cover
Contact Name
Ahmad Kholiqul Amin
Contact Email
choliqamin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lppm@ikippgribojonegoro.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bojonegoro,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Edutama
  • Jurnal Pendidikan Edutama
  • Website
Published by IKIP PGRI BOJONEGORO
ISSN : 23392258     EISSN : 2548821X     DOI : -
Core Subject : Education,
Edutama Journal of Education (Jurnal Pendidikan Edutama) is double -blind peer reviewed open access journal that provides publication of articles in all education field. it aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research finding in provide a platform scientists and academicians all over the world to promote, share and discuss various and issues developments in different areas of educational research.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2018): January" : 12 Documents clear
DEVELOPMENT OF LARSON’S PROBLEMS SOLVING PATTERNS WITH "IDEAL" STRATEGIES Junarti Junarti; Stevanus Budi Waluyo; Rochmad Rochmad
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 5, No 1 (2018): January
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v5i1.138

Abstract

Abstract: Mathematical Problem-solving is taught to improve students' high-order thinking skills. A heuristic problem-solving strategy is used to find different Problem-solving. This research is to: 1) describe the student's Problem-solving ability profile in finding the pattern of algebra solving through the "IDEAL" (Identify Define Explore Act Look back) strategy by developing Larson’s Problem-solving pattern, 2) measuring the extent of the pattern can be formed by using " IDEAL". Finding patterns is part of the first heuristic strategy. The research method used a qualitative approach with descriptive analysis. Problems conveyed to students are done in pairs of two people, with the consideration that more discussion opportunities with friends make it possible to get more than five troubleshooting as Larson puts it. The results showed that: 1) profile Problem-solving ability found pattern with "IDEAL" strategy from student got result that from problem given to 20 student group can help solve algebra Problem-solving; 2) there are four kinds of Problem-solving patterns consisting of 3 Larson model Problem-solving patterns and one Problem-solving pattern using geometry sequence pattern.Keyword: Problem-solving Pattern, Heuristic, “IDEAL” StrategyAbstrak: Pemecahan masalah matematika diajarkan untuk meningkatkan kemampuan pemikiran tingkat tinggi mahasiswa.  Strategi pemecahan masalah heuristic digunakan untuk menemukan pemecahan masalah yang berbeda. Penelitian ini untuk: 1) menggambarkan profil kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam menemukan pola pemecahan aljabar melalui strategi “IDEAL” (Identify Define Explore Act Look back) dengan mengembangkan pola pemecahan masalah Larson, 2) mengukur sejauhmana pola yang dapat dibentuk mahasiswa dengan menggunakan strategi “IDEAL”. Menemukan Pola merupakan bagian dari strategi heuristik yang pertama. Metode penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif dengan  analisis deskriptif. Masalah yang disampaikan kepada mahasiswa dikerjakan secara berpasangan dua orang, dengan pertimbangan bahwa semakin banyak peluang diskusi dengan teman memungkinkan untuk mendapatkan pemecahan masalah lebih dari lima seperti yang disampailan Larson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  1) profil kemampuan pemecahan masalah menemukan pola dengan strategi “IDEAL” dari  mahasiswa diperoleh hasil bahwa dari masalah yang diberikan kepada 20 kelompok mahasiswa dapat membantu menyelesaikan pemecahan masalah aljabar; 2) terdapat empat macam pola pemecahan masalah yang terdiri dari 3 pola pemecahan masalah model Larson dan satu pola pemecahan masalah dengan menggunakan pola barisan geometri.Kata Kunci: Pola pemecahan masalah, Heuristik, Strategi “IDEAL”
PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT Gilang Ramadan; Dedi Iskandar
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 5, No 1 (2018): January
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v5i1.133

