cover
Contact Name
Agung Rimba Kurniawan
Contact Email
agung.rimba@unja.ac.id
Phone
+628117410246
Journal Mail Official
penyunting.jurnal.g-pgsd@unja.ac.id
Editorial Address
Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University Gajah Mada Street, Teratai, Muara Bulian District, Batanghari Regency, Jambi Province
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Published by Universitas Jambi
ISSN : 26147092     EISSN : 26219611     DOI : -
Core Subject : Education,
Gentala Journal Basic Education is a periodical scientific journal published in Indonesian language published by the Teacher Training and Education Faculty, Primary School Teacher Education Study Program twice a year in June and December. The submission process is open throughout the year. All submitted texts are reviewed with blind-peer reviews and editorial reviews before being accepted for publication. The Gentala Journal of Basic Education is a medium of information and scientific knowledge that mainly publishes articles from research and theoretical studies in the field of primary education and receives manuscripts from the following fields with an interdisciplinary and multidisciplinary approach: 1)Learning and Learning 2)Curriculum 3)Evaluation 4)Pedagogics of elementary school teachers 5)Learning Innovation 6)Developmental psychology 7)Inclusive Education 8)Management of education 9)Guidance and counseling for primary school teachers 10)ICT in elementary schools
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar" : 10 Documents clear
Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Sains Di Sekolah Dasar Andi Suhandi
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.681 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i2.6804

Abstract

Abstrak. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menumbuhkan minat belajar sains siswa kelas IV SDN 28/I Malapari Kecamatan Muara Bulian. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang strategi guru dalam menumbuhkan minat belajar sains siswa kelas IV SDN 28/I Malapari Kecamatan Muara Bulian adalah dengan memancing daya ingat dan kesiapan siswa, mengajak siswa bersama-sama mengamati obyek belajar, mencatat hasil pengamatan dan mendiskusikan hasil catatan siswa. Menyediakan waktu bagi siswa untuk bertanya dan memberi kesempatan kepada siswa lain menjawab pertanyaan tersebut. Menggunakan media pembelajaran nyata dalam bentuk utuh yang disesuaikan dengan topik pembahasan, berinteraksi dan memberikan perhatian pada siswa dalam pembelajaran. Menggunakan waktu secara efektif sejak membuka pelajaran, memulai dan mengawasi pembelajaran, hingga mengakhiri pembelajaran. Kata Kunci : strategi guru, minat belajar sains
Pengalaman Terbaik Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Buku Perpustakaan Pada Siswa Sekolah Dasar Eko Kuntarto; Sari N
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.948 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i2.6805

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara menumbuhkan minat membaca buku-buku perpustakaan pada siswa di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini Best Pratices dengan pendekatan Qualitatif. Informan penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar 186/1 Sridadi, Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar Observasi, wawancara dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa minat membaca siswa kelas V SDN 186/1 pada buku-buku perpustakaan tergolong tinggi. Untuk mengetahui minat membaca siswa tergolong tinggi atau rendah dapat kita lihat dari frekuensi dan kuantitas membaca serta kuantitas sumber bacaan menjelaskan bahwa jika minat seseorang tergolong tinggi maka orang tersebut akan selalu sering kali melakukan kegiatan membaca dan orang tersebut akan berusaha mencari sumber bacaan yang bervariatif. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam menumbuhkan minat membaca siswa kelas V SDN 186/1 sridadi siswa-siswa diberikan perlakuan-perlakuan khusus agar minat membaca siswa tumbuh dan adapu perlakuan-perlakuan yang diberikan kepada siswa yaitu, 5 menit sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar siswa di wajibkan untuk membaca, memberika hadiah (reward) berupa buku kepada siswa yang rajin mengunjungi perpustakaan, dan kemudian jadikan membaca sebagai kegiatan setiap hari. Kata Kunci : Minat baca, Siswa Sekolah Dasar
Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar N Nelyahardi
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.643 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i2.6806

