serial animasi televisi “Paw Patrol” merupakan salah satu tontonan yang diminati anak-anak prasekolah. Paw Patrol ditayangkan di Indonesia melalui program Nickelodeon. Serial animasi ini menarik untuk diteliti karena menampilkan karakter visual Ryder sebagai pemimpin dari sekawanan anak anjing untuk menyelamatkan sebuah kota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur-unsur visual dari karakter Ryder sebagai representasi pahlawan dalam dunia anak-anak. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis tiga unsur visual penting dari pembentukan karakter visual dengan pendekatan Semiotika dan prinsip-prinsip desain. Adapun tahapan analisis dimulai dengan mengidentifikasikan unsur garis, unsur bentuk, dan unsur warna, yang digunakan pada karakter Ryder. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakter visual Ryder didesain dengan mengutamakan unsur garis lengkung, bentuk oval, dan pilihan dominasi warna merah, kuning, serta biru untuk membangun gambaran sosok yang bersahabat, berani, penuh semangat, pantang menyerah, dan senang menolong. Keseluruhan unsur visual dari karakter Ryder ini didesain dengan mengacu pada prinsip hirarki visual, kesatuan, keseimbangan dan penekanan, sehingga mampu membangun entitas yang menjadi daya tarik tontonan bagi anak-anak prasekolah tentang figur yang memiliki sifat-sifat positif. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi referensi akademik di bidang desain komunikasi visual tentang penciptaan karakter visual untuk tontonan anak-anak pra sekolah yang mendidik
User Interface Design Analysis of Tokopedia Marketplace Website Elizabeth Susanti Gunawan; Jessica Yonatia; Laurensius Andreas Santoso
Jurnal Desain Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i3.15060

Abstract

The development of digital technology significantly influences people’s lifestyles, especially in the trade sector. The shopping system has shifted from conventional shopping directly to stores (offline purchasing) to online shopping (online purchasing) with the existence of a website-based marketplace platform. One of the marketplaces that serve as the most prominent online buying and selling platform in Indonesia is Tokopedia. The users are more than 50% of the active population in Indonesia. Tokopedia, as a Unicorn company, certainly has a professional design team in designing user interface websites so that it looks attractive, is easy to use, and has a strong identity. A good user interface design will make it easier for users and make them loyal users. This study proposes guidelines for user interface design theory. It analyzes the appearance of the user interface design of the Tokopedia marketplace website in a descriptive analysis for user convenience, providing comfort for users, and even emotional attachment. The results of this study are expected to be a role model in designing a marketplace website that is comfortable to use to increase the number of users from various circles.
Karakter Animasi Alfin Lestaluhu dengan Metode Design Thinking Aris Ardiyanto; Anung Rachman; Rendya Adi Kurniawan
Jurnal Desain Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i3.13175

Abstract

Desa Tulehu seakan tidak kehabisan bintang untuk menghasilkan bibit muda berbakat dalam hal sepak bola. Sudah menjadi hal yang lumrah jika pemain sepak bola di timnas sepak bola Indonesia sering ada nama-nama dari Tulehu. Dari banyak nama yang muncul dan bersinar menjadi bintang, namun ada kisah haru dan mengagumkan dalam garuda muda, seorang pemuda berbakat yang berasal dari tulehu bernama Alfin Lestaluhu harus terhenti karir sepak bolanya akibat penyakit yang ia derita, serta menutup harapan untuk melanjutkan ikut kejuaraan karena sang pencipta memanggilnya lebih cepat. Dari kisah ini terbenak sebuah ide untuk membuat karakter animasi dari Alfin Lestaluhu, sebagai bentuk apresiasi kepada apa yang ia telah capai bersama timnas sepak bola indonesia. Perancangan karakter animasi ini dilakukan dengan menggunakan metode design thinking, sehingga ada 5 tahapan yang dilalui antara lain empathise, define, ideate, protype, test. Setelah itu barulah didapatkan hasil bagian-bagian yang terpisah dari karakter set Alfin Lestaluhu yang siap untuk dianimasikan.
Penataan Interior Rumah Tinggal Pada Masa Pandemi Covid-19 Erina Wiyono; Indra Gunara Rochyat
Jurnal Desain Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i3.13946