Abstract

Abstract: The aim of this study was to determine the effect of Reciprocal teaching styles and teaching styles Exercise as well as learning motivation towards learning outcomes Lay UpShoot.The research was conducted on students and SMA Negeri 1 Cigugur. This study uses a treatment by the level of 2 x 2. The sample consisted of 28 students as well as students. The data analysis technique is a two-track analysis of variance (ANOVA) and then followed by Tukey's test at a significance level α = 0, 05. The results of this study indicate that (1). Value of learning outcomes Lay Up Shoot in the treatment higher Reciprocal teaching style with the results of 50% (14) above the average of the value style of teaching exercises that only 39.29% (11) above average in SMA 1 Cigugur. (2). Value learning outcomes Lay Up Shoot in the treatment of Reciprocal teaching style of learning motivation high (A1B1)is higher than the value of teaching style Exercise high learning motivation (A2B1)in SMA Negeri 1 Cigugur. (3). Value learning outcomes Lay Up Shoot in the treatment of Reciprocal teaching style low learning motivation (A1B2)is lower than the value of teaching style Exercise low learning motivation (A2B2)in SMA Negeri 1 Cigugur.Keyword: Reciprocal teaching styles, teaching styles Exercise, learning motivationAbstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari gaya mengajar Resiprokal dan gaya mengajar Latihan serta motivasi belajar terhadap hasil belajar Lay Up Shoot. Penelitian ini dilakukan pada siswa maupun siswi SMA Negeri 1 Cigugur. Penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel terdiri dari 28 siswa maupun siswi. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0, 05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Nilai hasil belajar Lay Up Shoot pada perlakuan gaya mengajar Resiprokal lebih tinggi dengan hasil 50% (14 orang) di atas rata-rata dari nilai gaya mengajar Latihan yang hanya 39,29% (11 orang) di atas rata-rata di SMA Negeri 1 Cigugur. (2). Nilai hasil belajar Lay Up Shoot pada perlakuan gaya mengajar Resiprokal motivasi belajar tinggi (A1B1) lebih tinggi dari nilai gaya mengajar Latihan motivasi belajar tinggi (A2B1) di SMA Negeri 1 Cigugur. (3). Nilai hasil belajar Lay Up Shoot pada perlakuan gaya mengajar Resiprokal motivasi belajar rendah (A1B2) lebih rendah dari nilai gaya mengajar Latihan motivasi belajar rendah (A2B2) di SMA Negeri 1 Cigugur.Kata kunci: Gaya Mengajar Resiprokal, Gaya Mengajar Latihan, motivasi belajar
PENERAPAN EVALUASI DIRI SEKOLAH DASAR MODEL EMI DI KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2017 Subangun Subangun
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 5, No 1 (2018): January
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v5i1.113

Abstract

 Abstract: This research is aimed to give an idea about the implementation of self-evaluation of elementary school of Evaluasi Mutu Internal (EMI) model in Kabupaten Ponorogo. This research was conducted in Kabupaten Ponorogo with elementary school research object and elementary school operator in UPTD Kecamatan Jenangan  and UPTD Kecamatan Pulung. The approach used in this research is descriptive qualitative. Data collection techniques used are (1) interview, (2) observation, and (3) documentation. The data analysis used is a qualitative technique, namely to examine the problem on a case by case basis because the researcher believes that the nature of a problem one will be different from the nature of the other problem. The results show that self-evaluation of elementary school EMI model becomes alternative for primary school in preparation of self-evaluation. Self-evaluation of elementary school EMI model has advantages because it can be done easily, quickly, efficiently, and effectively. In addition, self-evaluation of the EMI model can be the basis for the preparation of short and long-term school work plans (RKS). Keywords: Self Evaluation, EMI, Character, Superior School Abstrak: Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapan evaluasi diri sekolah dasar model Evaluasi Mutu Internal (EMI) di Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Ponorogo dengan objek penelitian kepala sekolah dasar dan operator sekolah dasar di UPTD Kecamatan Jenangan dan UPTD Kecamatan Pulung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif, yakni mengkaji masalah secara kasus per kasus karena peneliti yakin bahwa sifat suatu masalah satu akan berbeda dengan sifat dari masalah lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi diri sekolah dasar model EMI menjadi alternatif bagi sekolah dasar dalam penyusunan evaluasi diri. Evaluasi diri sekolah dasar model EMI memiliki kelebihan karena bisa dilakukan dengan mudah, cepat, efisien, dan efektif. Di samping itu, evaluasi diri model EMI bisa menjadi dasar penyusunan rencana kerja sekolah (RKS) jangka pendek dan jangka panjang.  Kata kunci:  Evaluasi Diri, EMI, Karakter, Sekolah Unggul 
PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA Fathia Rosyida
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 5, No 1 (2018): January
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v5i1.107

