cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
ISSN : 16931475     EISSN : 25499777     DOI : doi.org/10.24114/jik
Core Subject : Health, Education,
Jurnal ini di kelola oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan. Jurnal memuat tentang hasil penelitian dan hasil kajian teori dalam bidang Olahraga.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 1 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN" : 10 Documents clear
PERBEDAAN PENGARUH GAYA MENGAJAR CAKUPAN DAN GAYA MENGAJAR LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENENDANG BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA SD NEGERI KECAMATAN BINJAI UTARA Ibrahim Ibrahim
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 1 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i1.14309

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh gaya mengajar cakupan dan gaya mengajar latihan terhadap kemampuan menendang dalam permainan sepak bola pada siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Binjai Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan  teknik tes dan pengukuran berdasarkan lembaran fortofolio pembelajaran menendang dalam permainan sepak bola. Penilaian terhadap Kemampuan menendang sampel dilakukan oleh seorang yang berkompeten dalam olahraga sepak bola, dan dilakukan melalui lembaran fortofolio.               Berdasarkan hasil uji hipotesis pertama diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (10,722>1,796), sehingga dapat disimpulkan bahwa Gaya Mengajar Cakupan berpengaruh terhadap Kemampuan Menendang Bola Dalam Permainan Sepak Bola  Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kecamatan Binjai Utara. Hasil uji hipotesis kedua diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (9,576>1,796), sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar latihan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menendang bola Pada Olahraga Sepak Bola  Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kecamatan Binjai Utara. Hasil uji hipotesis ketiga diperoleh nilai thitung > t-tabel (2,267>2,074) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar cakupan memberikan pengaruh yang lebih baik daripada Gaya mengajar Latihan terhadap kemampuan menendang bola Pada Olahraga Sepak Bola  Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kecamatan Binjai Utara.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 27 MEDAN TP. 2018/2019 Suzianto Suzianto; Suryadi Damanik
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 1 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i1.14302

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui Model Probelem Based Learning pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 27 Medan TP. 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 dengan jumlah siswa 32 orang, terdiri dari 22 orang siswa putra dan 10 orang siswa putri. Penelitian ini menerapkan 2 siklus dan fokus pada 4 tahap : perencanaan, penerapan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif. Berdasarkan  hasil analisis data kuantitatif pada siklus I diperoleh 21 siswa (65,62%) tuntas, sedangkan 11 siswa (34,38%) tidak tuntas dengan rata-rata nilai 73,17, dengan KKM 75.Berdasarkan hasil analisis data kualitatif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampun berfikir dalam memecahkan masalah secara konsep akan tetapi mengiplementasikan kedalam bentuk gerak masih belum optimal.Solusi yang dipilih adalah memperbaiki proses pada siklus berikutnya melalui penguatan dalam proses menggali informasi dan pengayaan gerak dengan penambahan alokasi waktu serta pendampingan secara intensif oleh guru. Terdapat peningkatan hasil belajar pada siklus II,  yaitu 28 siswa (87,50%) siswa tuntas dengan rata-rata nilai 80,72. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 27 Medan T.P 2018/2019.
PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN PLANK KNEE TO ELBOW, MOUNTAIN CLIMBER, DAN BICYCLE CRUNCH TERHADAP PERUBAHAN LINGKAR PERUT PADA REMAJA PUTRI SMA HANG TUAH BELAWAN Halaimah, Ning; Ratno, Puji
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 1 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i1.14311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi tentang perbedaan pengaruh latihan plank knee to elbow, mountain climber, dan bicycle crunch terhadap perubahan lingkar perut pada remaja putri SMA Hang Tuah Belawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja putri yang berjumlah 370 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dimana yang akan menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswi-siswi dengan kriteria memiliki lingkar perut > 80 cm. Berdasarkan hal tersebut maka didapat jumlah sampel sebanyak 15 orang dan dibagi menjadi 3 kelompok perlakuan. Penelitian dilakukan selama 16 kali pertemuan (± 5 ½ minggu). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen (percobaan). Intrumen penelitian berdasarkan hasil pre-test dan post-test pengukuran lingkar perut. Teknik analisis data menggunakan uji One Way Anova. Hasil penelitian pada kelompok plank knee to elbow diperoleh hasil penurunan ukuran lingkar perut rata-rata sebesar 1,72 cm. Kemudian pada kelompok mountain climber diperoleh hasil penurunan ukuran lingkar perut rata-rata sebesar 3,5 cm. Sedangkan pada kelompok bicycle crunch diperoleh hasil penurunan ukuran lingkar perut rata-rata sebesar 2,6 cm. Hasil uji statistik diperoleh pengujian hipotesis Fhitung sebesar 0,0621. Selanjutnya harga tersebut dibandingkan dengan harga Ftabel dengan dkpembilang 2 dan dkpenyebut 12 dan peluang 0,95 sehingga α = 0,05 didapat Ftabel sebesar 3,88, dengan demikian Fhitung <  Ftabel (0,0621 < 3,88). Hal ini berarti Ho diterima. Maka dapat disimpulkan ketiga latihan tersebut sama-sama dapat memberikan perubahan lingkar perut pada remaja putri SMA Hang Tuah Belawan dan tidak berbeda secara signifikan.
PENGEMBANGAN ALAT BANTU LATIHAN SAMSAK BERBASIS TRAFFIC LIGHT TERHADAP KECEPATAN REAKSI TENDANGAN PADA ATLET TAEKWONDO TAHUN 2018 Adinda Rarasti; Zulfan Heri
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 1 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i1.14304

