cover
Contact Name
Ika Devy Pramudiana
Contact Email
jimpks6@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jimpks6@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial
ISSN : 25811231     EISSN : 25977334     DOI : -
Core Subject : Social,
editors accept scientific articles in the form of scientific studies, research works and scientific innovation ideas in the field of public administration, especially related to the development and innovation of public management and public policy that contains social issues that have not been published in journals or other scientific media either in Indonesia or abroad.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial" : 7 Documents clear
Analisis Keberlanjutan Kelembagaan Ipal Komunal Lubis, Lunariana; Wahyudi, Agus; Arieffiani, Deasy
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial
Publisher : Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v6i1.3398

Abstract

Penanganan air limbah domestik ialah satu di antara beberapa masalah lingkungan pada daerah Surabaya. Di samping mengakibatkan tercemarnya lingkungan, air limbah pun bisa menciptakan gangguan kesehatan. Satu di antara beberapa metode guna melakukan pengolahan air limbah yakni InstaIasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal. Salah satu IPAL Komunal yang ada di Surabaya terletak di Jalan Granting gang 1 RT 01 RW 01 Kelurahan Simokerto Kecamatan Simokerto Kota Surabaya. Keberadaan IPAL Komunal tersebut memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan hidup, terutama kebersihan sungai di Kelurahan Simokerto namun kemanfaatan tersebut semakin berkurang karena keberlanjutan kelembagaannya yang semakin melemah. Penelitian kualitatif berikut memakai pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk menjelaskan dan mengkaji kelembagaan dan juga faktor-faktor yang menunjang juga menghambat pada pengelolaan sanitasi berbasis masyarakat pada Kelompok Swadaya Masyarakat Pengelola IPAL Komunal RT 01 RW 01 Kelurahan Simokerto Kecamatan Simokerto Kota Surabaya. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara, pengamatan langsung dan dokumentasi. Dalam menganalisis data dipakai Model Interaktif yakni pengumpulan, reduksi, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan analisa kelembagaan dalam 3 (tiga) pilar yakni pilar regulatif, pilar normatif, pilar serta pilar kultural kognitif. Keberlanjutan kelembagaan IPAL Komunal di RT 01 RW 01 Kelurahan Simokerto Kecamatan Simokerto Kota Surabaya saat ini mengalami stagnasi. Faktor pendukungnya adalah kesadaran dan kebiasaan warga akan pentingnya hidup sehat membuat lingkungan sekitar terlihat bersih dan asri, warga dapat menghemat penggunaan air bersih PDAM dengan memanfaatkan air hasil pengolahan dari IPAL Komunal, serta pendanaan IPAL Komunal berasal dari dana warga sendiri sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang perhatiannya Pemerintah Kota Surabaya terhadap keberlangsungan IPAL Komunal yang ada dan juga tidak adanya regenerasi pada kelembagaan IPAL Komunal. Rekomendasi riset ini untuk keberlangsungan IPAL Komunal adalah dipelukannya pendampingan dan pendanaan untuk perawatan dan pengelolaan dari Pemerintah Kota Surabaya serta perlu adanya regenerasi pada kelembagaan IPAL Komunal dalam pengelolaannya.
Implementasi Kebijakan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gowa Muliasari, Nur; Mustari, Nuryanti
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial
Publisher : Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v6i1.3619

Abstract

Penyebaran Covid-19 mewajibkan setiap pemerintah kabupaten untuk menyiapkan strategi kebijakan yang baik. Perbedaan kesiapan setiap daerah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 menyebabkan kebijakan harus sesuai dengan kapasitas daerah. Kebijakan keseragaman penanggulangan Covid-19 menyebabkan pemerintah Kabupaten Gowa melakukan penyesuaian kebijakan dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian kualitatif dengan menggunakan data sekunder dan literatur-literatur yang berkaitan. Dalam hasil penelitian ditilik dari hasil penelitian menunjukkan kebijakan pemerintah Kabupaten Gowa dalam rangka pencegahan Covid-19 di daerah Gowa telah menunjukkan hasil yang baik dalam hal disposisi dan sumber daya. Namun pada implementasinya, indikator komunikasi dan fragmentasi kebijakan masih lemah.
Analisis Teori ACTORS Peran Perempuan PGRI Jawa Timur dalam Pemberdayaan Masyarakat Fadeli, Muhammad; Musyarofah, Lailatul
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial
Publisher : Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v6i1.4533