Abstract

Abstract: This research was intended to describe: (1) to what extent does reading ability influence students learning outcomes of Bahasa Indonesia in the second graders of SMAN 2 Bojonegoro; (2) the what extent do students' learning activities in the school influence students learning outcomes of Bahasa Indonesia in the second graders of SMAN 2 Bojonegoro; (3) whether or not reading ability and students learning activities at school simultaneously influence the students learning outcomes of Bahasa Indonesia in the second graders of SMAN 2 Bojonegoro. Based on a simple correlation analysis it was found that the correlation between reading ability and learning outcomes was positive. Regression calculation result between reading ability (X1) and learning outcomes (Y) can be expressed in regression equation Y = 52.116 + 0,338 X1. The result of regression calculation between learning activity (X2) and learning outcomes (Y) can be expressed in regression equation Y = 82.310-0.109 X2. The value of Fo is smaller than Ft (0.452 <3.98) with degree of freedom df1 = 1 and df2 = 78 for 0.05 significance level. Thus, there is no significant relationship between learning activities and learning outcomes. The result of multiple regression calculation showing the relationship between reading ability and learning activity towards students learning outcomes (X1 and X2 on Y) can simultaneously be expressed in regression equation Y = 57.018 + 0.336 X1-0.08385 X2. The value of Fo is higher than Ft (7.201> 3.44) with degree of freedom df1 = 2 and df2 = 77 for 0.05 significance level. Thus, there is a significant corelation between reading ability and learning activities simultaneously towards students learning outcomes.Keywords: learning, Bahasa Indonesia, reading ability, learning activities, learning outcomes.Abstrak. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan deskripsi tentang: 1. Sejauhmana kontribusi yang diberikan oleh kemampuan membaca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SMA Negeri 2 Bojonegoro. 2. Sejauhmana kontribusi yang diberikan oleh aktivitas belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SMA Negeri 2 Bojonegoro. 3. Apakah kemampuan membaca dan aktivitas belajar siswa di sekolah memberikan kontribusi secara simultan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SMA Negeri 2 Bojonegoro. Dari analisis korelasi sederhana ditemukan bahwa korelasi antara kemampuan membaca dengan hasil belajar adalah positif. Hasil perhitungan regresi hubungan antara kemampuan membaca (x1) dengan hasil belajar (Y) dapat dinyatakan dalam persamaan regresi Y= 52,116+ o,338 x1. Adapun hasil perhitungan regresi hubungan antara aktivitas belajar(x2) dengan hasil belajar (Y) dapat dinyatakan dalam persamaan regresi Y=82,310-0,109 x2. Harga Fhitung lebih kecil dari Ftabel (0,452<3,98) dengan derajat kebebasan v1=1 dan v2=78 untuk taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian tidak ada hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar. Hasil perhitungan regresi ganda yang menunjukkan hubungan antara kemampuan membaca dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar (x1 dan v2 atas Y) secara simultan dapat dinyatakan dalam persamaan regresi Y=57,018+0,336 x1-0,08385x2. Harga F hitung lebih besar dari Ftabel (7,201>3,44) dengan derajat kebebasan v1=2 dan v2=77 untuk taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian ada hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca dan aktivitas belajar secara simultan dengan hasil belajar.Kata kunci: Pembelajaran, Bahasa Indonesia, kemampuan membaca,aktivitas belajar, hasil belajar.
PENGARUH SARANA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL IKIP PGRI BOJONEGORO Sarjono Sarjono; Eka Farida
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 5, No 1 (2018): January
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v5i1.145