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengembangkan alat bantu latihan samsak berbasis traffic light terhadap kecepatan reaksi tendangan pada atlet taekwondo tahun 2018. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang atlet dojang sibayak, 15 orang atlet dojang UMA dan 15 orang atlet dojang ITM . Bentuk yang telah dibuat terlebih dahulu divalidasi oleh 3 orang ahli, 1 pelatih taekwondo, 1 ahli dibidang olahraga dan 1 ahli dibidang alat, dimana persentase validitasnya adalah 86,6%-95%. Hasil uji kelompok kecil melibatkan 10 orang atlet dojang Sibayak dan 10orang atlet dojang ITM menunjukkan alat bantu latihan samsak berbasis traffic light dalam  nyala lampu LED, pengaturan Remote, dan dalam hal kegunaan, kesenangan serta kenyamanan alat dalam melakukan beberapa variasi tendangan 1, 2, 3 sudah memenuhi kriteria untuk dilanjutkan dalam uji coba kelompok besar karena persentase dari setiap model alat antara 80%-100%. Hasil uji kelompok besar terhadap 15 orang atlet dojang UMA dan 15 orang atlet dojang ITM dan 15 orang atlet dojang Sibayak menunjukkan bahwa alat bantu latihan samsak berbasis traffic light dalam  nyala lampu LED, pengaturan Remote, dan dalam hal kegunaan, kesenangan serta kenyamanan alat dalam melakukan beberapa variasi tendangan 1, 2, 3 sudah memenuhi kriteria untuk dilanjutkan dalam pembuatan produk massal karena persentase dari setiap model alat antara 88%-100%.
HUBUNGAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING PADA PERMAINAN BOLA BASKET MAHASISWA JURUSAN ILMU KEOLAHRAGAAN ANGKATAN 2017 FKIP UHO Muhammad Zainal Arwih
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 1 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i1.14313

