cover
Contact Name
Syamsir Firdaus Manggar Wanrantoniara, SH
Contact Email
daus_mbol@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppmumsb@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Menara Ilmu
ISSN : 16932617     EISSN : 25287613     DOI : -
MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk publikasi di jurnal ini.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 10 (2019): Vol. XIII No. 10 Oktober 2019" : 15 Documents clear
PENGARUH KARAKTERISTIK PETANI DENGAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH Rizqha Sepriyanti Burano, Trisna Yuliza Siska
Menara Ilmu Vol 13, No 10 (2019): Vol. XIII No. 10 Oktober 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/mi.v13i10.1625

Abstract

Abstrak : Kedewasaan petani dalam bertani akan berpengaruh dari karakteristik yang dimiliki oleh petani tersebut. Karakteristik petani dan kompetensi usahatani merupakan gambaran kemampuan petani dalam mengelola usahatani berdasarkan perencanaan yang efektif dan efisien sesuai dengan teknis budidaya tanaman.Karakteristik petani dan kompetensi usahatani menunjukan kinerja dan tanggungjawab petani dalam menjalankan usahatani secara lebih baik dan berkesinambungan.Menurut Caragih (2013), karakteristik merupakan cirri atau karakteristik alamiah yang melekat pada diri seseorang yang meliputi umur, tingkat pendidikan, luas lahan, dan pengalaman yang dimiliki untuk berusaha tani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik petani padi sawah di kenagarian Batu Balang dan untuk mengetahui pengaruh karakteristik petani terhadap pendapatan petani padi sawah di Kenagarian Batu Balang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Dari penelitian ini diketahui karakteristik petani padi sawah di Nagari Batu Balang adalah, 58 % petani yang berumur produktif yakni umur 40 – 60 tahun, 29 % petani dengan tingkat pendidikan rendah yakni tamatan SD, 99% petani dengan luas lahan yang kecil yakni kurang dari 1 Ha dan 79 % petani yang berpengalaman yakni pengalaman lebih dari 10 tahun. Kemudian juga diketahui karakteristik petani yang paling mempengaruhi pendapatan petani adalah luas lahan dengan nilai t hitung 17,135. Sedang tingkat pendidikan memiliki nilai t Hitung 1,624, umur memiliki nilai t hitung 0,782 , dan pengalaman memiliki nilai t Hitung 0,253 tidak ada pengaruh dengan pendapatan petani padi sawah di Nagari Batu Balang. Kata Kunci : karakteristik petani, pendapatan petani
STRATEGI PENINGKATAN KINERJA RECEPTIONIS DALAM PELAYANAN TAMU DINUANSA MANINJAU RESORT HOTEL Yulhaslinda Yulhaslinda
Menara Ilmu Vol 13, No 10 (2019): Vol. XIII No. 10 Oktober 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/mi.v13i10.1630

Abstract

Abstrak: Industri pariwisata saat ini sangat penting peranannya baik bagi pemerintah yaitu untuk mendukung devisa negara maupun bagi masyarakat, karena para ahli adalah pakar pariwisata yang relatif dibutuhkan bagi industri pariwisata dalam mendukung pariwisata itu sendiri. Dengan banyaknya kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara, maka banyak peluang bisnis terbuka yang bergerak di bidang pariwisata seperti penginapan atau hotel. Aliran kunjungan wisata mengembira selalu mendukung promosi, demikian juga dengan hotel, restoran dan bisnis transportasi wisata dan bisnis lain yang mendukung sektor pariwisata juga mengalami kemajuan yang sangat baik. Secara umum, semua hotel, terutama hotel bintang satu hingga berlian bintang lima memiliki prinsip dasar yang sama dalam melayani tamunya yang sopan, ramah dan penuh perhatian. Tiga prinsip dasar melayani tamu ini tidak dapat dipisahkan dan telah terbukti menjadi kunci keberhasilan layanan yang memuaskan di sebuah hotel di tamunya. Salah satu bagian yang membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas yang dapat diandalkan, akurat, gesit dan memiliki kemampuan untuk menangani dan memberikan layanan kepada para tamu adalah bagian penerimaan (Reception), yang merupakan salah satu bagian dari bagian front office (Front Office). Kata Kunci: Resepsionis, Karyawan.
DAMPAK DIMENSI SERVQUAL TERHADAP KEPUASAN PASIEN, REPURCHASE INTENTIONS DAN KOMUNIKASI WOM PADA INDUSTRI KESEHATAN PUBLIK Haryeni, Nofri Yendra
Menara Ilmu Vol 13, No 10 (2019): Vol. XIII No. 10 Oktober 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/mi.v13i10.1621