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of facilities and services on student satisfaction Study Program Economic Education Faculty of Education Social Sciences IKIP PGRI Bojonegoro. Procurement of facilities and services starting from the needs of students, so that the success or failure of facilities and services provided can be seen from the perception of students on the quality of facilities and services which is a total assessment of the benefits of facilities and services provided to students. In this case, student satisfaction will be achieved if the quality of facilities and services provided in accordance with the required. The population in this study are the students of Economics Education program level I to IV as much as 402 respondents. Sample taken 10% with probability sampling technique equal to 40 respondents. Technique of gathering datamenggunakan instrument in the form of kuesioner. Data analysis techniques used multiple regression analysis, hypothesis test (F test and t test), and test of coefficient of determination. The result of the research shows that the variables of the facilities have a significant effect on the students 'satisfaction, while the service variable has no significant effect on the students' satisfaction. F test results show that the means and services have a significant effect on the satisfaction of the students of Economic Education Study Program of 58.3% based on the R2 value of 0.583 with the significance of 0.000.Keywords : Facilities, Service, and Students Satisfaction Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarana dan pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Bojonegoro. Pengadaan sarana dan pelayanan dimulai dari kebutuhan mahasiswa, sehingga berhasil atau tidaknya sarana dan layanan yang disediakan dapat dilihat dari persepsi mahasiswa terhadap kualitas sarana dan pelayanan yang merupakan penilaian total atas keunggulan sarana dan pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa. Dalam hal ini, kepuasan mahasiswa akan tercapai apabila kualitas sarana dan pelayanan yang disediakan sesuai dengan yang dibutuhkan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi tingkat I s/d IV sebanyak 402 responden. Sampel diambil 10% dengan teknik probability sampling sebesar 40 responden. Teknik pengumpulan datamenggunakan instrumen berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji hipotesis (uji F dan uji t), dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan variabel sarana berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, sedangkan variabel pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Hasil Uji F menunjukkan bahwa sarana dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi sebesar 58,3% yang didasarkan pada nilai R2 sebesar 0,583 dengan signifikansi 0,000.Kata Kunci : Sarana, Pelayanan, dan Kepuasan Mahasiswa
PENGARUH MODEL RMS (READING, MIND MAPPING AND SHARING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA POKOK BAHASAN IMPULS DAN MOMENTUM Rahma Diani; Ardian Asyhari; Orin Neta Julia
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 5, No 1 (2018): January
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v5i1.128

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to determine the effectiveness of physics learning by using RMS learning model (Reading, Mind Mapping and Sharing) on the ability of high-level thinking of learners. This research is a type of quasi-experimental research. The sampling technique was done by purposive sampling technique. To measure and know the ability of high-level thinking of learners do test with essay problem amounted to 8. The analysis result stated that there is a difference of mean of high-level thinking ability of learners using RMS model  with conventional model. This is evidenced by the acquisition of sig value of 0.027 which means the value of sig <0.05 which means there is a difference of high-level thinking ability between experimental class and control class. So it can be concluded that learning physics with RMS model (Reading, Mind Mapping and Sharing) is more effective against high-order thinking ability. The effectiveness of RMS model  can be known from the value of the effect size obtained by 0.5 which is included in the medium category. This means that the RMS model  there is a difference to the ability of high-level thinking in physics subjects learners class X.Keywords: RMS Model, HOTS Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika dengan menggunakan  model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik purposive sampling. Untuk mengukur dan mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dilakukan tes dengan soal essay berjumlah 8. Hasil analisis menyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik  menggunakan model RMS dengan model konvensional. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai sig sebesar 0,027 yang berarti nilai sig < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran fisika dengan model RMS lebih efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Keefektifan model RMS dapat diketahui dari nilai effect size yang diperoleh sebesar 0,5 yang termasuk dalam kategori sedang. Artinya model RMS terdapat perbedaan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran fisika peserta didik kelas X.Kata Kunci : Model RMS, HOTS
PROFIL METAKOGNISI MAHASISWA PEREMPUAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF Sugiyanti Sugiyanti; Rizky Esti Utami; Kristi Indriana
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 5, No 1 (2018): January
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v5i1.144