Abstract

Badan Khusus Perempuan PGRI adalah salah satu Badan Pelengkap Organisasi yang ada pada PGRI pada setiap level mulai Cabang, Kabupaten, Provinsi, dan Pengurus Besar. Visi Badan Khusus ini adalah untuk memberdayakan perempuan PGRI melalui kegiatan peningkatan kemampuan dan keahlian. Sebagai organisasi pemberdayaan, penting untuk mengetahui tingkat authority (wewenang), confidence and competence (rasa percaya diri dan kemampuan), trust (keyakinan) oppurtinities (kesempatan), responsibilities (tanggung jawab), dan support (dukungan) yang dimiliki oleh perempuan PGRI. Untuk itu penelitian ini menganalisis ke enam aspek dalam teori ACTORS pada perempuan PGRI dan peran mereka dalam upaya pemberdayaan masyarakat. ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana subjek penelitiannya adalah pengurus Badan Khusus Perempuan PGRI 33 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur dimana masing-masing Kabupaten/Kota diambil dua sehingga jumlah totalnya adalah 66. Instrumen yang digunakan untuk menggali data adalah kuesioner dan interview. Temuan yang didapatkan adalah bahwa tingkat keberdayaan perempuan PGRI Jawa Timur dari enam aspek teori ACTORS sudah tinggi. Disamping itu, keterlibatan perempuan PGRI dalam pemberdayaan masyarakat melalui organisasi/komunitas pemberdayaan sudah baik. Rekomendasi untuk penelitian yang akan datang adalah mengadakan penelitian yang ditujukan kepada perempuan yang bekerja pada sektor industri atau ibu rumah tangga yang bekerja di rumah sehingga hasil yang didapat bisa diteruskan pada pihak terkait untuk ditindak lanjuti. Hal ini akan menumbuhkan kesadaran kearah kemandirian sehingga memiliki pemahaman tentang pemberdayaan diri (self empowring).
Strategi Membangun Kepercayaan Publik Dalam Penanganan Covid-19 Di Kota Surabaya Irfani, Kamelia; Arif, Lukman
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial
Publisher : Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v6i1.4538

Abstract

Fenomena peningkatan kasus yang terus terjadi dan disertai kecenderungan sikap masyarakat yang menunjukkan penolakan terhadap kebijakan yang diambil pemerintah merepresentasikan kepercayaan publik yang rendah, maka diperlukan sebuah kajian strategi yang tepat dan terkelola dengan baik agar terbentuk kepercayaan publik sehingga skema penanganan dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya dan wabah COVID-19 dapat segera teratasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan gambaran secara komprehensif tentang strategi Pemerintah Kota Surabaya dalam membangun kepercayaan publik terhadap penanganan COVID-19 di Kota Surabaya melalui delapan fokus kajian dengan menggunakan indikator yang dikemukakan OECD (2000) dalam kajiannya tentang membangun kepercayaan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualititatif dan pendekatan penelitian deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisa menggunakan model interaktif (interactif model of analysis) yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam fokus kajian yang memiliki kesesuaian strategi membangun kepercayaan publik dalam penanganan COVID-19 di Kota Surabaya yang meliputi nilai dan standar perilaku, pelaporan pelanggaran, integritas manajemen, umpan balik, penegakan ke pencegahan, antisipasi masalah dan kebaruan teknologi. Sementara dua fokus kajian lain yang tidak memiliki kesesuaian strategi yakni visi misi pelayanan dan efektivitas. Untuk itu diperlukan beberapa pembenahan atas ketidaksesuaian strategi yang dapat dilakukan Pemerintah Kota Surabaya diantaranya merumuskan visi misi sebagai kerangka dalam upaya penyelesaian permasalahan kesehatan, melakukan evaluasi secara berkala terhadap implementasi dari pembentukan pakta integritas, dan meningkatkan branding dari keseluruhan platform yang dimiliki Pemerintah Kota Surabaya baik berupa aplikasi maupun website kepada seluruh masyarakat.
Strategi Pengembangan Desa Wisata Kreatif Berbasis Masyarakat Kearifan Lokal Hendrosari Gresik Suprobowati, Dewi; Sugiharto, Mulus; Miskan, Miskan
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial
Publisher : Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v6i1.4551