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai kedisiplinan yang dilakukan oleh guru kepada siswa, serta mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami oleh guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai kedisiplinan pada kelas IV SDN 13/I Muara Bulian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas dan siswa kelas IV SDN 13/I Muara Bulian Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan) Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IV SDN 13/I Muara Bulian mengimplementasikan nilai kedisiplinan pada siswa dengan menggunakan teknik pengintegrasian nilai yang meliputi; kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Pada penerapannya guru menggunakan peraturan, hukuman, konsistensi dan penghargaan sebagai pedoman. Hambatan yang dialami guru dalam mengimplementasikan nilai kedisiplinan yaitu pelaksanaan implementasi masih terpaku pada aturan sekolah, program belum berjalan jika belum ada perintah dari sekolah, dan guru pengganti masih kesulitan mengkondisikan siswa di kelas ketika menggantikan guru kelas. Kata Kunci : Implementasi, Nilai Kedisiplinan
Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar Panut Setiono; Intan Rami
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.544 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i2.6808

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran di kelas V SDN No.34/I Teratai. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan informan penelitian yaitu guru dan siswa kelas VB SDN No. 34/I Teratai. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tiga cara yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah menggunakan media saat dalam pembelajaran, guru menggunakan lebih dari satu media, guru juga memperoleh media dari internet, dari sekolah dan media lingkungan. guru menggunakan media untuk mempermudah siswa belajar dalam upaya memahami materi pelajaran, media juga sesuai dengan materi dan diarahkan untuk mencpai tujuan pembelajaran. Selanjutnya guru melakukan evalusai dan tindak lanjut kepada siswa tentang pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran guru telah menggunakan media pembelajaran seperti media gambar, media powerpoint, dan media lingkungan. Sebagian kecil media yang di buat melalui sumber internet. Namun guru belum optimal dalam melaksanakannya, hal ini dapat terlihat saat guru menggunakan media powerpoint masih belom sempurna, dan tidak setiap hari guru menggunakan media pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kata Kunci : Kreatifitas, Media Pembelajaran
Analisis Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar Budi Purnomo
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.464 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i2.6809

Abstract

Abstrak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam melaksanakan pengelolaan kelas pada pembelajaran IPS kelas SDN.186/I Sridadi Muara Bulian. Jenis penelitian deskriptif qualitative. Teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian yaitu strategi guru dalam pelaksanaan pengelolaan kelas antara lain adalah guru melaksanaan pengorganisasian kelas dengan membentuk organisasi kelas, daftar piket dan tata tertib kelas yang memilki tujuan agar kelas lebih terorganisir dan siswa memiliki arah dalam bertanggung jawab atas kelasnya. Dalam penataan tempat duduk, guru meletakkan siswa sesuai dengan kondisi fisik, fsikologis, dan model pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas. Alat-alat pelajaran tetata rapi, ruang kelas terpelihara dengan baik, bersih dan nyaman, pencahayaan cukup, ventilasi berfungsi, serta dinding kelas diberi warna yang menarik utnuk siswa. Kata Kunci : Analisis, Pengelolaan Kelas
Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar E Emosda
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.372 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i2.6810

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kualitas motivasi belajar siswa sesudah mengunakan media buku cerita bergambar di Kelas III SD 43/I Desa Selat Kecamatan Pemayung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. sampel dalam penelitian ini ialah siswa Kelas III SD 43/I Desa Selat Kecamatan Pemayung yang berjumlah 21 orang. Berdasarkan analisis data Kualitas motivasi belajar siswa pada tes awal dari jawaban angket dengan jumlah siswa 21 diperoleh jumlah keseluruhan 1331 sehingga memiliki rata-rata sebesar 63.38 memiliki criteria baik dan kualitas motivasi belajar siswa pada tes akhir dari jawaban angket dengan jumlah siswa 21 diperoleh jumlah keseluruhan 1369 sehingga memiliki rata-rata sebesar 65.19 memiliki criteria baik. Untuk pengujian dari uji hipotesis non parametik diatas di situ telah dihitung Z hitung= 1.96, jika α = 0.05, maka dengan n = 21 diperoleh nilai kritis 0.7734, sehingga z hitung > dari z tabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap motivasi belajar pada Siswa Kelas III SD 43/I Desa Selat Kecamatan Pemayung, dihitung Z hitung= 1.96, jika α = 0.05, maka dengan n = 21 diperoleh nilai kritis 0.7734, sehingga z hitung > dari z tabel. Kata Kunci : Cerita Bergambar, Motivasi
Implementasi Nilai Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Irzal Anderson
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.154 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i2.6811