Abstract

Abstrak: Penyampaian layanan berkualitas tinggi kepada konsumen adalah kunci keberhasilan dalam industri jasa. Dalam era persaingan yang ketat saat ini, pemantauan dan peningkatan kualitas layanan sangat penting untuk mengembangkan efisiensi dan volume bisnis (Anderson dan Zeithamal, 1984; Babakus dan Boller, 1992; dan Garvin, 1983). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung dimensi kualitas layanan (Servqual) terhadap kepuasan pasien, (2) pengaruh langsung kepuasan pasien terhadap komunikasi WOM, (3) pengaruh langsung kepuasan pasien terhadap niat pembelian kembali, dan (4) hubungan yang signifikan antara komunikasi WOM dan Niat Pembelian Kembali dalam industri perawatan kesehatan masyarakat di Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi kota Padang / calon konsumen yang telah mengalami layanan di industri perawatan kesehatan masyarakat di tiga rumah sakit umum di kota Padang, yaitu rumah sakit. M. Djamil, Rumah Sakit Unand, dan Dr. Rasidin. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 150 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam menguji hipotesis penelitian ini adalah analisis SEM dengan menggunakan program Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Assurance berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan, Empati tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan, Andal tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan, Tanggung jawab tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan, Tangible berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan, Kepuasan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan, Kepuasan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan. berpengaruh signifikan terhadap Niat Pembelian Ulang, Kepuasan memiliki pengaruh signifikan terhadap komunikasi WOM dan komunikasi WOM secara signifikan memengaruhi niat Repurchase. Kata kunci: ServQual, Kepuasan Pasien, Intensi Pembelian Kembali, Komunikasi WOM
DISTRIBUSI PENYAKIT GIGI DAN MULUT DALAM PELAKSANAAN BULAN KESEHATAN GIGI NASIONAL (BKGN) FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS BAITURRAHMAH PADANG 2018 Satria Yandi, Widya Puspita Sari
Menara Ilmu Vol 13, No 10 (2019): Vol. XIII No. 10 Oktober 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/mi.v13i10.1626

Abstract

Abstrak: Karies merupakan masalah kesehatan gigi yang paling menonjol di Indonesia. Berbagai faktor dapat menimbulkan karies, diantaranya adalah konsumsi gula yang berlebihan serta belum memadainya kualitas pelayanan kesehatan gigi. Riset Kesehatan Dasar (2013) menunjukkan prevalensi penduduk yang bermasalah gigi dan mulut di Sumatera Barat adalah 22,2 % dan masyarakat yang menerima perawatan dari tenaga medis gigi sebanyak 35,3%. Berbagai program pelayanan kesehatan gigi dan mulut terus ditingkatkan untuk dapat mengurangi permasalahan kesehatan gigi dan mulut, terutama karies gigi. FKG Universitas Baiturrahmah Padang bekerjasama dengan PT Unilever melalui brand perawatan kesehatan gigi dan mulut Pepsodent kembali menyelenggarakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Sumatera Barat dalam rangka memperingati Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN). Bentuk kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut penyuluhan serta edukasi kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan gigi dan mulut, pengobatan gigi gratis (diantaranya; pembersihan karang gigi, penambalan gigi permanen dan desidui, pencabutan gigi permanen dan desidui, aplikasi topikal fluor). Kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) merupakan salah satu program yang dinantikan setiap warga di masing-masing daerah. Perawatan gigi dan mulut masih dinilai mahal oleh warga sehingga mereka agak enggan untuk melakukan pengobatan apabila dinilai masih tidak terlalu parah. Dengan adanya BKGN tidak hanya membantu masyarakat secara ekonomi saja tetapi juga dapat meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat di Indonesia menjadi lebih baik. Terlihat adanya peningkatan jumlah pasien selama pelaksanaan kegiatan ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut, sesuai dengan target Global Goals for Oral Health 2020. Kata Kunci: Kesehatan gigi mulut, Karies, Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN).
PENGARUH LATIHAN LIMA JARI TERHADAP KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI LAPARATOMI DI IRNA BEDAH RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG Yuli Permata Sari
Menara Ilmu Vol 13, No 10 (2019): Vol. XIII No. 10 Oktober 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/mi.v13i10.1631