Abstract

Pembangunan sektor pariwisata merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat baik di tingkat lokal maupun global. Pariwisata di Indonesia merupakan industri yang sedang berkembang pesat. Rumusan masalah (1) Bagaimana Pengembangan model Desa Wisata Kreatif Dan Inovatif di Desa Hendrosari Gresik? (2) Bagaimana Strategi Desa Wisata Kreatif Dan Inovatif Berbasis Partisipasi Masyarakat dan Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Hendrosari Gresik?. Tujuan Penelitian (1) Penelitian ini dapat menghasilkan model strategi yang akan disusun dalam bentuk Policy Paper tentang Pengembangan Model dan Strategi Desa Wisata Kreatif Dan Inovatif di Desa Hendrosari Gresik (2) Penelitian dapat menambah “body of knowledge” bagi masyarakat khususnya yang berpartisipasi guna meningkatkan kesejahteraan dan para akademisi serta pemerintah. Temuan penelitian tempat UMKM di area wisata kurang layak. Rekomendasi desa wisata yaitu (1) Memberikan tempat yang layak bagi para pedagang UMKM di area wisata (2) memberikan pelatihan, pendampingan UMKM dengan mengurus PIRT dan BPOM. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. strategi pengembangan desa wisata Hendrosari menggunakan analisis SWOT dan strategi SO, ST, WO dan WT. Hasil penelitian ini adalah adanya UMKM kerajinan batik ikad celup, UMKM Legen, UMKM dilan (dawet siwalan), UMKM jamu serta UMKM ayam panggang. Kesimpulan penelitian dari Wisata Kreatif dan Inovatif yaitu industri yang menekankan pada kreativitas manusia dengan mengembangkan serta mengolah bahan baku seiring dengan perkembangan teknologi, informasi, dan gaya hidup. Gaya hidup yang terjadi pada masyarakat dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan sejalan dengan perkembangan trend yang dipromosikan melalui media sosial seperti Youtube yang berupa konten untuk mempromosikan wisata tersebut. Kata kunci : Desa Wisata Kreatif, Kearifan Lokal
Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Penyeberangan Pada Pelabuhan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ujung Surabaya Hidayat, Sapit
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial
Publisher : Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v6i1.4562