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hubungan Kelincahan dengan Kemampuan Menggiring Pada Permainan Bola Basket Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan Angkatan 2017 FKIP UHO”. Olahraga bola basket merupakan salah satu olahraga permainan bola besar yang dalam pencapaian prestasinya dipengaruhi oleh komponen kondisi fisik seperti kelincahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstribusi kelincahan terhadap kemampuan menggiring pada permainan bola basket mahasiswa jurusan ilmu keolahragaan Angkatan 2017 FKIP UHO dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) kelincahan, diukur dengan zig-zag run test, dan (2) kemampuan menggiring bola basket diukur dengan tes basketball control dribbling test. Data diolah dengan menggunakan teknik statistik dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata (mean), standar deviasi (SD) dan uji korelasional. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kelincahan dengan kemampuan menggiring bola basket sebesar (r2 = 0,55). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa rxy = 0,74 > r tabel (0,05:32) = 0,349. Maka kelincahan mempunyai hubungan yang signifikan dengan kemampuan menggiring pada permainan bola basket Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan Angkatan 2017 FKIP UHO.
SURVEY TENTANG ASPEK-ASPEK PSIKOLOGIS ATLET SEPAK TAKRAW PUTRA SUMUT DALAM MENGHADAPI PEKAN OLAHRAGA SWILAYAH VIII TAHUN 2011 KEPULAUAN RIAU Zen Fadli; Khairul Anshor
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 1 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i1.14305

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat aspek psiklogis atlet Sepak Takraw Putra SUMUT dalam menghadapi Pekan Olahraga Wilayah VIII  tahun 2011 di Kepulauan Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif dengan teknik persentase, dengan jumlah sampel sebanyak 12 orang yang juga adalah seluruh atlet Sepak Takraw Putra SUMUT dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket aspek psikologis dari Sistem Monitoring Evaluasi dan Pelaporan (SMEP) KONI Pusat. Hasil penelitian secara keseluruhan aspek psikologis atlet Sepak Takraw Putra SUMUT dalam menghadapi Pekan Olahraga Wilayah VIII tahun 2011 Kepulauan Riau mulai dari Motivasi dengan persentase 82.38%, Konsentrasi/Fokus dengan persentase 73.57%, Percaya Diri dengan persentase 81.66%, Pengendalian/Emosi dengan persentase 77.61%, Visualisasi/Mental dengan persentase 80% dan Persiapan dengan persentase 85.47%. Dari hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan tentang Survey Aspek-aspek Psikologois Atlet Sepak Takraw Putra SUMUT, maka dapat disimpulkan bahwa aspek Psikologis atlet Sepak Takraw Putra SUMUT dalam menghadapi Pekan Olahraga Wilayah VIII Tahun 2011 di Kepulauan Riau sebesar 84,00%,
UJI INSTRUMEN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK NOMOR LARI BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA Abdul Salam Hidayat
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 1 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i1.14298

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai validitas dan reliabilitas instrumen Efektivitas Model Pembelajaran  Atletik Nomer Lari Berbasis Permainan melibatkan siswa SDN Tanjungpura VI Karawangsebagai sampel penelitian yang terdiri dari 20 mahasiswa.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah instrumen lari cepat yang digunakan untuk mengumpulkan data subjek, hasil uji validitas intrumen lari cepatsebesar 0,953, sedangakan hasil uji reabilitas instrumen lari cepatsebesar 0,919. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas  maka intrument lari cepat dapat layak digunakan. Peneliti menyarankan agar instrumen instrumen lari cepatdigunakan oleh guru untuk mengukur keterampilan lari jarak pendek khususnya sekolah dasar di daerah Karawang Jawa Barat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai validitas dan reliabilitas instrumen Efektivitas Model Pembelajaran  Atletik Nomer Lari Berbasis Permainan melibatkan siswa SDN Tanjungpura VI Karawangsebagai sampel penelitian yang terdiri dari 20 mahasiswa.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah instrumen lari cepat yang digunakan untuk mengumpulkan data subjek, hasil uji validitas intrumen lari cepatsebesar 0,953, sedangakan hasil uji reabilitas instrumen lari cepatsebesar 0,919. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas  maka intrument lari cepat dapat layak digunakan. Peneliti menyarankan agar instrumen instrumen lari cepatdigunakan oleh guru untuk mengukur keterampilan lari jarak pendek khususnya sekolah dasar di daerah Karawang Jawa Barat.
PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD 050632 TANJUNG KELILING KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2014/2015. Mahmuddin Matondang; Ari Zulkarnain
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 1 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i1.14307