Abstract

Abstrak :Kecemasan pada pasien pre operasi laparatomi dapat timbul karena kesiapan psikologis terhadap pembedahan belum terjadi. Salah satu cara mengatasi kecemasan yaitu dengan cara latihan lima jari untuk mereduksi stres. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan lima jari terhadap kecemasan pada pasien pre operasi laparatomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental dengan bentuk pendekatan non equivalent control group pretest-posttest. Pada penelitian ini jumlah sampel adalah 20 orang sampel dengan 10 kelompok eksperimen dan 10 kelompok kontrol di Irna Bedah RSUP Dr.M.Djamil Padang pada bulan Agustus 2013 sampai April 2014. Hasil penelitian didapatkan ada pengaruh latihan lima jari terhadap kecemasan pasien pre operasi laparatomi sebelum dan sesudah pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol dengan selisih rerata 5,8 dan kedua kelompok samasama mengalami perubahan skor kecemasan yang bermakna (p ≤ 0,05) pada kelompok eksperimen dengan nilai p = 0,000 dan pada kelompok kontrol p = 0,040. Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada institusi rumah sakit dapat mengaplikasikan hal ini dalam bentuk Standar Operasional Prosedur (SOP). Perawat disarankan menggunakan tehnik ini dalam manajemen kecemasan pasien. Kata Kunci : Latihan Lima Jari, Kecemasan, Pre Operasi Laparatomi
PENINGKATAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN PROGRAM SUPERVISI MELALUI PEMBINAAN BERKELANJUTAN DIGUGUS I TARAM,II BATU BALANG, DAN IV LUBUK BATINGKOK KECAMATAN HARAU Ramadani Ramadani
Menara Ilmu Vol 13, No 10 (2019): Vol. XIII No. 10 Oktober 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/mi.v13i10.1622

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilatar belakangi masih banyak kepala sekolah yang tidak punya program supervisi kalau ada hanya berbentuk jadwal yang dibuat pada sebuah buku. Hal ini terjadi karena kurangnya pembinaan dari pengawas, karena selama ini kepala sekolah tidak dituntut harus ada program supervisi, dan karena kurangnya informasi bagaimana cara membuat program supervisi yang sesuai ketentuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang sabjek penelitiannya adalah kepala taman kanak-kanak (TK) digugus I Taram, gugus II Batu Balang, dan gugus IV Lubuk Batingkok Kecamtan Harau yang berjumlah 12 orang kepala TK. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan adalah persentase dengan tabel. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun program supervisi di gugus I Taram, gugus II Batu Balang, dan gugus IV Lubuk Batingkok Kecamatan Harau. Berdasarkan penelitian tindakan sekolah kemampuan kepala TK dalam menyusun program supervisi dilakukan dua siklus dari 12 orang kepala TK mengalami peningkatan dengan jumlah persentase 91%. Dengan angka kenaikan antara siklus I yang persentasenya 43,2% menjadi 91% pada siklus II, berarti naik sebesar 47,8%. Hasil tersebut merupakan peningkatan kemampuan kepala TK yang cukup tinggi sehingga peranan pembinaan berkelanjutan sangat diperlukan oleh kepala TK. Hal ini disimpulkan bahwa dengan adanya pembinaan berkelanjutan kemampuan kepala sekolah jadi meningkat untuk itu perlu dilakukan pembinaan pada kemampuan kepala sekolah yang lainnya. Kata Kunci : Program Supervisi, Kepala Sekolah.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN DESAIN TERHADAP PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR HONDA BEAT (Studi Kasus: Pegawai Negeri Sipil Di Muara Labuh, Solok Selatan, Sumatera Barat) Usmiar Usmiar
Menara Ilmu Vol 13, No 10 (2019): Vol. XIII No. 10 Oktober 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/mi.v13i10.1627