Abstract

Pandemi COVID-19 adalah penularan penyakit virus corona 2019 di seluruh dunia. Virus ini diperkirakan menyebar di antara manusia terutama melalui droplet pernapasan yang dihasilkan selama batuk, bersin, dan pernafasan normal. Awal merebaknya kasus COVID-19 di Indonesia telah menimbulkan kekhawatiran publik. Pemerintah telah mengadopsi kebijakan pembatasan sosial agar peraturan bekerja dari rumah, yang dikenal sebagai WFH (Work from Home), diberlakukan. Sebagai seorang praktisi di bidang Desain Interior, dalam menghadapi beberapa tugas dalam mendesain rumah tinggal berukuran sedang, terdapat beberapa permasalahan, misal: (1) seluruh anggota keluarga melakukan kegiatan belajar dan sekolah dari rumah, (2) kebutuhan akan ruangan atau area yang nyaman dan tenang. Metode yang akan digunakan adalah metodologi penciptaan fungsional modern melalui metode pendekatan programatik yang memproses desain berdasarkan seperangkat program dengan hasil desain yang kualitatif dan pemecahan masalah yang akurat yang diukur dari kesesuaian antara fisik hasil desain dengan program yang telah ditetapkan dengan tujuan penulisan, yaitu: (1) bagaimana menciptakan sebuah ruang yang memiliki tuntutan kenyamanan dalam memenuhi kebutuhan fungsional dan ergonomis pada interior, (2) bagaimana mengaplikasikan ide elemen estetis interior pada ruang tersebut.
Desain Antar Muka Website Oemah Djari dengan Pendekatan User Centered Design I Wayan Marfilianto Prayuda Tunas; Peni Pratiwi; Jasson Prestiliano; Michael Bezaleel
Jurnal Desain Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i3.14869

Abstract

Oemah Djari adalah jenis usaha yang bergerak di sektor akomodasi dan restoran namun mengalami kendala pada saat pandemi covid-19 yang masih berlangsung, sehingga berdampak pada penyebaran informasi secara konvensional. Menurut data dari badan pusat statistik menyebutkan perusahaan yang bergerak pada bidang akomodasi dan restoran mengalami kenaikan 7,10 persen saat pandemi dalam menggunakan teknologi dan internet. Oemah Djari membutuhkan sebuah media alternatif yang dapat diakses secara daring, salah satu media yang menjadi media alternatif adalah website. Fokus penelitian adalah merancang tampilan antar muka website dengan melihat kebutuhan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan strategi pendekatan User centered design (UCD). Tahapan UCD yaitu understand context of use, specifying user requirements, design solution, evaluate against requirements. Data diperoleh dari hasil wawancara, kuesioner, observasi, studi literatur, internet, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah perancangan antar muka website dengan pendekatan UCD dapat membantu menemukan solusi sesuai kebutuhan target pengguna. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan pendekatan UCD website sudah berhasil membuat tampilan website secara informatif, komunikatif dan interaktif sesuai kebutuhan target pengguna.
Arsitektur Candi Sewu sebagai Pengembangan Budaya di Kabupaten Klaten Ayu Ratna Pertiwi; Yosafat Winarto
Jurnal Desain Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v10i3.17510

Abstract

Dewasa ini pariwisata merupakan suatu kegiatan yang telah menjadi sebuah kebutuhan baik sebagai pemenuh kesenangan hati, sarana penyegaran, penambah wawasan dan pengalaman baru, dan lain sebagainya. Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan budaya yang beragam dan sangat indah. Budaya yang dimiliki tersebut sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai potensi pariwisata budaya. Salah satu wisata di Indonesia yang menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara adalah wisata budaya berupa candi. Candi merupakan salah satu produk arsitektur nusantara yang memiliki daya tarik pariwisata khususnya di Kabupaten Klaten, namun belum dikelola dan dikembangkan secara maksimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang strategi pengembangan pariwisata arsitektur Candi Sewu yang berkelanjutan di Kabupaten Klaten dengan metode analisis SWOT. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh strategi pengembangan pariwisata berkelanjutan yang tepat dengan objek wisata Candi Sewu di Kabupaten Klaten. Hasil penelitian ini adalah berupa strategi-strategi pengembangan pariwisata yang sesuai dengan prinsip pariwisata berkelanjutan.

Page 1 of 2 | Total Record : 20