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai toleransi dalam pembelajaran tematik kelas V SDN No 112/1 Perumnas Muara Bulian semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Teknik Pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian yaitu implementasi nilai toleransi dalam pembelajaran tematik dikelas V SD N 112/ Perumnas telah terlaksana melalui pembiasaan belajar, hal ini dilihat dari enam indikator yang diteliti oleh peneliti (menghargai pendapat orang lain, tidak memotong pembicaraan orang lain, tidak memaksakan pendapat kepada orang lain, mampu menerima dengan lapang dada jika dirinya salah, mengutarakan pendapat dengan sopan, dan tidak menyinggung orang lain dalam perkataan maupun perbuatan). hanya dua indikator yang sulit terlaksana yaitu siswa memotong pembicaraan selama proses pembelajaran dan siswa memaksakan pendapat kepada orang lain . Namun masih ada yang perlu ditingkatkan dalam penerapan nilai toleransi itu sendiri kepada siswa, agar implementasi nilai toleransi tersebut dapat terlaksana dan berjalan optimal Kata Kunci : Toleransi, Pembelajaran Tematik
Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Dasar Irma Suryani
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.139 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i2.6812

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa di SDN 13/I Muara Bulian. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 1 kepala sekolah, dan 1 pegawai perpustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar belum berjalan secara optimal karena masih memiliki banyak kekurangan, seperti 1) gedung yang belum memenuhi syarat, 2) peralatan dan perlengkapan yang belum lengkap, 3) tata ruang perpustakaan, 4) koleksi bahan pustaka masih sedikit, 5) kurangnya tenaga pustakawan, 6) pelayanan yang masih belum diawasi, 7) dan belum adanya tata tertib perpustakaan yang jelas. Hal-hal tersebut membuat siswa kurang terdorong untuk menjadikan perpustakaan sebagai sumber belajar. Kata Kunci : Pengelolaan, Perpustakaan
Penilaian Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siswa Sekolah Dasar Imam Suwardi Wibowo
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (661.952 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i2.6813

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskriptif siswa kelas VA SD Negeri No.55/1 Sridadi Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Hasil Penelitian kemampuan menulis karangan deskriptif yang meliputi unsur kejelasan penggambaran lengkap objek yang diamati, organisasi isi karangan ide pokok, organisasi isi karangan penyusunan paragraf, tata bahasa, dan ejaan dan tata tulis. Dari hasil pengolahan data, dua puluh tujuh orang siswa yang menjadi subjek penelitian memperoleh nilai rata-rata dengan rincian sebagai berikut : 2 orang siswa dengan nilai rata-rata 77,5, 1 orang siswa dengan nilai rata-rata 72,5, 1 orang siswa dengan rata-rata 70, 3 orang dengan nilai rata-rata 67,5, 5 orang siswa dengan nilai rata-rata 65, 1 orang dengan nilai rata-rata 62,5, 6 orang dengan nilai rata-rata 60, 1 orang dengan nilai rata-rata 57,5 dan 5 orang dengan nilai rata-rata 52,5. Dari hasil penelitian dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan deskriptif siswa kelas VA SD Negeri NO.55/1 Sridadi Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari tahun pelajaran 2015/2016 tergolong kriteria kualitas kemampuan cukup mampu, dengan nilai rata-rata 62,12. Kata Kunci : Menulis, Karangan, Deskripsi
Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar M Salam
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.038 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i2.6814

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi pendidikan karakter. Selain itu juga untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pendidikan karakter. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi pasif, wawancara terpimpin, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Spradley. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah menjalankan perannya sebagai leader, tampak dari sikap kepala sekolah yang ramah, bertanggung jawab, mendidik, dan merangkul semua warga sekolahnya. Sebagai manager, kepala sekolah memiliki beberapa strategi dan kepala sekolah melibatkan seluruh warga sekolah bahkan kepala sekolah juga turut melibatkan orang tua siswa. Selanjutnya, sebagai supervisor kepala sekolah secara langsung terjun kelapangan, melakukan mentoring terhadap guru-guru melalui program S.I.G, serta melakukan evaluasi langsung disetiap akhir semester dan dibukukan menjadi laporan tahunan kepala sekolah. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan, Karakter

Page 1 of 1 | Total Record : 10