Abstract

Abstrak :Tujuan penelitian untuk mengetahui : (1) Pengaruh kualitas produk, terhadap pembelian kendaraan bermotor Honda Beat Pegawai Negeri Sipil di Muara Labuh, Solok Selatan, Sumatera Barat. (2) pengaruh promosi terhadap pembelian kendaraan bermotor Honda Beat Pegawai Negeri Sipil di Muara Labuh, Solok Selatan, Sumatera Barat. (3) pengaruh desain terhadap pembelian kendaraan bermotor Honda Beat Pegawai Negeri Sipil di Muara Labuh, Solok Selatan, Sumatera Barat. (4) mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi dan desain terhadap pembelian kendaraan bermotor Honda Beat Pegawai Negeri Sipil Muara Labuh, Solok Selatan, Sumatera Barat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analis Regresi Linear Berganda dan pengujian Hipotesis uji t dan uji F. Sampel penelitian ini berjumlah 30 responden dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel Acidental Quota Sampling. Hasil penelitian adalah : (1) Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap pembelian kendaraan bermotor Honda Beat mempunyai thitung > ttabel yaitu 2,384 > 1,697 dengan signifikansi 0,025 < α 0,05. (2) Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian kendaraan bermotor Honda Beat mempunyai thitung < ttabel yaitu -0,272 < -1,697 dengan signifikansi 0,788 > α 0,05. (3) Desain berpengaruh signifikan terhadap pembelian kendaraan bermotor Honda Beat thitung > ttabel yaitu 1,763 > 1,697 dengan signifikansi 0,090 > α 0,05. (4) Kualitas Produk, Promosi, dan Desain berpengaruh signifikan terhadap pembelian kendaraan bermotor Honda Beat mempunyai Fhitung sebesar 3,027 dengan Ftabel sebesar 3,01 sehingga Fhitung > Ftabel dengan tingkat signifikansinya 0,047 < α 0,05. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh variabel independent (X1, X2, dan X3) terhadap variabel dependen (Y) sebesar 0,259, atau sebesar 25,9% dan selebihnya diterangkan variabel yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Keywords: Kualitas Produk, Promosi, Desain, Pembelian
PERSEPSI PEMERIKSA INTERN TERHADAP KINERJA BADAN PENGAWASAN DAERAH KOTA PADANG Yulisran B. Putra
Menara Ilmu Vol 13, No 10 (2019): Vol. XIII No. 10 Oktober 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/mi.v13i10.1632

Abstract

Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris tentang persepsi pemeriksa intern terhadap kinerja badan pengawasan daerah (BaWasDa) kota Padang. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer berupa wawancara setengah tersusun (semi structural interview) dan kuisioner untuk mendeskripsikan persepsi, pendapat dan sikap responden. Selain data primer tersebut, juga digunakan data sekunder lainnya sebagai informasi pendukung. Variabel-variabel yang diteliti adalah: (1) Variabel independen yang terdiri dari independensi pemeriksa (X1), pemahaman pemeriksa akan norma pemeriksaan (X2), pendidikan dan pelatihan pemeriksa (X3), kualifikasi dan persyaratan pemeriksa (X4), dan dukungan manajemen (X5). (2) Variabel dependen yaitu kinerja pengawasan intern (Y). Metode analisis pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dikuantifisir menggunakan statistik regresi linear berganda (multiple linear regression) metode backward, dengan dibantu program statistik SPSS Version 10.0. Pengujiannya meliputi : (1) uji validitas dan reliabilitas, (2) T test, (3) F test (4) r2 atau koefisien determinan. Dari hasil t test, terlihat bahwa dari semua variabel independen (bebas), dua variabel yang berpengaruh signifikan yaitu Norma Pemeriksaan (X2) dan Dukungan Manajemen (X5), sedangkan tiga variabel lainnya tidak berpengaruh signifikan. Berdasarkan hasil pengujian F test, secara keseluruhan semua variabel berpengaruh signifikan terhadap kinerja pengawasan intern. Dari r2 (R Square), diperoleh nilainya sebesar 0,331, artinya 33,10% kontribusi variabel X2 dan X5 terhadap variabel dependen, sedangkan 66,90 % dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak teramati dalam penelitian ini. Dari dua variabel independen yang paling berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (Y) adalah variabel X2 yang betanya (β) sebesar 0,378, diikuti variabel X5 dengan betanya (β) sebesar 0,342. Kata Kunci: Independensi pemeriksa, Pemahaman pemeriksa akan norma pemeriksaan, Pendidikan dan pelatihan pemeriksa, Kualifikasi dan persyaratan pemeriksa, Dukunganmanajemen, Kinerja pengawasan intern
PENGATURAN DAN PELAKSANAAN SERTIFIKASI USAHA JASA PARIWISATA DI KOTA BUKITTINGGI Rika Aryati
Menara Ilmu Vol 13, No 10 (2019): Vol. XIII No. 10 Oktober 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/mi.v13i10.1623