Abstract

Abstract: This qualitative study described the metacognition of female students with reflective and impulsive cognitive style in solving the problems of plane. The subjects of the study were female students of the fourth semester in Universitas PGRI Semarang period 2016/2017 whom was given the problems of plane. Data collection applies think aloud method. The analysis of data focused on students' metacognitive ability in three steps, i.e. planning, monitoring, and evaluating.This research showed that: 1) metacognitive ability of female mathematics students with impulsive cognitive style in solving the problem was not able to realize the thinking process, causing student has not been able to answer all the given problems with the correct results; and 2) metacognitive ability of female mathematics students with reflective cognitive style in solving the problem was able to realize the thinking process well in the planning, monitoring and evaluating stages, causing subject is able to answer all the given problems with the correct result.Keywords: Profile; Metacognition; Reflective; ImpulsiveAbstrak: Penelitian kualitatif ini mendeskripsikan metakognisi mahasiswa perempuan dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif dalam menyelesaikan masalah bangun datar. Subjek penelitian adalah mahasiswa perempuan semester IV Universitas PGRI Semarang periode 2016/2017 yang diberikan soal pemecahan masalah bangun datar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Think Aloud Method. Analisis data difokuskan pada kemampuan metakognitif mahasiswa dalam tiga tahap yaitu perencanaan, pemantauan, dan pengevaluasian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan metakognitif mahasiswa matematika berjenis kelamin perempuan dengan gaya kognitif impulsif dalam pemecahan masalah belum mampu menyadari proses berpikirnya dengan baik, menyebabkan subjek belum mampu menjawab semua permasalahan yang diberikan dengan hasil akhir yang benar; dan 2) kemampuan metakognitif mahasiswa matematika berjenis kelamin perempuan dengan gaya kognitif reflektif dalam pemecahan masalah mampu menyadari proses berpikirnya dengan baik pada tiga tahap metakognitif menyebabkan subjek mampu menjawab semua permasalahan yang diberikan dengan hasil akhir yang benar.Kata kunci: Profil; Metakognisi; Reflektif; Impulsif 
PEMANFAATAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK BERWUDHLU KELAS 2 SDN PRAMBON MADIUN Insiyah Insiyah; Muhibuddin Fadhli
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 5, No 1 (2018): January
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v5i1.131

Abstract

Abstract: Instructional  media is one of the important components in the learning process. Utilization can be very crucial in the learning process. Video is one type of audio-based learning media. One of the advantages of this media is that it can be rotated anytime and anywhere, so that students can independently utilize the media. The purpose of this research is to improve the learning result of the ablution practice which in practice there are still many mistakes. This study is action class research with two cycles. With minimum completeness criteria (KKM) 80 where the result of the first cycle of KKM students get an average of 75 and in the second cycle the average student learning outcomes score 85.Keywords: Video, Learning Result, Ablution. Abstrak: Media pembelajaran adalah salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Pemanfaatannya bisa menjadi sangat krusial dalam proses pembelajaran. Media video adalah salah satu jenis media pembelajaran berbasis audio visual. Salah satu keunggulan media ini adalah dapat diputar kapan dan dimana saja, sehingga siswa dapat secara mandiri memanfaatkan media tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar praktik berwudhlu yang dalam praktiknya masih banyak ditemui banyak kesalahan. Penelitian ini adalah peneltian tindakan kelas dengan dua siklus. Dengan KKM 80 dimana hasil dari siklus pertama KKM siswa memperoleh rata-rata 75 dan pada siklus kedua rata-rata hasil belajar siswa memperoleh nilai 85.Kata Kunci: Video, Hasil belajar, Berwudhu.
THE USE OF MEDIA FOR SCIENCE TEACHING IN ISLAMIC SCHOOLS Abd Ghofur
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 5, No 1 (2018): January
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v5i1.106