Abstract

Pesatnya kemajuan alat transportasi yang beroperasi di laut menyebabkan frekuensi dan jumlah manusia yang bepergian dan angkutan barang semakin meningkat dari daerah, negara atau benua ke daerah, negara atau benua yang berbeda. Perlu diimbangi dengan pelayanan prima dari penyelenggara transportasi kepada calon penumpang maupun barang. Untuk memberi pelayanan cepat berkualitas, mudah, murah dan terukur maka ditetapkan peraturan, di antaranya Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM. 39 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Penyeberangan. Sebagai akibat hadirnya jembatan Suramadu sehingga berdampak pada menurunnya dukungan sumber daya dana yang menjadi pendukung keberadaan dan keberlangsungan pelayanan penumpang angkutan penyeberangan PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Ujung Surabaya. Fasilitas di pelabuhan kurang terawat, ruang tunggu penumpang kurang nyaman, kamar mandi/toilet kotor. Hal ini terjadi karena adanya hambatan pada saluran komunikasi dan penyelenggaraan kegiatan intra dan antar organisasi penyelenggara pelayanan angkutan penyeberangan. Berdasar pengamatan awal beberapa karyawan selaku pelaksana kebijakan kurang memahami tentang tujuan kebijakan standar pelayanan penumpang pada angkutan penyeberangan, beberapa karyawan cenderung menganggap tidak perlu melakukan perbaikan, mengakibatkan pelayanan penumpang di pelabuhan penyeberangan menjadi kurang optimal. Pelaksana yang gagal melaksanakan kebijakan secara tepat karena menolak atau kurang memahami tujuan yang ada dalam kebijakan standar pelayanan penumpang angkutan penyeberangan pada pelabuhan PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Ujung Surabaya. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian terdahulu adalah fokus penelitian terdahulu pada kinerja pelayanan angkutan penyeberangan, sedangkan penelitian ini implementasi kebijakan Permenhub RI No. PM 39 Tahun 2015. Lokasi terdahulu pelabuhan penyeberangan Kariangau, Kalimantan Timur, sedangkan penelitian ini pelabuhan penyeberangan Ujung, Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi kebijakan dengan menganalisis faktor keberhasilan dan kegagalannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif model Miles and Huberman, dipilih karena penelitian kualitatif bisa mengungkap peristiwa nyata di lapangan dan mengungkap nilai tersembunyi, dan peneliti berusaha untuk mendapat gambaran perilaku organisasi dalam mengimplementasikan kebijakan. Penelitian ini menggunakan model analisis implementasi kebijakan publik dari Van Meter dan Van Horn (1975). Hasil penelitian implementasi kebijakan standar pelayanan penumpang angkutan penyeberangan pada pelabuhan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ujung Surabaya telah dilaksanakan namun belum berhasil. Belum berhasilnya implementasi dipengaruhi oleh sumber daya manusia, sumber daya sarana prasarana dan kondisi sosial ekonomi. Saran dalam penelitian ini perlu meningkatkan kemampuan pelayanan oleh karyawan terutama yang bersentuhan secara langsung dengan penumpang di lapangan dengan jalan memberikan kursus pendek untuk meningkatkan soft keahlian pelayanan penumpang. Perlu penambahan personel keamanan pada area pelabuhan. Pengelolaan sumber daya keuangan lebih difokuskan penambahan sarana prasarana pendukung sehingga minimal setara dengan standar yang ditentukan dan memberikan pelatihan secara berkala karyawan sebagai pelaksana di lapangan. Serta Meningkatkan kesejahteraan karyawan terutama pada level bawah secara bertahap. Kelemahan pada penelitian ini adalah jumlah atribut dan informan yang digunakan untuk mengukur masing-masing variabel masih sangat terbatas.
Inovasi Layanan Pasien COVID 19 di RSUD Bangkalan Kamariyah, Sri; Priyanto, Priyanto; Bahri, Mohammad Syaiful
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial
Publisher : Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v6i1.4584

Abstract

Inovasi organisasi sebagai gagasan, ide, atau perilaku baru dalam suatu organisasi yang dapat berupa produk, atau jasa yang baru, teknologi baru, teknologi proses, system struktur dan administrasi baru atau rencana baru bagi anggota organisasi. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, studi lapangan yaitu observasi partisipatif dan wawancara. Sumber informasi yang peneliti gunakan dalam penelitian ini berasal dari wawancara secara langsung dengan informan, yaitu pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Bangkalan. Adapun teknik penentuan informan menggunakan snowball. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa layanan di Rumah Sakit Umum Daerah Bangkalan dalam inovasinya sudah berjalan cukup baik sejak pandemi covid 19, namun masih ada ditemukan kendala bahwa pegawai kurang meningkatkan inovasi pelayanan dalam menunjang kinerja pelayanan secara optimal sehingga diperlukanya sebuah model dan langkah kedepan guna meningkatkan pelayanan dengan baik yang menuju kontrak pelayanan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7