Abstract

Abstrak: Indonesia adalah negara wisata. Salah satu provinsi yang paling banyak dikunjungi adalah Sumatera Barat khususnya kota Bukittinggi. Ada banyak bisnis jasa pariwisata di sini yang mendukung kegiatan pariwisata, karena ini adalah salah satu sumber pendapatan daerah yang paling. Untuk mencapai layanan bisnis Pariwisata yang berkualitas, pemerintah harus melakukan sertifikasi. Dengan demikian, penelitian ini mencoba mengkaji dan membahas tentang Peraturan dan Implementasi Sertifikasi Jasa Bisnis Pariwisata di Bukittinggi yang akan menjawab beberapa masalah. Mereka adalah, bagaimana regulasi sertifikasi nasional dan internasional, bagaimana implementasi regulasi sertifikasi dan upaya apa yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk melindungi para wisatawan. Ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode yuridis empiris. Beberapa jawaban yang dapat disimpulkan adalah, tidak ada peraturan khusus yang mengatur tentang sertifikasi bisnis jasa pariwisata, dan di lain pihak dicakup oleh Peraturan Pemerintah No. 52 tahun 2012. Bukittinggi belum melakukan sertifikasi. Untuk melindungi para wisatawan pemerintah menerapkan beberapa kewajiban yang harus dipenuhi oleh para pengusaha tentang layanan mereka, melakukan bimbingan kesadaran pariwisata kepada masyarakat dan bekerja sama dengan organisasi Pariwisata dan kepolisian di Bukittinggi. Kata kunci: Standardisasi; Bisnis; Pariwisata
PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA Yentisna, Alfin Alvian
Menara Ilmu Vol 13, No 10 (2019): Vol. XIII No. 10 Oktober 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/mi.v13i10.1628

Abstract

Abstrak :Penelitian tentang pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap Islamic Social Reporting pada bank umum syariah di Indonesia. Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh dari profitabilitas terhadap ISR yang dihitung melalui return on assets (ROA), yaitu perbandingan antara laba bersih dan total aktiva, serta pengaruh dari leverage yang dihitung melalui debt to assets ratio (DAR). Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari profitabilitas dan leverage terhadap islamic social reporting pada bank umum syariah di Indonesia. Sampel dari penelitian ini adalah 3 bank umum syariah di Indonesia selama periode tahun 2013 sampai dengan tahun 2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan-laporan keuangan dari masing-masing bank tersebut. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis secara parsial (uji t), uji hipotesis secara simultan (uji f), dan koefisien determinasi (uji R). Hasil pengujian hipotesis ROA dan DAR menunjukkan nilai taraf signifikansi 0.000. Taraf signifikansi tersebut lebih kecil dari 0.05, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha. Dengan demikian dapat berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini ROA dan DAR mempunyai pengaruh signifikan terhadap ISR. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa besar pengaruh ROA dan DAR terhadap ISR sebesar 98.6% sedangkan sisanya 1.4% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Keywords: Profitabilitas, Leverage dan Likuiditas dan ISR