Abstract

Abstract: This paper aims to describe the use of media in science learning in terms of three indicators, namely: a) diffusion of innovation, b) implementation and institutionalization, and c) policies and regulations. This research was conducted for four months using qualitative descriptive design with data collection technique through questionnaire, interview, and observation. The subjects of the study were class VII on MTs Putra Putri Lamongan and MTs Maslakul Huda Paciran selected by purposive sampling. The results showed that science teachers in Islamic schools utilize various media of learning in the form of visual and audiovisual media designed as a medium of teaching science, for example LCD projector, props, etc. In addition, teachers also develop their own simple media designed to be utilized in science teaching, such as cloth, water, soil, and so forth. Technically, teachers are documenting the use of instructional media in the Lesson Plans (RPP) which refer to the 2013- curriculum format , but the RPP is not always brought during the learning process. In addition, school policy does not provide written regulations for teachers to use the media in the learning process. Keywords: the use of media, science teaching Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media dalam pembelajaran sains yang ditinjau dari tiga indikator, yakni a) difusi inovasi, b) implementasi dan pelembagaan, serta c) kebijakan dan regulasi. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan observasi. Subyek penelitian adalah kelas VII pada MTs Putra Putri Lamongan dan MTs Maslakul Huda Paciran yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sains di sekolah Islam memanfaatkan ragam media pembelajaran dalam bentuk media visual dan audio visual yang didesain sebagai media pembelajaran sains, misal LCD proyektor, alat peraga, dll. Selain itu, guru juga mengembangkan media sederhana sendiri yang didesain untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran sains, misalnya kain, air, tanah, dan lain sebagainya. Secara teknis, guru mendokumentasikan pemanfaatan media pembelajaran tersebut dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu format Kurikulum 2013, namun RPP tersebut tidak selalu dibawa saat proses pembelajaran. Selain itu, kebijakan sekolah tidak memberikan regulasi secara tertulis untuk guru melakukan pemanfaatan media dalam proses pembelajaran.  Kata Kunci: pemanfaatan media, pembelajaran sains
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS VI Moch. Sukardjo; Krisna Yusdiningtias
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 5, No 1 (2018): January
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v5i1.136

Abstract

Abstract: The accuracy in choosing a learning strategy is an important part in the effort to improve the achievement of student learning outcomes. Hence, this study aims to determine the effect of learning strategy and logical-mathematical intelligence as well as its interaction with mathematics learning outcomes.  This study used on experimental research by level 2 x 2 with 18 people were taken by simple random sampling in  Islamic Elementary School (SD Islam) Karya mukti. The result of this research found that there is an interaction effect between learning and logical-mathematical intelligence to match learning outcomes. Thus the selection of the relevant strategy, the acquisition of mathematics learning outcomes are influenced by the ability of the teacher to understand the characteristics of their students. The strategy applied to optimize the mathematics teacher of mathematics learning outcomes of students who have a logical-mathematical intelligence.Keywords : strategy, logical–mathematical intelligence, learning outcomes mathematicsAbstrak: Ketepatan dalam memilih strategi pembelajaran adalah bagian penting dalam upaya meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan kecerdasam logis-matematis terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen rancangan treatment by level 2 x 2 dengan sampel 18 orang diambil secara simple random sampling di SD Islam karya mukti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika. Sehingga pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam memahami karakteristik siswanya. Strategi pembelajaran yang diterapkan guru dapat mengoptimalkan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis yang berbeda-beda.Kata Kunci: strategi pembelajaran, kecerdasan logis matematis, hasil belajar matematika.  

Page 1 of 2 | Total Record : 12