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD 050632 Tanjung Keliling Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus berisikan tindakan melalui pendekatan bermain yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Subjek penelitian sebanyak 36 orang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) Pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa dari 36 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 20 orang siswa (55,56%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 16 orang siswa (44,44%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 73,61. (2) Pada siklus II dapat dilihat bahwa ternyata dari 36 orang siswa, terdapat 31 orang siswa yang tuntas (86,11%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 5 orang siswa (13,89%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 77,95. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui pendekatan bermain  dapat meningkatkan hasil lompat jauh pada siswa kelas V SD 050632 Tanjung Keliling Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2014/2015.
PENGARUH LATIHAN INTERVAL EKSTENSIF TERHADAP KEMAMPUAN AEROBIK Badaruddin Badaruddin
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 1 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i1.14300

Abstract

Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 1 Tomia, Tujuan dilakukan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan interval ekstensif terhadap kemampuan aerobik Siswa SMP Negeri 1 Tomia. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi Guru pendidikan Jasmani dan kesehatan di Sekolah, pembina dan Pelatih Olahraga di kecamatan Tomia khususnya dan di Kabupaten wakatobi Pada umumnya. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 140  orang Siswa kelas Dua, sedangkan sampelnya sebanyak 60 orang siswa. Penarikan sampel dilakukan secaran random setelah melalui seleksi variabel kendali, kemudian dilanjutkan dengan ordinal pairing untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing –masing 30 0rang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian adalah Tes lari 1000 meter. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan Uji Anava dengan taraf signifikansi 0,05 %. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan yaitu sebesar 14,76 ≥ F tabel (0,65: 1 : 58) = 4,0. Sedangkan pada kelompok kontrol tidak menunjukkan peningkatan yaitu  F hitung = 2,32 ≤ F tabel (0,95:1:58)=4.0. Dengan demikian penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan interval ekstensif terhadap kemampuan aerobik bagi siswa SMP Negeri 1 Tomia kabupaten wakatobi.
PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN PLANK KNEE TO ELBOW, MOUNTAIN CLIMBER, DAN BICYCLE CRUNCH TERHADAP PERUBAHAN LINGKAR PERUT PADA REMAJA PUTRI SMA HANG TUAH BELAWAN Puji Ratno; Hariadi Hariadi; Ning Halimah
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 1 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i1.32964

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi tentang perbedaan pengaruh latihan plank knee to elbow, mountain climber, dan bicycle crunch terhadap perubahan lingkar perut pada remaja putri SMA Hang Tuah Belawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja putri yang berjumlah 370 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dimana yang akan menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswi-siswi dengan kriteria memiliki lingkar perut > 80 cm. Berdasarkan hal tersebut maka didapat jumlah sampel sebanyak 15 orang dan dibagi menjadi 3 kelompok perlakuan. Penelitian dilakukan selama 16 kali pertemuan (± 5 ½ minggu). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen (percobaan). Intrumen penelitian berdasarkan hasil pre-test dan post-test pengukuran lingkar perut. Teknik analisis data menggunakan uji One Way Anova. Hasil penelitian pada kelompok plank knee to elbow diperoleh hasil penurunan ukuran lingkar perut rata-rata sebesar 1,72 cm. Kemudian pada kelompok mountain climber diperoleh hasil penurunan ukuran lingkar perut rata-rata sebesar 3,5 cm. Sedangkan pada kelompok bicycle crunch diperoleh hasil penurunan ukuran lingkar perut rata-rata sebesar 2,6 cm. Hasil uji statistik diperoleh pengujian hipotesis Fhitung sebesar 0,0621. Selanjutnya harga tersebut dibandingkan dengan harga Ftabel dengan dkpembilang 2 dan dkpenyebut 12 dan peluang 0,95 sehingga α = 0,05 didapat Ftabel sebesar 3,88, dengan demikian Fhitung <  Ftabel (0,0621 < 3,88). Hal ini berarti Ho diterima. Maka dapat disimpulkan ketiga latihan tersebut sama-sama dapat memberikan perubahan lingkar perut pada remaja putri SMA Hang Tuah Belawan dan tidak berbeda secara signifikan

Page 1 of 1 | Total Record : 10