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 18, No 2 (2024): Vol 18 No. 02 JANUARI 2024 Vol 18, No 2 (2024): Vol 18 No. 02 APRIL 2024 Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 JANUARI 2024 Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 APRIL 2023 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 JULI 2023 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 JANUARI 2023 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 OKTOBER 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 OKTOBER 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 JULI 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 APRIL 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 JANUARI 2023 Vol 16, No 1 (2022): Vol. 1 No. 1 OKTOBER 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 JULI 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 OKTOBER 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 JANUARI 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 APRIL 2022 Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO.1 APRIL 2022 Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO. 1 JULI 2022 Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO.1 JANUARI 2022 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO.2 JULI 2021 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO. 2 OKTOBER 2021 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO. 2 APRIL 2021 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO. 2 JANUARI 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO. 1 JANUARI 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO.1 APRIL 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO. 1 JULI 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO. 1 OKTOBER 2021 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 JANUARI 2020 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 JULI 2020 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 APRIL 2020 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 OKTOBER 2020 Vol 14, No 1 (2020): VOL. XIV NO. 1 JULI 2020 Vol 14, No 1 (2020): Vol. XIV No. 1 Januari 2020 Vol 14, No 1 (2020): VOL. XIV NO. 1 OKTOBER 2020 Vol 14, No 1 (2020): VOL. XIV NO. 1 APRIL 2020 Vol 13, No 11 (2019): Vol. XIII No. 11 Oktober 2019 Vol 13, No 10 (2019): Vol. XIII No. 10 Oktober 2019 Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019 Vol 13, No 8 (2019): Vol. XIII No. 8 Juli 2019 Vol 13, No 8 (2019): Vol. XIII No. 8 Juli 2019 Vol 13, No 7 (2019): Vol. XIII No. 7 Juli 2019 Vol 13, No 7 (2019): Vol. XIII No. 7 Juli 2019 Vol 13, No 6 (2019): Vol. XIII No. 6 April 2019 Vol 13, No 6 (2019): Vol. XIII No. 6 April 2019 Vol 13, No 5 (2019): Vol. XIII No. 5 April 2019 Vol 13, No 5 (2019): Vol. XIII No. 5 April 2019 Vol 13, No 4 (2019): Vol. XIII No. 4 April 2019 Vol 13, No 4 (2019): Vol. XIII No. 4 April 2019 Vol 13, No 3 (2019): Vol. XIII No. 3 Januari 2019 Vol 13, No 3 (2019): Vol. XIII No. 3 Januari 2019 Vol 13, No 2 (2019): Vol. XIII No. 2 Januari 2019 Vol 13, No 2 (2019): Vol. XIII No. 2 Januari 2019 Vol 13, No 1 (2019): Vol. XIII No. 1 Januari 2019 Vol 13, No 1 (2019): Vol. XIII No. 1 Januari 2019 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 2 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 2 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 12 (2018): Vol. XII No. 12 Oktober 2018 Vol 12, No 12 (2018): Vol. XII No. 12 Oktober 2018 Vol 12, No 11 (2018): Vol. XII No. 11 Oktober 2018 Vol 12, No 11 (2018): Vol. XII No. 11 Oktober 2018 Vol 12, No 10 (2018): Vol. XII No. 10 Oktober 2018 Vol 12, No 10 (2018): Vol. XII No. 10 Oktober 2018 Vol 12, No 9 (2018): Vol. XII No. 9 Oktober 2018 Vol 12, No 9 (2018): Vol. XII No. 9 Oktober 2018 Vol 12, No 8 (2018): vol. XII No. 8 Juli 2018 Vol 12, No 8 (2018): vol. XII No. 8 Juli 2018 Vol 12, No 7 (2018): vol. XII No. 7 Juli 2018 Vol 12, No 7 (2018): vol. XII No. 7 Juli 2018 Vol 12, No 6 (2018): vol. XII No. 6 Juli 2018 Vol 12, No 6 (2018): vol. XII No. 6 Juli 2018 Vol 12, No 5 (2018): Vol. XII No. 5 April 2018 Vol 12, No 5 (2018): Vol. XII No. 5 April 2018 Vol 12, No 4 (2018): Vol. XII No. 4 April 2018 Vol 12, No 4 (2018): Vol. XII No. 4 April 2018 Vol 12, No 3 (2018): Vol. XII No. 3 April 2018 Vol 12, No 3 (2018): Vol. XII No. 3 April 2018 Vol 12, No 3 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 3 Vol 12, No 3 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 3 Vol 12, No 2 (2018): Vol. XII No. 2 Januari 2018 Vol 12, No 2 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 2 Vol 12, No 1 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 1 Vol 12, No 1 (2018): Vol. XII No. 1 Januari 2018 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 2 No.78 November 2017 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 2 No.78 November 2017 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 75 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 75, April 2017 Vol 11, No 75 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 75, April 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 74, Januari 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 74, Januari 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 74, Januari 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 74, Januari 2017 Vol 10, No 60-65 (2016): Jurnal Edisi 2016 Vol 10, No 60-65 (2016): Jurnal Edisi 2016 Vol 10, No 73 (2016): Menara Ilmu Desember Jilid 2 Vol 10, No 73 (2016): Menara Ilmu Desember Jilid 2 Vol 10, No 72 (2016): Jurnal Menara Ilmu November Jilid 1 Vol 10, No 72 (2016): Jurnal Menara Ilmu November Jilid 1 Vol 10, No 10 (2016): Jurnal Fungsional Dr. Yusnaweti, M.P Vol 10, No 10 (2016): Jurnal Fungsional Dr. Yusnaweti, M.P More Issue